Foodies Guide To F&B Industry

10 Menu Olahan Daging Babi Sepanjang Masa

July 2, 20197 min readFoodie Trends

Memang tidak banyak penggemar daging babi di Indonesia karena negara kita merupakan negara dengan umat muslim terbesar di dunia. Namun di berbagai kota, khususnya di Jakarta, ada cukup banyak restoran yang bisa memuaskan para pork lovers.

Meski tidak banyak, tapi olahan daging babi yang ditawarkan cukup beragam. Buat yang diperbolehkan menyantap daging babi, mari simak 10 olahan daging babi yang sudah melegenda sepanjang masa karena kelezatannya.

 

Babi Panggang

01 - @oppakuliner

Photo source: Nibble - oppakuliner

Memanggang merupakan salah satu cara memasak daging babi yang bisa menghasilkan kelezatan yang tiada taranya. Ada berbagai bumbu yang bisa digunakan saat memanggang daging babi. Kalau nibblers ingin sesuatu yang berbeda, tak ada salahnya untuk mencicipi Babi Panggang khas Bangka. Menu ini tidak banyak tersedia di restoran Jakarta, tapi Mr.Fox yang berlokasi di SCBD berhasil menyajikan Babi Panggang khas Bangka yang cita rasanya autentik.

Yang membuat menu ini berbeda dari babi panggang lainnya adalah adanya bumbu tauco yang meresap sekali sampai ke dalam dagingnya. Bagian luar babi panggang yang renyah juga membuat menu ini menjadi incaran para pecinta babi. Menu ini disajikan lengkap dengan nasi hangat, sayuran, dan juga sambal bawang yang pedas.

Lokasi:

Mr. Fox

Energy Building, Lantai Ground Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 52961999.

 

Babi Guling

 03 - @sibungbung

Photo source: @sibungbung

Siapa coba yang tak kenal babi guling? Olahan daging babi khas Bali ini tak hanya terkenal di pulau dewata, tapi juga di seluruh nusantara. Di Jakarta saja ada beberapa gerai babi guling yang terkenal. Salah satunya adalah Babi Guling Ko Made. Buat yang belu tahu, babi guling ini dimasak dengan cara diputar atau diguling-gulingkan di atas bara api yang panas. Tapi sebelum dipanggang, babi guling sudah dimarinasi dengan bumbu rempah khas Bali sehingga rasanya terasa enak sekali.

Babi guling biasanya disajikan sebagai salah satu lauk untuk seporsi Nasi Campur. Nasi campur khas Bali biasanya terdiri dari babi guling, lawar, sosis, sate lilit, kulit babi, dan tak lupa sambal matah yang akan membuat nibblers makin puas.

Lokasi:

Babi Guling Ko Made

Jl. Pluit Karang Indah Timur Blok L9 Timur No. 23, Muara Karang, Jakarta. Telp. 0878-7863-9089.

Pork Ribs

04 - @herlin.lay

Photo source: @herlin.lay

Iga babi alias pork ribs bisa dimasak dengan berbagai cara. Ada yang lebih suka jika dipanggang, digoreng, atau dibuat menjadi sup bak kut teh. Bicara tentang pork ribs, Tony Roma’s merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyantap menu ini di Jakarta. Kualitas pork ribs yang ditawarkan setingkat dengan daging USDA yang terkenal premium. Baby Back Ribs di Tony Roma’s bisa dipesan dalam porsi half atau full. Mereka menggunakan saus BBQ yang membuat pork ribs ini makin menggoyang lidah.

Lokasi:

Tony Roma’s

UOB Plaza, Lantai Mezzanine, Jl. MH Thamrin No. 10, Thamrin, Jakarta 10230. Telp. (021) 30006723.

 

Sate Babi

05 - @cnlulaby

Photo source: @cnlulaby

Kalau urusan sate babi, sudah pasti Sate Babi Johan yang menjadi tempat paling recommended untuk mencicipi menu ini. Warung sate ini sudah legendaris sekali di daerah Green Ville, bahkan mereka sudah membuka cabang juga di Kedoya dan PIK.

Sate babi tidaklah sama dengan sate ayam yang menggunakan saus kacang sebagai pelengkapnya. Biasanya sate babi dimasak dengan bumbu kecap sehingga rasanya manis. Daging babi yang digunakan pada tiap tusuk sate pun tebal-tebal dan padat. Nibblers juga wajib mencicipi sate usus babi yang tak kalah sedap dari sate dagingnya.

Lokasi:

Sate Babi Johan

Jl. Green Ville, Green Ville, Jakarta. Telp. (021) 5630063.

Bapao Babi

06 - @monmonculinary

Photo source: @monmonculinary

Jika selama ini nibblers hanya tahu bapao yang dimasak dengan cara dikukus, maka mampirlah ke Wing Heng Hongkong Dim Sum Shop yang berada di Pluit. Mereka akan membuat nibblers terkesan dengan sajian Bapao Bakar Chasio. Kamu bisa mendapatkan menu ini hanya dengan Rp21.000 saja.

Meski dibakar, tekstur bapaonya tetap lembut dan bagian luarnya terasa renyah. Yang bikin makin nagih adalah isi bapao yang berupa chasio alias babi panggang merah. Teksturnya langsung lumer saat masuk di mulut.

Lokasi:

Wing Heng Hongkong Dim Sum Shop

Jl. Pluit Karang Utara, Blok A4U No. 65A, Pluit, Jakarta. Telp. 0838-7511-6699.

Babi Sayur Asin

07 - @vico.kuliner

Photo source: @vico.kuliner

Olahan daging babi tak hanya nikmati disantap dengan berbagai saus yang gurih dan diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Daging babi juga terasa sedap saat disandingkan bersama sayur asin lho. Buat nibblers yang masih belum familiar dengan sayur asin, ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut produk fermentasi sawi. Dalam proses pembuatannya, sawi akan direndam dalam larutan air, gula, cuka, dan garam. Hasilnya bisa terasa manis atau asin. Nah, sawi asin biasanya paling enak saat dimasak dengan daging babi yang gurih.

Kalau nibblers mau coba, kamu bisa langsung ke Sate Babi Buana 94 yang berlokasi di daerah Mangga Besar. Asin dan gurihnya Babi Sayur Asin di restoran ini terasa sangat pas di lidah.

Lokasi:

Buana 94

Jl. Mangga Besar Raya IV No. 1, Mangga Besar, Jakarta. Telp. 0878-8218-2211.

Pork Belly

08 - Nibble - makancengli

Photo source: Nibble - makancengli

Buat pecinta daging babi, bagian perut babi itu ibaratnya surga dan sering disebut sebagai bagian paling enak dari tubuh babi. Kelezatannya berasal dari tumpukan lemak di perut babi yang saat dimasak menghasilkan juicy yang bisa meleleh di mulut. Dagingnya pun terasa lembut dan bagian luarnya bertekstur crispy saat dimasak dengan tepat.

Untuk mencicipi pork belly terenak di Jakarta, nibblers bisa langsung meluncur ke KHUNG di Plaza Indonesia. Crispy Pork Belly menjadi menu primadona di restoran spesialis masakan Cmatik yang bisa membangkitkan selera. Banyak sekali foodies yang jatuh cintahinese ini. Pork belly ini dimasak dengan cara slow cooked dan diberi bumbu aro dengan sajian ini karena adanya saos cocolan berupa honey dijon mustard dan chilli sauce yang mantap banget.

Lokasi:

KHUNG

Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29921912.

 

Bistik Babi

09 - Nibble - fransi_96

Photo source: Nibble - fransi_96

Bistik merupakan asimilasi dari steak khas Western dengan gaya masakan lokal khas Indonesia. Jadi tak heran kalau rasa bistik sangat familiar di lidah orang Indonesia. Yang membuat bistik spesial adalah siraman sausnya yang membuat daging makin lebih berasa. Mirip dengan resep aslinya, sebagian besar bistik biasanya terbuat dari daging sapi. Tapi jangan salah, di beberapa tempat tertentu, nibblers bisa merasakan mantapnya bistik babi yang juga nikmat sekali.

Salah satu tempat untuk mendapatkannya adalah Tio Ciu 78 di Mangga Besar. Bistik Babi yang dihidangkan di tempat makan ini disajikan dengan siraman saus yang manis, topping kacang polong, dan kentang goreng yang crispy.

Lokasi:

Tio Ciu 78

Jl. Mangga Besar Raya No. 78C, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6263762.

Pork Knuckle

 10 - @kunyah_kunyah.id

Photo source: @kunyah_kunyah.id

Ini dia olahan daging babi yang pasti tak akan bisa ditolak kelezatannya oleh nibblers, pork knuckle! Pork knuckle ini terbuat dari bagian dengkul atas babi. Biasanya menu ini diolah dengan cara dipanggang sampai bagian kulitnya menjadi crispy dan bagian daging dalamnya terasa empuk. Namun, sebelum dipanggang, pork knuckle sudah melalui proses perebusan dulu bersama kaldu babi sehingga rasanya semakin nendang setelah dipanggang.

Pork Knuckle menjadi menu utama yang terpopuler di Paulaner Brauhaus. Jangan heran, porsi pork knuckle di sini memang nggak main-main besarnya. Tak heran bila banyak yang memburu menu ini menjadi pendamping untuk minum bir. Melihat penampilannya saja, nibblers akan dibuat ngiler. Apalagi saat dicicipi secara langsung, keempukan daging dan renyahnya bagian kulit akan membuat kamu rela gagal diet.

Lokasi:

Paulaner Brauhaus

Grand Indonesia Mall, Lantai 2, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23583871.

Bakmi Babi

 11 - @henjiwong

Photo source: @henjiwong

Bakmi Babi punya tempat tersendiri di hati para pecinta bakmi. Rasanya memang beda dengan bakmi ayam biasa karena biasanya bakmi babi disajikan dengan berbagai jenis topping olahan babi. Mau mencicipinya? Mampirlah di Bakmi Benteng yang berlokasi di Kelapa Gading. Di sini nibblers bisa melengkapi bakmi pesanan kamu dengan 5 topping berbeda, seperti topping ayam cincang, ayam crispy, babi chasio, babi cincang, dan babi panggang.

Pilihan mienya pun bisa disesuaikan dengan selera. Ada mie kecil, mie lebar, mie karet, bihun, dan kwetiau yang bisa dipilih. Tak perlu meragukan rasa Bakmi Benteng, kombinasi antara rasa manis, gurih, dan asinnya terasa sempurna di lidah.

Lokasi:

Bakmi Benteng

Jl. Kopyor Raya, Blok Q1 No. 22, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0897-3975-753.

Jadi, dari 10 olahan babi di atas, mana yang menjadi favorit nibblers? Atau nibblers tahu menu babi lain yang nggak kalah recommended? Bagikan yuk ke pecinta kuliner lainnya melalui kolom komentar!

Cover photo source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble