Foodies Guide To F&B Industry

15 Cara Membuat Cream Cheese Berguna Selain untuk Cake

December 19, 20184 min readReviews

Cream cheese sangat terkenal sebagai bahan utama Cheese Cake, padahal banyak cara membuat cream cheese berguna selain untuk Cake. Teksturnya yang lembut, rasanya yang ringan cocok untuk diolah menjadi berbagai menu. Anda bisa membuat cream cheese sendiri atau membelinya di pasaran.

Cream cheese termasuk bahan makanan yang mudah ditemukan di mana-mana. Namun, kelemahan cream cheese adalah daya tahannya yang sebentar. Bahan makanan ini harus digunakan segera setelah kemasannya dibuka. Cream cheese yang sudah rusak biasanya dapat dikenali dengan rasanya yang asam, berlendir, berair, dan warnanya keabu-abuan atau kekuningan. Jika Anda mempunyai sisa cream cheese yang belum terpakai, mari simak beberapa alternatif menu yang bisa Anda buat menggunakan cream cheese.

1. Soup

membuat-cream-cheese-02

Anda bisa membuat cream cheese berguna sebagai pengental soup. Soup buatan Anda  bisa diberikan isi sayuran brokoli, ayam, atau jamur.

2. Mac and Cheese

membuat-cream-cheese-03

Potong cream cheese dalam bentuk dadu, lalu sebarkan di atas Mac and Cheese sebelum dipanggang. Hasilnya, rasa menu ini akan semakin cheesy.

3. Saus Pasta

membuat-cream-cheese-04

Campurkan cream cheese dengan pasta yang baru dimasak dalam keadaan panas. Ini membuat cream cheese berfungsi sebagai saus pasta instan yang lezat.

4. Campuran Brownies

membuat-cream-cheese-05

Jika Anda ingin membuat pelanggan terkesan dengan Brownies buatan cafe Anda, cobalah untuk mengombinasikan cream cheese dan kuning telur ke dalam adonan Brownies sebelum memanggangnya. Sensasi rasa gurih pada Brownies akan membuat pelanggan menyukai Brownies tersebut.

5. Crêpe Filling

membuat-cream-cheese-06

Anda juga bisa membuat cream cheese berguna sebagai filling crepe khas Perancis. Agar makin lezat, tambahkan potongan salmon dan salad bayam ke dalamnya. Jika ingin filling Crepe yang manis, Anda bisa menukar daging-dagingan dengan selai.

6. Omelette

membuat-cream-cheese-07

Tekstur Omelette atau Grilled Frittata dapat dibuat lebih kental dengan menggunakan cream cheese. Agar makin unik, Anda bisa meletakkan potongan kecil cream cheese ke dalam adonan telur. Dengan cara ini, pelanggan akan merasakan lelehan keju yang lumer di mulut saat memakan bagian tengah Omelette atau Grilled Frittata.

7. Fondue

membuat-cream-cheese-08

Cheese fondue cocok digunakan sebagai cocolan apapun, mulai dari French Fries, Roti, hingga daging.

8. Bakso

membuat-cream-cheese-09

Banyak sekali penggemar Bakso Keju di luar sana. Buatlah mereka terkesan dengan menyembunyikan potongan cream cheese di bagian tengah Bakso. Saat menu ini disajikan dalam keadaan hangat, cream cheese akan lumer bagaikan lava saat digigit.

9. Ice Cream

membuat-cream-cheese-10

There is always room for dessert. Manfaatkan ini untuk membuat cream cheese berguna sebagai Ice Cream spesial untuk pelanggan Anda. Cukup campurkan cream cheese dengan adonan ice cream, lalu tambahkan buah seperti blueberry untuk membuat rasanya semakin istimewa.

10. Sandwich

membuat-cream-cheese-11

Tidak akan ada yang bisa menolak Sandwich berisi keju meleleh dari cream cheese. Apalagi rasa cream cheese yang mild membuatnya cocok untuk disandingkan dengan salmon, ham, ayam, atau tuna.

11. Filling Macaron

membuat-cream-cheese-12

Perpaduan Macaron dan cream cheese juga akan menghasilkan kelezatan yang tak ada duanya. Kombinasi rasa manis dan asinnya akan membuat dessert ini terasa unik.

12. Bacon-Wrapped Cream Cheese Stuffed Chicken

membuat-cream-cheese-13

Semua orang suka bacon, apalagi saat bacon dimakan bersama cream cheese dan daging ayam. Caranya, masukkan cream cheese ke dalam daging dada ayam, beri herbs sebagai bumbu sederhana, lalu balut dengan bacon crispy yang savory. Agar rasanya balance, sajikan menu ini dengan green beans atau salad segar.

13. Scrambled Egg

membuat-cream-cheese-14

Kehabisan menu breakfast untuk cafe Anda? Anda bisa membuat cream cheese berguna dengan mencampurnya bersama herbs, lalu jadikan topping scrambled egg.

14. Fried Dumpling

membuat-cream-cheese-15

Siapa bilang dumpling hanya cocok diisi dengan daging atau sayuran? Gunakan cream cheese sebagai filling kulit dumpling, lalu goreng, dan sajikan dengan taburan gula halus. Menu ini bisa disantap bersama chocolate sauce sebagai dippingnya.

15. Dipping Donat

membuat-cream-cheese-16

Donat sederhana yang bertabur gula halus pasti selalu ada di hati para foodies. Anda bisa membuat Donat Kampung ini naik level dengan menyajikannya bersama dipping sauce yang terbuat dari cream cheese. Sebagai dipping sauce, campurkanlah cream cheese dengan susu. Jangan lupa beri taburan cinnamon agar makin nikmat.

Banyak sekali bukan cara untuk membuat cream cheese berguna? Carilah menu yang paling diincar pelanggan kamu dan manfaatkan sisa cream cheese untuk membuat cake agar tidak sia-sia terbuang.

Photo source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble