Foodies Guide To F&B Industry

10 Coffee Shop Paling Enak di Jakarta Yang Pasti Belum Pernah Kamu Cobain

September 22, 20167 min readFoodie Trends

Ada banyak alasan kenapa kita suka banget nyantai di coffee shop. Mulai dari ingin menikmati secangkir kopi, ngumpul bareng temen, ngerjain tugas kampus, sampai ingin menghabiskan me time sendiri. Apapun alasannya, kita yakin banget, kamu pasti punya coffee shop favorit yang rutin kamu kunjungi tiap minggu kan? Tapi nggak ada salahnya lho buat nyoba nongkrong di coffee shop di Jakarta lainnya. Soalnya banyak banget nih coffee shop enak di Jakarta yang baru dan keren-keren. Kalau berminat, kita punya 10 rekomendasi cafe kopi di Jakarta yang mungkin belum pernah kamu datengin.

1. Caribou Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-02

Photo source: @the.lucky.belly

Cafe kopi asal US ini akhirnya buka cabang pertamanya di Indonesia akhir tahun lalu. Caribou Coffee sudah ada sejak tahun 1992 dan saat ini sudah punya 3 lokasi di Jakarta, salah satunya ada di deretan restaurant Senopati yang terkenal sebagai surga makanan di Jakarta Selatan. Selain punya tempat yang comfy, kopi di Caribou Coffee juga luar biasa enaknya. Turtle Mocha yang jadi signature dish di coffee shop enak di Jakarta ini wajib kamu cobain. Rasanya nyoklat banget, dan perpaduan rasa caramel, coffee, dan chocolate nya sangat sempurna. Sambil nemenin kamu minum kopi, banyak varian snacks yang bisa kamu coba, seperti bagel, muffin, dan bahkan aneka sandwich.

Lokasi:

Caribou Coffee

- Jl. Senopati No. 52, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27515162.

- Generali Tower, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

- Cilandak Town Square, Lantai Ground, Jl. TB Simatupang, Cilandak, Jakarta.

2. Doppio Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-03

Photo source: @doppiocoffee_jkt

Buat yang penasaran, Doppio itu berasal dari bahasa Italia yang artinya double. Sesuai dengan namanya, saat kamu minum kopi di coffee shop enak di Jakarta ini, kamu akan merasakan kenikmatan dua kali lipat lebih banyak. Soalnya kopi di sini mantap-mantap. Padahal mereka lebih banyak menggunakan biji kopi lokal. Emang bener, rasa kopi Indonesia itu nggak ada duanya! Doppio Cube jadi salah satu minuman yang paling digemari di coffee shop ini. Menu ini berupa espresso dalam bentuk es batu yang disajikan dengan siraman susu hangat dan sirup karamel. Kalau mau isi perut, kamu bisa pesan Salami Square yang asinnya pas dan ukurannya cukup besar.

Lokasi:

Doppio Coffee

Bintara Building, Jl. Wolter Monginsidi No. 43, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7394315.

3. Heynature Cafe

cafe-kopi-seru-jakarta-04

Photo source: @heynaturecafe

Nyari coffee shop di Kelapa Gading? Kenapa nggak mampir di Heynature cafe aja? Tempat ini pas banget buat kamu yang mau relax karena suasana coffee shop enak di Jakarta ini sangat tenang sekali. Heynature Cafe ternyata asalnya dari Korea lho dan cafe ini punya konsep yang unik banget. Di sini ada corner di mana kamu bisa beli kosmetik asli Korea. Cappuccino di restoran Kelapa Gading ini recommended abis. Kamu tetap bisa merasakan strong nya espresso, tanpa meninggalkan rasa nggak enak di lidah setelah meneguknya.

Lokasi:

Heynature Cafe

Jl. Kelapa Nias Raya, Blok GN 9, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0818-7326-26.

4. Watt Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-05

Photo source: @wattcoffee

Selain jadi salah satu cafe Kemang yang wajib didatengin, Watt Coffee juga punya outlet di Kwitang yang dulu terkenal sebagai tempat untuk berburu buku murah. Meski tempatnya agak nggak biasa, tapi jangan salah, rasa kopi di coffee shop enak di Jakarta ini jagoan semua lho. Watt Coffee memfokuskan diri untuk menghadirkan kopi-kopi terbaik asli Indonesia, ada kopi Toraja, Flores, atau Mandailing. Buat yang suka Flat White, kita jamin, kamu pasti akan terkesan dengan rasanya. Makanannya juga lumayan banyak, ada croissant, pie, dan bahkan pizza yang bisa dipesan half and half topping.

Lokasi:

Watt Coffee

- Jl. Kwitang Raya No. 14, Senen, Jakarta. Telp. (021) 3908591.

- Promenade 20, Jl. Bangka No. 20, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 0813-1929-9316.

5. Blumchen Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-06

Photo source: @blumchencoffee

Begitu masuk ke dalam Blumchen Coffee yang terletak di SCBD, aroma kopi akan langsung menghinoptis kamu. Wanginya menenangkan banget dan bakal bikin kamu betah berlama-lama ngopi di coffee shop enak di Jakarta ini. Interiornya juga unik sekali dengan konsep classic Europe. Setiap spot di sini sangat Instagramable. Nah, kalau ngomongin minumannya, jangan sampai kamu lewatin “True Love” Latte yang menggabungkan coffee dalam larutan hazelnut dan caramel flavor. Manisnya bener-bener semanis “True Love”!

Lokasi:

Blumchen Coffee

Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 99461357.

6. Ohayo Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-07

Photo source: @ohayo_coffee

Coffee shop yang baru buka Februari lalu di daerah Pluit bisa memanjakan para pencinta kopi dengan sensasi yang unik. Kenapa unik? Soalnya coffee shop enak di Jakarta ini mengusung konsep Japanese coffee shop di mana kamu bisa menemukan aneka minuman matcha di Ohaya Coffee. Kalau penasaran sama matcha nya, Matcha Latte yang Hot enak banget jadi starter. Rasanya tidak terlalu manis dan minuman ini disajikan dengan matcha pocky. Mocha Mint Coffee juga jadi minuman favorit di sini. Latte art di minuman ini lucu banget lho, dan perpaduan espresso, susu, coklat, serta sentuhan mint di dalamnya benar-benar sangat pas.

Lokasi:

Ohayo Coffee

Green Bay Pluit, Tower B, Lantai LGM, Jl. Pluit Karang Ayu B1 Utara, Pluit, Jakarta. Telp. 0812-9020-6499.

7. The Seas Coffee Roastery

cafe-kopi-seru-jakarta-08

Photo source: @paulustjia

The Seas Coffee Roastery jadi tempat paling cocok buat kamu yang mau ngopi ditemani makanan asli Indonesia. Nasi Bakar yang disajikan pakai Jembal dan sayuran bisa jadi pilihan. Kalau mau ngemil-ngemil ringan aja, Mozzarella Bites nya worth it banget buat dipesan. Urusan kopi sih nggak ada yang nggak enak di coffee shop enak di Jakarta ini. Kalau mau yang beda, cicipin deh Dutch Drip Coffee yang rasanya strong abis.

Lokasi:

The Seas Coffee Roastery

De Ploeit Centrale, Lantai 2, Jl. Pluit Selatan Raya Blok Q No. 1, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 66670811.

8. Anterograde

cafe-kopi-seru-jakarta-09

Photo source: @anterograde.jkt

Cafe baru yang ada di Kelapa Gading ini boleh banget dicoba. Hampir semua makanan di Anterograde itu enak-enak. Kalau suka steak, Grilled Beef Short Ribs nya sangat menggoyang lidah. Dagingnya empuk banget dan dimasak dengan sempurna, sama sekali tidak over cooked. Kalau mau ke restoran enak di Kelapa Gading ini buat ngopi, kamu pasti akan terlena dengan mantapnya Cappuccino racikan mereka.

Lokasi:

Anterograde

Jl. Raya Kelapa Nias, Blok GN1 No. 7, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4530812.

9. Pigeonhole Coffee

cafe-kopi-seru-jakarta-10

Photo source: @chysilva

Coffee shop di Bintaro ini tempatnya memang kecil, tapi mereka mendesain ruangannya unik banget sehingga bisa bikin kita nyaman berlama-lama di sana. White Espresso yang disebut Magic di Pigeonhole Coffee sangat recommended. Rasanya lebih strong dari cappuccino, tidak terlalu pahit, dan cukup segar. Sambil menyesap kopi, kamu juga bisa pesan aneka snack yang disajikan. Salah satu menu yang nggak boleh dilewatkan adalah Lemon Cake yang manisnya pas dan rasa lemon nya sangat terasa. Balance banget deh jadi teman ngopi.

Lokasi:

Pigeonhole Coffee

Jl. Merpati II No. 20, Bintaro Sektor 1, Bintaro, Jakarta. Telp. 0857-7777-9175.

10. Coffee Institute

cafe-kopi-seru-jakarta-11

Photo source: @coffee_institute

Ketika kamu masuk ke dalam coffee shop ini, kamu bakal liat orang-orang saling berinteraksi sambil makan dan minum. Tempatnya cozy banget dan mereka punya board games buat dimainkan gratis. Dijamin deh, kamu bakal bisa punya quality time dan melupakan dunia maya sesaat saat ada di Coffee Institute. Red Velvet Latte dan Hazelnut Coffee di sini rasanya jempolan. Apalagi sambil menyantap makanan-makanan di sana, seperti Grilled Chicken Mushroom.

Lokasi:

Coffee Institute

Jl. Gunawarman No. 71, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7250750.

Nah, dari 10 coffee shop di Jakarta yang udah kita bahas, mana nih yang belum pernah kamu datengin? Atau coffee shop favorit kamu masih belum terkalahkan sama list di atas? Kasih reviewnya yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover Photo source: @doppiocoffee_jkt

Related Articles

Connect with Nibble