Foodies Guide To F&B Industry

12 Bubur Ayam di Jakarta yang Paling Bikin Ngiler

January 22, 20168 min readFoodie Trends

Bubur Ayam di Jakarta terkenal banget menjadi salah satu dish yang pas buat dimakan saat sarapan. Tak hanya di Indonesia, menu ini ternyata cukup populer juga di sebagian besar negara Asia. Asalnya sendiri dari China dan menurut legenda, Bubur sudah ada dari jaman Yellow Emperor. Di negeri asalnya, Bubur berperan penting untuk pengobatan tradisional. Tekstur Bubur yang mudah dicerna tubuh membuatnya dikenal sebagai makanan tersehat di sana. Nggak heran, saat kita sakit pasti ibu kita akan langsung sigap membuat Bubur. Di Indonesia, Bubur cukup mudah ditemukan, mulai di restoran kelas atas sampai tempat makan kaki lima. Uniknya, tidak setiap daerah di Indonesia punya rasa Bubur yang sama. Lain daerah, lain pula rasa dan ke-khas-an Buburnya. Misalnya, Jakarta punya Bubur Betawi yang disiram kuah semur, sedangkan Bubur Sukabumi dan Cianjur menggunakan kuah kekuningan untuk menyiram Bubur. Well, apapun seleramu, kita percaya 12 tempat makan Bubur Ayam di Jakarta berikut ini bisa memanjakan lidah dan perutmu dengan maksimal.

 

1. Bubur Aguan

bubur-ayam-di-jakarta-02

Photo source: @anak.kuliner

Ada beberapa Bubur enak di daerah Mangga Besar dan salah satunya adalah Bubur Aguan. Walaupun tempatnya sederhana dan old fashion, Bubur Aguan punya banyak penggemar lho. Apalagi kalau sudah mulai ramai, bisa-bisa kamu agak susah buat cari parkir. Tapi tenang, perjuanganmu cari parkir itu worth it karena rasa Bubur Ayam di Jakarta ini mantap banget. Menu yang paling populer adalah Bubur Ayam Tangki Aguan. Bubur kental dengan topping suwiran ayam melimpah, cakue, caipo, sledri, dan bawang goreng siap menghangatkan perutmu. Kamu juga bisa menambahkan telur mentah ke Bubur Tangki pesananmu.  Agar makin nikmat, jangan lupa pesan Sekba. Sekba adalah jeroan sapi atau babi yang diolah seperti semur. Rasanya nendang dan pas banget dikombinasikan dengan Bubur Tangki yang flavorful.

Lokasi:

Bubur Aguan

Jl. Mangga Besar 1, No.20 B, Tamansari, Jakarta Barat. Telp. (021) 6499963.

 

2. Bubur Kamseng

bubur-ayam-di-jakarta-03

Photo source: @the.lucky.brunch

Mau coba sensasinya makan Bubur pakai claypot? Langsung aja datang ke Bubur Kamseng yang lokasinya sama-sama di daerah Mangga Besar seperti Bubur Aguan. Sebenarnya Kamseng tidak hanya menyediakan Bubur saja. Ada Chinese food juga buat kamu yang nggak terlalu suka Bubur Ayam di Jakarta. Kamseng Restaurant ini buka 24 jam. Jadi buat kamu yang suka kelaparan tengah malam bisa langsung meluncur ke Kamseng. Buat yang doyan banget sama telur, kamu wajib pesan Bubur Tiga Rasa karena topping Bubur ini terdiri dari ikan, daging babi, kacang, dan 3 macam telur yang juga ikut meramaikan, yaitu telur ayam, telur asin, dan telur pitan. Jika lebih suka cakwe, Bubur Guangzhou Special harus jadi pilihan karena ada cakwe melimpah sebagai topping yang siap memuaskanmu.

 

Lokasi:

Kamseng Restaurant

Jl. Mangga Besar 1 No. 26, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6492319.

 

3. Bubur Cikini H.R. Suleman

bubur-ayam-di-jakarta-04

Photo source: @dimas_dimpol

Kalau berniat mencari Bubur Cikini jangan sampai tertipu karena ada banyak banget tukang Bubur yang menamakan dagangannya sebagai “Bubur Ayam Cikini”. Itulah kenapa akhirnya pemilik Bubur Cikini yang sudah melegenda itu menambahkan “H.R. Suleman” di belakangnya. Bubur Cikini menghadirkan cita rasa Bubur Cirebon di Jakarta. Rasanya jangan ditanya lagi, kelezatannya sudah jadi perbincangan banyak orang dari tahun 1987. Penampilan Bubur Ayam di Jakarta ini memang terlihat sederhana dengan taburan daging ayam, kacang, dan emping, tapi percayalah, rasanya enak banget. Ini mungkin karena Bubur Cikini menggunakan kecap Tjap Tiga Jari asli asal Cirebon. Jadi keauntentikan dan keunikan rasanya tetap terjaga. Selain itu ada telur ayam kampung mentah juga yang sengaja dibenamkan di tengah-tengah Bubur. Creamynya telur mentah ini membuat rasanya makin nendang. Meski disajikan mentah, telur akan berubah menjadi setengah matang saat bercampur dengan Bubur yang panas.

Lokasi:

Bubur Cikini H.R. Suleman

Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta. Telp. 0823-1176-4588.

 

4. Bubur Ayam Sukabumi Tebet

bubur-ayam-di-jakarta-05

Photo source: berthanatalia

Buat yang hobi ngemil tengah malam dan lagi di dekat-dekat daerah Tebet, Bubur Ayam Sukabumi bisa jadi tujuan kulinermu. Selain bisa menghangatkan perut di tengah dinginnya malam, Bubur ini sudah banyak direkomendasikan foodies karena rasanya yang luar biasa. Tempat makan Bubur Ayam di Jakarta ini juga menyediakan makanan lain selain Bubur, ada Nasi Goreng Gila, bermacam jenis Mie, Bihun, Gurame, dan lainnya. Kalau Buburnya sendiri, ada 4 menu andalan yang bisa kamu pilih, yaitu Bubur Ayam Spesial, Bubur Ayam Biasa, Bubur Ayam Seafood, dan Bubur Ayam Cistik. Biarpun toppingnya sama seperti Bubur di tempat lain, ada cakwe, suwiran ayam, seledri, kacang, dan lainnya, yang bikin rasa Bubur Sukabumi terasa khas adalah rasa Buburnya sendiri. Tekstur Buburnya kental dan rasanya unik, nggak sama seperti Bubur pada umumnya.

 

Lokasi:

Bubur Ayam Sukabumi

Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 8312257.

 

5. Bubur Ayam Senopati

bubur-ayam-di-jakarta-06

Photo source: @buburayamsenopati

Yang ngantor di daerah Senopati dan SCBD pasti familiar banget sama Bubur Ayam Senopati. Bubur Ayam di Jakarta yang satu ini memang sudah jadi tempat sarapan andalan orang kantoran di daerah Senopati. Nggak heran, sebelum jam 10 pagi, Bubur Ayam Senopati pasti sudah habis. Rasanya beda banget sama Bubur Ayam biasa. Kuahnya pakai kuah kari dan perfect saat disiram ke atas Bubur bertopping cakwe, ayam, dan kerupuk. Sampai-sampai kamu nggak perlu lagi menambahkan kecap dan bumbu lainnya karena rasa aslinya memang sudah enak. Sedikit tips agar kamu nggak rebutan ngantre Bubur sama orang kantoran, kamu bisa mencoba sarapan di sini waktu weekend. Pasti enak banget setelah jogging di CFD lalu sarapan di sini.

 

Lokasi:

Bubur Ayam Senopati

Jl. Senopati Raya, Jakarta. Telp. 0813-8600-0975.

6. Bubur Kwang Tung

bubur-ayam-di-jakarta-07

Photo source: @sylviatamsir

Ada beberapa outlet Bubur Kwang Tung yang bisa kamu kunjungi, yaitu di Pecenongan, Woltermonginsidi, dan Kelapa Gading. Cita rasa Bubur Ayam di Jakarta ini sangat unik, konsistensi Buburnya cukup encer, dan rasanya sangat gurih karena Bubur ini dimasak menggunakan kaldu ikan, udang, dan ayam. Makan satu porsi Bubur Kwang Tung pasti kenyang karena ukurannya sangat besar. Istimewanya lagi, kamu bisa makan Bubur Ayam di sini 24 jam karena mereka buka sepanjang siang dan malam.

Lokasi:

Bubur Kwang Tung

Jl. Pecenongan No. 67I, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3865688.

 

7. Bubur Ayam Alfa

bubur-ayam-di-jakarta-08

Photo source: @henjiwong

Bubur Ayam Alfa merupakan Bubur ala kaki lima kesayangannya orang-orang di Jakarta Barat. Tempatnya selalu rame dan penuh sama foodies yang penasaran dengan kemantapan Bubur Ayam di Jakarta ini. Bubur Spesial di sini dibanderol dengan harga Rp28.000. Kamu bisa tambah Sate Usus juga biar makin nikmat. Tambahan telur mentahnya membuat Bubur ini makin spesial. Rasanya enak dan tidak amis.

 

Lokasi:

Bubur Ayam Alfa

Rukan Taman Aries, Blok H1 No. 4, Jl. Meruya Ilir Raya, Meruya, Jakarta. Telp. 0813-8813-0522.

8. Ta Wan

bubur-ayam-di-jakarta-09

Photo source: @eatwithdev

Kurang lengkap rasanya membicarakan Bubur Ayam di Jakarta tanpa menyebut Ta Wan. Restoran Chinese food yang sudah punya lebih dari 50 outlet di Jakarta ini populer dengan Buburnya yang luar biasa. Salah satu yang terfavorit di Ta Wan adalah Bubur Tiga Rasa. Buburnya diberi topping potongan ayam, cakwe dan udang. Porsi yang large sangat cocok untuk dimakan rame-rame. Tapi jangan cuma mencoba Bubur saja saat ke Ta Wan, Chinese food lainnya juga akan membuat kamu terkesan. Salah satunya adalah Ayam Goreng Ta Wan yang disajikan dengan bumbu mantap yang meresap sampai ke dalam daging ayam.

 

Lokasi:

Ta Wan

fX Sudirman, Lantai F2, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 25554140.

9. Kaca Mata

bubur-ayam-di-jakarta-10

Photo source: @jktfoodead

Kaca Mata sebenarnya lebih terkenal karena Nasi Campur yang fenomenal. Tapi jangan salah, mereka juga menyediakan berbagai Bubur yang bisa dipilih. Ada Bubur Telur Phitan, Bubur Chasio Siobak, Bubur Special, Bubur Bebek, dan Bubur Ayam di Jakarta. Kenikmatan rasanya sungguh tidak ada duanya. Kalau tengah malam ke sini, jangan lewatkan Chasio Garing madu yang gurih dan manis. Mau dicemilin atau dimakan pakai nasi hangat, sama enaknya.

 

Lokasi:

Kaca Mata

Jl. Boulevard Raya Blok TT 2 No. 5, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4530041.

10. Bubur Ayam Mangga Besar 1

bubur-ayam-di-jakarta-11

Photo source: @anak.kuliner

Doyan kuliner Bubur Ayam di Jakarta dengan aneka topping? Kamu wajib mencoba Bubur Ayam Mangga Besar 1. Selain bisa ditemukan di Mangga Besar, outletnya juga terdapat di Pluit. Topping Bubur di sini sangat banyak, ada ayam rebus, ayam panggang, tahu, udang pete, acar, bebek, ati ampela. Dan pastinya cakwe. Soal rasa sangat juara. Gurihnya, kentalnya, asinnya, semuanya pas sekali di lidah.

 

Lokasi:

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6280474.

11. Bubur Ayam Barito

bubur-ayam-di-jakarta-12

Photo source: @edslie

Siapa coba yang tidak kenal Bubur Ayam Barito? Makanan kaki lima ini legendaris banget di Jakarta Selatan karena sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Yang bikin Bubur Ayam di Jakarta buatan mereka makin nikmat adalah keberadaan cheese stick sebagai topping Bubur. Rasa cheese stick yang gurih serta tekstur yang kriuk-kriuk membuat kamu ketagihan mencobanya. Kalau pesan Bubur Ayam Special, ada tambahan telur mentah di dalamnya yang membuat rasa Bubur ini makin creamy.

 

Lokasi:

Bubur Ayam Barito

Loksem Gandaria, Jl. Gandaria Tengah III No. 1, Gandaria, Jakarta Telp. 0813-8148-8989.

12. Bubur Angke

bubur-ayam-di-jakarta-13

Photo source: @nana_jajan

Jangan kaget dengan antrean yang sering terlihat di depan Bubur Angke. Bubur Ayam di Jakarta ini banyak dicari berkat rasanya yang berkualitas. Buburnya terasa manis dan ngaldu banget sampai-sampai kamu tidak perlu menambah kecap asin dan tambahan lainnya karena rasanya sudah mantap. Mereka punya topping ayam rebus juga yang sangat empuk. Sebagai toppingnya, ada jeroan lengkap, seperti kulit ayam, usus, dan darah yang rasanya nendang abis.

 

Lokasi:

Bubur Angke

Komplek Taman Harapan Indah, Jl. Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta. Telp. (021) 70097030.

Jadi, udah siap antri buat mendapatkan Bubur Ayam di Jakarta yang paling bikin ngiler? Jangan lupa beri ulasan Bubur Ayam favorit kamu di Nibble. Mau tahu lebih banyak tentang Nibble? Klik aja di sini.

Cover photo source: @ngilerkuliner

Related Articles

Connect with Nibble