Foodies Guide To F&B Industry

12 Restoran Seafood di Jakarta Terenak yang Harus Dicoba

May 23, 20167 min readFoodie Trends

Siapa coba yang nggak suka Seafood? Seafood di Jakarta itu memang sangat bikin nagih. Kalau kamu penasaran harus ke mana untuk mencoba Seafood terenak di Jakarta, kita sudah bikin rangkumannya spesial untuk kamu. Rasa menu Seafood yang ditawarkan di tempat-tempat ini pecah banget di lidah. Sekalinya kamu ke sini, pasti kamu akan balik dan balik lagi.

1. Aroma Sedap

Photo source: @aromasedap

Photo source: @aromasedap

Restoran Seafood di Menteng ini punya menu-menu yang mantap-mantap. Beda dengan restoran Seafood kebanyakan, Aroma Sedap punya interior yang keren abis, memadukan konsep minimalis, industrial, dan simplicity. Vibe pas makan di sini mirip-mirip seperti restoran Perancis, tapi kalau lihat menu, isinya makanan Indonesia semua. Di sini kamu mesti cobain Ikan Kudu-Kudu yang cukup jarang ditemukan di Jakarta karena asalnya dari Sulawesi. Ikan Kudu-Kudu paling lezat jika diolah deep fried. Rasanya makin sedap pas makan ini sambil dicocol saus cabai khas Sulawesi. Rasa Kepiting Saus Lada Hitam di Aroma Sedap juga jadi salah satu yang terbaik di Jakarta. Kepitingnya besar dan percaya, dalamnya itu nggak kosong, tapi super meaty dan fresh. Apalagi ditambah cita rasa saus lada hitam. Meskipun agak spicy, tapi kamu pasti bakal tambah nasi saat menyantap menu Seafood di Jakarta ini.

 

Lokasi:

Aroma Sedap

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 43, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3902312.

2. Live Seafood Cabe Ijo

Photo source: @cabeijomkr

Photo source: @filipusverdi

Waktu lagi main ke daerah Muara Karang, kamu harus cobain makan Seafood di Cabe Ijo yang terkenal banget itu. Menu jagoan di sini itu Chilli Crab. Meski namanya Cabe Ijo, ternyata yang jadi juara adalah Chilli Crab khas Singapore itu. Porsi Chilli Crab nya super besar dan dagingnya terasa segar, sedangkan kuahnya kental berwarna kemerahan. Rasa Chilli Crab Cabe Ijo sangat gurih dengan sentuhan asam. Menu wajib lainnya adalah Alu-Alu Cabe Ijo. Menu Seafood di Jakarta ini harganya terjangkau tapi rasanya luar biasa. Kerapu Lodi Saus Thailand nya juga recommended. Disajikan dengan kuah asam, irisan bengkuang, dan kecombrang. Rasanya segar dan dagingnya lembut abis.

Lokasi:

Live Seafood Cabe Ijo

Jl. Muara Karang Raya No. 40, Muara Karang, Jakarta. Tel. (021) 34673179.

3. Loobie Lobster

Photo source: @loobielobsterandshrimp

Photo source: @loobielobsterandshrimp

Loobie Lobster itu salah satu brainchild pasangan hits, Chef Atit dan Lucy, yang udah sukses dengan Holy Cow! Restoran ini menawarkan konsep yang sama dengan restoran jenius mereka lainnya, yaitu makanan berkualitas yang pocket-friendly. Jelas, saat pertama kali Loobie Lobster buka, restoran ini jadi primadonanya Seafood lover karena bisa menyantap lobster dengan harga yang terjangkau. Porsi lobsternya cocok banget buat kamu yang suka makan banyak. Whole Lobster Platter bisa kamu pesan saat makan di Loobie. Dalam satu menu Seafood di Jakarta kamu akan mendapatkan 2 macam lobster, fried calamari, nasi, lengkap dengan sambal matah yang pedesnya nendang banget. Penyajiannya Indonesia banget, bukan?

 

Lokasi:

Loobie Lobster

Jl. Bhakti No. 15, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 5270673.

4. Bandar Djakarta

Photo source: Anak Jajan

Photo source: @bandardjakarta_ancol

Ngomongin restoran Seafood di Jakarta nggak akan lengkap tanpa membahas Banda Djakarta yang legendaris itu. Tempat ini memang paling recommended buat menyantap Seafood di Jakarta. Alasan utama kenapa banyak orang suka makan Seafood di sini karena semua Seafood di sini fresh. Kamu bisa memilih ikan hidup-hidup dan semua dimasak saat ada pesanan saja. Yang nggak bisa makan tanpa keju, Udang Pancet Jumbo Bakar Keju di bandar Djakarta wajib banget kamu cobain. Porsi kejunya nggak pelit sama sekali, rasanya super lezat, udangnya juicy, dan aroma grilled nya bener-bener menggugah selera. Ikan Bawal Bintang Bakar Pandan Wangi juga nggak kalah enak. Ikan yang kaya omega 3 ini dimasak dengan bumbu yang terasa kuat dan disajikan dengan cara dibungkus daun pandan yang wanginya sangat memikat. Jangan lupa juga ya pesan Puding Kelapa buat dessert. Rasanya nggak terlalu manis dan terasa sekali kelapanya.

 

Lokasi:

Bandar Djakarta

Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 6455472.

5. Seribu Rasa

seafood-di-jakarta-01

Photo source: @bocahlemak

Outlet Seribu Rasa di Jakarta ada banyak dan tersebar di mana-mana. Restoran ini dikenal handal menyajikan Seafood di Jakarta, makanan Jawa, maupun Peranakan. Kalau suka pedas, kamu bisa memesan Maung Fish yang dimasak dengan bumbu sambal super pedas. Bumbunya begitu meresap masuk ke dalam daging ikan, membuat setiap gigitan tak terlupakan. Hati-hati kalap saat dimakan dengan nasi hangat.

 

Lokasi:

Seribu Rasa

Jl. Haji Agus Salim No. 128, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3928892.

6. Wiro Sableng

seafood-di-jakarta-02

Photo source: @kurcacikuliner

Seafood di Jakarta yang enak itu tidak hanya bisa ditemukan di restoran saja. Tempat makan sederhana di Kelapa Gading seperti Wiro Sableng juga nggak kalah enak menyajikan menu makanan laut yang sangat menggugah selera. Coba saja Cumi Saus Padang di sini. Kamu pasti akan terpukau karena daging cuminya empuk dan tidak alot. Porsinya sangat banyak dan  bumbunya enak banget.

 

Lokasi:

Wiro Sableng

Jl. Boulevard Raya Blok QH 3 No. 2 - 3, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45846930.

7. Sulawesi

seafood-di-jakarta-03

Photo source: @eatineraryid

Kota-kota di Sulawesi itu terkenal dengan olahan hidangan lautnya. Tak hean, banyak ikan-ikan enak yang hanya bisa ditemukan di perairan Sulawesi. Salah satunya adalah Ikan Barondang yang dibakar dan disajikan dengan satu set sambal yang berbeda-beda, seperti mangga camangi, dabu dabu, dan petis. Khusus yang suka pedas, tantang diri kamu buat mencicipi Ikan Rica Rica yang pedasnya bikin keringetan.

 

Lokasi:

Sulawesi

Menara BTPN, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29887836.

8. Fish Streat

seafood-di-jakarta-04

Photo source: @mystarvingbelly

Kalau dulu menu Fish n Chips selalu dibanderol dengan harga yang mahal, kini kamu bisa makan menu ini dengan harga kurang dari Rp 50.000 di Fish Streat. Harganya yang sangat terjangkau membuat restoran seafood di Jakarta ini banyak penggemarnya. Bayangkan saja, kamu bisa menikmati Fried Fish yang crunchy dan gendut beserta Pasta yang yummy hanya dengan Rp 34.000 saja. Rasanya pun enak, ikannya gurih, teksturnya lembut di bagian dalam, dan cocok dipadukan dengan Spaghetti yang berbalut marinara sauce.

 

Lokasi:

Fish Streat

Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 44B, Tebet, Jakarta. Telp. 0812-8899-8048.

9. Pondok Laguna

seafood-di-jakarta-05

Photo source: @andrewkosasih

Pecenongan adalah surga kuliner di Jakarta Pusat. Segala macam makanan bisa kamu temukan di daerah ini, mulai dari restoran jadul, Martabak kekinian, hingga Seafood di Jakarta. Ngomongin Seafood di Pecenongan, Pondok Laguna jadi destinasi yang wajib kamu datangi. Restoran yang umurnya sudah puluhan tahun ini punya Gurame Goreng yang kenikmatannya tidak tertandingi. Gurame ini digoreng deep fried sampai kering, teksturnya crunchy, tapi bagian dagingnya sangat lembut. Menu ini makin enak saat disantap bersama Kangkung Balacan atau Tumis Jamur yang rasanya juga jempolan.

 

Lokasi:

Pondok Laguna

Jl. Batu Tulis Raya No. 45 - 47, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3459991.

10. Layar Seafood

seafood-di-jakarta-06

Photo source: @chubbytraveller

Beralih ke daerah Jakarta Barat, ada Layar Seafood yang sebelumnya sudah populer lebih dulu di Surabaya. Restoran Seafood di Jakarta ini akan membuat kamu tergila-gila dengan Cumi Goreng Saus Telur Asin. Sausnya sangat kental dan legit rasanya. Saat bercampur dengan Cumi Gorengnya, rasanya tak akan membuat kamu kecewa, creamy, namun tidak berlebihan.

 

Lokasi:

Layar Seafood

Jl. Pesanggrahan Raya No. 80, Meruya, Jakarta. Telp. (021) 58907223.

11. Nelayan

seafood-di-jakarta-07

Photo source: @kardiovskuliner

Lain lagi dengan restoran Nelayan yang berada di Ancol. Tempat makan Seafood di Jakarta ini berasal dari Medan. Meski namanya Nelayan, restoran ini tak hanya khusus menyajikan hidangan laut saja, tapi juga ada beragam masakan Chinese yang rasanya juara. Menu sesederhana Udang Rebus saja bisa bikin kamu ketagihan. Tempatnya juga luas dan sering menjadi venue berbagai event spesial.

 

Lokasi:

Nelayan

Jl. Karang Bolong Raya No. 8, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 6900660.

12. The Holy Crab

seafood-di-jakarta-08

Photo source: @herlin.lay

Menyantap Kepiting kualitas premium kini tak harus merogok kocek yang dalam. Di The Holy Crab, kamu bisa puas-puasin melahap THC Classic yang di dalamnya terdapat Sausages, Crab, Shrimp, Clams, dan Corn yang melimpah. Itu semua disajikan bersama saus spesial yang enak jadi cocolan atau langsung disiram ke atas makanan-makanan tersebut.

 

Lokasi:

The Holy Crab

Jl. Gunawarman No. 55, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 29236155.

Yummy banget bukan makanan-makanan di 5 restoran Seafood di atas? Buat yang udah siap mengisi perut dengan Seafood di Jakarta yang enak-enak, langsung aja datang ke 5 tempat itu. Jangan lupa beri ulasan menu Seafood favorit kamu di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: Anak Jajan

Related Articles

Connect with Nibble