Foodies Guide To F&B Industry

12 Tempat Makan di Pasar Santa yang Paling Seru

February 5, 20167 min readFoodie Trends

Semua pasti tahu kepopuleran tempat makan di Pasar Santa? Pasar yang berlokasi di Jakarta Selatan ini memang sempat mati suri, tapi berkat antusiasme dan semangat anak-anak muda Jakarta, pasar ini bangkit lagi. Saat itu, Pasar Santa tidak lagi menjadi tempat untuk menjual sayur dan buah seperti pasar tradisional lainnya, tapi menjelma menjadi ruang kreatif dan kekinian banget. Kios-kios dengan gaya anak muda dan hipster banyak berdiri di sana, mulai dari modern coffee shop, casual clothing shop, vinyl record store, dan pastinya kios makanan-makanan unik. Sejak saat itu, pengunjung yang didominasi oleh anak muda mulai berdatangan dan meramaikan Pasar Santa. Buat yang penasaran dengan makanan-makanan unik apa saja yang bisa ditemukan di Pasar Santa, liat aja guide berikut ini!

1. GLASCH Nitrogen Ice cream

Photo source: @glasch_sby

Berburu tempat makan di Pasar Santa harus rela panas-panasan. Oleh karena itu, enaknya kita makan yang segar-segar. Nggak ada yang lebih segar daripada Ice Cream. Di Pasar Santa kamu bisa menemukan banyak kios Ice Cream. Salah satu yang menyajikan Ice Cream unik di sana adalah GLASCH Nitrogen Ice Cream. Ice Cream di sini unik banget karena dibekukan secara instan dengan nitrogen cair dan hasilnya terasa lembut banget saat mampir di mulut. Di sini kamu bisa pilih size small yang berisi 1 scoop ice cream atau regular yang isinya 3 scoop ice cream. Soal rasa, kamu juga bisa milih dan mengombinasikannya sendiri.

Lokasi:

GLASCH Nitrogen Ice cream

Pasar Santa Lt.1 bks 5, Jl. Cipaku1 Kebayoran Baru, Jakarta.

 

2. Dudes of Gourmet (D.O.G.)

Photo source: anakjajan

Ini dia salah satu tempat makan di Pasar Santa yang punya antrean cukup panjang. Dudes of Gourmet (D.O.G.) atau dikenal dengan sebutan Diyoji ini menawarkan Gourmet Hotdog yang menarik perhatian dengan warna hitamnya. Bun yang mereka gunakan terbuat dari wijen hitam. Tenang, rasanya nggak pahit, justru sangat unik. Dalam satu gigitan, kamu akan merasakan gurihnya daging sapi, asinnya beef bacon, serta rasa sosis dan mustard racikan D.O.G. yang enak banget. Sweet, salty, dan spicy semuanya bercampur dengan sempurna dalam setangkup roti bun hitam. Untuk pilihan menu, mereka punya single cheese, double cheese, dan triple cheese. Heaven banget buat yang suka keju.

Lokasi:

Dudes of Gourmet (D.O.G.)

Pasar Santa Food Court 2nd Floor #57 Jl. Cipaku 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Toko Kopi Tuku

tempat-makan-di-pasar-santa-02

Photo source: @hendravitara

Yang doyan Kopi Susu pasti nggak asing sama Toko Kopi Tuku. Tempat makan di Pasar Santa ini punya Es Kopi Susu paling fenomenal di Jakarta, yaitu Es Kopi Susu Tetangga. Banyak yang suka karena kualitas rasanya selalu konsisten. Kopinya creamy dan strong dalam waktu bersamaan. Manisnya pas, pahitnya tidak berlebihan, dan yang penting harganya sangat affordable.

 

Lokasi:

Toko Kopi Tuku

Pasar Santa, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0812-8311-1427.

4. Koka Sikka Sei Sapi

tempat-makan-di-pasar-santa-03

Photo source: @kokasikka

Buat yang belum tahu, Sei adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari daging yang diiris memanjang dan dimasak dengan cara diasapi. Nggak perlu jauh-jauh ke sana untuk mencobanya, kamu bisa ke Koka Sikka Sei Sapi. Tempat makan di Pasar Santa ini akan memanjakan kamu dengan daging sapi asap yang super empuk dan lembut. Rasanya makin enak karena disantap dengan Sambal Matah yang yang pedas. Selain Sambal Matah, kamu bisa memilih Sambal Luat atau Sambal Caruak yang tak kalah enak.

 

Lokasi:

Koka Sikka Sei Sapi

Pasar Santa, Lantai 1, Jl Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0812-9185-3911.

5. Animo Bread Culture

tempat-makan-di-pasar-santa-04

Photo source: @ericekos

Kalau kamu cuma cari cemilan saja saat nyari tempat makan di Pasar Santa, kamu bisa ke Animo Bread Culture. Di sana kamu akan menemukan Donat tradisional dengan topping meises dan gula halus. Tekstur Donatnya sangat fluffy dan rasanya pas saat disandingkan bersama Kopi Susu Animo yang rasanya ciami.. Cocok jadi Coffee & Donuts to-go.

 

Lokasi:

Animo Bread Culture

Pasar Santa, Lantai Dasar, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7932230.

6. Wings It!

tempat-makan-di-pasar-santa-05

Photo source: @wings.it

Tempat makan di Pasar Santa ini masih baru banget, tapi jangan salah, penggemarnya udah banyak. Nggak heran, kenikmatan Ayam Goreng berbumbu dari Wings It ini memang luar biasa. Mereka punya berbagai macam saus yang bisa dipilih sesuai dengan selera kamu. Kalau kamu suka pedas, Sexy Sauce perfect untuk Ayam Goreng pesananmu. Sedangkan yang doyan sama saus dengan sensasi rasa asam, pesanlah saus White BBQ yang lezat.

 

Lokasi:

Wings It!

Pasar Santa, Lantai 1, Jl Cipaku I, Senopati, Jakarta 12170. Telp. 0811-8881-718.

7. TuBo

tempat-makan-di-pasar-santa-06

Photo source: @bubueataway

Suka ngiler melihat menu Gyudon bersliweran di social media? Kalau kamu cari tempat makan di Pasar Santa, kamu bisa mencicipi Gyudon dengan harga yang terjangkau. Gyudon buatan TuBo ini sangat spesial karena Gyudonnya pakai truffle oil. Dalam satu bowl, kamu akan dipuaskan dengan nasi, telur yang bisa dipilih tingkat kematangannya, Wagyu Steak yang berkualitas, soy sauce dan chilli powder.

 

Lokasi:

TuBo

Pasar Santa, Lantai 1, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0838-9195-3464.

8. Dapur-Dapuran

tempat-makan-di-pasar-santa-07

Photo source: @dapur_dapuran

Tempat makan di Pasar Santa yang satu ini adalah spesialisnya Iga Bakar. Jangan salah, Iga Bakar di sini disajikan dengan konsep yang berbeda, yaitu seperti Rice Bowl lengkap dengan nasi dan telur. Rasa Iganya enak parah, empuk, dan nggak susah dipisahkan dari tulangnya. Yang bikin nagih adalah telurnya yang gurih dan pas banget dikombinasikan dengan daging iganya.

 

Lokasi:

Dapur-Dapuran

Pasar Santa, Lantai 1, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0813-1469-3369.

9. Black Cattle

tempat-makan-di-pasar-santa-08

Photo source: @makansampaikenyang

Mungkin kamu sudah sering mencoba Beef Bowl dari berbagai macam restoran di Jakarta. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Beef Bowl dari Black Cattle. Tempat makan di Pasar Santa ini punya beberapa menu. Gyudon menjadi makanan yang paling banyak diburu. Porsinya lumayan besar, di dalamnya ada scrambled egg, roasted seaweed dan daun bawang. Roasted. Kalau suka yang pedas, kamu bisa pesan Spicy Korean Beef yang bumbunya terasa banget di lidah.

 

Lokasi:

Black Cattle

Pasar Santa, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0819-0556-5656.

10. Pisangkuy

tempat-makan-di-pasar-santa-09

Photo source: @tukangjajanmalam

Jaman sekarang Pisang yang lagi kekinian adalah Pisang Nugget. Tapi kalau kamu mau cemilan Pisang yang lebih enak dari Pisang Nugget, kamu bisa ke Pisangkuy. Cemilan yang disediakan oleh tempat makan di Pasar Santa ini terbuat dari pisang utuh yang digoreng dengan tepung crispy. Yang bikin menarik, Pisang Goreng renyah ini diberi topping super tebal di atasnya. Ada topping green tea, keju, atau coklat yang bisa kamu pilih.

 

Lokasi:

Pisangkuy

Pasar Santa, Lantai 1, Jl Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0818-0739-6054.

11. Rokum

tempat-makan-di-pasar-santa-010

Photo source: @eatbitesnap

Kalau kebetulan kamu kulineran di tempat makan di Pasar Santa rame-rame, pastikan kamu mengunjungi Rokum untuk mendapatkan dessert dengan porsi besar. Di sini ada Roti Kane Biskuit Susu yang hits banget. Roti ini khas dengan warna hitamnya, ada tambahan buttercream juga yang bikin rasanya makin enak. Dan untuk toppingnya ada remahan biskuit serta siraman susu kental manis yang bikin rasanya makin yummy.

 

Lokasi:

Rokum

Pasar Santa, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. 0812-8200-9663.

12. Meathology

tempat-makan-di-pasar-santa-11

Photo source: @meathology

Satu lagi menu Rice Bowl yang bisa kamu coba saat ke tempat makan di Pasar Santa. Kali ini datang dari Meathology. Racikan Wagyu Steak, Scrambled Egg, dan Butter Ricenya luar biasa enak. Bikin ingin nambah terus. Biar lebih mantap, kamu bisa minta tambah blackpepper sauce yang bikin rasanya makin maksimal.

 

Lokasi:

Meathology

Pasar Santa, Lantai 1, Jl. Cipaku 1, Senopati, Jakarta. Telp. 0821-1003-6109.

Seru-seru banget ternyata tempat makan di Pasar Santa. Kalau masih bingung weekend ini mau ke mana, nggak ada salahnya ke Pasar Santa karena perjuanganmu nggak akan sia-sia begitu mencicipi ragam kuliner unik di sana. Jangan lupa beri ulasan makanan favoritmu di Pasar Santa di Nibble ya. Klik di sini untuk info lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: @cnlulaby

Related Articles

Connect with Nibble