Foodies Guide To F&B Industry

12 Pizza di Jakarta yang Terenak dan Wajib Dicoba

December 28, 20158 min readFoodie Trends

Berbagai jenis Pizza di Jakarta banyak digemari orang-orang Indonesia sejak lama. Nggak heran karena orang Indonesia sukanya ngumpul rame-rame dan Pizza cocok sekali jadi teman ngumpul karena ukurannya besar dan memungkinkan untuk dimakan rame-rame. Tapi ada yang tahu nggak gimana cerita mula Pizza diciptakan?

Semua bermula dari daerah Naples di Italia yang pada tahun 1700an terkenal akan banyaknya kaum pekerja yang hidup dalam kondisi sangat miskin. Untuk makan sehari-hari, mereka memilih sesuatu yang murah, berporsi besar, serta mengenyangkan. Itu semua bisa mereka dapatkan di Pizza. Jangan mengira topping Pizza di jaman itu seperti sekarang di mana banyak potongan daging atau seafood bertebaran. Pizza yang dikonsumsi masyarakat Naples saat itu bahan dasarnya meliputi tomat, keju, oil, anchovies, dan garlic saja.

Terus gimana ceritanya Pizza bisa jadi sepopuler sekarang? Ini terjadi di tahun 1889 saat Italia sudah bersatu. King Umberto I dan Queen Margherita berkunjung ke Naples dan berkenalan dengan Pizza. Suatu saat mereka bosan dengan menu makanan Perancis yang disajikan di kerajaan dan akhirnya menjadikan Pizza yang sudah dimodifikasi toppingnya sebagai menu alternatif di Istana. Mulai dari saat itu Pizza mulai dikenal dunia dan semakin modern, topping Pizza pun semakin beragam seperti sekarang ini.

Pasti kamu nggak nyangka makanan rakyat kecil bisa seterkenal dan seenak sekarang? Mencari Pizza enak di Jakarta pun sekarang udah nggak sulit lagi. Ini dia 12 tempat asik untuk berburu Pizza di Jakarta.

 

1. Casadina Kitchen & Bakery

Photo source: nitastrudwickphotography

Photo source: anakjajan

Kamu pasti kaget kalau ternyata ada tempat makan yang punya Pizza di Jakarta super enak di dalam Rasuna Apartment Tower. Di gedung itulah Casadina Kitchen & Bakery ini mengambil lokasi. Tempat ini cocok banget buat jadi tempat sarapan tiap pagi karena dekat dengan apartemen dan perkantoran di daerah Kuningan. Menariknya, menu-menu di Casadina Kitchen & Bakery sangat beragam. Ada Indian, Italian, Asian, Pastry, Cake, dan Bread juga. Buat Pizzanya yang paling enak di sini adalah BBQ Smoked Beef Pizza. Kamu pasti akan langsung suka dengan crustnya yang crunchy dan toppinnya yang lezat. Dalam satu gigitan Pizza, kamu bisa merasakan enaknya smoked beef, mushroom, grilled vegetables, onion yang disiram dengan saus BBQ dan mozzarella.

 

Lokasi:

Casadina Kitchen & Bakery

Rasuna Apartment Tower 17, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Telp. (021) 83796855.

2. Ocha & Bella

Photo source: jenzcorner

Photo source: FB ochaandbellajakarta

Restoran Italia ini letaknya di pintu masuk Hotel Morrisey Jakarta, jadi kamu nggak akan susah buat menemukannya. Interior yang di tata apik, classy, dan stylish jadi salah satu alasan kenapa banyak foodies yang suka isi perut di sini. Di tambah lagi ada mini garden yang sangat cantik dan Instagramable di area outdoor restoran ini. Di Ocha & Bella kamu bisa cobain Pizza Italia otentik seperti Margherita Pizza. Pizza di Jakarta ini super enak dan super otentik. Dan tidak hanya Italian Cuisine, Ocha & Bella juga bisa memuaskan hasrat kamu untuk mencicipi hidangan Jepang, khususnya fusion sushi yang unik itu.

 

Lokasi:

Ocha & Bella

Morrisey Hotel, Jl. KH Wahid Hasyim No. 70, Kebon Sirih Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3105999.

 

3. Le Quartier

Photo source: only1ivy

Photo source: only1ivy

Sudah jadi rahasia umum kalau Pizza di Le Quartier ini super unik. Apa yang bikin spesial? Pizzanya itu stone baked dan cara panggang seperti itu jelas berpengaruh besar ke rasa. Biasanya stone baked Pizza itu punya crust yang agak cenderung membengkak, ada cracknya, dan teksturnya tidak terlalu tipis atau tebal. Meski di bagian pinggir sangat terasa crispy, bagian tengah Pizza di Jakarta ini tetap moist dan berlimpah topping. Di sini kamu bisa cobain White Ham and Truffle Oil yang menjadikan spinach dan white ham sebagai toppingnya. Lidahmu juga akan dimanjakan dengan lelehan kuning telur yang tersembunyi di tengah Pizza.

Lokasi:

Le Quartier

Jl. Gunawarman No. 34, Kebayoran Baru, South Jakarta. Telp. (021) 72788001.

 

4. Pizza Barboni

Photo source: jenzcorner

Percaya nggak, ternyata di Jakarta ada restoran yang menyajikan authentic Italian wood oven Pizza? Di Pizza Barboni lah tempatnya. Restoran Italia yang satu ini memang berkomitmen sekali untuk menyajikan hidangan Italia yang otentik. Mereka punya 12 jenis Pizza di Jakarta yang bisa kamu pilih, termasuk beberapa vegetarian Pizza. Konsepnya open kitchen. Jadi kamu bisa melihat langsung chef Pizza Barboni membuat adonan Pizza dan menyaksikkan detik-detik Pizza kamu dikeluarkan dari oven tungku kayu yang ikonik banget di sini. Selain Pizza, mereka juga menghidangkan berbagai variasi Burger, Focaccia, dan Snacks.

 

Lokasi:

Pizza Barboni

Jl. Kemang Raya No. 49E, Jakarta. Telp. (021) 7181066.

 

5. Henk's Pizza

Photo source: @henkspizza

Melipir sebentar ke pinggiran Jakarta, tepatnya di daerah Serpong di mana ada satu pizzeria yang punya Pizza super besar sebesar TV LCD. Iya, kamu nggak salah baca, ukuran Pizza-Pizza dari Henk’s Pizza ini memang besar-besar. Paling kecil saja ukurannya 20’ dan yang terbesar adalah 42’ dan ini bisa dimakan oleh 100 orang. Pizza terfavorit di sini adalah Rambo yang toppingnya berisi melted cheese, pepperoni, smoked beef, mushroom, onion, paprika, dan pineapple. Mau coba?

 

Lokasi:

Henk’s Pizza

Ruko Crystal I, Blok A No. 29, Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang.

Telp. (021) 5468690

6. Pizza Place

pizza-enak-di-jakarta-01

Photo source: @patriciasari

Pizza di Jakarta ini adalah Pizza terhits di area Kemang. Konsepnya seperti Pizza di New York. Potongannya sangat besar, teksturnya seperti Pizza dari Manhattan. Adonannya tidak terlalu tebal, toppingnya berlimpah, dan satu slice saja bisa membuat kamu kekenyangan. Pepperoni Pizza menjadi salah satu varian yang harus kamu coba di Pizza Place.

 

Lokasi:

Pizza Place

Como Park, Jl. Kemang Timur Raya No. 998, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7199998.

7. Odysseia

pizza-enak-di-jakarta-02Photo source: @shecreatbelly

Kalau biasanya Pizza di Jakarta itu berbentuk bulat, di Odysseia kamu akan menemukan Pizza berbentuk kotak. Nggak hanya bentuknya saja yang unik, rasanya pun tak kalah enak. Pada toppingnya, kamu akan merasakan cita rasa Cheese Burger yang sejati. Terdapat setumpuk minced beef, onion, tomato, gherkins, mayonnaise, dengan tambahan mozzarella dan cheddar cheese yang bikin rasanya makin Cheesy. Dijamin ngiler tiap membayangkan rasanya.

 

Lokasi:

Odysseia

Pacific Place Mall, Lantai South Lobby, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51400028.

8. Pizza Marzano

pizza-enak-di-jakarta-03

Photo source: @jktfoodead

Selanjutnya ada menu Pizza Beef Rendang dari Pizza Marzano. Kombinasi rasa yang coba dihadirkan Pizza di Jakarta ini memang beda dari yang lain. Sentuhan Italia bergabung menjadi satu dengan rasa khas Indonesia menghasilkan keunikan yang tiada tara. Topping daging Rendang yang menghiasi Pizza sangat autentik. Dan siapa sangka kalau Rendang bisa terasa sempurna saat ditambah keju?

 

Lokasi:

Pizza Marzano

Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall, Food Hall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580150.

9. Popolamama

pizza-enak-di-jakarta-04

Photo source: @jktfoodbang

Pasti kamu pernah mencoba membuat sendiri Pizza Mie di rumah, bukan? Menu rumahan yang sederhana ini digarap serius oleh Popolamama. Mereka punya menu Pizza Indomie Goreng Ayam yang rasanya jelas jauh lebih enak karena ada tambahan Sambal Matah. Indomie Gorengnya tidak pelit, pedasnya sambal matahnya pun sangat menggigit, daging ayamnya empuk dan bumbunya terasa dalam setiap gigitan.

 

Lokasi:

Popolamama

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580415.

10. Pizzeria Cavalese

pizza-enak-di-jakarta-06Photo source: @nana_jajan

Kalau rumah kamu di Sunter, kamu bisa mampir di Pizzeria Cavalese untuk menikmati sepotong Pizza di Jakarta yang rasanya enak. Kalau kamu suka makanan yang fotogenik, maka kamu wajib memesan Egg Pizza buatan mereka. Pizza ini dihidangkan begitu cantik dengan telur yang diposisikan tepat berada di bagian tengah Pizza. Telurnya dimasak setenagh matang, saat dipotong, bagian kuningnya akan luber dan menghadirkan cita rasa yang creamy. Campuran mozarella dan mushroom di atasnya pun membuat menu ini semakin enak.

 

Lokasi:

Pizzeria Cavalese

Ruko Green Lake Sunter, Blok TB S-R, Jl. Danau Sunter Selatan, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 26690133.

11. Pizza Grand Lucky

pizza-enak-di-jakarta-07

Photo source: @bubueataway

Biarpun Pizza ini berada di dalam supermarket, tapi rasa dan kualitasnya boleh diadu dengan Pizza di Jakarta buatan restoran. Harganya murah banget, sekitar Rp 33.000, kamu bisa mendapatkan satu slice Pizza yang jumbo. Teksturnya pas, nggak terlalu tebal atau tipis, lembut, tapi ada bagian yang crunchy juga. Kalau bingung mau pilih varian yang mana, Black Pizza recommended banget. Kejunya melimpah ruah, keju serta dagingnya pun sangat banyak.

 

Lokasi:

Pizza Grand Lucky

Grand Lucky Superstore, SCBD Lot 12, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 5153833.

12. Will's Restaurant & Bar

pizza-enak-di-jakarta-08Photo source: Nibble - thefoodshunter

Kalau Pizza di Jakarta yang satu ini bisa kamu temukan di Willl’s Kelapa Gading. Rotinya tidak menggunakan adonan khas Pizza, melainkan pakai flat bread. Itulah kenapa menu ini dinamakan Flat Bread Pizza. Roti pita yang crunchy terasa sangat perfect ketika dikombinasikan dengan chicken atau pork meat, caramelized onions, tomato cherry, bacon lardon, olives dan mozzarella cheese.

 

Lokasi:

Will's Restaurant & Bar

Kokan Plaza, Blok B No. 25-30, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 22455593.

 

Gimana Pizza lover, kamu pasti makin tertantang buat nyobain Pizza di Jakarta yang sudah kita bahas di atas? Atau kamu punya Pizza favorit yang belum ada di guide ini? Ayo beri ulasannya di Nibble dan biarkan orang lain tahu. Buat yang ingin tahu lebih banyak tentang Nibble, klik di sini.

Cover photo source: @eatineraryid

Related Articles

Connect with Nibble