Foodies Guide To F&B Industry

12 Street Food di Jakarta yang Wajib Dicoba

December 3, 20158 min readFoodie Trends

Sering kelaparan waktu tengah malam? Nggak perlu panik karena banyak street food di Jakarta yang buka sampai larut malam. Jakarta memang punya banyak spot fine dining yang terkenal dengan kemewahan dan kelezatan makanannya, tapi jangan salah, street food di Jakarta juga nggak kalah enak, bahkan banyak street food stall yang bisa sampai membuat jalanan macet karena saking ramenya. Jenis street food di Jakarta juga sangat banyak, mulai dari makanan berat seperti Nasi Goreng, Bakso, Roti Bakar, sampai ke cemilan seperti Gorengan atau Martabak. Bingung mau berpetualang mencicipi street food di Jakarta mulai dari mana? Berikut 12 street food yang paling terkenal di Jakarta yang wajib kamu coba.

1. Nasi Goreng Kebon Sirih

street-food-di-jakarta-02

Photo source: @bikingendut

Kalau kamu bertanya-tanya tentang tempat makan Nasi Goreng paling enak di Jakarta, Nasi Goreng Kebon Sirih adalah jawabannya. Tempat ini cukup melegenda di antara para foodies pecinta street food di Jakarta karena sudah ada sejak tahun 1958. Awalnya Nasi Goreng Kebon Sirih ini hanya ada di Jalan Kebon Sirih, tapi karena antusiasme foodies yang begitu besar, sekarang mereka sudah buka cabang di mana-mana. Menu utama yang wajib kamu coba di sini sudah jelas Nasi Goreng Kambing. Beda dengan Nasi Goreng di tempat lain, Nasi Goreng Kebon Sirih ini punya cita rasa yang kaya dan kuat berkat rempah-rempah khas yang mereka gunakan. Daging kambingnya punya empuk dan tidak bau sama sekali. Kalau tidak suka kambing, ada menu lain seperti Nasi Goreng Ayam, Sate Ayam dan lainnya. Sambil menunggu Nasi Goreng pesanan datang, kamu bisa melihat bagaimana Nasi Goreng tersebut dibuat. Semua Nasi Goreng dimasak di satu wajan yang sangat besar dan nasinya ditumpuk sangat banyak dan sangat tinggi. Nggak kebayang beratnya mengaduk-aduk nasi sebanyak itu.

Lokasi:

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta. Telp. 0811-1907-75.

2. Roti Bakar Eddy

street-food-di-jakarta-03

Photo source: @risdiantiedi

Buat yang cuma mau ngemil cantik, Roti Bakar Eddy bisa jadi pilihan untuk mengisi perutmu. Berdiri sejak tahun 1980an, Roti Bakar Eddy pernah menjadi tempat nongkrong wajib anak-anak muda di Jakarta. Dulu street food di Jakarta ini cuma ada di Blok M, tapi sekarang sudah banyak cabang yang di buka di seantero Jakarta. Yang bikin Roti Bakar Eddy ini istimewa adalah rotinya yang diproduksi sendiri. Rasa Roti Bakarnya pun pas antara manisnya meses, gurihnya keju, dan empuknya roti. Semua meleleh jadi satu di mulut. Rasa roti bakar yang ditawarkan sangat beragam dan tidak hanya itu, Roti Bakar Eddy juga menjual Pisang Bakar, Bubur Ayam, dan Indomie. Cocok buat kamu yang hobi kulineran malam.

Lokasi:

Roti Bakar Eddy

Jl. Raden Patah, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 97520002.

3. Bakso Pak Kumis Blok S

street-food-di-jakarta-04

Photo source: @iqbalsurya_

Bakso bisa dibilang jadi makanan andalan saat ingin yang hangat-hangat. Dari sekian banyaknya stall street food di Jakarta yang menjual Bakso, ada satu tempat yang wajib dicoba oleh para Bakso lover. Namanya Bakso Pak Kumis yang terletak di Blok S, Jakarta Selatan. Bakso Pak Kumis ini yang menjadi inisiator kumpulnya para pedagang makanan kaki lima di Blok S sejak tahun 1987. Lalu apa yang bikin bakso Pak Kumis beda dari lainnya? Pertama, kamu bisa meracik garam, seledri, kecap, dan sambal sesuai yang kamu inginkan. Setelah meracik, kamu harus mengantri untuk memilih bakso yang tersedia. Ada Bakso Daging Cincang dan Bakso Urat yang bisa dipilih, harganya mulai dari 8.000 rupiah saja dan ukurannya cukup besar untuk membuat perutmu kenyang. Faktor kedua yang bikin Bakso Pak Kumis spesial adalah rasa kuah karinya yang kental dan sangat lezat. Kuahnya pun tidak keruh seperti kuah bakso kaki lima lainnya yang menggunakan rebusan gajih. Tidak heran kalau pelanggan bakso Pak Kumis ini sangat banyak.

Lokasi:

Bakso Pak Kumis Blok S

Pujasera Blok S, Food Court, Jl. Birah 7, Senopati, Jakarta. Telp. 0857-8160-113.

4. Martabak San Francisco

street-food-di-jakarta-05

Photo source: @bestfoodjkt

Ini dia Martabak yang digandrungi banyak orang karena keunikan topping-nya. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Martabak Toblerone atau Martabak Ovomaltine? Martabak San Francisco ini bisa dibilang sebagai salah satu street food di Jakarta yang berkreasi dengan berbagai topping kekinian beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya, gerai Martabak ini sudah berdiri sejak tahun 1967 di Bandung. Sekarang namanya makin populer sampai ke Jakarta. Di tempat makan street food di Jakarta ini, kamu bisa memilih Martabak Manis atau Martabak Telur. Untuk Martabak Manis, variasinya cukup beragam, mulai dari Martabak Coklat Keju Kacang, sampai yang unik seperti Martabak Green Tea dan Martabak Nutella. Sedangkan kalau ingin Martabak Telur, kamu bisa memilih Martabak yang menggunakan telur bebek atau telur ayam sebagai isiannya.

Lokasi:

Martabak San Francisco

Jl. Bintaro Utama, Sektor 3A, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 33666610.

5. Seafood 68 Santa

street-food-di-jakarta-06

Photo source: @baguscakti

Di balik tampilan tempatnya yang sangat sederhana, Seafood 68 Santa punya sajian Seafood yang kelezatannya tak kalah dengan Seafood dari restoran mewah. Coba pesan Kepiting Telur di tempat makan street food di Jakarta ini. Rasanya pecah banget di mulut. Telurnya melimpah ruah, dagingnya tebal, dan bumbu saus padangnya sangat meresap sampai ke dalam cangkang si Kepiting.

 

Lokasi:

Seafood 68 Santa

Jl. Wolter Monginsidi, Senopati, Jakarta. Telp. 0838-0805-5553.

6. Nasi Goreng Kebuli Apjay

street-food-di-jakarta-07

Photo source: @bubueataway

Nasi Goreng yang satu ini beda dari Nasi Goreng ala street food di Jakarta. Yang bikin beda adalah bumbunya yang berempah khas Nasi Kebuli. Jangan takut buat pesan Nasi Goreng Kambing Kebuli di sini. Daging kambingnya sangat empuk dan tidak bau prengus. Saat makan, harus minta tambahan telur ceplok atau dadar biar makin nikmat.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Jl. Panglima Polim 9, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. 0812-8359-996.

7. Gulai Tikungan Blok M

street-food-di-jakarta-08

Photo source: @eatsss.yummy

Sesuai dengan namanya, Gultik alias Gulai Tikungan terletak di Tikungan antara Jalan Bulungan dan Mahakam. Jangan nilai keenakan Gulai di sini dari penampilan tempatnya. Meski tempat makan street food di Jakarta ini sangat sederhana, Gulai di sini rasanya sangat enak. Mereka menggunakan beberapa bagian sapi untuk Gulainya, ada tetelan, jeroan, dan daging yang empuk. Kuah santannya terasa light dan kenikmatannya bikin ingin nambah berkali-kali.

 

Lokasi:

Gulai Tikungan Blok M

Jl. Mahakam, Bundaran Blok M Plaza, Blok M, Jakarta. Telp. 0852-8767-6143.

8. Sate Ayam Kambing RSPP

street-food-di-jakarta-09

Photo source: @food.worldtravel

Masih di daerah Blok M, kali ini kita akan membahan Sate Ayam Kambing RSPP yang sangat melegenda. Tempatnya berlokasi persis di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina. Meski harganya terbilang lebih mahal dari Sate street food di Jakarta, tapi untuk ukuran rasa sangat sebanding dengan harganya. Potongan daging ayam atau kambingnya besar-besar. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Daging ayamnya empuk dan daging kambingnya tidak bau. Yang bikin makin spesial adalah bumbu kacangnya yang sangat nikmat dan finger licking.

 

Lokasi:

Sate Ayam Kambing RSPP

Jl. Kyai Maja No. 21, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 7237533.

9. Seblak Jeletet Murni

street-food-di-jakarta-10

Photo source: @ajakmakan

Pecinta makanan pedas wajib mencoba Seblak dari Seblak Jeletet Murni. Dari penampilannya saja kamu pasti langsung menelan ludah karena warnanya yang sangat merah menggambarkan kepedasan yang terkandung dalam semangkok Seblak ini. Pilihan toppingnya banyak sekali, mulai dari Ceker, Bakso, Makaroni, dan masih banyak lagi. Street food di Jakarta ini jelas cocok banget dimakan saat sedang musim hujan untuk menghangatkan perut.

 

Lokasi:

Seblak Jeletet Murni

Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 57, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0899-9361-139.

10. Pecel Lele Permata Mubarok

street-food-di-jakarta-11

Photo source: @jktfooddestination

Pecel Lele identik dengan warung tenda yang biasanya muncul menjelang malam tiba. Tapi tidak dengan Pecel Lele Permata Mubarok. Street food di Jakarta ini mulai buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Nasi Uduk di sini legend banget rasanya. Mau dimakan pakai Pecel Lele, Ayam Goreng, Sate Usus, atau Sate Kulit, kenikmatannya sama-sama tiada tara. Menyantap itu semua tak akan lengkap tanpa cocolan sambal. Kamu bisa memilih Sambal yang terbuat dari terasi dan tomat atau Sambal super pedas dari cabe rawit yang digerus kasar.

 

Lokasi:

Pecel Lele Permata Mubarok

Komplek Permata Buana, Jl. Puri Kembangan, Puri Indah, Jakarta.

11. Sate Padang Ajo Ramon

street-food-di-jakarta-12

Photo source: @kayanyaenak

Kalau kamu sering makan di dareah Pasar Santa, pasti kamu hafal lokasi Sate Padang Ajo Ramon. Tempatnya selalu ramai pengunjung berkat kelezatan Sate Padang yang sukses bikin banyak orang kangen. Kamu bisa pesan Sate isi jeron atau daging saja, tergantung pada selera kamu. Cita rasa sausnya benar-benar luar biasa. Rasanya gurih, teksturnya kental, dan enak sekali. Yang paling penting, harganya sangat affordable, khas street food di Jakarta, dibanding Sate Padang dari Restoran Padang terkenal di Jakarta.

 

Lokasi:

Sate Padang Ajo Ramon

Jl. Cikajang Raya No. 72, Senopati, Jakarta. Telp. 0819-3299-3653.

12. Seafood Mulyono 94

street-food-di-jakarta-13

Photo source: @heytheresia

Satu lagi tempat makan Seafood yang nggak akan bikin kantong kamu bolong, yaitu Seafood Mulyono 94. Street food di Jakarta ini berlokasi di Gunung Sahari. Tempatnya berupa tenda khas penjual Seafood kaki lima di Jakarta. Biarpun rame terus setiap hari, namun penjualnya sangat cekatan sehingga kamu tidak perlu lama menunggu untuk menikmati pesanan kamu. Varian menunya sangat beragam, mulai dari Cumi, Udang, Ikan, serta Kerang. Kalau suka Kerang, kamu pasti akan ketagihan saat mencoba Kerang Rebus di sini. Meski simple, tapi rasanya benar-benar mengagumkan.

 

Lokasi:

Seafood Mulyono 94

Jl. Hidup Baru 1 No.13, Gunung Sahari, Jakarta. Telp. 0878-8316-0430.

Itu tadi 12 street food di Jakarta paling enak yang harus kamu cobain. Kepopularitasan dan kelegendarisan makanan-makanan di atas mungkin masih bisa dirasakan oleh anak cucu kamu suatu saat nanti. Tentunya masih banyak street food di Jakarta enak yang masih belum banyak orang tahu. Kalau kamu punya tempat makan kaki lima favorit selain tempat-tempat di atas, beri ulasannya di Nibble. Dapatkan info lengkap tentang Nibble di sini.

Cover photo source: @the.lucky.belly

Related Articles

Connect with Nibble