Foodies Guide To F&B Industry

10 Langkah Bikin Foto Makanan Street Food yang Keren

September 2, 20195 min readTips & Tricks

Hype foto makanan makin hari makin serius digeluti banyak orang. Dari yang awalnya hanya dipandang sebelah mata, saat ini bahkan food photography sudah menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang terbuka bagi siapa saja.

Setiap orang yang mampu menghasilkan sebuah foto yang baik akan mudah untuk mendapatkan pengikut di Instagram. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya mengomersialkan fotonya melalui beberapa situs berbagi foto.

Lalu, bagaimana caranya menghasilkan foto makanan street food yang keren? Simak beberapa tips berikut ini!

Jangan Malu Untuk Belajar

Practices makes perfect. Idiom tersebut harus selalu kita ingat selama hidup dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

street1

Photo source: Pixabay

Seseorang yang mampu mengambil foto makanan terbaik pasti pada saat pertama juga harus belajar. Jika gagal, jadikan kegagalan tersebut menjadi sarana belajar bagi kalian.

Jangan malu untuk belajar atau bahkan meniru foto yang sudah diambil oleh para pakar dalam dunia fotografi. Salah satu cara belajar yang paling mudah adalah lihat, amati, tiru, dan improvisasi.

Atur Lagi Penyajiannya

street2

Photo source: Pexels

Biasanya, makanan di kedai street food disajikan dengan penataan yang biasa saja. Ini merupakan hal yang wajar karena mereka tidak dituntut untuk mampu menyajikan makanan yang memiliki tampilan menarik.

Agar foto makanan kalian bisa terlihat bagus, tentu saja kalian harus bisa menata lagi makanan tersebut. Gunakan saja perlengkapan yang ada di lokasi. Namun, jika kalian sudah mempersiapkan pernik tambahan untuk mempercantik foto, hal ini akan sangat membantu.

Tentukan Angle Terbaik

street3

Photo source: Pexels

Obyek foto apapun juga membutuhkan angle terbaik agar mampu mengeluarkan pesan yang ingin kita sampaikan lewat foto. Apalagi untuk obyek foto makanan.

Semakin baik angle yang bisa kita dapatkan, akan semakin keren pula hasil foto makanan tersebut. Mempelajari lebih jauh mengenai angle ini merupakan salah satu keahlian mendasar yang harus dimiliki oleh seorang Fotografer.

Kepekaan dalam menentukan angle terbaik akan mampu membuat diri kita terbiasa dalam mengambil foto di berbagai kondisi karena tentu situasi di setiap pemotretan pasti berbeda.

Foto Prosesnya

Salah satu kelebihan dari makanan street food adalah kalian bisa melihat langsung proses memasak dari makanan yang kalian pesan.

street4

Photo source: Pexels

Untuk memanfaatkan hal ini, tentu saja kalian harus memberanikan diri untuk mengambil foto ketika makanan ini sedang disiapkan. Mengambil foto ketika makanan sedang diproses juga akan membuat kalian bisa bercerita kepada penikmat fotografi tentang apa saja proses yang sudah dilalui hingga makanan tersebut disajikan.

Jangan takut meminta izin untuk memasuki dapur, karena umumnya pemiliki tempat makan akan memperbolehkan kalian untuk masuk ke dalam dapurnya.

Ajak Bicara Penjualnya

street5

Photo source: Netflix

Bagaimanapun juga sosialisasi merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh siapapun. Dengan bersosialisasi, kalian juga bisa berkenalan dan saling berbagi cerita kepada orang lain.

Termasuk dengan pemilik atau penjual di kedai street food. Semakin kalian mendekatkan diri dengan mereka, akan semakin senang pula mereka berbagi. Ketika kalian mampu mendekatkan diri dengan mereka, tidak akan sulit mengutarakan keinginan kalian ketika akan mengambil gambar.

Kenali Makanannya

street6

Photo source: Netflix

Mengenali makanan yang ingin kita ambil fotonya akan sangat membantu. Kalian bisa mengetahui bagaimanakah angle yang paling tepat untuk foto makanan ini dan bagaimana penataan terbaiknya.

Selain itu, nilai tambah lain dengan mengenali makanan adalah kalian tidak perlu repot lagi mencari caption. Ketika foto makanan tersebut sudah sangat bercerita, caption yang kosong justru menjadi nilai lebih pada postingan.

Selalu Bawa Tisu

Tisu adalah benda yang paling mudah dicari sekaligus benda yang paling krusial ketika kita akan mengambil foto makanan.

street8

Photo source: Pixabay

Makanan tentunya tidak akan selalu dalam kondisi terbaik ketika disajikan, apalagi jika disajikan dalam waktu yang cukup lama. Salah satu contohnya adalah makanan beku yang pastinya akan mencair dan membuat wadahnya basah.

Dengan menyiapkan tisu, kalian tidak perlu khawatir hal-hal semacam itu akan mengganggu proses foto.

Cari Background Terbaik

Setiap foto memerlukan background terbaik agar semakin membuat foto tersebut keren.

street7

Photo source: Pixabay

Tidak perlu mencari atau menyiapkan background yang rumit, manfaatkan saja benda-benda atau pemandangan di sekeliling kalian sebagai background

Jika kalian ingin membawa background sendiri, harap perhatikan juga situasi di tempat kalian akan melakukan pemotretan. Jangan sampai keinginan kalian untuk mendapatkan foto terbaik justru mengganggu kenyamanan pengunjung lain yang akan berimbas juga kepada sang penjual.

Cari Tempat Dengan Cahaya Terbaik

Cahaya biasanya selalu menjadi musuh utama dalam mengambil foto.

street9

Photo source: Pixabay

Jika makanan street food tersebut berada di pinggir jalan dan kalian mengambil gambar di hari cerah, hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun, apabila kalian bermaksud mengambil foto makanan yang berada di dalam kedai dengan pencahayaan minim, tentunya ini bisa jadi masalah besar.

Untuk mengakali hal tersebut, kalian tentunya harus menyiapkan pencahayaan tambahan. Pencahayaan bisa dibantu dengan lampu LED portable. Namun langkah terbaik tetaplah cari cahaya matahari.

Pelajari Kamera Dengan Baik

Mutlak hukumnya bahwa kamera DSLR dan mirorless jauh lebih baik untuk mengambil foto makanan dibandingkan dengan kamera ponsel.

street10

Photo source: Pexels

Mempelajari semua fitur dalam kamera yang kalian gunakan akan mempermudah kalian dalam mempraktikkan semua hal yang sudah disebutkan di atas. Kalian akan bisa selalu siap untuk mengambil foto dalam kondisi apa pun.

Rumit gak mengambil foto makanan street food? Lepas dari sulit atau tidaknya, percayalah konsistensi dan semangat untuk terus belajar akan membuat kemampuan kalian meningkat.

Cover photo: Shutterstock

Related Articles

Connect with Nibble