Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Tokopedia

12 Restoran di Jakarta dengan Menu Kue Jajanan Pasar Enak Banget

September 5, 20197 min readFoodie Trends

Kata siapa kue jajanan pasar hanya bisa kita temukan di pasar tradisional? Kalau kalian mengunjungi restoran Indonesia kelas atas, kalian juga akan menemukan sajian jajanan pasar yang disediakan sebagai makanan penutup mulut.

Tapi memang dari segi penampilan, kue jajanan pasar yang dijual di restoran mewah ini seakan naik kelas. Platingnya ditata begitu apik sehingga memancarkan kesan elegan dan mewah, selaras dengan atmosfer yang dibawa oleh restoran tersebut.

Meski begitu, rasanya tetap sama seperti jajanan pasar yang selama ini kita kenal. Bahkan lebih enak dan sedap karena terbuat dari bahan-bahan premium.

Jika kalian penasaran untuk mencicipi kue jajanan pasar ala restoran bintang lima, kami punya 12 rekomendasi tempat yang tidak boleh kalian lewatkan.

1. Eastern Opulence

Photo source: @eatandcapture

Beragam hidangan Indonesia tersedia lengkap di Eastern Opulence. Jika ditanya dessert apa yang paling favorit di sini, jajanan pasar menjadi rekomendasi terbaiknya. Kalian bisa menikmati onde-onde yang legit.

Penyajiannya sederhana, tapi kesan mewah tetap terasa. Dalam satu porsi, kalian bisa menikmati tiga buah onde-onde yang diletakkan di atas sendok berwadahkan piring dengan hiasan daun pisang yang bikin sajian ini makin membumi.

Rasa onde-ondenya manis dan kenyal, cocok menjadi hidangan penutup mulut setelah mengisi perut dengan Garang Asam, Gurame Ubud, dan Nasi Pandan andalan Eastern Opulence.

Lokasi: Eastern Opulence, Jl. Cipaku I No. 85, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 27081258.

2. Bunga Rampai

Photo source: @bungarampai.pakisculinary

Siapa coba yang tak kenal Bunga Rampai? Restoran yang terletak di Menteng ini dikenal dengan desain interiornya yang ciamik dan sarat akan nilai historikal karena menggunakan rumah peninggalan bangsa Belanda.

Tak hanya tempatnya yang menarik, makanan yang bisa kita nikmati di sini juga akan membuat kita lupa daratan karena kelezatannya. Di restoran Indonesia yang mewah ini, kalian akan dimanjakan dengan beragam kue jajanan pasar yang autentik.

Sebut saja lumpia, klepon, dan juga kue pancong yang bisa dinikmati sebagai sajian high tea.

Lokasi: Bunga Rampai, Jl. Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31926224.

3. Kila Kila by Akasya

Photo source: @kilakilajakarta

Berlokasi di daerah SCBD, Kila Kila hadir dengan menu makanan khas Indonesia yang khas dan mengenyangkan. Spesialnya lagi, mereka punya pilihan kue jajanan pasar yang menggoyang lidah. Ada pukis, pastel, serabi, lemper bubuk, dan lupis. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp15.000 saja. Memang lebih mahal dari jajanan pasar pada umumnya, tapi kalian tak perlu meragukan kualitasnya.

Lokasi: Kila Kila by Akasya, Lot 4, Lantai 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51401484.

4. Remboelan

Photo source: @remboelansoulfood

Ini adalah salah satu restoran Indonesia kelas atas yang bisa kalian temukan di beberapa mall besar di Jakarta. Di Remboelan, ada banyak kue jajanan pasar tradisional yang enak-enak. Salah satunya adalah lupis.

Jajanan kampung yang terbuat dari ketan ini dibentuk menyerupai segitiga. Rasa ketan yang cenderung hambar diperkaya dengan kuah gula aren yang manis dan taburan kelapa yang gurih. Hasil perpaduan rasanya sulit untuk dilupakan dan nikmat sekali.

Lokasi: Remboelan, Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5725088.

5. 1945

Photo source: @teddyzelig

Fine dining biasanya sangat identik dengan makanan Western, tapi jangan salah, kalian juga bisa menikmati pengalaman fine dining dengan makanan khas Indonesia lho. Nggak percaya? Datanglah ke 1945 yang bertempat di Fairmont Jakarta.

Semua makanan yang disajikan ditata dalam plating mewah dan porsi khas fine dining. Jika kalian melihat foto di atas, kalian mungkin tidak percaya kalau makanan tersebut adalah Bika Ambon.

Restoran ini berhasil melakukan dekonstruksi pada kue jajanan pasar asal Medan ini menjadi sangat indah. Bika Ambon dalam menu ini tak hadir apa adanya, tapi juga dengan makanan pendamping, seperti potongan buah nanas, ice cream kelapa, dan saus kecombrang.

Lokasi: 1945, Fairmont Jakarta, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 29703333.

6. Seia

Photo source: @seiarestaurant

Nah, kalau restoran Indonesia yang satu ini mengusung konsep modern Indonesian cuisine dengan interior bernuansa tradisional, tapi tetap terasa casual dan kekinian. Makanan yang disajikan sebenarnya adalah makanan sehari-hari yang cukup familiar di lidah kita.

Namun, semua disajikan dalam bentuk yang modern, dibuat dari bahan premium, dan sedikit twist yang bikin kita terkesan.

Dessertnya tentu berupa kue jajanan pasar yang terasa sempurna di mulut. Kalau kalian penggemar Lumpia Semarang, cicipilah lumpia buatan Seia. Bentuknya lebih ramping daripada lumpia pada umumnya, teksturnya garing, dan bisa dinikmati dengan mencelupkannya ke dalam saus yang khas.

Lokasi: Seia, Menara Astra, Jl. Jend Sudirman No. 5-6, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 80600945.

 

7. Lumpang Emas

Photo source: @jajanbeken

Beralih ke daerah Kemang yang terkenal menjadi tempat nongkrong anak-anak hits di Jakarta, di sana ada Lumpang Emas yang punya berbagai makanan Indonesia.

Salah satu kudapan andalan yang harus banget kalian coba adalah Kue Cubit. Kue jajanan pasar ini jelas dihadirkan dalam versi premium dengan campuran cream cheese, siraman vanilla fla, dan topping boba kekinian.

Lokasi: Lumpang Emas, Colony 6, Lantai 2, Jl. Kemang Raya No. 6A, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 29529945.

 

8. Agneya

Photo source: @inijie

Sensasi rasa tradisional yang khas dengan sentuhan modern pada makanan Indonesia dihadirkan secara atraktif di Agneya. Banyak yang terkesan saat menikmati segala kreasi lezat ciptaan chef di Agneya yang sangat memanjakan lidah.

Tak hanya makanan berat seperti Jagung Goreng Keriting atau Bebek Betutu saja yang wajib dicoba, deretan dessertnya juga tak kalah enak. Seperti kue lumpur yang terbuat dari adonan kelapa dan kismis, colenak yang berupa tape dan nangka yang dibakar dalam balutan daun pisang, atau kue soes yang diberi filling rosella curd, nanas, dan whipped cream.

Lokasi: Agneya, Jl. Wijaya IX No. 23, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 7392430.

9. Blue Jasmine

Photo source: @jakartarandomeats

Nuansa elegan tapi homey ditampilkan dengan sangat ciamik di Blue Jasmine yang berlokasi di The Maja. Sebagian besar menu yang dihadirkan di sini adalah masakan Indonesia dan Peranakan. Saat ke sini, cobain deh dessert kue jajanan pasar yang disajikan dalam sangkar burung yang cantik. Rasanya makin perfect saat disantap bersama secangkir teh atau kopi panas sebagai cemilan sore.

Lokasi: Blue Jasmine, The Maja, Jl. Kyai Maja No. 39, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 29053990.

10. Kembang Goela

Photo source: @kembanggoela.pakisculinary

Bisa dibilang ini merupakan salah satu rekomendasi restoran Indonesia terenak di bilangan Sudirman. Kembang Goela konsisten menyajikan masakan Indonesia yang autentik dengan rasa yang tak terlupakan. Kalian juga bisa menikmati kue jajanan pasar seperti Loempia Sayoer. Menu ini beda dengan Lumpia Semarang karena di dalamnya berisi berbagai sayuran dan disajikan dengan saus asam manis serta asinan mentimun.

Lokasi: Kembang Goela, Plaza Sentral, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 5205625.

11. Restoran Senyum Indonesia

Photo source: @the.lucky.belly

Cukup mudah menemukan restoran Indonesia yang satu ini karena berlokasi di tengah kota Jakarta. Meski terbilang baru, Restoran Senyum Indonesia sudah berhasil memikat para pecinta kuliner dengan masakan Indonesianya yang enak-enak. Di sini, kalian bisa memesan Ketan Bumbu yang menjadi pilihan kue jajanan pasar terfavorit.

Makanan khas Cirebon ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan, lalu di selimuti oleh parutan kelapa, garlic powder, ebi, dan dibungkus daun pisang. Cocok banget untuk menjadi menu pembuka yang luar biasa.

Lokasi: Restoran Senyum Indonesia, Jl. Teluk Betung No. 45, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3146091.

12. SoulFood

Photo source: @beruangrakus

Melihat kenyataan bahwa makanan Indonesia selalu menjadi primadona di lidah masyarakatnya, itu membuat SoulFood bertahan menyajikan masakan khas nusantara. Meski istilah SoulFood berasal dari Amerika, di sini kalian bisa menemukan aneka comfort food khas Indonesia yang menjadi fokus utamanya.

Sebagian besar masakannya berupa makanan rumahan yang rasanya selalu di hati. Begitu pula dengan dessertnya, begitu sederhana seperti kue jajanan pasar. Tapi konsep ini sukses merebut perhatian masyarakat.

Jika sedang kangen jajanan kampung, tapi ingin menikmatinya di restoran yang nyaman, kalian bisa memesan Putu Mayang dan Serabi di SoulFood. Penampilan jajanan ini sangat sederhana, tapi rasanya begitu nikmat karena dihidangkan dengan saus legit khas SoulFood.

Lokasi: Soulfood, Jl. Taman Gunawarman Barat No. 23, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 22776514.

Tak susah bukan menemukan kue jajanan tradisional yang diolah dan disajikan secara premium? Yuk cobain sendiri dan rasakan sensasinya langsung di restoran-restoran yang kami rekomendasikan di atas.

Cover photo: Tokopedia

Related Articles

Connect with Nibble