Foodies Guide To F&B Industry

11 Hal yang Membuat Usaha Restoran Gagal

April 29, 20196 min readTips & Tricks

Punya keahlian memasak merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik untuk membuka usaha restoran. Tapi tahukah Anda kalau 70% usaha restoran baru umumnya tutup di tahun ketiga atau kelima mereka? Sebenarnya apa alasan di balik tutupnya restoran? Apa yang membuat banyak restoran gagal bertahan lebih lama? Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kesalahan yang sering membuat restoran gagal. Pastikan Anda membacanya sampai selesai dan menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini sebisa mungkin.

1. Pemilik Restoran Tidak Berpengalaman

usaha-restoran-02

Hati-hati untuk para pemilik restoran karena pemilik paling baik sekalipun dapat melakukan kesalahan besar karena kurangnya pengalaman. Di bulan-bulan pertama setelah restoran buka, banyak pemilik yang rela melakukan apapun, mulai dari menyiapkan makanan hingga membersihkan toilet. Bentuk dedikasi yang tinggi inilah yang membuat banyak restoran bertahan. Tapi ingat, jika pemilik restoran tidak berpengalaman dan hanya terlalu fokus pada hal-hal kecil saja, ini akan membuat risiko restoran tutup lebih cepat terjadi.

Pemilik restoran yang berpengalaman harus tahun bagaimana cara mendelegasikan tugas sehari-hari ke staffnya. Sebagai gantinya, sang pemilik sebaiknya mengelola masalah operasional yang lebih besar. Jika Anda merasa diri Anda belum berpengalaman, janganlah takut bertanya pada para ahli yang sudah lebih dulu sukses di bidang ini. Cari ilmu sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara mengoperasikan restoran hingga mencari pemasok bahan baku terbaik untuk usaha restoran Anda.

2. Pemilik Restoran Tidak Bekerja

usaha-restoran-03

Ada yang lebih buruk dari pemilik restoran yang tidak berpengalaman, yaitu pemilik restoran yang malas bekerja. Mungkin Anda heran, bagaimana orang malas bekerja saat ia membuka restoran? Bukannya justru para pemilik biasanya menjadi orang yang paling giat mencari untung untuk restorannya? Nyatanya, hal ini sering terjadi. Banyak yang berpikir hal-hal akan berjalan sendiri dengan mudah setelah grand opening restoran. Anda harus ingat, jika Anda malas dan tidak pernah berkunjung ke restoran Anda setiap hari, siap-siap saja restoran Anda akan tutup lebih cepat.

3. Sistem Akuntansi Kacau

usaha-restoran-04

Banyak pemilik restoran yang gagal membekali diri dengan ilmu akuntansi dasar. Anda harus tahu kalau usaha restoran biasanya membutuhkan:

  • Aliran uang yang cukup untuk membayar gaji karyawan dan biaya operasional lainnya.
  • Keuntungan dihasilkan dari seimbangnya biaya makanan dan harga jual.
  • Jumlah karyawan tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh pemilik restoran adalah dengan menggunakan sistem POS. Sistem ini akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan akuntansi di restoran Anda. Anda akan mendapatkan laporan, melacak pengeluaran, pendapatan, atau keuntungan secara terperinci.

4. Terlalu Banyak Menghabiskan Biaya Sebelum Restoran Buka

usaha-restoran-05

Kesalahan ini sangat sering terjadi karena banyak pemilik yang merasa butuh menyewa interior desainer terbaik, peralatan dapur tercanggih yang harganya selangit. Perlu diingat, sebagian besar restoran yang baru buka tidak akan bisa mendapatkan untung seketika. Jangan sampai Anda terlilit hutang karena memaksakan hal-hal mewah tersebut. Jika Anda terlilit hutang di tiga bulan pertama, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk keluar dari jeratan hutang tersebut.

5. Kemampuan Manajerial buruk

usaha-restoran-06

Agar restoran bisa berjalan dengan baik, Anda butuh mempekerjakan seorang manajer yang handal. Orang terbaik adalah orang yang berpengalaman cukup lama memegang posisi manajer di restoran. Ini tidak berarti orang yang baru berkecimpung di industri kuliner tidak bisa mendapatkan posisi ini, namun orang baru yang handal sangatlah jarang ditemukan. Hal ini karena seorang manajer restoran membutuhkan pemahaman yang sangat mendetail tentang seluk beluk restoran dan ini tidak bisa dipelajari hanya dalam beberapa hari saja.

Jika Anda memilih manajer restoran yang tidak tepat, restoran Anda akan berisiko tidak berkembang. Seorang manajer akan bertanggung jawab untuk melatih staff restoran, memastikan setiap pekerjaan sudah dilakukan dengan baik, dan memastikan semua pelanggan yang datang ke restoran merasa senang. Carilah manajer yang penuh dengan pengertian, ramah, dan tahu cara memotivasi staff restoran untuk bekerja dengan baik.

6. Customer Service yang Tidak Konsisten

usaha-restoran-07

Sangatlah penting untuk sebuah restoran baru memiliki customer service yang konsisten. Pelanggan restoran biasanya sangat pemilih dan pilihan tempat makan ada banyak sekali di luar sana. Restoran Anda bisa kehilangan pelanggan dengan mudah apabila Anda tidak menginvestasikan waktu untuk melatih pelayan yang bertugas untuk menyambut pelanggan.

Bagaimana cara pelayan menyambut pelanggan akan menentukan apakah pelanggan tersebut mau kembali lagi ke restoran atau tidak. Jadi, para pelayan harus dilatih bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan, khususnya dengan pelanggan yang banyak mau. Satu ulasan buruk di situs pencari restoran, seperti Nibble atau Zomato, akan membuat calon pelanggan tidak mau memilih usaha restoran Anda sebagai destinasi tempat makan. Jadi pastikan customer service di restoran Anda selalu melayani pelanggan dengan sikap dan cara yang konsisten di tahun-tahun pertama restoran.

7. Makanan Tidak Enak

usaha-restoran-08

Hal ini mungkin tidak masuk akal, tapi Anda perlu tahu kalau ternyata banyak pemilik restoran yang tidak tahu bagaimana rasa makanan yang mereka tawarkan di restoran mereka. Jika Anda menyajikan makanan yang tidak enak, restoran Anda akan cepat tutup meskipun Anda memiliki kemampuan manajerial dan customer service terbaik. Untuk menghindari kondisi ini, Anda harus mencicipi rasa makanan secara teratur dan adakan survey untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan.

8. Salah Memilih Karyawan

usaha-restoran-09

 Agar usaha restoran Anda bisa berhasil, Anda harus membangun tim yang kuat untuk restoran Anda. Pastikan Anda mencari kandidat yang tepat untuk membangun identitas restoran serta menghidupi visi restoran Anda. Jika Anda mempekerjakan orang yang salah, khususnya di bagian manajerial, ini akan fatal untuk restoran Anda. Jadi, bila saat ini Anda merasa salah sudah mempekerjakan orang tertentu, relakan orang itu untuk pergi dan tidak bergabung di tim Anda lagi. Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk menggaji karyawan yang tidak akan membantu Anda mencapai tujuan usaha restoran Anda.

9. Tidak Melakukan Pemasaran

usaha-restoran-10

Agar restoran Anda bisa bertahan di industri kuliner, Anda harus membuat usaha restoran Anda tampak beda. Jika Anda tidak melakukan pemasaran secara online atau offline, usaha restoran Anda akan lebih mudah dikalahkan dari para pesaing Anda. Untuk memasarkan restoran, Anda tidak perlu mengeluarkan puluhan juta rupiah. Ada banyak cara marketing gratis yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan social media.

10. Lokasi Tidak Baik

usaha-restoran-11

Lokasi yang tidak baik bisa berarti banyak hal, seperti:

  • Masyarakat di sekitar restoran tidak tertarik dengan gaya restoran Anda.
  • Lalu lintas di sekitar restoran sangat sepi.
  • Ada pesaing di sekitar Anda yang menjual makanan sama dengan harga yang lebih murah dari usaha restoran Anda.
  • Restoran Anda tidak terlihat dari jalan.
  • Area parkir sangat terbatas.

Jika Anda memilih lokasi restoran yang tidak baik, hal itu sangat disayangkan karena Anda tidak bisa melakukan banyak hal setelah grand opening restoran. Kalau sudah terlanjur terjadi, pastikan Anda mengatasinya dengan melakukan strategi pemasaran terbaik.

Bila saat ini Anda sedang berada di tahap mencari lokasi untuk usaha restoran, luangkanlah waktu Anda. Pilihlah tempat yang bisa mengekspos restoran Anda dari jalan besar. Anda juga bisa menghabiskan waktu beberapa hari di daerah tersebut untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh tentang tipe pelanggan seperti apa yang akan mampir ke restoran Anda. Anda juga perlu mengenali pesaing anda dan cari tahu harga makanan yang mereka banderol.

11. Tidak Ada Passion

usaha-restoran-12

Mempertahankan restoran agar bisa tetap buka membutuhkan dedikasi dan pengorbanan. Jika Anda tidak memiliki passion, usaha restoran Anda akan sangat sulit untuk bisa bertahan.

Adakah dari 11 hal di atas sedang Anda alami saat ini? Jangan terlambat untuk mencari solusi atas permasalahan yang sedang Anda hadapi agar restoran Anda bisa bertahan selama mungkin.

Photos source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble