Foodies Guide To F&B Industry

10 Restoran Jepang Autentik di Little Tokyo Jakarta

July 4, 20196 min readFoodie Trends

Popularitas makanan Jepang di Indonesia tengah memuncak belakangan ini. Kini kita semakin mudah menemukan restoran Jepang autentik. Bahkan daerah Melawai yang berada di Jakarta Selatan kini sering mendapat julukan sebagai Little Tokyo milik kota Jakarta.

Hal tersebut terjadi karena ternyata di tahun 1990-an, ada sebuah gedung yang dijadikan mess orang Jepang. Sejak saat itu, dunia bisnis di kawasan Melawai seakan-akan berubah untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Jepang tersebut.

Ada begitu banyak restoran Jepang di daerah ini. Istimewanya lagi, banyak restoran yang masih bertahan sampai sekarang dan juga populer di antara ekspatriat Jepang.

Jadi tak perlu kaget jika kalian bertemu orang Jepang asli saat menyantap makanan di Little Tokyo. Mau tahu restoran Jepang mana saja yang paling recommended di Melawai? Mari simak ulasan Nibble berikut ini.

 

1. Daitokyo Sakaba

02 - wanderbites

Photo source: wanderbites

Restoran ini terkenal memiliki kawa alias kulit ayam yang fenomenal. Tak ada yang meragukan kelezatannya. Renyah dan gurihnya kawa pasti akan membuatmu tidak puas jika hanya menikmati satu porsi saja.

Konon kawa paling sedap saat dinikmati bersama butter rice yang aromanya menggugah selera. Jika itu masih belum membuat kalian kenyang, pesanlah Gyu Tan Don. Daging lidah yang di grilled terasa sempurna saat menjadi topping donburi hangat. Tak lupa, terdapat soup yang kaya rasa yang menjadi side dish menu spesial ini.

Lokasi:

Daitokyo Sakaba

Jl. Melawai 9 No. 26, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7222047

2. Kashiwa

03 - @spiceupyourpalette

Photo source: @spiceupyourpalette

Tak kalah autentik dari Daitokyo Sakaba, Kashiwa akan membuat kalian terpesona dengan hidangan okonomiyaki yang ringan namun bisa membuat perut kenyang. Lihat saja penampilannya yang begitu menggoda, Kaisen Okonomiyaki andalan Kashiwa dibentk mirip seperti pizza dari segi penampilan.

Namun, dari segi rasa, 100% Jepang. Adonannya padat dan terasa juicy. Bagian yang paling menarik tentu saja topping katsuoboshi di atas okonomiyaki. Jika kalian perhatikan lebih dekat, topping ini seakan-akan sedang menari dan bergerak-gerak saat disajikan. Rasanya gurih dan bikin nagih.

Lokasi:

Kashiwa

Jl. Melawai 8 No. 2A, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7396063

3. Ramen 38 Sanpachi

04 - @edodharmadi

Photo source: @edodharmadi

Bicara mengenai restoran Jepang di Melawai, tak akan lengkap tanpa menyebut Ramen 38 Sanpachi. Sebelum ramen naik daun, restoran ini sudah lebih dulu memperkenalkan ramen khas Jepang ke masyarakat Jakarta sejak tahun 2003. Kalian harus mencicipi Jigoku Ramen di sini yang tingkat kepedasannya tersedia dari level 1 sampai 20.

Penampilan Jigoku Ramen sungguh menggambarkan kepedasan yang sejati. Kuahnya berwarna merah yang membuat tenggorokan dan perut jadi hangat saat ditelan. Jenis mie yang digunakan bertekstur chewy dengan potongan daun bawang, irisan cabai merah, dan potongan daging yang melengkapinya.

Lokasi:

Ramen 38 Sanpachi

Jl. Melawai No. 189B, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 72800268

4. Kira - Kira Ginza

05 - @godzillatummy

Photo source: @godzillatummy

Saat melangkahkan kaki ke dalam restoran Jepang yang satu ini, kalian akan merasa seperti bukan lagi di Jakarta, tapi ada di dalm restoran Jepang asli. Atmosfernya semakin kental dengan ornamen khas Jepang, serta kunjungan orang Jepang asli yang sering terlihat.

Jika mau mencicipi menu andalannya, pesanlah Chicken Katsu Don yang rasanya outstanding. Potongan ayamnya cukup besar dan dagingnya empuk sekali. Okonomiyakinya juga tak kalah mantap. Saus mayo dan katsuoboshinya terlihat melimpah di atas menu ini.

Lokasi:

Kira - Kira Ginza

Jl. Melawai 9 No. 30, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7262611

5. Tamba

06 - @anjanidisti

Photo source: @anjanidisti

Tamba ibaratnya sebuah hidden gem yang tersembunyi di Melawai. Lokasinya tak mudah untuk dicari karena tidak ada signage di depan restorannya. Namun, begitu kalian mencicipi makanan di sini, pasti ketagihan dan akan kembali lagi. Banyak foodies yang memuji lunch set yang disajikan Tamba.

Opsi untuk lunch setnya cukup banyak, terdapat set nasi atau ramen yang bisa dipilih. Jika lagi mengidam-idamkan hidangan laut dan daging, pilihlah Eraberu Wazen lunch menu set yang terdiri dari squid segar dengan balutan cod roe, beef steak yang empuk, cream cab croquette, dan coffee jelly yang sangat refreshing.

Lokasi:

Tamba

Jl. Melawai 8 No. 4, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 72798463

 

6. Echigoya Ramen

07 - @stanzazone

Photo source: @stanzazone

Satu lagi tempat untuk menikmati Ramen di Melawai, Echigoya Ramen. Tempatnya boleh mungil, tapi keautentikan ramen di sini layak mendapat acungan jempol. Terdapat serangkaian menu ramen yang sulit sekali ditolak.

Jika kamu bisa menikmati pork, Tonkotsu Ramen menjadi menu yang wajib dipesan di sini. Kuah kaldunya begitu kental dan gurih, tekstur mienya kenyal, dan daging porknya juara.

Lokasi:

Echigoya Ramen

Jl. Melawai 8 No. 2A, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7395962

 

7. Miu Grill

08 - Traveloka

Photo source: Traveloka

Makanan Jepang tak hanya sebatas ramen dan sushi. Kalau kalian menginginkan sesuatu yang berbeda dari biasanya, datanglah ke Miu Grill dan nikmati pengalaman merasakan yakiniku khas Jepang yang autentik. Pesanlah yakiniku Package yang dibanderol dengan harga sekitar Rp450.000.

Dalam satu set menu ini, kalian sudah bisa menikmati appetizers, daging dengan kualitas premium, serta complementary berupa soba atau miso soup dan onigiri. Tak terbatas pada yakiniku saja, Miu Grill juga punya salmon shioyaki, wakame salad, serta ochazuke unagi yang rasanya tak mengecewakan.

Lokasi:

Miu Grill

Jl. Melawai 6 No. 17, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 32186333

8. Okonomi "Dining En"

09 - @ms_ryrie

Photo source: @ms_ryrie

Menempati ruangan di Gedung Kamomen, Okonomi "Dining En" siap memanjakan kalian dengan varian makanan Jepang yang cukup lengkap. Mulai dari oden, sashimi, hingga menu grilled bisa kalian cicipi semua di sini. Tapi ada satu menu yang beda dari restoran Jepang lainnya, yaitu menu Okonomiyaki.

Sebagian besar restoran Jepang biasanya menghidangkan Okonomiyaki dengan Osaka style di mana semua bahan dicampur menjadi satu. Restoran ini cukup berbeda karena menyajikan Okonomiyaki dengan Hiroshima style.

Yang membuatnya berbeda, okonomiyaki dengan gaya Hiroshima dibikin per layer dengan menggunakan soba. Takoyakinya juga patut dipuji. Teksturnya crunchy di luar, tapi begitu lembut di dalam.

Lokasi:

Okonomi "Dining En"

Gedung Kamome, Lantai 2, Jl. Melawai No. 189B, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 72791608

9. Kaihomaru

10 - @taniadesela

Photo source: @taniadesela

Di antara restoran Jepang yang terdapat di Melawai, Kaihomaru terkenal dengan harganya yang cukup tinggi. Namun, pepatah “ada harga, ada rupa” benar adanya. Makanan yang disajikan Kaihomaru memang terasa sangat luar biasa.

Jika kalian sedang berdompet tebal, tak ada salahnya untuk mencoba pengalaman omakase di sini. Saat memilih omakase, kalian akan dilayani langsung oleh chef Kaihomaru dengan menu yang selalu berbeda dan tidak bisa ditebak. Tapi jangan khawatir, meski kalian tidak tahu akan makan apa, semua makanan yang disajikan chef akan membuat kalian betah dan tak mau pulang.

Lokasi:

Kaihomaru

Jl. Melawai 6 No. 23, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 73988741

10. Marufuku

01 - @foodescape_id

Photo source: @foodescape_id

Marufuku selalu terlihat ramai di jam-jam makan malam atau siang. Walaupun harus antri, kalian tidak akan merasa rugi saat menikmati hidangan di sini. Sebagian besar menu di Marufuku disajikan dengan gaya tradisional, apa adanya, menggunakan bahan-bahan berkualitas yang fresh.

Ini terbukti saat kalian memutuskan untuk mencicipi sashimi di sini. Potongan ikannya besar-besar, segar, dan tak ada bau amis yang mencolok. Spicy Salmon Roll dan Ebi Tempura Roll juga akan membuat hati kalian senang karena rasanya tak ada duanya.

Lokasi:

Marufuku

Jl. Melawai 6 No. 11, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7267777

Banyak sekali ya pilihan restoran Jepang di Melawai? Tak heran jika daerah ini disebut Little Tokyo! Kalau kalian pernah menjelajahi restoran Jepang di Melawai, share yuk makanan favorit kalian di Nibble.

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble