Foodies Guide To F&B Industry

12 Sate di Jakarta Yang Kelezatannya Paling Melegenda

May 17, 20167 min readFoodie Trends

Salah satu makanan asli Indonesia yang banyak penggemarnya adalah Sate. Kelezatan Sate di Jakarta memang nggak ada duanya. Juicynya daging yang ditusuk-tusuk dan dibakar, kemudian disiram dengan sambal kacang yang manis dan gurih banyak bikin orang ketagihan. Jenis Sate pun ada banyak banget di Indonesia, ada Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Lilit khas Bali, Sate Padang, dan lain-lain. Yang jelas, setiap jenis Sate pasti punya karakter unik yang nggak gampang dilupakan. Buat kamu yang lagi ngidam Sate, kita sudah menyiapkan rekomendasi 12 restoran dengan kelezatan Sate yang sudah banyak jadi pembicaraan orang-orang se-Jakarta. Yuk disimak guide berikut ini!

1. Sate Taichan 87 Bang Ocit

sate-di-jakarta-02

Photo source: @gedeinperut

Buat yang suka berburu Sate di Jakarta pasti tahu kalau Sate Taichan sempat ngehits banget beberapa tahun yang lalu. Sate Taichan ibaratnya sebuah inovasi di dunia persatean yang sama enaknya seperti Sate konvensional. Dagingnya beda seperti Sate pada umumnya, tidak berwarna hitam bekas terbakar api arang, melainkan berwarna putih. Katanya ini karena proses penyimpanan daging yang digunakan untuk Sate Taichan itu diperlakukan berbeda dengan daging Sate pada umumnya. Saus yang digunakan juga bukan saus kacang, tapi saus sambal yang pedasnya nendang abis. Cocok banget buat kamu pecinta makanan pedas. Keseluruhan rasa Sate Taichan ini adalah kombinasi sempurna dari pedas, asin, dan asam. Sate Taichan 87 Bang Ocit yang berlokasi di Senayan ini merupakan salah satu pioneer Sate Taichan di Jakarta yang antreannya selalu panjang.

 

Lokasi:

Sate Taichan

Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. 0878-8689-3623.

2. Sate Ayam Kambing RSPP

sate-di-jakarta-03

Photo source: @faisalikhwan

Sate di Jakarta yang satu ini legendaris banget. Lokasinya yang berada di seberang Rumah Sakit Pusat Pertamina memang strategis banget. Di sini, asap bakaran Sate tidak pernah berhenti mengepul karena banyak banget pelanggannya. Nggak heran, rasanya memang nggak ada duanya, baik itu Sate Ayam atau Sate Kambingnya. Meskipun tempatnya sangat berasap, tapi kamu nggak akan menyesal saat mencoba Sate di sini. Dagingnya ayamnya empuk dan Sate Kambingnya pun tidak ada aroma prengus sama sekali. Rasanya bahkan makin sempurna saat disiram dengan saus kacang yang legit dan punya rasa yang kuat.

 

Lokasi:

Sate Ayam Kambing RSPP

Jl. Kyai Maja No. 21, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 7237533.

3. Sate Padang Ajo Ramon

sate-di-jakarta-04

Photo source: @jktfoodead

Sate Padang memang beda dari Sate di Jakarta yang lain. Salah satu perbedaan yang mencolok terletak di kuah kental kuning dengan aroma khas. Buat penggila Sate Padang, kamu harus mencoba Sate Padang Ajo Ramon. Rasanya benar-benar top markotop. Kamu bisa pilih jenis daging yang akan digunakan di Sate Padangmu, ada daging, lidah, jantung, usus. Dagingnya itu lembut, empuk, dan ukurannya pun nggak pelit. Bumbu Satenya creamy, nikmat, dan sangat gurih. Pasti nggak puas kalau cuma pesan satu bungkus.

 

Lokasi:

Sate Padang Ajo Ramon

Jl. Cikajang Raya No. 72, Senopati, Jakarta. Telp. 0819-3299-3653.

4. Sate Babi Johan

sate-di-jakarta-05

Photo source: @cnlulaby

Nggak cuma kambing, ayam, dan sapi saja yang enak dibin jadi Sate di Jakarta. Daging babi pun juga punya rasa yang juara saat diolah menjadi Sate. Salah satu Sate Babi di Jakarta yang selalu rame pengunjung adalah Sate Babi Johan. Jenis Sate yang ditawarkan ada banyak di sini, ada Sate Manis, Sate Daging, Sate Usus, Sate Ati, Sate Kulit, dan yang paling terbaik adalah Sate Samcan. Sate Daging dan Samcan terasa sangat juicy, Sate Kulitnya chewy, pokoknya semuanya maknyus. Bener-bener jadi surganya pork lovers.

 

Lokasi:

Sate Babi Johan

Jl. Green Ville, Green Ville, Jakarta. Telp. (021) 5630063.

5. Sate Khas Senayan

sate-di-jakarta-06

Photo source: @storeateller

Siapa coba yang tak tahu Sate Khas Senayan? Tempat makan Sate di Jakarta paling legend ini dikenal punya Sate berkualitas premium yang rasanya tak ada duanya. Kalau kamu perlu bukti, kamu bisa pesan Sate Blora saat ke restoran ini. Setiap tusuk Sate terdiri dari daging paha dan kulit yang yummy. Saus kacang untuk Sate khas Blora terasa pedas manis  dan gurih sekali. Cita rasanya tidak akan mengecewakan kamu.

 

Lokasi:

Sate Khas Senayan

Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 30, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 83783301.

6. Sate Mak Syukur

sate-di-jakarta-07

Photo source: @foodiekeliling

Sate Mak Syukur juga menjadi salah satu Sate di Jakarta khas Padang yang wajib dicicipi. Outletnya sudah sangat banyak sekali tersebar di Jakarta. Banyak yang suka makan di sini karena dagingnya empuk dan ukurannya besar-besar. Biarpun harganya cukup mahal, tapi kualitas dan rasanya worth it untuk harga yang dibanderol.

 

Lokasi:

Sate Mak Syukur

Mall Kelapa Gading 3, Lantai 3, Food Temptation, Jl. Kelapa Gading Boulevard.

7. Sate Palmerah Kim Tek

sate-di-jakarta-08

Photo source: @erin_alianto

Warung Sate di Jakarta ini mungkin terlihat sederhana, tapi jangan salah, sudah banyak orang yang mengenal kedahsyatan Sate Palmerah Kim Tek. Mereka populer dengan Sate peranakan yang menggunakan daging ayam dan kambing. Tekstur kedua jenis Sate tersebut sangat lembut dan empuk. Bumbunya pun terasa pas di lidah. Kamu juga bisa mencoba Sop Kambing saat mampir ke sini. Kuahnya terasa segar dan bumbunya juara.

Lokasi:

Sate Palmerah Kim Tek

Jl. Panjang Pos Pengumben No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta. Telp. (021) 53678354.

8. Sate Tegal H. Sadjim

sate-di-jakarta-09

Photo source: @fransi_96

Buat yang kantor di sekitar Benhil dan  ngidam Sate sepulang kantor, kamu bisa mampir di Sate Tegal H. Sadjim. Seperti Sate Tegal pada umumnya, warung Sate di Jakarta ini menyediakan Sate Kambing Muda yang empuk dan nggak bau prengus. Lemaknya benar-benar terasa di lidah dan meleleh di mulut saat disantap. Belum lagi Sop Kambingnya, kamu bisa menikmati bagian sum-sum yang luar biasa enak.

 

Lokasi:

Sate Tegal H. Sadjim

Jl. Tondano No. 8, Bendungan Hilir, Jakarta.

9. Sate Tongseng Pak Budi

sate-di-jakarta-10

Photo source: @vickyangdi

Sate Tongseng Pak Budi menjadi andalan Sate di Jakarta Timur dan Bintaro. Kamu bisa mencoba Tongseng mantap di sini yang isinya penuh dengan jeroan. Kuah dan porsinya benar-benar memuaskan perut. Untuk Satenya sendiri juga tak kalah enak. Sate Kambingnya disajikan dengan saus kecap, irisan bawang merah, cabe rawit iris, tomat segar, dan kol yang juga diiris-iris.

 

Lokasi:

Sate Tongseng Pak Budi

Jl. Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta. Telp. (021) 86602157.

10. Sate Pejompongan

sate-di-jakarta-11

Photo source: @pantibass

Umur Sate Pejompongan sudah lebih dari 20 tahun. Kelegendarisannya tempat makan Sate di Jakarta ini sangat populer di kalangan Sate lover. Sate Kambing menjadi menu jagoan yang selalu dipuji para penggemarnya. Dagingnya empuk, bumbunya menyerap, dan saus kecapnya luar biasa. Jangan sampai melewatkan Sop Kambing serta Tongseng saat makan di sini.

 

Lokasi:

Sate Pejompongan

Jl. Penjernihan 1 No. 4B, Bendungan Hilir, Jakarta. Telp. 0878-7020-4000.

 

11. Sate Kambing H Giyo

sate-di-jakarta-12

Photo source: @mas_adjie

Kalau ada yang nanya, di mana Sate Kambing paling enak di Jakarta, Sate Kambing H Giyo pasti menjadi salah satu spot yang akan direkomendasikan. Sate Kambing di sini memang sangat pecah di mulut. Teksturnya lembut, tidak alot, dan ada bagian daging yang terasa garing. Yang paling bikin puas adalah potongannya yang besar-besar dan bikin kenyang.

 

Lokasi:

Sate Kambing H Giyo

Jl. D. I. Panjaitan No. 42, Jatinegara, Jakarta. Telp. (021) 8193423.

12. Sate Jaya Agung

sate-di-jakarta-13

Photo source: @jktdelicacy

Sate di Jakarta yang terletak di daerah Menteng ini paling jago membuat orang penasaran karena namanya yang sudah dikenal banyak orang. Berhubung daging Sate yang digunakan tidak ada campuran lemak dan kulit, banyak yang menganggap Sate ini lebih sehat dari Sate kebanyakan. Yang paling favorit di sini adalah Sate Kambing yang disiram dengan bumbu kecap super enak. Biarpun harganya lumayan mahal, tapi porsi yang mengenyangkan dan rasa yang enak membuat Sate ini wort it untuk dicoba.

 

Lokasi:

Sate Jaya Agung

Jl. Wahid Hasyim No. 56C, Thamrin, Jakarta. Telp. 0817-4888-808.

Jadi yang udah ngidam banget sama Sate di Jakarta, nggak usah bingung lagi mau ke mana. 12 tempat di atas bisa memuaskanmu dan bikin kenyang perutmu. Kalau kamu punya rekomendasi Sate di Jakarta yang rasanya nggak kalah enak, ayo langsung ulas di Nibble. Klik di sini yuk untuk informasi lengkap tentang Nibble.

 

Cover photo source: @jktfoodead

Related Articles

Connect with Nibble