Foodies Guide To F&B Industry

6 Cara Bertarung dengan Lemak Setelah Lebaran

June 10, 20193 min readHealthy Foodie

Hari Raya Idul Fitri sudah usai, Ketupat, opor ayam, sambal goreng ati ampela, rendang, semur, dan nastar berhasil kita lalui bersama. Sekarang yang tersisa adalah lemak dan kelebihan berat yang harus kita stabilkan kembali.

Kontrol lemak yang lepas selama lebaran harus kembali kita terapkan. Ada banyak cara untuk membebaskan tubuh dari lemak yang terstimbun, dan berikut ini kami bagikan beberapa cara terbaiknya.

1. Kembali Berolahraga

mountain-biking-1210066_1280

Liburan sangat dekat dengan kata malas, termasuk kedisiplinan kita soal olahraga-pun ikut terimbas. Kembali jalani rutinitas berolahraga akan menjadi fondasi utama perjuangan nibblers membabat habis lemak sisa lebaran.

Ragam olahraga yang beraroma kardio pasti mampu membakar lemak dengan cepat. Lari dan bersepeda menjadi pilihan teratas. Untuk nibblers yang sebelumnya tidak terbiasa berolahraga juga bisa memulainya.

2. Hindari Makanan dan Minuman Dingin

alcohol-1853327_1280

Lemak cenderung mengeras setelah bertemu dengan suhu dingin, hal ini membuat sisa-sisa lemak menempel dan bertahan dalam tubuh. Sementara hindari dulu konsumsi makanan dan minuman dingin setelah mengonsumsi makanan berlemak.

3. Disiplin soal Tidur

bed-945881_1280

Perut yang kenyang memang memiliki efek sugestif untuk mudah ngantuk. Tapi jangan sekali-kali langsung tidur setelah makan makanan berlemak ya nibblers. Berikan jeda selama 2 jam antara waktu makan dan waktu tidur. Hal ini untuk mencegah lemak lebih banyak tertimbun. Ibaratnya, sekalipun nibblers berolahraga tidak akan banyak pengaruhnya saat kebiasaan tidur setelah makan ini tetap dilakukan.

 

4. Akrab lagi dengan Sayur Hijau

eat-2834549_1280

Sekelompok peneliti di University of Maryland menemukan fakta bahwa terdapat penurunan fungsi arteri saat seseorang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Namun ajaibnya, saat makanan berlemak tersebut dimakan dengan semangkok salad berisi sayuran hijau, penurunan fungsi arteri tidak lagi ditemukan.

Jadi tidak ada salahnya jika nibblers mengombinasikan ragam makanan dengan sayuran hijau selama masa pertarungan ini. Mencegah lemak datang setelah banyak yang terbakar juga merupakan kunci sukses bertarung dengan lemak setelah lebaran.

5. Minum Air Lemon atau Jeruk Nipis

water-1545518_1280

Air merupakan teman baik kita untuk melawan efek makanan berlemak. Hal ini dikarenakan asupan natrium pada makanan berlemak dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh nibblers. Jumlah natrium yang terlalu tinggi dalam tubuh akan membuat kita lebih sering merasa haus dan juga membuat perut lebih bergas.

Untuk mengatasi hal tersebut, nibblers bisa meminum campuran air dan perasan jeruk nipis atau lemon untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Campuran kedua zat ini juga bisa membantu nibblers yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

6. Teh Hijau Time

green-tea-2356770_1280

Cara terakhir yang bisa nibblers gunakan untuk melawan lemak dan kolestrol adalah dengan minum teh hijau. Kandungan di dalam teh hijau bisa menurunkan kadar kolestrol lipoprotein dalam tubuh. Itulah kenapa efek yang dihasilkan makanan berlemak bisa ditangkal dengan baik saat kita minum teh hijau.

Selain itu akses untuk menemukan teh hijau semakin mudah ditengah semakin trendingnya minuman ini di kalangan publik. Yang pasti jangan konsumsi yang model minuman botolan atau teh hijau instan, biasanya teh hijau jenis ini cenderung hanya gimmick dengan kandungan yang tidak optimal.

Itu dia beberapa hal yang bisa nibblers lakukan untuk mengantisipasi efek negatif setelah makan makanan berlemak selama lebaran. Jangan sampai momen pasca lebaran membuat tubuh nibblers jadi ikut lebar-an ya. Sebisa mungkin lakukan cara-cara di atas agar tubuh tetap sehat selalu.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble