Foodies Guide To F&B Industry

10 Tempat Terbaik Makan Dim Sum di Jakarta

January 19, 20166 min readFoodie Trends

Salah satu comfort food dari negeri China yang disukain banyak orang adalah Dim Sum di Jakarta. Dim Sum yang berasal dari kata dianxin memiliki arti makanan ringan. Ini sudah dikenal masyarakat China dari Dinasti Han (206 SM – 220 SM). Jenis Dim Sum itu ada banyak banget, sekitar 2000an, tapi yang biasanya disediakan di restoran hanya berjumlah puluhan saja. Secara umum, Dim Sum dibagi dalam 2 jenis penyajian, yaitu Dim Sum kukus dan Dim Sum goreng. Kamu sendiri paling suka yang mana? Well, manapun yang kamu suka, pastikan kamu ke 10 restoran berikut untuk mencoba Dim Sum di Jakarta yang paling enak.

1. Taste Paradise

Photo source: paradisegroup

Photo source: ladyironchef

Restoran Chinese asal Singapura ini memang menyajikan Chinese cuisine yang rasanya kayak surga, alias enak banget. Berlokasi di Plaza Indonesia Lantai.4, mereka punya tempat cukup luas yang interiornya hangat dan memancarkan keeleganan. Restoran Chinese modern ini menawarkan banyak varian dim sum, baik yang kukus dan goreng. Mana yang paling enak? Sulit nih buat memutuskan karena banyak yang enak. Ada Baked BBQ Pork Bun, Siw Mai, Steamed Shrimp and Chive Dumpling, dan Chicken Claw with Black Pepper Sauce. Rasanya excellent banget!

Lokasi:

Taste Paradise

Plaza Indonesia, Lantai 4, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29923838.

2. May Star

Photo source: @doc_babi

Photo source: @edward_samudro

Sejak awal bukanya di tahun 2007, May Star sudah berhasil memanjakan ribuan perut foodies pecinta Chinese food. Di balik kelezatan semua menu di May Star, ternyata ada chef-chef hebat yang berasal dari daratan China, Singapore, Hong Kong, dan Malaysia yang meraciknya. Salah satu menu yang terkenal paling enak di May Star tidak lain adalah Dim Sum. Hakau Mawar Hitam, Mushroom Pao, Steamed Scallop Dumpling, dan Glutinous Rice with Diced Chicken Wrapped in Lotus Leaf jadi menu yang wajib kamu pesan di May Star.

Lokasi:

May Star

Central Park Mall Lower Ground No. 103-103A, JL.Letjend S.Parman Kav.28, Jakarta. Telp. (021) 56985422.

3. Table 8

Photo source: @thamsky

Photo source: themulia

Mau makan Dim Sum di restoran super cantik yang interiornya mendapatkan penghargaan Hospitality Design Award dari Hospitality Design New York di tahun 2010? Segera injakkan kakimu di Table 8 Hotel Mulia dan nikmatilah sendiri kemegahan interiornya. Table 8 atau Pa Sian Cuo yang punya arti meja untuk 8 dewi ini adalah tempat terbaik untuk menikmati hidangan favorit khas Szechuan dan Cantonese. Table 8 menawarkan menu buffet dengan banyak sekali varian Chinese cuisine, seperti Buddha Jumps Over The Wall Soup, Suckling Pig and BBQ Crispy Pork, dan Braised Superior Shark's Fin. Jangan lupa isi perutmu dengan berbagai Dim Sum ala Table 8 untuk hidangan pembuka.

Lokasi:

Table 8

Hotel Mulia Senayan - Jl.Asia Afrika Senayan, Central Jakarta. Telp. (021) 5753271.

4. Crystal Jade

Photo source: @crystaljadeid

Photo source: @crystaljadeid

Chinese cuisine lover pasti sudah tidak asing lagi dengan Crystal Jade. Restoran satu ini sudah memiliki 6 cabang di Jakarta dan dikenal selalu menyajikan Chinese cuisine berkualitas tinggi. Crystal Jade berasal dari Singapura dan sudah berdiri selama 20 tahun. Sedangkan di Jakarta, mereka buka pertama kali di tahun 1994. Dalam jangka waktu yang lama tersebut rasanya tidak heran kalau banyak foodies yang memberikan Crystal Jade predikat Chinese food restaurant favorite. Yang paling banyak disukai di restoran ini adalah Baked Lobster with Superior Stock, Baked Lobster with Superior Stock, Roasted Suckling Pig, dan Superior Sharks Fin with Crab Meat & Dried Halibut served with Bouillon. Dim Sum mereka juga nggak kalah enak dengan menu a la carte-nya. Nggak akan ada yang bisa menolak lezatnya Steamed Soupy Xiao Long Bao, Steamboat Dimsum, dan Nasi Ketan Kukus Isi Ayam & Conpoy Dalam Daun Teratai dari Crystal Jade.

Lokasi:

Crystal Jade

Grand Indonesia Mall, Lantai Upper Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580768.

5. Fook Yew

dim-sum-di-jakarta-01

Photo source: @_eat_lovers

Kamu suka durian? Udah pernah nyobain Dim Sum di Jakarta dengan rasa durian yang legit? Kalau belum, kamu bisa mampir ke Fook Yew dan memesan Tim Bapao Isi Durian. Tak hanya fillingnya saja yang unik, bentuk Bapaonya juga lucu sekali, sampai sayang untuk melahapnya. Saat digigit, filling durian akan lumer di mulut kamu. Wanginya sangat strong dan terasa sekali duriannya.

 

Lokasi:

Fook Yew

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580810.

6. Dim Sum Inc

dim-sum-di-jakarta-02

Photo source: @chefriyadi

Dim Sum Inc bisa kamu kunjungi jam berapapun karena tempat makan Dim Dum di Jakarta ini buka selama 24 jam non stop. Kalau cuacanya lagi dingin, seporsi Cheong Fun perfect untuk menemani kamu. Rasa udangnya sangat enak dan teksturnya lembut. Siraman saucenya bikin Dim Sum ini makin perfect. Serunya lagi, di sini kamu bisa mencoba Badak Float yang adalah minuman soda rasa Sarsaparilla asli buatan Siantar. Minuman ini cukup jarang ditemukan di Jakarta, jadi kamu wajib mencobanya.

 

Lokasi:

Dim Sum Inc

Kemang Arcade, Lantai Ground, Jl. Kemang Raya, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7182249.

7. Imperial Chef

dim-sum-di-jakarta-03

Makanan di restoran Chinese food ini tidak pernah mengecewakan. Mulai dari Nasi Hainam Samcan Panggang yang super gurih sampai Dim Sum di Jakarta yang bikin nagih. Siomaynya mantap sekali, lembut saat digigit, dan rasa udangnya akan mendominasi di lidah. Chong Fan Udangnya juga juara. Ada taburan cabe kering di atasny yang membuat menu ini susah dilupakan. Kuahnya terasa manis dan enak, filling udangnya juga masih fresh.

 

Lokasi:

Imperial Chef

Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta. Telp. (021) 29889381.

8. Hong Kong Cafe

dim-sum-di-jakarta-04

Photo source: @nyamfoodies

Hong Kong Cafe tidak hanya terkenal punya Baked Rice yang menggiurkan. Dim Sum di Jakarta buatan mereka juga wajib dicoba. Siomay Udang di sini beda dari yang lain karena terdapat cabe khas Hong Kong yang membuat rasanya makin maksimal. Chicken Chop Curry Noodle di sini juga dahsyat, rasanya pas dan mienya sangat lembut. Tempatnya pun nyaman dan banyak spot lucu, cocok jadi venue buat arisan, acara ulang tahun, atau bridal shower.

 

Lokasi:

Hong Kong Cafe

Jl. Sunda No. 5, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3107868.

9. The Duck King

dim-sum-di-jakarta-05

Photo source: @gregoriusgerry

The Duck King terkenal dengan Bebek Peking yang rasanya enak banget dan meresap bumbunya. Jangan cuma pesan itu, varian Dim Sum di Jakarta yang ada di sini juga harus dicoba. Ada Pangsit Udang Mayonnaise yang dimasak sempurna dengan udang yang fresh dan saus mayonnaise yang creamy. Salted Egg Steamed Pao juga nggakj bikin nyesel. Pao dengan warna hitam ini berisi salted egg yolk yang meleleh saat di belah menjadi dua. Hakau dan Lumpia Udang Kejunya pun juga tak kalah nendang.

 

Lokasi:

The Duck King

Pondok Indah Mall 2, Lantai 3, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 75920610.

10. Din Tai Fung

dim-sum-di-jakarta-06

Photo source: @billyoscar

Mau menikmati Dim Sum di Jakarta yang rasanya enak banget? Din Tai Fung bisa menjadi destinasi kamu. Xiao Long Bao jadi andalan mereka. Dim Sum dengan filling sup di dalam dumpling ini sangat nikmat. Paling pas dimakan saat masih panas, Rasanya mantap, kombinasi antara cuka hitam dan jahenya menghasilkan sensasi yang tak tertandingi.

 

Lokasi:

Din Tai Fung

Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta. Telp. (021) 29889394.

Jadi dari 10 restoran di atas, manakah yang jadi favoritmu? Kamu punya rekomendasi tempat lain yang menyediakan dim sum enak di Jakarta. Jangan lupa share di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: austinchinatown

Related Articles

Connect with Nibble