Foodies Guide To F&B Industry

12 Coffee Shop di Jakarta yang Cocok Jadi Tempat Hangout

December 13, 20158 min readFoodie Trends

Sadar nggak kalau coffee shop di Jakarta semakin menjamur beberapa tahun ke belakang ini? Sekarang nggak susah lagi nemuin kopi enak di seantero Jakarta dibanding beberapa tahun yang lalu. Chain coffee shop internasional bahkan sudah mulai kehilangan tempat di hati para coffee lovers karena makin banyaknya local coffee shop yang berani main rasa dengan mengolah biji kopi menjadi secangkir kopi nikmat yang punya cita rasa khas. Espresso, Java brew, caffe latte, dan masih banyak lagi jenis minuman kopi lainnya yang ditawarkan coffee shop lokal ini. Semua semata-mata untuk memuaskan pecinta kopi yang ingin mencicipi rasa kopi yang unik dan beda.

Tapi pasti kamu ke coffee shop di Jakarta nggak cuma untuk mencari kopi, bukan? Suasana nyaman buat nongkrong pasti juga jadi alasan kamu mendatangi sebuah coffee shop. Dari sekian banyaknya coffee shop di Jakarta yang keren-keren, ini dia 12 spot yang bisa jadi tempat hangout kamu. 12 tempat di guide ini nggak cuma punya kopi yang enak, suasana dan interiornya pun akan membuat kamu jatuh hati.

1. 1/15 – One Fifteenth Coffee

coffee-shop-di-jakarta-02

Photo source: @115coffee

Satu kata buat coffee shop di Jakarta ini, unik. Mulai dari pemilihan nama, konsep interior, sampai cara mengolah kopinya, semuanya unik. Buat yang penasaran sama nama uniknya, ternyata 1/15 ini merujuk ke rasio “coffee-to-water” yang bisa menghasilkan secangkir kopi dengan rasa yang ideal. Konsep interior 1/15 ini minimalis, terang, dan makin cantik dengan meja dan kursi-kursi kayu memenuhi seisi ruangan. Mereka punya biji kopi lokal dan luar negeri pilihan yang cara menyeduhnya bisa kamu pilih sendiri (French press, kalita wave, v60, chemex atau syphon). Sebagai pelengkap minum kopi, ada Sandwich, Churros, dan Palembang dishes yang siap menemani waktu hangout kamu.

Lokasi:

Jl. GandariaI/63, Jakarta Selatan.

2. Filosofi Kopi

coffee-shop-di-jakarta-03

Photo source: @filosofikopi

Filosofi Kopi bisa dibilang jadi salah satu coffee shop di Jakarta paling hits beberapa tahun belangan ini. Sejak kemunculannya di Film Filosofi Kopi yang diangkat dari Novel karya Dee Lestari, kedai kopi ini tidak pernah sepi pengunjung. Lokasinya menempati salah satu gedung tua di Melawai, tidak terlalu luas, tapi suasananya homey sekali. Biarpun tempat ini dikenal lewat film, kopi yang disajikan juga terkenal enak. Semua yang pernah datang ke sini pasti setuju kalau tempat ini sangat nyaman buat hangout dan Instagramable banget.

 

Lokasi:

Jl. Melawai VI, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

3. Giyanti Coffee Roaster

coffee-shop-di-jakarta-04

Photo source: @giyanticoffee

Coffee lovers pasti akan jatuh cinta sama coffee shop di Jakarta yang satu ini. Lokasinya yang sedikit nyempil di antara padatnya toko-toko barang antik di Jl. Surabaya, Menteng, membuat Giyanti Coffee Roaster seperti hidden gem. Tempatnya ada di sebelah Cali deli dan Madam Ching. Di sana ada pintu dan lorong kecil menuju ke Giyanti Coffee Roaster. Begitu masuk, kamu akan dibuat jatuh cinta dengan suasananya yang super nyaman, cocok buat ngobrol dan ngopi santai. Tapi yang paling spesial dari tempat ini sudah pasti kopinya. Mereka punya beragam biji kopi dari nusantara, mulai dari Toraja, Mandailing, Kintamani, Papua, dan masih banyak lagi. Semuanya diproses sendiri oleh pemilik coffee shop ini, Hendrik Halianto. Dan satu lagi, mereka punya homemade pie apple yang disebut-sebut terenak se-Jakarta. Mau coba?

 

Lokasi:

Jl. Surabaya No.20, Menteng, Jakarta.

 

4. Koultoura Coffee

coffee-shop-di-jakarta-05

Photo source: @koultoura

Buat yang tinggal di Jakarta Barat nggak perlu lagi jauh-jauh cari coffee shop di Jakarta yang enak dan cozy. Koultoura Coffee punya artsy interior yang bisa bikin kamu betah berlama-lama ngopi di sana dan pastinya bagu jadi spot foto-foto untuk memenuhi galeri social media kamu. Bicara tentang kopinya, varian biji kopi yang dimiliki Koultoura cukup beragam, baik lokal dan internasional. Dan yang bikin beda sari coffee shop lain, Koultoura punya breakfast, lunch, dan dinner menu super lengkap, seperti Croque Madam atau Foxie’s Hangover Cure, yang sudah terkenal enaknya.

Lokasi:

Jl. Taman Ratu Raya Blok AA2/33, Taman Ratu, Jakarta Barat

 

5. Crematology Coffee Roaster

coffee-shop-di-jakarta-06

Photo source: @mrindramulia

Senopati adalah surganya makanan dan minuman enak. Daerah ini juga menjadi lokasi di mana Crematology Coffee Roaster berada.  Coffee shop di Jakarta ini memiliki tempat yang cukup luas dan sangat nyaman dengan ada banyaknya sofa yang berjejer di dalam ruangan. Mereka terkenal punya biji kopi lokal pilihan terenak dari 4 area: Toraja, Bali, Papua, dan Jawa Timur. Olahan kopinya cukup beragam, mulai dari espresso, Americano, latte, cappuccino, dan latte flavor. Buat yang nggak terlalu suka ngopi, tenang aja karena Crematology juga punya Chocolate, Mocha, Green Tea Latte, dan Tea yang nggak kalah enaknya. Spesialnya lagi, kamu bisa request latte art buat mempercantik latte drinks kamu. Seru, bukan?

Lokasi:

Jl. Suryo No.25, Senopati, Jakarta Selatan.

6. Six Ounces Coffee

coffee-shop-di-jakarta-07

Photo source: @ajakmakan

Meski Six Ounces Coffee adalah sebuah coffee shop di Jakarta, di sini kamu juga bisa menemukan Burger super enak yang rasanya tidak ada duanya. Nggak percaya? Coba saja pesan Superb Bacon Burger di sini. Burger ini terdiri dari Australian double beef patty, melted cheese, bacon ketchup yang diapit oleh setangkup brioche burger bun, dan disajikan dengan fries dan house aioli. Chipotle Pulled Pork Benedict juga ngangenin. Semua makanan-makanan enak itu cocok disandingkan dengan Cappuccino atau Cafe Latte yang rasanya mantap di lidah.

 

Lokasi:

Six Ounces Coffee

Jl. Gading Indah Raya, Blok NB 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0812-9559-2233.

7. But First Coffee

coffee-shop-di-jakarta-08

Photo source: @darathexplorer__

Beralih ke daerah Dharmawangsa, tepatnya di Pelaspas, ada sebuah coffee shop di Jakarta yang dapat menjadi tempat pemberhentian pertama kamu sebelum berangkat kerja. But First Coffee sudah buka dari jam 7 pagi. Mereka siap menjamu kamu dengan berbagai ragam Kopinya. Yang paling diincar di sini adalah Cappuccino karena memiliki rasa kopi, susu, gula, dan foam yang pas sekali di lidah. Apalagi ada latte art juga yang membuat Cappuccino di sini makin instagenic.

 

Lokasi:

But First Coffee

Pelaspas Dharmawangsa, Jl. Dharmawangsa Raya No. 4, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. 08122007-8606.

8. Djournal Coffee

coffee-shop-di-jakarta-09

Photo source: @chubbytraveller

Yang mengikuti coffee scene di Jakarta pasti sadar kalau Avocado Coffee lagi trending belakangan ini. Djournal Coffee menjadi salah satu coffee shop di Jakarta yang tidak mau ketinggalan menghidangkan menu spesial tersebut. Perpaduan rasanya sungguh luar biasa. Tekstur alpukat yang padat sungguh perfect saat dipadukan dengan pahitnya kopi dan manisnya choco sauce yang tak berlebihan. Mereka juga punya minuman unik lainnya seperti Bika Ambon Frappe yang tak kalah enak.

 

Lokasi:

Djournal Coffee

Grand Indonesia Mall, Lantai Ground, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta.. Telp. (021) 23581835.

9. Trafique Coffee

coffee-shop-di-jakarta-10

Photo source: @eatfever

Banyak yang terkesan dengan penampilan coffee shop di Jakarta ini. Pintu masuknya memang tidak terlihat jelas dari jalan raya, tetapi begitu kamu masuk ke dalamnya, nuansa colorful yang eye catching langsung memenangkan perhatian kamu. Tempatnya luas dan banyak corner yang bisa jadi spot foto-foto OOTD. Tak hanya kopi yang diandalkan oleh Trafique Coffee, kamu juga bisa mencicipi Egg Benedict yang porsinya besar dan mengenyangkan. Spaghetti Aglio Olio di sini juga unik, rasa pedasnya cukup tajam, tapi bikin nagih.

 

Lokasi:

Trafique Coffee

Jl. Hang Tuah Raya No. 9, Senayan, Jakarta. Telp. 0821-1397-3938.

10. Toko Kopi Tuku

coffee-shop-di-jakarta-11

Photo source: @hendravitara

Siapa coba yang tak kenal Toko Kopi Tuku? Meski baru buka beberapa tahun, coffee shop di Jakarta ini sudah legend dan fenomenal banget. Bagaimana tidak, Kopi Susu Tetangga buatan Tuku bisa dibilang yang memprakasai kebangkitan Kopi Susu di Jakarta. Cita rasa Kopi Susu yang satu ini memang selalu konsisten meski sudah melayani ribuan pembeli. Rasanya creamy, namun sensasi strong kopinya tetap terasa di lidah. Aroma harum dan harganya cukup terjangkau.

 

Lokasi:

Toko Kopi Tuku

Jl. Cipete Raya No. 7, Fatmawati, Jakarta.

11. Anomali Coffee

coffee-shop-di-jakarta-12

Photo source: @putritaruno

Lokasi Anomali Coffee tersebar di Jabodetabek, ada di Menteng, Senopati, Kemang, Pondok Indah, PIK, Setiabudi, Blok M, Sudirman, hingga di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Banyak yang jatuh cinta dengan kopi buatan Anomali karena rasanya strong dan khas. Kalau lagi ke coffee shop di Jakarta ini, kamu tidak boleh melewatkan menu Power Breakfast yang akan membuat kamu bertenaga seharian. Nasi Goreng Kambing di sini juga juara enaknya.

 

Lokasi:

Anomali Coffee

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 52, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3106370.

12. Simetri Coffee Roasters

coffee-shop-di-jakarta-13

Photo source: @bocahlemak

Coffee shop di Jakarta yang berlokasi di Puri Indah dan Kuningan ini siap melayani kamu sejak pagi. Jadi buat yang terbiasa ngopi sebelum kerja bisa mampir ke sini dulu untuk menikmati secangkir kopi berkualitas. Buat jadi teman ngopi, kamu bisa memuaskan perut dengan berbagai makanan enak buatan Simetri. Salah satunya adalah Gyudon yang rasanya nggak kalah mantap dengan restoran Jepang asli. Gyudon di sini menggunakan New Zealand sliced beef, dan ada tambahan scrambled egg yang fluffy, serta sauce yang bikin nagih. Kalau mau makanan yang bikin perut sangat kenyang, kamu bisa pesan Traditional Big Breakfast yang terdiri dari beef sausage, pork bacon, egg, saute mushroom, baked beans, roasted tomatoes, fresh green, dan toast.

 

Lokasi:

Simetri Coffee Roasters

Jl. Puri Kembangan Raya No. 10D, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 22580296.

So, coffee shop di Jakarta mana yang sering kamu datengin? Atau ada coffee shop keren lain yang belum ada di guide ini? Share review kamu yuk di Nibble. Mau info lengkap tentang Nibble? Klik di sini.

 

Cover photo source: @ giyanticoffee

Related Articles

Connect with Nibble