Foodies Guide To F&B Industry

10 Kebaikan Makanan Pedas untuk Tubuh

August 15, 20194 min readHealthy Foodie

Orang Indonesia itu tidak bisa dipisahkan dengan makanan pedas. Banyak sekali ragam kuliner Indonesia yang menggunakan cabai dan rempah-rempah sehingga terasa pedas. Mulai dari makanan tradisional seperti ayam rica-rica atau mie aceh sampai makanan millennials seperti seblak atau mie-mie dengan level kepedasan yang nggak wajar.

Tapi sayangnya makanan pedas sering mendapat stereotype negatif. Katanya makanan pedas itu bisa merusak lambung dan nggak bagus buat tubuh. Benarkah demikian? Kalau dimakan berlebihan memang tidak baik. Makanan pedas juga kurang cocok untuk orang-orang dengan kondisi lambung yang sensitif.

Tapi kalau lambung kita dalam keadaan sehat dan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar, ternyata makanan pedas memiliki banyak manfaat lho untuk tubuh. Simak yuk beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Memperpanjang Umur Kita

02 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Manfaat yang satu ini nggak sembarangan karena merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention tahun 2015. Dalam studi tersebut dikatakan risiko kematian bisa berkurang 14% saat kita mengonsumsi makanan pedas enam atau tujuh kali seminggu.

2. Mempercepat Metabolisme

03 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Saat kita makan yang pedas-pedas, laju metabolisme kita jadi meningkat karena terjadi proses thermogenic, di mana tubuh kita menghasilkan panas. Nah, proses tersebut memerlukan energi, itu artinya proses itu bisa membakar kalori dalam tubuh yang tidak kita butuhkan.

Selain itu, makanan pedas yang dikonsumsi saat sarapan akan membuat kita tidak terlalu bernafsu untuk makan sepanjang hari. Tentu saja hal ini dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

3. Melawan Infeksi dalam Tubuh

04 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Saat kita bicara tentang makanan pedas, itu tidak hanya berkaitan dengan makanan yang mengandung cabai saja. Tapi juga rempah-rempah lain yang menciptakan sensasi pedas, seperti jahe atau kunyit.

Rempah seperti kunyit memiliki kandungan curcumin yang dipercaya bisa melawan infeksi dalam tubuh. Tak hanya itu, jahe juga punya zat anti peradangan yang selama berabad-abad sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti arthritis, mual, muntah, sakit kepala, atau auto immune disorders.

4. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

05 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Penyuka makanan pedas pasti senang sekali mendengar manfaat yang satu ini. Kandungan capcaisin pada jahe ternyata terbukti bisa memperlambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Fakta ini berasal dari penelitian UCLA yang menyatakan bahwa capcaisin berhasil menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat pada tikus, tanpa mengganggu kondisi sel-sel sehat dalam tubuh.

5. Bisa Membunuh Bakteri

06 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Bakteri jahat dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit serius untuk kita. Untungnya, bakteri ini dapat dikalahkan oleh rempah seperti kunyit atau jinten karena di dalamnya terkandung zat anti-bakteri dan juga tinggi antioksidan.

6. Bermanfaat untuk Jantung

07 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Beruntunglah kalian yang suka makanan pedas. Menurut peneliti dari University of Vermont, orang-orang yang suka makan cabai memiliki risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke lebih rendah daripada orang yang tidak suka pedas.

Ini bisa terjadi karena cabai bisa mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

7. Mengatasi Gejala Flu dan Pilek

08 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Di dalam cabai terkandung beta karoten dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, serta melawan pilek dan flu yang rawan sekali kita alami.

Ada penelitian yang menyatakan bahwa nasal spray yang mengandung capcaisin bisa mengurangi gejala hidung tersumbat. Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi saat kita mengonsumsi makanan pedas juga dapat memicu sistem imun untuk melawan virus flu.

8. Bikin Kita Lebih Happy

09 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Percaya, nggak percaya, saat kita mengonsumsi makanan pedas, mood kita akan berubah menjadi lebih baik lho. Ini karena makanan pedas meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa mengurangi stress dan depresi.

9. Melawan Keinginan Makan Makanan Manis

10 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Tahu sendiri, kan, kalau makanan manis itu sangat adiktif dan bisa bikin gendut? Tenang, ngidam makanan manis tak akan terjadi saat kita mengonsumsi makanan pedas.

Cara kerja makanan pedas sama seperti pasta gigi. Biasanya kita jarang sekali bernafsu untuk makan makanan manis saat mulut terasa segar karena aroma mint dari pasta gigi, bukan? Nah, makanan pedas juga bikin kita menahan keinginan untuk makan makanan manis.

10. Meningkatkan Libido

11 - Pixabay

Photo source: Pixabay

Kalau sedang tidak bersemangat untuk main di ranjang, cobalah untuk mengonsumsi sedikit makanan pedas. Siapa sangka, makanan pedas ternyata bisa meningkatkan hormon testosteron yang berkaitan erat dengan libido. Sesi di ranjang pasti akan lebih asyik.

Jadi buat yang tidak suka pedas, yuk tambahkan sedikit cabai dan rempah-rempah di makanan kalian. Kamu tetap bisa merasakan manfaatnya lho meski hanya menambahkan irisan jahe di secangkir teh atau menambahkan sedikit bubuk cabai di makanan.

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble