Foodies Guide To F&B Industry

10 Tips Branding Usaha Restoran

February 20, 20196 min readReviews

Untuk mengembangkan usaha restoran sampai sukses, Anda butuh lebih dari sekedar makanan enak. Suasana restoran Anda, pelayanan, dan bahkan kehadiran Anda di dunia maya merupakan beberapa hal penting yang bisa memuaskan pelanggan Anda. Untuk memaksimalkan itu semua, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu, apa itu branding dan kenapa branding sangat penting di dalam sebuah bisnis. Selain itu, yang terpenting, Anda juga harus tahu bagaimana branding dapat membedakan Anda dari para pesaing.

Apa Itu Branding?

usaha-restoran-02

Brand usaha restoran Anda menggambarkan personality usaha yang Anda jalankan. Memang menawarkan produk berkualitas itu penting, namun bagaimana produk itu diberikan ke pelanggan juga tidak kalah penting. Kesan yang dinilai oleh para pelanggan Anda dimulai dari jenis huruf untuk nama restoran Anda, lalu berlanjut ke design, dan berakhir ke rasa makanan yang Anda tawarkan. Dari proses awal hingga akhir, sebaiknya pastikan elemen yang Anda tampilkan menarik untuk pelanggan.

Brand biasanya sering dikaitkan dengan usaha marketing. Memang benar, branding bisa mempromosikan usaha restoran Anda. Konsep brand yang dipikirkan dengan matang dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan Anda, serta membedakan Anda dari restoran lainnya.

Branding tidak hanya penting untuk restoran franchise yang sangat mengandalkan identitas brandnya, tapi juga untuk semua usaha kuliner, mulai dari restoran kelas Michelin stars sampai tempat makan kaki lima.

Branding sangat penting untuk usaha restoran Anda karena Anda mendorong pelanggan Anda untuk loyal pada brand Anda. Bila kondisi brand loyal ini terjadi di antara pelanggan Anda, ini artinya Anda memiliki sesuatu yang membuat Anda berbeda dari yang lain.

10 Elemen Branding Usaha Restoran

Kita semua pasti punya brand favorit yang selalu kita pilih. Biasanya brand-brand itu kita bagi dalam kategori tertentu. Misalnya, baju yang kita pakai, mobil yang kita kendarai, hingga cara kita untuk mendekorasi rumah. Untuk menciptakan brand yang kohesif untuk usaha restoran Anda, pastikan Anda memperhatikan 10 elemen berikut ini.

1. Konsep

usaha-restoran-03

Ini adalah hal pertama yang biasanya dipikirkan oleh pemilik usaha restoran. Konsep restoran bisa meliputi jenis makanan yang ingin disajikan, jenis pelayanan, dan hal-hal lainnya. Untuk menentukan konsep usaha restoran, Anda butuh memikirkan hal-hal seperti misalnya, apakah di area Anda butuh restoran spesialis Burger? Apakah banyak market yang akan tertarik dengan restoran Anda? Menariknya, Anda bisa mengubah konsep awal yang sudah Anda tetapkan dan menyesuaikannya dengan demografis pelanggan yang bisa tidak terduga.

2. Demografis

usaha-restoran-04

Anda harus memikirkan siapa target market Anda. Apakah Anda ingin melayani keluarga, pasangan, orang kantoran, atau kombinasi antara beberapa target market? Apakah target market Anda memiliki kepribadian yang konvensional atau sangat mengikuti trend? Berapa jumlah uang yang mereka rela keluarkan untuk makan di restoran? Semua pertanyaan tersebut sangat penting untuk dicari jawabannya saat mempertimbangkan demografis restoran Anda.

3. Mission Statement

usaha-restoran-05

Mission statement ini harus digambarkan di dalam satu paragraf yang jelas. Paragraf ini harus menjelaskan tujuan usaha restoran Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan membuka usaha restoran ini? Apa yang Anda sediakan sehingga bisa membedakan Anda dari restoran lain? Pertanyaan tersebut adalah beberapa hal yang harus Anda jelaskan di dalam mission statement.

4. Nama Restoran

usaha-restoran-06

Nama restoran sangatlah penting. Nama yang Anda pilih harus unik, dan mudah diingat. Nama tersebut juga harus memberikan kesan positif saat pelanggan Anda memikirkannya dan juga berhubungan dengan makanan dan pelayanan yang akan Anda berikan.

5. Logo

usaha-restoran-07

Simbol dalam logo sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Meskipun Anda hanya menggunakan font saja dalam logo Anda, bila font ini dipilih dengan tepat bisa menciptakan kesan yang positif untuk usaha restoran Anda. Font yang Anda pilih harus mampu menggambarkan isi keseluruhan restoran Anda karena akan dipasang di signage, situs, buku menu, dan konten iklan Anda.

6. Tagline

usaha-restoran-08

Tagline merupakan pernyataan singkat (biasanya tidak lebih dari 5 kata) yang meringkas kualitas apa saja yang menggambarkan restoran Anda. Slogan biasanya akan diperdengarkan di iklan pada radio atau tv, serta diletakkan di bawah logo. Tagline harus berupa interpretasi menarik dari mission statement yang Anda ciptakan.

7. Website

usaha-restoran-09

Di era digital ini, situs restoran menjadi suatu kebutuhan untuk mempertegas branding Anda. Situs Anda akan menjadi wajah dari restoran Anda yang akan dilihat pelanggan saat tertarik berkunjung ke restoran Anda. Jadi sebaiknya, kembangkan situs yang mudah dipahami pelanggan dan menarik untuk dilihat.

8. Suasana Restoran

usaha-restoran-10

Suasana restoran tidak kalah penting untuk membangun branding usaha restoran Anda. Semua restoran harus menciptakan suasana yang berbeda dan menyenangkan. Untuk menghadirkan perasaan tersebut, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini saat mendesain restoran:

  • Pencahayaan
  • Elemen interior design
  • Material untuk barware, serveware, dan detail lainnya
  • Musik
  • Color scheme
  • Pakaian pelayan
  • Sikap pelayan

9. Merchandise Restoran

usaha-restoran-11

Biarpun merchandise, seperti gelas atau pakaian dengan logo, bisa dibuat dengan mudah di mana-mana, Anda tetap bisa menawarkan merchandise di restoran Anda. Semakin banyak pelanggan yang membeli merchandise Anda, semakin banyak pula orang yang mengakui keberadaan brand Anda.

10. Makanan

usaha-restoran-12

Perencanaan menu makanan merupakan hal utama dalam membangun branding usaha restoran Anda. Anda harus memikirkan setiap bahan yang akan digunakan untuk setiap hidangan, serta memastikan kalau menu Anda cocok dengan mission statement yang Anda buat. Jika Anda mengiklankan restoran Anda sebagai tempat makan makanan sehat, pastikan Anda menggunakan bahan makanan berkualitas, organik, tidak menggunakan pengawet, dan lain sebagainya.

Inspirasi Branding Usaha Restoran

usaha-restoran-13

Banyak para pemilik restoran yang menemukan inspirasi branding untuk usaha restoran dari makanan yang disediakan. Misalnya, Anda memiliki menu spesial Burger, maka Anda harus memastikan kalau restoran Anda menjadi tempat wajib yang perlu didatangi para pencinta Burger.

Tapi jika Anda belum tahu harus mencari inspirasi branding dari mana, Anda bisa memperhatikan branding restoran Anda. Coba kenali elemen-elemen yang menarik dari hasil pengamatan Anda. Meskipun meniru branding restoran lain bukanlah hal yang baik, tapi mencari inspirasi dari branding restoran lain adalah hal yang wajar.

Branding Restoran dalam Satu Kesatuan yang utuh

usaha-restoran-14

Ketika Anda sudah menentukan elemen-elemen penting untuk membentuk brand Anda, pastikan Anda mengikuti guideline branding yang Anda tentukan di setiap aspek.  Misalnya, jika Anda membuka restoran Italia, itu artinya Anda sebaiknya tidak menyajikan filet mignon, menyajikan makanan dengan paper plate, atau memainkan country music di restoran Anda.

Branding yang Anda ciptakan juga harus dibawa di dunia maya. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran fine dining, pastikan gaya bahasa yang Anda pilih formal dan sopan. Lain lagi jika Anda memiliki restoran food truck, tidak akan jadi masalah jika Anda menggunakan bahasa yang casual.

Jika Anda tidak konsisten untuk mengikuti jati diri branding Anda, pelanggan bisa bingung dan ini tidak akan mendukung brand recognition Anda.

Terbukti bukan kalau branding juga sangat penting untuk restoran? Jadi jangan sepelekan hal ini dan mulailah berpikir untuk mengembangkan branding Anda.

Photo source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble