Foodies Guide To F&B Industry

10 Makanan Olahan TELUR Yang Paling Menggugah Selera Dari Seluruh Dunia!

April 27, 20165 min readTips & Tricks

 

Photo source: Bored Bug

Telur itu universal banget, bisa diolah menjadi banyak menu di seluruh dunia. Rasanya yang creamy dan lezat, serta kandungan gizi yang nggak perlu diragukan lagi jumlahnya, membuat banyak orang gemar makan sajian dari olahan telur. Telur juga nggak cuma cocok dimakan waktu sarapan saja lho karena nggak ada salahnya jika kamu menyantap sajian telur saat makan siang dan malam, apalagi kalau menunya memang menggugah selera. Kalau di Indonesia, telur paling sering digoreng dalam bentuk telur ceplok atau dadar, lain lagi dengan di negara-negara lain. Nah ini dia 10 hidangan dari telur yang berasal dari negara-negara di dunia. Jangan ngiler ya bacanya!

 

1. Bibimbap (Korea)

Photo source: Mel Joulwan

K-Food lover sih pasti udah familiar banget dengan makanan dari olahan telur yang satu ini. Bibimbap emang banyak ditemuin di restoran Korea Jakarta. Menu ini berupa crunchy rice yang diletakkan di dasar mangkok, dan diberi topping sayuran segar, pickles, aneka daging, dan pastinya telur setengah matang yang bikin rasanya makin top.

 

2. Scotch Egg (UK)

Photo source: Sometimes I Crave

Kalau mau makan telor ala orang Inggris, berarti kamu harus cobain Scotch Egg. Pada hidangan ini, telur rebus setengah matang diletakkan di tengah adonan yang terbuat dari daging dan dilumuri oleh breadcrumbs sebelum digoreng. Hasilnya, saat kamu membelah Scotch Egg ini, telur kuningnya meleleh, sangat memanjakan mata dan lidah.


3. Menemen (Turkey)

Photo source: BBC Good Food

Meski makanan yang terbuat dari telur ini tidak terlalu terkenal di Indonesia, Menemen sangat populer lho di Turki dan sudah jadi sajian khas negara tersebut. Menu sarapan ini merupakan campuran dari telur, potongan tomat, chillis, dan Turkish sausage. Telur yang digunakan bisa berupa sort poached egg seperti pada foto di atas atau ada juga yang menggunakan scrambled egg. Yang jelas kedua versi tersebut sama-sama enak.

 

4. Chawanmushi (Japan)

Photo source: Japanese Cooking 101

Makanan Jepang itu ternyata nggak cuma sushi, ramen, atau curry. Ada juga Chawanmushi yang menggunakan bahan dasar telur dan jadi makanan favorit di sana. Bentuknya seperti custard, tapi Chawanmushi bukanlah pudding. Saat memakannya, kamu bisa menambahkan toping sesuai dengan kesukaanmu, bisa shrimp atau jamur shitake.

 

5. Kerak Telor (Indonesia)

Photo source: Maksindo

Kalau yang satu ini sih sudah jelas asli Indonesia, tepatnya asli Betawi. Bahan pembuat Kerak Telor berupa beras ketan putih, ebi yang disangrai kering, bawang-bawangan, bumbu-bumbu tambahan, serta telur ayam. Kadang ada juga yang menggunakan telur bebek dan rasanya lebih pecah lho. Kalau kamu belum pernah cobain menu yang melegenda banget ini, coba deh sekali-sekali mampir ke Kota Tua buat nyobain Kerak Telor yang rasanya otentik.

 

6. Egg Benedict (USA)

Photo source: Kerrygold USA

Ini dia menu brunch paling favorit di Jakarta, Egg Benedict! Menu sarapan klasik asal Amerika ini sebenernya simple banget lho. Terdiri dari poached fresh eggs, bacon, toasted English muffins, dan hollandaise sauce. Rasanya nikmat banget buat dimakan pagi-pagi. Kalau mau lebih bergizi, kamu bisa ganti bacon dengan smoked salmon yang ada kandungan omega-3 nya.

 

7. Egg Tart (Hong Kong)

Photo source: Sassy Hong Kong

Egg Tart ini bisa dibilang snack andalan Hong Kong yang enak abis. Saking populernya di Hong Kong, ada versi Indonesianya lho yang lebih dikenal dengan sebutan Pie Susu. Egg Tart khas Hong Kong ini berupa kulit pastry yang diisi custard telur yang lembut dan terasa manis. Cocok buat jadi afternoon treat atau midnight snack. Istimewanya lagi, Egg Tart juga masuk list 50 Makanan Paling Lezat di Dunia versi CNN Go tahun 2011 lho.

 

8. Croque Madame (Perancis)

Photo source: Le Chalet

Kalau USA punya Egg Benedict, Perancis punya Croque Madame yang jadi menu sarapan favorit di restoran Perancis. Bisa dibilang Croque Madame itu adalah sandwich khas Perancis yang jadi pasangannya Croque Monsieur. Kalau Croque Monsieur itu berupa sandwich keju berisi daging ham panggang, lain halnya dengan Croque Madame. Selain ada smoked beef, dan aneka keju yang meleleh di dalam setangkup roti, ada tambahan soft poached egg di atas Croque Madame tersebut. Jelas, yang ini pasti bikin lebih kenyang daripada Croque Monsieur.

 

9. Kwek Kwek (Filipina)

Photo source: Eat Your World

Namanya yang nyentrik pasti bikin kamu makin penasaran ya? Well, Kwek Kwek ini adalah street food asal Filipina berupa telur rebus yang dicelupkan ke adonan tepung berwarna orange sebelum akhirnya di deep fried. Cemilan ini perfect banget jadi after school atau after work snack. Kandungan protein dan karbohidratnya sudah pasti tinggi dan, enaknya, ini adalah food-to-go yang bisa dimakan kapan saja dan di mana saja. Kwek Kwek ini biasanya disajikan dengan taburan garam dan dicelupkan ke dalam spicy vinegar.

 

10. Bacon and Egg Pie (New Zealand)

Photo source: Pika Chakula

Menu yang satu ini sangat terkenal di New Zealand. Ini berupa pie berisi bacon dan telur, kemudian dipanggang garing. Bacon and Egg Pie ini biasanya disajikan dengan berbagai macam saus. Rasanya sudah pasti sangat menggugah selera.

 

Wow, enak-enak sekali ya 10 makanan yang terbuat dari telur di atas. Menurut kamu, menu yang mana nih yang paling menggoda? Nah, buat kamu yang lagi kepengen cari hidangan yang terbuat dari telur, coba deh cari di Nibble. Tinggal masukkin keywordnya aja, nanti foto semua makanan olahan telur super lezat di Jakarta akan terpampang di handphone mu. Buat yang belum tahu tentang Nibble, klik di sini yuk!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble