Foodies Guide To F&B Industry

10 Burger Lokal yang Lebih Hits dari Burger Franchise

June 26, 20197 min readFoodie Trends

Hamburger atau yang biasa disingkat menjadi burger, merupakan salah satu sajian yang digemari oleh masyarakat dunia. Berbagai restoran franchise yang menawarkan menu burger bahkan memenuhi setiap sudut kota di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sajian yang sebenarnya hanya berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty dan sayur-sayuran ini uniknya mampu dikreasikan sedemikian rupa oleh restoran-restoran lokal Indonesia menjadi sebuah burger yang menawan.

Penasaran restoran mana saja yang mampu menyajikan burger dengan kualitas yang tidak kalah dengan restoran franchise? Berikut ini daftar 10 restoran tersebut!

Belly Bandit

belly bandit

Photo source: eatbellybandit.com

Restoran yang satu ini, sesuai namanya merupakan penjahat buat perut!

Meskipun memang memiliki beberapa menu burger yang dapat dipilih, konsep dari Belly Bandit sebenarnya adalah untuk membuat nibblers berimajinasi mengkreasikan burger sendiri sesuai dengan lidah masing-masing orang.

Belly Bandit memiliki 2 signature dish yang menarik untuk dicoba, yaitu Bandit Tower dan Bandit Coffee Burger. Bandit Tower pasti disukai oleh pecinta daging, karena memiliki isian burger yang 100% daging! Sedangkan Bandit Coffee Burger memiliki patty yang di-infuse dengan kopi blend dari Belly Bandit. Pasti memiliki rasa yang unik kan, nibblers!

Lokasi:

Belly Bandit

Noble House Building, Lantai Mezzanine Jl. Mega Kuningan Barat, Kuningan.

Lawless Burger

lawless burgerbar

Photo source: @lawless.burgerbar

Banyak yang bilang jika mencari burger lokal terbaik coba lah datang ke Lawless Burgerbar. Tiap varian burger di Lawless Burgerbar memiliki porsi yang besar! Bahkan, sebelum siap menikmati sebuah porsi yang besar dari burger yang akan disajikan, nibblers pasti akan kelaparan duluan karena hampir setiap saatnya restoran yang satu ini memiliki daftar waiting list yang cukup panjang.

Apakah hal-hal tersebut sudah menjadi bukti bahwa restoran yang satu ini memang memiliki burger yang terbaik? Coba kita ulas sedikit menunya.

Lawless memiliki 8 burger yang memiliki nama yang unik-unik. Salah satu signature dish mereka bernama The Lemmy. Meskipun memang burger-burger lainnya memiliki porsi yang besar, The Lemmy memiliki porsi yang jauh lebih besar. Setiap hidangan The Lemmy disajikan dengan 2 lembar patty, beef bacon, brisket, dan sunny side up alias telur mata sapi. Membayangkannya saja sudah membuat ngiler kan, nibblers!

Lokasi:

Lawless Burgerbar

Jl. Kemang Selatan VIII No. 67H-67I, Kemang

Flip Burger

flip burger

Photo source: flipburger.co

Sama-sama didirikan oleh salah satu pendiri Holycow Steak, yaitu Chef Afit, sudah membuat patty di tiap burger yang disajikan Flip Burger tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Mirip seperti Lawless Burgerbar, tiap burger yang disajikan di Flip Burger memiliki porsi yang cukup besar. Jika ke Flip Burger, nibblers harus mencoba Smacker, salah satu best seller di Flip Burger. Smacker adalah burger yang disajikan dengan beberapa lapisan bun, patty, beef bacon, dan keju membuat burger yang satu ini terlihat sangat tinggi dan tidak diragukan lagi akan membuat nibblers begah!

Sayangnya, Flip Burger memiliki outlet yang tidak terlalu besar sehingga seringkali pengunjung akan menunggu terlebih dahulu sebelum bisa masuk ke dalam outlet. Tapi, tenang saja. Penantian nibblers akan terbayarkan dengan kualitas burger yang disajikan Flip Burger.

Lokasi:

Flip Burger

Jl. Senopati No. 27, Senopati

Dope Burger & Co

dope burger

Photo source: @dopeburgerco

Memiliki 11 varian burger yang bisa dipilih, Dope Burger & Co sudah lama menjadi salah satu tempat tujuan utama jika seseorang ingin memakan burger.

Dope Burger & Co dikenal karena outlet-nya yang memiliki ambiance yang luar biasa. Setiap malamnya, dinyalakan lampu neon yang membuat interior menjadi lebih meriah. Selain itu, setiap kali akan makan di Dope Burger & Co., nibblers akan diberikan sarung tangan agar tangan nibblers tidak kotor ketika menyantap makanannya. Sebuah cara makan yang unik bukan?

Setiap burger di Dope Burger & Co. dihargai dengan rentang harga antara Rp65.000 hingga Rp105.000. Memang agak mahal, namun cukup sesuai karena setiap burgernya memakai daging sapi asli Australia, brioche bun, saus homemade premium, dan bahan baku dengan kualitas premium.

Lokasi:

Dope Burger & Co

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 25, Menteng

Three Buns

three buns

Photo source: threebuns.com

Berada di salah satu pusat kuliner di Jakarta Selatan, Three Buns bisa menjadi salah satu tempat nongkrong yang bisa nibblers datangi. Selain menawarkan burger, tempatnya yang luas dan memiliki desain interior yang cozy dengan banyaknya tanaman-tanaman hijau pastinya akan membuat nibblers melepas stres setelah seharian bekerja.

Memiliki setidaknya 10 varian burger yang bisa dipilih, menariknya, di Three Buns nibblers bisa memilih sendiri tingkat kematangan patty yang diinginkan. Saus dalam burger sendiri diolah langsung oleh Three Buns dan dimasak dengan metode slow cooked sehingga pastinya rasa pedas asam dari saus akan benar-benar keluar.

Menjual burger dengan rentang harga Rp90.000 hingga Rp150.000, Three Buns sedang memiliki promo untuk pelajar, loh. Hanya dengan menunjukkan kartu pelajar yang masih berlaku, nibblers bisa mendapatkan potongan harga sebesar 15%.

Lokasi:

Three Buns

Jl. Senopati No. 90, Senopati

Burgreens

burgreens

Photo source: manual.co.id

Burgreens adalah salah satu restoran yang berkonsep organik dan menyajikan makanan-makanan sehat. Sesuai dengan namanya, Burgreens menjadikan burger sebagai salah satu menu andalan.

Ada 6 varian burger yang dapat nibblers pilih di Burgreens. Varian seperti Big Max, Mini Trio, Mighty Mushroom Burger, Spinach Chickpeas Burger, Mini Quarto, dan salah satu signature dish Burgreens, Vegan Rendang Burger, tersedia untuk dinikmati. Burger rendang mungkin sudah biasa, tapi burger rendang vegetarian pastinya juga suatu pilihan unik untuk dinikmati.

Berbagai varian burger di Burgreens dihargai mulai dari Rp62.000 hingga Rp85.000. Tidak terlalu mahal untuk mencoba sesuatu yang sehat kan, nibblers?

Lokasi:

Burgreens

Jl. KH. Wahid Hasyim No. 47, Menteng

Byurger

byurger

Photo source: @byurgerjkt

Terletak di selatan Jakarta, tepatnya di Pasar Cipete Selatan, Byurger menyajikan berbagai varian burger yang sangat unik. Setidaknya ada 10 pilihan burger yang bisa dipilih Byurger. Yang membuatnya unik adalah nama-nama burger tersebut.

Nama-nama varian burger seperti K-Pop Sensation, Chi Chi, The Samurai, atau Crackhead dapat nibblers temukan di Byurger. Salah satu menu andalan dari Byurger adalah Sexyback Rib. Sexyback Rib adalah burger yang dagingnya berasal dari daging rusuk yang direbus selama 36 jam. Bayangkan betapa lembutnya daging tersebut setelah 36 jam. Bikin ngiler!

Selain 10 varian tadi, nibblers juga bisa membuat sendiri burger kesukaan nibblers dengan mencampurkan bahan-bahan yang tersedia di Byurger.

Harga berbagai varian burger tersebut mulai dari Rp40.000 hingga Rp70.000.

Lokasi:

Byurger

Jl. Antasari Raya, Pasar Cipete Selatan No. 10, Fatmawati

Blenger Burger

blenger burger

Photo source: id.polomap.com

Siapa yang tidak kenal dengan burger yang satu ini. Dari 10 tahun lalu sudah mulai menjual burger, Blenger Burger saat ini sudah memiliki 4 outlet yang tersebar di Jakarta.

Tersedia dua pilihan burger di Blenger Burger, yaitu beef burger dan cheese burger. Dengan harga yang relatif murah, hanya Rp18.000 saja nibblers sudah bisa mendapatkan satu buah burger yang berukuran besar hingga bingung bagaimana cara untuk memakannya.

Jika satu saja belum cukup mengenyangkan, nibblers juga bisa memesan menu beef burger X2 with egg & smoked beef atau cheese burger X2 with egg & smoked beef. Dijamin benar-benar bikin blenger deh, nibblers.

Lokasi:

Blenger Burger

D' Hoek, Jl. Bintaro Utama, Bintaro

Smack Burger

smack burger

Photo source: http://bicarasurabaya.com

Restoran di Jakarta Barat yang berasal dari Surabaya ini menawarkan sensasi makan burger yang mungkin tidak bisa nibblers temukan di restoran lain.

Di Smack Burger, roti yang digunakan dalam burger berbentuk kotak, mirip seperti roti tawar sobek, sehingga memiliki tekstur yang lebih lembut. Daging patty yang digunakan menggunakan daging yang diimpor dari Australia. Jadi jangan ragukan lagi kualitas dagingnya.

Terdapat 8 varian burger yang dapat dipilih di Smack Burger dengan rentang harga Rp31.000 hingga Rp77.000. Tempatnya yang cozy membuat nibblers dijamin ingin berlama-lama di restoran yang satu ini.

Lokasi:

Smack Burger

Jl. Arjuna Utara No. 32, Tanjung Duren

Burger Bakar Qebul

burger bakar qebul

Photo source: airbnb.com

Sesuai namanya, Burger Bakar Qebul menyajikan varian burger unik, dimana roti dan patty-nya dipanggang terlebih dahulu hingga kecokelatan sebelum disajikan.

Proses pemanggangan ini dilakukan agar menghasilkan tekstur burger yang lebih kering sehingga sangat cocok dikombinasikan dengan saus khusus ala Burger Bakar Qebul. Aroma yang dihasilkan dari proses pemanggangan juga membuat burger terasa lebih menggugah selera.

Selalu ramai dikunjungi, namun Burger Bakar Qebul cepat dalam melayani pelanggannya karena hanya menyajikan 3 varian burger dalam menunya, yaitu beef burger, cheese burger, dan double cheese burger. Ketiga varian burger ini dijual dengan harga Rp18.000 hingga Rp23.000.

Lokasi:

Burger Bakar Qebul

Jl. Nangka Raya No. 65, Pasar Minggu

Gimana nibblers? Sudah siap menerobos kemacetan Jakarta hari ini untuk mencoba restoran burger di restoran di atas?

Related Articles

Connect with Nibble