Foodies Guide To F&B Industry

11 Tempat Ngopi Enak di Jakarta buat Caffeine Addict

February 29, 20206 min readFoodie Trends

Minum kopi sudah menjadi kebutuhan hidup kaum urban saat ini. Jadi jangan heran kalau akhirnya tempat ngopi enak di Jakarta dan sekitarnya sangat menjamur. Tempat ngopi kini bukan hanya sebagai tempat untuk menyesap kopi, tapi juga sebagai tempat ngumpul, bersantai, atau sering juga sebagai spot buat meeting.

Istimewanya lagi, setiap tempat ngopi enak di Jakarta menawarkan karakter kopi yang khas yang membuat kita tidak pernah cukup untuk menetap di hanya satu coffee shop saja. Dengan semakin digalakkannya tren untuk mengonsumsi biji kopi lokal, coffee shop di Jakarta pun semakin ramai dikunjungi.

Kalau kalian sedang mencari tempat ngopi enak di Jakarta buat hang out atau sekedar untuk minum kopi buat menghilangkan penat, kalian bisa singgah di salah satu coffee shop berikut ini.

1. But First Coffee

Photo source: @viraprisandi

Pelaspas Dharmawangsa yang terkenal sebagai rumah dari beberapa restoran lokal ciamik juga menyimpan surga kopi tersembunyi. Adalah But First Coffee, sebuah tempat ngopi enak sederhana yang bisa kalian kunjungi saat sedang berada di Pelaspas. Meski tempatnya tidak terlalu besar, atmosfernya cukup homey dengan interior rustic kebanggaan mereka.

Sajian kopi, seperti ice mocha, ice latte, atau piccolo, buatan coffee shop ini tidak akan membuat kalian kecewa. Rasanya pas di lidah dan latte art-nya terlihat cantik sekali. Kalian bisa menikmati kopi-kopi tersebut sambil ditemani croissant yang crunchy di luar dan soft di bagian dalam.

Lokasi: Pelaspas Dharmawangsa, Jl. Dharmawangsa Raya No. 4, Dharmawangsa, Jakarta.

 

2. Goedkoop

Photo source: @goedkoopjkt

Goedkoop terkenal sebagai warung kopi Belanda yang tempatnya nyaman dan cocok menjadi tempat nongkrong. Dengan konsep vintage dan dominasi warna biru serta putih, tempat ngopi enak di Jakarta ini hadir dengan berbagai pilihan kopi yang akan membuat mata segar. Banyak sekali yang menyandingkan kopi dengan poffertjes sebagai cemilan andalan coffee shop ini. Rasa dari pancake mini khas Belanda ini memang nikmat karena dihidangkan dengan satu scoop ice cream yang segar.

Lokasi: Jl. Bendungan Hilir Raya No. 62, Bendungan Hilir, Jakarta.

3. Kedai Filosofi Kopi

Photo source: @saddamalbani_

Tempat ngopi enak di Jakarta peninggalan film Filosofi Kopi nggak pernah sepi. Berkat kepopulerannya, mereka juga sudah membuka outlet di berbagai kota di Indonesia. Dengan pilihan kopi yang cukup beragam, mulai dari cappuccino, caffe latte, mochaccino, Javanesia caramel, hingga non-based drink seperti greentea latte, semua mampu menghipnotis kalian dengan racikan biji kopi yang nendang di lidah. Sambil ngopi, kalian bisa pesan cemilan untuk isi perut. Mereka punya French fries, churros, sampai lumpia.

Lokasi: Jl. Melawai 6, Melawai, Jakarta.

 

4. 7 Speed Coffee

Photo source: @7speedcoffee

Nama 7 Speed Coffee mungkin sudah tidak asing lagi buat kalian yang hobi gowes. Tempat ngopi enak di Jakarta ini memang didirikan oleh orang-orang yang hobi bersepeda. Konsep cyclist pun juga terpampang jelas di desain interiornya yang menggunakan sepeda sebagai salah satu pajangan di sana. Banyak pojok comfy di coffee shop ini yang bisa kalian gunakan sebagai sudut untuk minum kopi sambil bercerita, dan menyantap toast atau croissant.

Kalau ke sini, kami sangat merekomendasikan White Fuel yang menjadi salah satu signature coffee di sini. Ini merupakan es kopi susu kekinian yang dikemas dalam botol unik yang pas buat dibawa ke mana-mana.

Lokasi: Jl. Kemang Utara Raya No. 33-1, Kemang, Jakarta.

5. 1/15 Coffee

Photo source:@115coffee

1/15 Coffee merupakan pemain lama dalam dunia coffee shop di Jakarta. Berdiri di tahun 2012, mereka tidak butuh waktu lama untuk menjadi tempat ngopi enak di Jakarta terfavorit. Tak hanya mengandalkan sajian kopi saja, suasana di 1/15 Coffee juga disulap senyaman mungkin sehingga kalian bisa betah untuk berlama-lama di sana.  Flat white dan piccolo menjadi beberapa sajian kopi yang patut kalian coba saat ke sini. Coffee shop ini juga menawarkan beragam menu, mulai dari dessert, pasta, salad, cemilan, hingga main course yang enak-enak.

Lokasi: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 79, Thamrin, Jakarta

6. Six Ounces Coffee

Photo source: @jktdelicacy

Ingin ngopi sambil sarapan atau brunch dengan menu yang tidak ada duanya? Kalian bisa bertandang ke Six Ounces Coffee. Kalau tadinya tempat ngopi enak di Jakarta ini hanya berada di Kelapa Gading saja, kini mereka sudah merambah ke selatan juga, tepatnya di Panglima Polim.

Semua outlet mereka selalu didesain dengan apik dan Instagramable. Tidak rugi jika banyak memesan makanan di sini, mulai dari Six Ounces Benedict with Beef Bacon hingga makanan khas Indonesia, seperti Sambal Ijo Bowl, dieksekusi secara maksimal sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat dan penampilan yang fotogenic. Semuanya itu makin lengkap dengan segelas iced coffee with vanilla ice cream yang legit.

Lokasi: Jl. Panglima Polim IX No. 93, Dharmawangsa, Jakarta

 

7. Bukan Ruang

Photo source: @s__venton

Belum lama meramaikan deretan coffee shop di Kemang, Bukan Ruang berhasil mencuri hati para penikmat kopi dengan menu Se’i Sapi andalan mereka. Banyak yang memuji menu ini karena aroma dan rasa smoky yang menjadi ciri khas se’i sapi sangat menonjol dan menggugah selera. Saat ke sini, kalian juga bisa mencoba Misto Americano yang berupa blended ice cubes espresso dengan gula dan topping milk foam.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 29, Kemang, Jakarta.

 

8. Monolog

Photo source: @rintihanmalam

Ini dia tempat ngopi enak di jakarta yang paling hits di Senayan, Monolog! Tempatnya asik banget dan ini bukan coffee shop biasa. Monolog juga menyajikan menu-menu reguler yang nggak kalah enak sama kopinya. Ada Sunrise Breakfast Set yang porsinya besar atau pastry yang enak-enak. Cappucino di sini juga smooth dan banyak yang mengakuinya sebagai salah satu yang terbaik di Jakarta.

Lokasi: Plaza Senayan, Lantai Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

9. ST. ALi

Photo source: @malvinjyd

Melbourne sering dinobatkan sebagai kota dengan kopi terbaik di dunia. Namun, kalian tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk mencicipi kopi terbaiknya. Kalian bisa melipir ke ST. ALi di Jakarta yang merupakan salah satu coffee shop paling top di Melbourne. Cappucino di sini wajib dicoba karena memiliki perpaduan antara susu dan espresso yang pas. Rasanya kuat, tapi tidak terlalu pahit.

10. Giyanti Coffee Roastery

Photo source: @giyanticoffee

Ngak ada yang meragukan racikan kopi dari Giyanti. Salah satu tempat ngopi enak di Jakarta ini punya cappucino yang bikin nagih. Penampilannya juga cantik karena dihiasi latte art yang ciamik. Kalian juga harus mencoba brownies buatan mereka untuk menemani sajian kopi kalian.

11. Mister -- Sunday

Photo source: @hello_mrsunday

Berlokasi di senopati, tempat ngopi enak di Jakarta ini punya cappuccino yang reccomended. Rasanya begitu mantap dan disajikan dengan gelas clay yang cantik sekali. Tak hanya kopi yang akan menahan kalian untuk nongkrong di sini lebih lama, Mister Sunday juga punya hidangan signature, seperti Pork Belly Open Brioche Sandwich with sambal matah yang juicy dan pedas.

Jadi, dari 11 tempat ngopi enak di Jakarta yang barusan kita bahas, spot mana yang bikin kamu kepincut? Atau kalian punya coffee shop favorit di Jakarta yang belum kita bahas di sini?

Related Articles

Connect with Nibble