Foodies Guide To F&B Industry

10 Makanan Sunda Paling Enak dan Favorit

April 23, 20185 min readTips & Tricks

Makanan Sunda jadi salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang paling banyak ditemukan di Jakarta. Ini tidak lain karena letak geografis daerah Jawa Barat yang dekat dengan Ibu Kota. Tidak heran kalau akhirnya makanan Sunda selalu ada di hati para foodies. Bahkan sering juga makanan Sunda menjadi comfort food yang rasanya tidak bisa ditolak. Kalau ditanya apa saja jenis makanan Sunda yang paling populer di Jakarta, listnya pasti panjang banget, berikut ini di antaranya.

1. Nasi Timbel

makanan-sunda-02

Photo source: Nibble - anak.kuliner

Nasi Timbel merupakan jenis Nasi Campur khas Sunda. Kelezatan Nasi Timbel tergambar pada aroma wangi dari daun pisang yang membungkus nasinya. Wajar saja,nasi pada menu ini dalam kondisi hangat saat dibungkus daun pisang. Itulah kenapa, wanginya sampai menyerap sekali ke dalam nasi. Biasanya makanan Sunda ini dihidangkan bersama lauk pauk, seperti tempe, tahu, ayam goreng, lalapan lengkap, dan tidak lupa sambal super pedas.

Nasi Timbel di Jakarta:

Talaga Sampireun

Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lapangan Golf 7, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 64700400.

2. Soto Mie

makanan-sunda-03

Photo source: Nibble - jennyfer

Soto yang terdiri dari mie telur, cakwe, sayuran, dan potongan daging ini asalnya dari Bogor. Kuahnya gurih kaldu, dagingnya kadang diganti dengan jeroan sapi atau ada juga Soto Mie dengan pork. Makanan Sunda ini makin terasa mantap saat disantap dengan perasan jeruk nipis, tambahan kecap dan sambal. Biar makin lengkap, harus pakai nasi hangat juga saat melahapnya.

Soto Mie di Jakarta:

Henis

Jl. Mangga Besar No. 27, Mangga Besar, Jakarta 10120. Telp. (021) 6296501.

3. Tahu Sumedang

makanan-sunda-04

Photo source: @lisa_cha2

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan Tahu Sumedang. Cemilan ini mudah ditemukan di tukang gorengan kaki lima di Jakarta. Namun ada juga restoran Indonesia yang menyediakan Tahu Sumedang. Sekali melahap makanan Sunda ini, kamu pasti akan sulit berhenti. Soalnya tekstur Tahu Sumedang ini renyah di luar, tapi lembut di dalam. Ada rasa asin yang enak sekali dan bikin nagih. Paling enak dimakan dengan gigitan cabe rawit biar makin pedas.

Tahu Sumedang di Jakarta:

Tesate

Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta . Telp. (021) 57973653.

4. Sate Maranggi

makanan-sunda-05

Photo source: Nibble - culinarypurplev

Sate Maranggi sangat istimewa. Ini berkat cara memasaknya yang beda dengan Sate lainnya. Sebelum dibakar, makanan Sunda yang berasal dari daerah Purwakarta ini direndam dulu dalam bumbu sehingga rasa bumbunya sangat menyerap ke dalam daging sapi yang digunakan. Bisa dibayangkan kelezatan yang akan kamu rasakan saat menyantap setiap tusuk Sate Maranggi.

Sate Maranggi di Jakarta:

Maranggi House

Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 62, Tebet, Jakarta. Telp. 0881-6871-618.

5. Peuyeum

makanan-sunda-06

Photo source: @huseiniking

Sekilas Peuyeum terlihat mirip dengan Tape Singkong, namun ternyata ada yang berbeda dari kedua makanan ini. Tekstur Peuyeum khas Bandung biasanya lebih kering dan keras. Ini beda dengan Tape Singkong  dari Jawa Tengah yang teksturnya lembek dan berair. Itu juga faktor yang membuat makanan Sunda ini jauh lebih tahan lama dari Tape biasa. Peuyeum yang sudah jadi bisa dicemil begitu saja, atau dijadikan bahan pembuat makanan lain, seperti Tape Bakar, Cake Tape, dan masih banyak lagi.

6. Batagor

makanan-sunda-07

Photo source: Nibble - mgdalenaf

Makanan Sunda yang dikenal dengan tambahan saus kacang ini nggak ada duanya. Batagor itu terdiri dari daging ikan yang dicampur dengan tepung terigu serta tambahan bumbu yang bikin rasanya makin enak. Tekstur Batagor itu sangat crunchy karena semua bahannya digoreng. Rasanya yang gurih saat bercampur dengan saus kacang yang manis jadi perfect banget di lidah.

Batagor di Jakarta:

Batagor Cuplis

Summarecon Mall Serpong, Lantai 2, Food Temptation, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang.

7. Seblak

makanan-sunda-08

Photo source: Nibble - supersillychef

Buat yang suka pedas, kamu pasti akan tergila-gila dengan Seblak. Makanan Sunda dari Bandung ini terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan bakso, makaroni, ceker, dan lain-lainnya. Yang bikin Seblak populer adalah kuahnya yang merah dan spicy abis. Biarpun pedasnya bikin keringetan, tapi rasanya nagih banget.

Seblak di Jakarta:

Seblak Jeletet Murni

Jl. Pluit Karang Manis Blok D7B No. 78, Muara Karang, Jakarta.

8. Mie Kocok

makanan-sunda-09

Photo source: @eatineraryid

Sesuai namanya, makanan Sunda ini terbuat dari Mie yang dimasak dengan cara mengocoknya. Mie Kocok biasanya menggunakan Mie Kuning yang teksturnya gepeng dan lembut. Menu ini biasanya dicampur dengan kikil, jeroan, dan daging sapi yang bikin cita rasanya makin gurih. Agar makin sedap, tambahin kerupuk ekstra agar teksturnya makin kriuk kriuk.

Mie Kocok di Jakarta:

Mie Kocok Bandung

Jl. Waru No. 21, Rawamangun, Jakarta. Telp. 0813-1044-6999.

9. Bajigur

makanan-sunda-10

Photo source: @makankeliling

Ini dia minuman tradisional khas Sunda yang paling cocok diminum saat cuaca lagi dingin, yaitu Bajigur. Bahan pembuatnya terdiri dari gula aren dan santan. Minuman berwarna coklat ini terasa manis dan hangat di perut. Kadang ada tambahan jahe, vanili, dan garam juga yang bikin rasanya makin nendang. Biasanya, minuman ini dimakan dengan cemilan khas nusantara, seperti kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lainnya.

10. Siomay

makanan-sunda-11

Photo source: Nibble - missnomnom

Siomay Bandung bisa dikatakan sebagai saudaranya Batagor. Kalau Batagor, semua bahan pembuatnya digoreng, sedangkan Siomay, bahan pembuatnya dimasak dengan cara direbus. Siomay Bandung biasanya terbuat dari daging ikan, disajikan dengan berbagai bahan pelengkap, seperti telur rebus, kentang rebus, tahu coklat berisi siomay, kol, dan bahkan pare. Cara penyajiannya sama dengan Batagor, yaitu bersama siraman saus kacang yang legit.

Siomay di Jakarta:

Bakso Titoti

Jl. Aria Putra No. 24 Kedaung, Ciputat, Tangerang.

Pilihan makanan Sunda memang sangat bervariasi dan semuanya enak-enak. Menurut kamu, makanan mana yang paling kamu suka? Beri reviewnya di Nibble yuk. Buat yang belum tahu tentang Nibble, kamu bisa klik di sini.

Cover photo source: Nibble - biteandbrew

Related Articles

Connect with Nibble