Foodies Guide To F&B Industry

12 Cara Memanggang Daging yang Benar

January 7, 20194 min readReviews

Salah satu menu favorit banyak orang adalah daging yang diolah dengan cara dipanggang menjadi Steak atau BBQ. Untuk menciptakan menu ini, Anda butuh belajar cara memanggang daging yang benar agar hasilnya sempurna, tidak terlalu gosong, atau belum matang. Jika Anda masih bingung, mari simak tips cara memanggang dari para ahli berikut ini.

1. Pilih daging yang berkualitas

cara-memanggang-daging-02

Memilih daging berkualitas merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan saat mempelajari cara memanggang daging. Anda bias memilih daging sapi lokal, dari Australia, atau daging USDA.

2. Pilih Pemanggang Daging

cara-memanggang-daging-03

Anda bisa memilih cara memanggang daging dengan arang atau gas. Jika Anda ingin pemanggang yang suhu panasnya bisa dikontrol, sebaiknya gunakan pemanggang dari gas.

3. Manfaatkan Tutup Pemanggang

cara-memanggang-daging-04

Tutup pemanggang tidak hanya berfungsi untuk melindungi pemanggang. Anda bisa menggunakan tutup ini untuk menghasilkan aroma smokey yang alami.

4. Memberi Bumbu Pada Daging

cara-memanggang-daging-05

Salah satu kunci cara memanggang untuk menghasilkan olahan daging yang lezat terletak pada bumbu marinasi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan daging yang memiliki banyak marbled, Anda hanya butuh black pepper dan garam sebagai bumbunya. Sedangkan jika Anda menyediakan daging yang harganya tidak terlalu mahal, Anda bisa memarinasi daging tersebut sebelum dipanggang agar rasanya tetap terasa enak. Agar maksimal dan bumbunya meresap, Anda bisa memarinasi daging empat jam sebelum dipanggang.

5. Jangan Terlalu Sering Membalik Daging

cara-memanggang-daging-06

Untuk menghasilkan grill marks yang sempurna, jangan terlalu sering membalik daging tiap beberapa detik. Jika terlalu sering, tidak hanya grill marks saja yang hilang, bumbu pada daging pun juga ikut menghilang.

6. Tips Agar Pemanggang Tidak Lengket

cara-memanggang-daging-07

Banyak orang yang menggunakan minyak untuk mencegah kondisi lengket pada pemanggang. Namun, cara ini hanya akan menambah kandungan kalori dan lemak saja pada daging. Anda bisa menggunakan cara yang lebih alami, yaitu dengan menggunakan kentang yang sebelumnya sudah dibagi menjadi dua bagian, lalu mengoleskan kentang tersebut ke pemanggang. Dengan cara ini, pemanggang Anda tidak akan terasa lengket lagi.

7. Diamkan Daging Sebelum Dipanggang

cara-memanggang-daging-08

Salah satu cara memanggang daging yang juga harus diperhatikan adalah tepat dalam menyiapkan daging. Langkah pertama, sebaiknya keluarkan daging dari kulkas paling tidak 30 menit sebelum mulai dipanggang. Diamkan daging selama durasi tersebut. Ini sangat penting dilakukan khususnya jika Anda menggunakan daging berpotongan besar, seperti porterhouse atau ribeye yang memiliki tulang besar. Jika Anda memaksakan diri untuk memanggang daging langsung begitu keluar dari kulkas, hasilnya tidak akan sempurna. Tingkat kematangan daging tidak akan merata dan tekstur daging akan berubah menjadi lebih kering dengan cepat.

8. Gunakan Penjepit, Bukan Garpu

cara-memanggang-daging-09

Berinvestasilah membeli penjepit atau tongs berkualitas agar Anda dapat maksimal mempraktekkan cara memanggang daging yang benar. Jika Anda memaksa menggunakan garpu untuk membalikkan daging, setiap tusukan pada daging akan menghilangkan juice di dalamnya yang sebenarnya akan membuat daging terasa lebih enak saat disajikan. Pilihlah penjepit  yang didesain untuk heavy-duty, bergagang panjang, dan memiliki pegas.

9. Tambahkan Sayuran

cara-memanggang-daging-010

Panasnya pemanggang akan membuat rasa manis pada sayuran keluar secara alami. Anda bisa memanggang sayuran yang lembut dan memiliki kandungan banyak air, seperti paprika atau bawang langsung di atas arang. Jika Anda ingin memanggang sayuran yang padat seperti kentang, sebaiknya letakkan sejauh mungkin dari arang.

10. Biarkan Daging “Beristirahat”

cara-memanggang-daging-011

Saat daging dipindahkan dari pemanggang, suhu biasanya akan terus meningkat sebanyak 10 persen. Oleh karena itu, saat Anda telah mencapai suhu yang diinginkan, Anda bisa memindahkan daging dari pemanggang dan diamkan daging tersebut setidaknya selama lima menit sebelum Anda memotongnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dengan cara memanggang daging seperti ini, udara di sekitar daging akan menghentikan proses meningkatnya suhu, juice di dalam daging akan kembali merata ke seluruh bagian, dan tekstur daging akan menjadi lebih lembut dan empuk. Kalau dipotong terlalu cepat, juice dalam daging akan tumpah dan hilang begitu saja karena tidak sempat tersebar merata ke seluruh bagian daging.

11. Ketahui Kapan Daging Matang

cara-memanggang-daging-012

Tingkat kematangan daging bisa sangat bervariasi. Kuncinya, Anda bisa menggunakan timer dan termometer makanan instan untuk mengetahui apakah daging yang Anda panggang sudah matang atau belum.

12. Membersihkan Pemanggang Daging

cara-memanggang-daging-013

Jika mau membersihkan pemanggang, sebaiknya lakukan saat pemanggang masih dalam keadaan panas. Jika dilakukan saat pemanggang, Anda akan makin kesulitan untuk menghilangkan residu yang lengket dan menempel pada pemanggang. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan wire brush atau potongan bawang. Dengan cara ini, panggangan daging sudah siap digunakan saat Anda ingin memakainya di lain waktu.

Tidak sulit bukan mempelajari cara memanggang daging yang benar? Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa mencari tahu langsung dari para chef profesional yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini.

Photo source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble