Foodies Guide To F&B Industry

10 Restoran Spanyol di Jakarta yang Makanannya Autentik

January 14, 20166 min readFoodie Trends

Jumlah restoran Spanyol di Jakarta memang tidak sebanyak restoran Jepang, Korea, atau Italia. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba karena negara ini tidak hanya terkenal dengan sepak bolanya saja. Banyak makanan enak dan unik dateng dari negara ini. Apalagi Spanyol juga terkenal dengan berbagai Tapasnya yang bikin penasaran. Spesial buat kamu, kita telah rangkumkan 15 restoran Spanyol terbaik di guide berikut ini.

1. Por Qué No?

Photo source: eatandtreats

Photo source: aline-aline-aline

Restoran Spanyol di Jakarta yang telah buka di tahun 2015 ini bener-bener oke berat. Apa yang bikin Por Qué No? beda dari yang lain? Well, mereka berfokus pada hidangan Tapas dan punya varian Tapas yang rasanya autentik banget. Food platingnya juga lucu-lucu. Bener-bener instagenic abis. Contohnya ada Olive Tree, Cucurucho de Foie con Jamón, Trilogia de Gazpacho. Tempatnya juga homey banget dan mereka juga punya rooftop area yang bisa jadi tempat menikmati pemandangan malam Kota Jakarta yang super cantik.

Lokasi:

Por Qué No?

De RITZ Building LT. 5, Jl. HOS. Cokroaminoto No. 91, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3901950.

2. Plan B

Photo source: thediplomaticwife

Photo source: manual

Dominasi dengan warna orange dan coklat akan membuat kamu merasa homey saat menginjakkan kaki di Plan B. Restoran Spanyol di Jakarta ini punya atmosfer yang cozy banget dan harganya pun tidak terlalu mahal. Di sini makanan Spanyol yang disediakan tidak hanya Tapas, ada Spanish cuisine lain yang juga recommended seperti Pintxos, Paella, Fideua, dan berbagai pilihan homemade desserts. Gambas al Ajillo (Prawns Sauteed with Garlic and Parsley) jadi Tapas paling favorit di sini. Nggak heran, udang yang disajikan semua fresh, besar-besar, dan bumbunya terasa sampai ke dalam. Sedangkan buat dessertnya, kamu wajib mencoba Pannacotta con Salsa de Menta (Pannacotta with Mint Sauce) yang super lembut, creamy, dan mint saucenya ninggalin rasa segar di mulut.

 

Lokasi:

Plan B

Jl. Tentara Pelajar, Rukan Permata Senayan Blok D No.25-26, Jakarta. Telp. (021) 57940821.

 

3. Gastromaquia

Photo source: anakjajan

Photo source: anakjajan

Gastromaquia merupakan tempat makan yang asalnya dari Madrid. Di Madrid sendiri, restoran ini dapat Certificate of Excellence dari Tripadvisor selama 3 tahun berturut-turut. Melihat bangunan restoran Spanyol di Jakarta ini pasti akan membuat kamu langsung jatuh hati. Gayanya minimalis, classy, dan homey. Detail dekorasi di dalam ruangannya juga quirky banget, contohnya ada lampu yang dibuat dari alat-alat makan. Di Gastromaquia, bahan-bahan yang dipakai juga segar dan premium, bahkan ada beberapa yang diimpor langsung dari Madrid. Hasilnya semua menu rasanya gokil banget. Cobain Garlic Butter Prawn, Galician Octopus with Potato Foam, dan Gastromaquia Spare Ribs with Fragrant Rice, pasti kamu setuju kalau makanannya memang benar enak-enak.

Lokasi:

Gastromaquia

Jl. Ciniru I No.1, Kebayoran Baru, Jakarta. Telp. (021) 29305091.

 

4. BASQUE Bar de Tapas

restoran-spanyol-di-jakarta-02

Photo source: @gourmetrotters

Deretan makanan Spanyol buatan BASQUE Bar de Tapas akan membuat kamu ketagihan. Seperti Paella yang rasanya super yummy. Ada juga Lamb Chop yang keempukannya bikin kamu tidak susah mengunyahnya. Jangan lupa tutup acara makanmu dengan signature dessert buatan restoran Spanyol di Jakarta ini, yaitu BASQUE Baked Pineapple. Menu ini terdiri dari honey pineapple cream, chocolate brownie, dan torched meringue yang akan membuat hari kamu makin manis.

 

Lokasi:

BASQUE Bar de Tapas

Noble House Building, Lantai 8, Jl. Mega Kuningan Barat, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29783111.

 

5. Tapas Club

restoran-spanyol-di-jakarta-03

Photo source: @synthiatjipto

Di Setiabudi One, kamu juga bisa menemukan restoran Spanyol di Jakarta yang menawarkan hidangan autentik, yaitu Tapas Club. Tak hanya terkenal di Indonesia, Tapas Club juga populer di Singapore dan Malaysia. Konsisten dengan namanya, sebagian besar menu yang bisa kamu pesan di sini adalah berupa Tapas. Jenisnya super lengkap, mulai dari Cold Cuts hingga, Tapas lain yang namanya mungkin belum pernah kamu dengar. Kalau kamu bingung mau pesan apa, Huevo, Patata Y Jamon bisa menjadi pilihan terbaik. Kombinasi antara ham, potato, dan telur dalam menu ini sangat memuaskan. Apalagi telurnya dibikin setengah matang, sehingga egg yolknya menghadirkan rasa creamy yang nikmat abis.

 

Loaksi:

Tapas Club

Setiabudi One, Lantai Ground, Jl HR Rasuna Said number 62, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 52907135.

6. Javanegra Gourmet Atelier

restoran-spanyol-di-jakarta-04

Photo source: @javanegragourmet

Keautentikan makanan dari restoran Spanyol di Jakarta ini tidak perlu dipertanyakan Chef Andrea Peresthu yang merupakan sosok di balik hebatnya Javanegra sudah punya pengalaman bertahun-tahun dalam menghidangkan sajian Spanyol yang autentik karena dia sudah menghabiskan waktu yang lama untuk tinggal di Barcelona. Kamu bisa membuktikannya dengan memesan Chipirones ala Plancha. Grilled Baby Squid dalam rendaman lemon garlic dan parsley ini luar biasa sedap. Pilihan Tapasnya juga tidak mengecewakan. Ada Eggplant and Zucchini, Arugula Salad, and Spanish Omelette yang recommended.

 

Lokasi:

Javanegra Gourmet Atelier

Jl. Pela Raya No. 212, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 29054899.

7. LIBRIS Restaurant and Bar

restoran-spanyol-di-jakarta-05

Photo source: @food.serenade

LIBRIS yang belum lama buka ini memang tidak fokus menyajikan makanan Spanyol saja. Tapi hidangan Spanish di restoran Spanyol di Jakarta ini cukup beragam. Buat penyuka Steak, kamu tidak boleh melewatkan Txuleton Steak yang rasanya fenomenal banget dengan pink salt, blue salt dan lava salt sebagai pelengkapnya. Harganya memang tidak mudah, tapi rasanya yang juicy dan teksturnya yang lembut itu worth every penny.

 

Lokasi:

LIBRIS Restaurant and Bar

Jl. Gunawarman No. 37, Senopati, Jakarta. 0878-8788-3737.

8. Ms. D'Churros

restoran-spanyol-di-jakarta-06

Photo source: @foodaffair

Churros adalah snack asal Spanyol yang paling terkenal di seluruh dunia. Churros sering disebut-sebut sebagai “donat” orang Spanyol. Tapi bentuknya beda dengan donat pada umumnya. Churros berbentuk panjang seperti stick. Cara menyantapnya adalah dengan mencelupkannya ke dalam lelehan saus coklat yang manis. Di Ms. D’Churros, kamu akan dimanjakan dengan Churros yang teksturnya bagus sekali. Di bagian luar terasa crispy, tapi dalamnya lembut. Dipsnya pun ada macam-macam, seperti salted caramel atau chocolate. Sebelum disajikan ke kamu, Churros akan diberi dusting dulu, ada cinnamon, strawberry, green tea, dan blueberry yang bisa dipilih.

 

Lokasi:

Ms. D'Churros

Mall Ciputra, Lantai Lower Ground, Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta. Telp. 0817-9891-105.

9. Ático by Javanegra

restoran-spanyol-di-jakarta-07

Photo source: @aticobyjavanegra

Bisa dibilang, Ático merupakan sister restaurant dari Javanegra. Jadi soal rasa dan kualitas, kamu tak perlu meragukannya lagi. Lokasi restorannya berada di Menara BTPN Kuningan. Kalau berkunjung ke restoran Spanyol di Jakarta ini, kamu wajib memesan Dry Aged Platter andalan mereka. Porsinya banyak dan rasa dagingnya sungguh nikmat serta beda dari Steak pada umumnya. Tak hanya itu, Paella Marinera dari Ático juga bisa menjadi alasan kenapa kamu harus balik lagi ke tempat ini. Rasanya enak sekali, bumbunya sangat menyerap, toppingnya tidak pelit, dan porsinya bisa di sharing untuk dua orang.

 

Lokasi:

Ático by Javanegra

Menara BTPN, Lantai Rooftop, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 22958194.

10. El Asador

restoran-spanyol-di-jakarta-08

Photo source: @perut.lapar

Pada dasarnya El Asador adalah restoran South America. Namun, berhubung makanan South America berakar langsung dari makanan Spanyol, jadi tak salah jika kita memasukkan El Asador ke dalam guide ini. Hidangan utama di sini adalah Grilled Beefnya. Kamu bisa mencoba menu Platter yang berisi banyak sekali jenis daging yang menggiurkan, seperti beef, chicken, beef sausages, lamb shank, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melahapnya dengan spicy chimichurri yang rasanya membuat makanan ini makin spesial.

 

Lokasi:

El Asador

Kemang Point Building, Lantai Ground, Jl. Kemang Raya, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7182206.

So, restoran Spanyol di Jakarta mana yang akan jadi tujuan kulinermu berikutnya? Atau kamu punya restoran Spanyol favorit yang belum ada pada guide di atas? Ayo review di Nibble. Untuk informasi lebih lengkap tentang Nibble, klik aja di sini. Adiós!

Cover photo source: @foodirectory

Related Articles

Connect with Nibble