Foodies Guide To F&B Industry

15 Cafe Unik di PIK yang Enak Buat Hangout

March 5, 20208 min readFoodie Trends

Jadwal ngantor yang padat kadang bikin kita kangen ngumpul bareng keluarga dan teman di cafe unik di PIK. We need to make more quality time, in a good place. Kalau sudah bosan dengan makanan-makanan mall, ini saatnya menjauh sebentar dari pusat perbelanjaan dan berkuliner di sebelah utara Jakarta, PIK. Pantai Indah Kapuk ibaratnya seperti gudang makanan, semua makanan dari snack, dessert, Western food, Chinese food, Korean food, semua ada. Serunya lagi, ada banyak café-café unik di sini, baik dalam segi interior maupun presentasi platingnya. Ini dia 15 café unik di PIK yang wajib kamu datengin.

1. Locale 24

Photo source: soompeat

Sejak awal dibuka, bahkan dari café unik di PIK ini masih dalam proses pembangunan, Locale 24 udah menarik perhatian warga sekitar. Yang bikin penasaran adalah interior bagian depannya yang berupa bis klasik. Jadi waktu kita masuk, kita seperti makan dalam sebuah bis besar. Sesuai namanya, Locale 24 ini buka selama 24 jam setiap hari. Selain Western food, kamu juga bisa menemukan Indonesian street food di sini, seperti Soto atau Nasi Campur. Kalau kamu ke sana tiap Jumat dan Sabtu, ada DJ yang akan bikin malammu makin hidup.

Lokasi: Rukan Garden House Blok B10, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

2. Sensory Lab

cafe-unik-di-pik-02

Photo source: @storeateller

Cari tempat nge-brunch yang asik di PIK? Kamu harus datang ke Sensory Lab. Menu brunch di cafe unik di PIK ini jempolan banget. Mulai dari The Fri-ken Benedict yang berupa fried chicken dan poached egg yang disajikan dengan siraman saus pedas, hingga Breakfast Burger seharga Rp70.000 yang baconnya super enak. Kalau cuma mau ngemil, pesanlah SPAM Fries yang unik. Menu ini terdiri dari potongan SPAM dan French Fries yang digoreng, lalu disajikan di dalam kemasan SPAM. Ada Chipotle Mayo dan chilli sauce juga yang  menjadi dipping saucenya.

Lokasi: PIK Avenue Mall, Lantai Ground, Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

3. Social Affair

cafe-unik-di-pik-03

Photo source: @discoverymeal

Social Affair terkenal memiliki Croissant super unik yang tersaji dalam berbagai varian rasa. Salah satu yang paling pecah rasanya adalah Cendol Croissant yang menyegarkan banget. Sekali gigit langsung terasa enaknya. Kulitnya flaky, garing, tapi tidak keras. Dalamnya meleleh banget, rasa Cendol, dan manisnya pas. Jangan lupa juga untuk mencoba Salted Egg Croissant saat ke cafe unik di PIK ini. Sensasi creamynya total banget.

Lokasi: Ruko Garden House, Blok B No. 17-18A, Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

4. Lima

cafe-unik-di-pik-04

Photo source: @eatbitesnap

Namanya yang simple juga menggambarkan kesederhanaan design interiornya. Sangat minimalis, tapi modern. Cafe unik di PIK ini makin kece dan terasa adem dengan adanya pot pepohonan di beberapa spot. Pecinta Kopi harus mencicipi Lima Kopi yang enak banget rasanya. Kopi ini disajikan dengan satu scoop ice cream gula Jawa yang mungkin nggak akan bisa kamu temukan di tempat lain. Manis dan pahitnya kopi terasa balance di mulut. Kalau lapar, ada Nasi Gila dengan Donburi style yang siap memanjakan kamu. Dalam menu ini, omeletnya digoreng dengan keju mozarella. Perpaduan ayam dan lap cheong juga pas banget, manis dan gurih jadi satu di mulut.

Lokasi: Ruko Gold Coast Blok A no.5, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

5. BERMVDA Coffee

cafe-unik-di-pik-05

Photo source: @jktfoodead

Salah satu hal paling menarik yang bisa kamu temukan di Bermvda Coffee adalah Wafflenya. Dari segi penampilan, Waffle ini terlihat berbeda dengan bantuknya yang berupa segitiga. Rasanya pun tidak mengecewakan. Kalau tidak percaya, kamu bisa memesan The Egg SPAM Dable yang menyatukan Waffle, poached egg, dan keju jadi satu. Biarpun tampak messy, cafe unik di PIK ini berhasil menciptakan rasa yang sangat lezat dan tak terlupakan dari perpaduan tersebut.

Lokasi: Ruko Cordoba, Blok H No. 30, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Jakarta Utara.

6. Sushi Hiro

cafe-unik-di-pik-06

Photo source: @eatsperience

Sushi Hiro menjelma menjadi Sushi place terfavorit di Jakarta belakangan ini. Semua pasti tahu kan Sushi Stairs yang jadi andalan cafe unik di PIK ini? Menu ini terlihat fotogenik banget buat dipamerin di social media. Tapi nggak cuma itu, rasanya pun juga juara. Sushi Hiro jagonya membuat Fusion Sushi. Topping Sushinya unik-unik, penuh dengan mayo yang berlimpah. Salah satunya adalah Salmon Volcano Roll yang bisa didapatkan seharga Rp40.000. Salmonnya lembut karena sudah di aburi. Rasanya pas banget saat dilahap dengan volcano sauce yang creamy dan pedas.

Lokasi: Ruko Garden House, Blok B No. 18D, Bukit Golf Mediterania, Jl. Raya Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

7. Pink Mamma

cafe unik di pik

Photo source: @mrindramulia

Buat para wanita, tampaknya cafe yang satu ini paling pas untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul. Seluruh bagian restoran, mulai dari dinding hingga berbagai ornamen penghias memiliki warna pink. Bukan cuma restorannya yang cantik, tampilan menu makanan di Pink Mamma juga tidak kalah menggemaskannya. Meski didominasi oleh berbagai pilihan dessert dan pastry, Pink Mamma tetap memiliki menu makanan berat yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Ruko Garden House, Blok B No. 18C, Bukit Golf Mediterania Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

8. Brew and Else

cafe-unik-di-pik-08

Photo source: @duoeaters

Dari depan, Brew and Else terlihat sangat menarik perhatian dan banyak bikin orang penasaran untuk mengunjunginya. Tempatnya cozy banget, interiornya pun unik dan tak terlupakan. Soal makanan, kamu bisa mencoba Chicken Cordon Bleu yang saat dibelah, kejunya meluber ke mana-mana. Gurih dan creamynya pas dan tidak berlebihan. Begitu pula dengan BAE Risoles di sini. Snack ini punya tekstur crispy di bagian luar dan di dalamnya ada ham babi yang mantap sekali.

Lokasi: Ruko Exclusive Bukit Golf Mediterania, Blok B No. 26, Jl. Marina Indah, Pantai Indah, Jakarta Utara.

9. Monkey Tail Cafe

cafe-unik-di-pik-09

Photo source: @monkeytailcafe

Monkey Tail Cafe menjadi tempat pelarian untuk menenangkan diri dari padatnya kawasan PIK saat weekend.Tempatnya nyaman banget dan sajian Kopi buatan cafe unik di Jakarta bikin relax. Kamu wajib mencoba Toast di sini yang dipenuhi topping strawberry dan nut, serta ada siraman saus yang bikin rasanya makin sempurna. Kalau mau makan comfort food seperti Ayam Sambal Matah juga bisa. Sambal Matah pada menu ini nggak pelit, ayamnya pun empuk dan lembut. 

Lokasi: Ruko Cordoba, Blok E No. 17, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Jakarta Utara.

10. Bakmi Pangsit Palu

cafe unik di pik

Photo source: prgikuliner.com

Bukan sekedar bakmi pangsit biasa yang dijual di cafe satu ini, melainkan bakmi pangsit Palu. Apa bedanya dengan bakmi pangsit biasa?  Bakmi pangsit Palu merupakan salah satu varian bakmi non-halal yang pertama kali dijual di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Bakmi pangsit Palu menggunakan beberapa jenis masakan babi untuk dijadikan pelengkap mie dan pangsit. Khusus untuk Bakmi Pangsit Palu yang mereka gunakan untuk melengkapi menu ini adalah babi tore, babi chasiu, dan babi tunturuga.

Lokasi: Ruko Elang Laut, Blok D No. 43, Jl. Pantai Indah Selatan, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

11. The Garden

cafe-unik-di-pik-11

Photo source: @jktfooddestination

Sesuai dengan namanya, konsep cafe unik di PIK ini nggak jauh-jauh dari garden. Di dalam The Garden terdapat banyak pohon dan bunga yang membuatnya suasana lebih asri serta nyaman. Salah satu menu andalan di sini adalah Salted Choco Fondant yang penampilannya bikin ngiler abis. Honey Prawnstar juga jadi salah satu appetizer yang akan membuat kamu ketagihan dan nggak bisa berhenti ngemilin. Menu ini berupa deep fried shrimp yang disajikan dengan manis gurihnya honey orange sauce .

Lokasi: Blok B No. 27, Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

12. Hello Cafe & Boardgame

cafe unik di pik

Photo source: pergikuliner.com

Bosan cuma makan ketika berkunjung ke cafe? Gimana kalau kalian bisa makan sambil bermain berbagai permainan? Pastinya seru sih. Kalian bisa menemukan suasana makan yang seperti ini jika kalian berkunjung ke Hello Cafe & Boardgame. Cafe yang satu ini mematok harga Rp60.000 untuk setiap orang yang ingin bermain game tanpa memesan makanan. Tenang saja, dengan harga ini kalian sudah mendapatkan free flow popcorn loh. Menu makanannya sendiri memang memiliki porsi kecil, seperti beef bowl dan mie. Namun, rasanya juga tidak kalah kelas dibandingkan dengan cafe lainnya.

Lokasi: Ruko Exclusive, Blok A No. 35, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

13. Toby's Estate

Photo source: @ajakmakan

Sebelum membukan cabang di Jakarta, Toby’s Estate sudah lebih dulu terkenal di negara asalnya, yaitu Australia. Kopi buatan cafe unik di PIK ini populer banget. Cobain saja Capucino di sini, pasti kamu langsung suka. Tak hanya itu, mereka juga punya Egg Benedict Broadway Style yang menggiurkan sekali. Toastnya lembut, poached eggnya dimasak sempurna, dan potongan salmon yang menjadi toppingnya super fresh.

Lokasi: PIK Avenue Mall, Lantai Ground, Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

14. Tanamera Coffee Roastery

Photo source: @javafoodie

Tanamera bisa dibilang menjadi coffee shop paling legend di Jakarta. Kopi dari cafe unik di PIK ini serius enak banget. Begitu masuk, kamu akan disambut dengan aroma kopi yang wangi menggoda. Sajian Kopinya nggak pernah gagal memuaskan para pecinta kopi. Kalau bicara soal makanan, TC Big Breakfast recommended banget. Menu ini isinya full banget. Ada Croissant yang dalamnya terdapat omelette, lalu ada ham, sosis, jamur, dan sayuran yang makin dahsyat saat disiram dengan saus yang disediakan.

Lokasi: Ruko Gallery 8, Blok EK & EL, Jl. Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

15. Goobne

Photo source: @oppakuliner

Beda lagi dengan cafe unik di PIK yang satu ini. Goobne merupakan restoran spesialis Ayam Goreng Korea. Tapi jangan salah, meskipun hidangan utamanya Chicken, menu ini tidak diolah dengan cara digoreng, melainkan di roasted menggunakan oven. Hasilnya, tentu saja lebih sehat dibandingkan ayam dari restoran Korea sejenis. Kamu tak akan menyesal saat memesan Goobne Pepper Crispy. Crispynya pas, tapi sama sekali tidak berminyak. Nggak perlu takut gendut kalau kebanyakan makan Ayam di Goobne.

Lokasi: Ruko Crown Golf, Blok B No. 15-16, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dari ke-15 café unik di PIK di atas, mana aja yang sudah kamu datengin? Punya rekomendasi café unik lainnya di Jakarta?

Related Articles

Connect with Nibble