Foodies Guide To F&B Industry

10 Macam Lontong Sayur Paling Enak di Indonesia

August 27, 20196 min readFoodie Trends

Orang Indonesia memang tidak akan bisa jauh-jauh dari yang namanya nasi untuk urusan makan. Tapi kalau lagi bosan makan nasi putih, biasanya kita akan punya pilihan lain, yakni lontong sayur.

Seperti yang kalian tahu, lontong ini sama-sama terbuat dari beras, seperti nasi putih. Bedanya, lontong dimasak dengan cara dikukus di dalam bungkus daun pisang. Itulah kenapa warna lontong sedikit kehijauan dan punya aroma yang khas sekali.

Lontong sayur menjadi salah satu menu olahan beras yang paling populer di negeri ini. Penampilannya sebenarnya sangat sederhana, yaitu berupa potongan lontong yang disajikan dengan sayur santan, dan terkadang ditambah opor atau tambahan lauk lain.

Tapi tahukah kalian kalau ragam lontong sayur ternyata ada banyak sekali di Indonesia. Misalnya di Surabaya, lontong sayur di sana dikenal dengan sebutan lontong kupang. Lain lagi jika kalian ke Bandung, namanya menjadi lontong kari.

Lalu kira-kira ada jenis lontong apa lagi? Berikut ini 10 lontong sayur yang paling enak dari seluruh Indonesia.

1. Lontong Sayur Betawi

02 - @laparlagimakanlagi

Photo source: @laparlagimakanlagi

Lontong sayur Betawi atau sering disebut ketupat sayur mungkin menjadi olahan lontong yang paling familiar di lidah kita. Dulunya, lontong sayur hanya disajikan di hari istimewa, seperti Idul Fitri atau Idul Adha.

Tapi sekarang, menu ini sangat mudah ditemukan di Jakarta dan menjadi pilihan sarapan yang paling digemari. Harganya juga ekonomis, mungkin karena bahan pelengkapnya sederhana.

Di dalam sajian ini, kalian akan dimanjakan dengan potongan ketupat atau lontong, dengan siraman kuah kuning sayur bersantan yang terbuat dari potongan labu siam atau pepaya muda. Menu ini semakin komplit saat disajikan dengan opor ayam, semur tahu, semur kentang, dan setumpuk kerupuk.

 

2. Lontong Cap Go Meh

03 - @herlin.lay

Photo source: @herlin.lay

Sekilas, rupa lontong cap go meh tak jauh berbeda dengan lontong sayur. Tapi siapa sangka, ada fakta menarik yang tersembunyi dalam menu spesial ini.

Jika dilihat dari namanya, mungkin kalian bisa menebak kalau menu lontong ini dipengaruhi kuliner Tionghoa. Memang benar, lontong cap go meh ternyata diciptakan oleh para pendatang Tionghoa untuk menggantikan menu yuanxiao yang berupa bola-bola beras yang padat.

Awalnya, lontong ini hanya ditemukan di daerah Semarang dan Betawi. Tapi sekarang, daerah pecinan di Sumatera dan Kalimantan juga mulai banyak menghidangkan sajian ini, khususnya saat hari besar Imlek tiba.

 

3. Lontong Kupang

04 - @foodinrupiah

Photo source: @foodinrupiah

Nama lontong kupang tidak menandakan kalau menu ini berasal dari kota Kupang. Kalian bisa menemukan lontong kupang di daerah Sidoarjo, Jawa Timur. Kupang di sini ternyata merujuk pada jenis kerang berwarna coklat yang menjadi pelengkap hidangan ini.

Kupang biasanya dimasak dengan bumbu rempah, sebelum disajikan di atas potongan lontong dan lentho yang disiram oleh kuah petis. Meski dari segi penampilan terlihat aneh, tapi rasanya ternyata gurih dan nikmat.

Jangan lupa untuk menyantapnya dengan es kelapa muda yang bisa berfungsi sebagai penetral jika kalian ternyata tidak cocok dengan hidangan laut yang satu ini.

 

4. Lontong Sayur Padang

05 - @sovifooddiary

Photo source: @sovifooddiary

Lontong sayur Padang menjadi menu kebanggaan orang Minangkabau yang ada di Sumatera Barat. Walaupun bentuknya mirip seperti lontong sayur pada umumnya, tapi jika kalian mencicipinya, ada perbedaan khas yang cukup mencolok.

Lontong sayur Padang biasanya disajikan dengan kuah penuh rempah yang khas. Bagi penyuka pedas, kalian pasti ketagihan saat mencicipi menu ini, pasalnya di dalam lontong sayur Padang terdapat sambal lado merah yang akan membuat kerongkongan dan perut terasa panas.

Jika sayur yang digunakan dalam lontong sayur biasa adalah sayur labu siam, lontong Padang menggunakan gulai nangka dan sayur kacang yang sedap. Selain itu, ada pula kerupuk pink khas Sumatera yang membuat menu ini semakin ikonik.

 

5. Lontong Tahu Blora

06 - @dhikanov

Photo source: @dhikanov

Saat berkunjung ke Blora, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba lontong tahu yang menjadi makanan khas daerah tersebut. Variasi lontong sayur ini cukup berbeda dari yang lain karena disajikan tidak dengan menggunakan sayur, tapi dengan siraman bumbu kacang.

Sesuai dengan namanya, olahan lontong ini juga disantap bersama tahu goreng, serta telur dadar. Lalu, ada satu bumbu rahasia yang membuat cita rasa menu ini berbeda, yaitu bumbu kecap. Tapi jangan salah, kecap yang digunakan bukan kecap sembarangan yang bisa ditemukan di pasaran, melainkan kecap buatan rumahan dengan rasa yang unik.

 

6. Lontong Mie

07 - @afterworking

Photo source: @afterworking

Beralih ke daerah Surabaya, di sana terdapat lontong mie yang merupakan makanan khas kota tersebut. Sayangnya, nama lontong mie saat ini mulai terlupakan. Sudah tidak banyak tempat yang menghidangkan menu ini.

Konon lontong mie terinspirasi dari sajian lontong balap yang terkenal di Surabaya. Ada salah satu pedagang lontong balap yang kemudian bereksperimen menyajikan lontong dengan tambahan mie dan ebi untuk kuahnya. Rasanya yang tidak mengecewakan membuat menu ini terkenal dan akhirnya dicari oleh banyak orang.

 

7. Lontong Orari

08 - @sasmitaedo

Photo source: @sasmitaedo

Menu lontong tak hanya berasal dari Jawa dan Sumatera saja. Di Kalimantan juga ada olahan lontong yang tak kalah terkenal, tepatnya dari daerah Banjarmasin. Dikenal dengan sebutan lontong orari, menu ini biasanya disajikan sebagai menu makan sehari-hari orang Banjar.

Ada cerita lucu di balik nama orari. Ternyata orari ini merupakan singkatan dari Organisasi Radio Amatir republik Indonesia. Dinamakan demikian karena ada satu tempat makan yang menjual lontong yang dijadikan menjadi tempat nongkrong orang-orang ORARI.

Kalau dilihat dari penampilannya, lontong orari beda dari potongan lontong yang biasanya berbentuk bulat. Lontong khas Banjar ini berbentuk segitiga pipih dan dihidangkan dengan sayur berkuah dan lauk ikan gabus, telur, atau ayam.

 

8. Lontong Balap

09 - @surabayafoodies

Photo source: @surabayafoodies

Ragam lontong sayur ini sangat terkenal di Surabaya. Menu spesial ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, dan taburan bawang goreng, kecap, serta sambal. Tak cukup sampai di situ, lontong balap juga disajikan dengan siraman kuah kaldu yang gurih.

Kalian mungkin terheran-heran kenapa menu ini dinamakan lontong balap. Ada beberapa asumsi yang melatarbelakangi nama unik tersebut. Ada yang bilang nama lontong balap tercipta karena penjual lontong di jaman dulu harus saling balapan untuk mendapatkan tempat terbaik buat berjualan di kebun binatang Surabaya. Nama tersebut kemudian dipertahankan sampai sekarang.

Bahan pelengkap lontong balap yang berupa lentho juga mungkin kurang familiar bagi sebagian besar orang. Lentho ternyata terbuat dari kacang tolo yang direndam, ditumbuk, dan dicampur dengan adonan tepung serta bumbu, sebelum kemudian digoreng menyerupai bentuk perkedel.

 

9. Lontong Tuyuhan

10 - @ny.rempong

Photo source: @ny.rempong

Kunjungan ke Rembang di Jawa Tengah tak akan lengkap tanpa mencicipi lontong tuyuhan. Makanan khas Rembang ini sering dijual pada malam hari dan berasal dari desa Tuyuhan.

Bentuknya seperti lontong yang diberi opor. Tapi bedanya, lontong tuyuhan ini menggunakan lontong segitiga. Selain itu, yang membedakan lontong tuyuhan dengan lontong sayur opor adalah rasanya yang pedas dan kuahnya yang lebih kental.

 

10. Lontong Kari

11 - @mytastemylife

Photo source: @mytastemylife

Kelezatan lontong kari khas Bandung paling jago membuat kita mendadak lapar. Lontong ini terasa sangat enak dengan siraman kuah kari yang kaya bumbu. Lontong kari ini tersedia dalam dua pilihan rasa, yaitu kari ayam atau kari sapi yang bisa disesuaikan dengan selera kalian.

Tak sulit menemukan jenis lontong sayur ini di daerah Bandung. Harganya pun dibanderol sangat bersahabat, mulai dari Rp10.000 saja untuk paket lengkap dengan telur.

Banyak sekali ya ragam lontong sayur dari Indonesia? Meski semuanya terlihat sederhana, tapi soal kenikmatan sangat terjamin. Lontong apa nih yang paling menarik perhatian kalian untuk dicoba?

Cover photo: Unilever

Related Articles

Connect with Nibble