Foodies Guide To F&B Industry

16 Coffee Shop di Jakarta Paling Nyaman

July 25, 20188 min readFoodie Trends

Penggemar Kopi pasti sadar kalau kehadiran coffee shop di Jakarta makin menjamur. Setiap titik di kota ini punya coffee shop andalan yang bisa dijadikan tempat nongkrong dan memenuhi kebutuhan harian kopi kamu. Buat yang bosan sama tempat ngopi yang itu-itu aja, kamu bisa mengintip guide berikut ini karena kita sudah memilih 15 coffee shop dari seantero Jakarta yang paling nyaman dan wajib kamu kunjungi.

1. Kopi Biru

coffee-shop-di-jakarta-14

Photo source: @nibbleapp

Coffee shop di Jakarta yang satu ini baru banget buka di daerah Gunawarman. Buat kamu yang butuh coffee-to-go, Kopi Biru siap memanjakanmu dengan segelas Kopi Biru andalannya. Minuman ini berupa kopi susu dengan gula aren yang rasanya pas banget. Rasa kopinya smooth, dan gula arennya tidak terlalu manis. Selain Kopi Susu, kamu juga bisa menikmati Roya Banana Coffee yang terdiri dari fresh banana, regal milk, chocolate ice cream, dan espresso. Sensasi kesegarannya mantap sekali.

Lokasi:

Kopi Biru

Jl. Gunawarman no. 75, Jakarta. Telp. 0878-4230-9422.

2. Giyanti

coffee-shop-di-jakarta-02

Photo source: @giyanticoffee

Coffee shop di Jakarta yang paling pertama kita bahas adalah Giyanti. Lokasinya ada di daerah Menteng dan spot ini sempat hits banget di antara para foodies. Ini karena letaknya Giyanti yang tidak biasa, agak tersembunyi sehingga membuat coffee shop ini seperti layaknya hidden gem. Banyak pula foodies yang memuji kopi buatan mereka. Kamu bisa membuktikannya lewat secangkir Piccolo atau Cappuccino saat mampir di sini. Kalau mau sesuatu yang unik, pesanlah Espresso dengan tambahan Canele serta caramel ice cream di atasnya. Rasanya pecah banget dan sulit untuk ditolak.

Lokasi:

Giyanti

Jl. Surabaya No. 20, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 31923698.

3. Ottoman's Coffee Brewers

coffee-shop-di-jakarta-03

Photo source: @rudyphotograph

Saat main ke Kuningan, kamu harus mampir di Ottoman's Coffee Brewers. Konsep coffee shop di Jakarta ini berupa open space dengan kitchen di bagian tengahnya membentuk letter L. Interiornya manis banget dengan dominasi warna biru dan pink memenuhi seluruh ruangan. Tak hanya suasananya yang akan membuat kamu terkesima, kopi-kopinya juga luar biasa. Coba saja pesan Hot Cappuccino, pasti kamu akan dibuat ketagihan. Mereka juga punya Waffle yang unik bentuknya. Disajikan di dalam cup dengan wadah piring dan sebagai pelengkapnya ada saus Oreo Crumbs, Nutella, Berry Coulis, vanilla bean ice cream dan seasonal fruits.

 

Lokasi:

Ottoman's Coffee Brewers

Sopo Del Tower, Lantai Ground, Jl. Mega Kuningan Barat III, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 50806510.

4. On Three

coffee-shop-di-jakarta-04

Photo source: @onthree.id

Kalau kamu suka mencari coffee shop di Jakarta yang punya interiornya ciamik buat foto-foto, maka On Three dapat menjadi pilihan yang tepat. Bertempat di lantai 3 Senopati Suites, coffee shop ini terasa nyaman sekali dengan tempat yang luas dan pemandangan city view yang tersaji terlihat keren. Makanan dan minumannya juga tak kalah menarik. Sambil ngopi-ngopi, kamu bisa memilih varian cakenya yang enak-enak. Salah satunya adalah Chocolate Salted Caramel Cake yang yummy abis. Jangan lupa juga untuk memesan Creamy Coffee yang presentasinya unik dan rasa kopinya tak terlalu kuat.

Lokasi:

On Three

Senopati Suites 3, Jl. Senopati No. 41, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 27533333.

5. Hello Sunday

coffee-shop-di-jakarta-05

Photo source: @vilfooddiary

Pengalaman ngopi di Hello Sunday pasti nggak akan kamu lupakan karena coffee shop di Jakarta ini tak hanya punya sajian kopi yang mantap, tapi juga makanan dan dessert yang memuaskan lidah. Kamu pasti akan terpana dengan menu Honeybread di sini. Ukurannya besar sekali, bisa buat sharing, dihidangkan dengan whipped cream dan soft serve rasa iced tea dan coffee. Manisnya tidak berlebihan dan perfect buat sweet tooth.

Lokasi:

Hello Sunday

Metropole 21 Lantai 2, Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 31900404.

6. Pison Coffee

coffee-shop-di-jakarta-06

Photo source: @eatbitesnap

Coffee shop di Jakarta yang satu ini datang jauh-jauh dari Bali. Tempatnya asik banget, ada area rooftop, outdoor, dan area indoor yang cozy. Scrambled eggs, house cured salmon, grilled asparagus & shaved parmesan on rye bread buatan Pison Coffee jadi kecintaannya banyak orang. Scrambled Eggnya bertekstur fluffy dan gurih. Salmonnya fresh dan yummy. Rye breadnya pun empuk serta tidak mengecewakan. Tapi di antara semua itu, nggak ada yang bisa mengalahkan Espresso Avocado mereka. Kombinasinya pecah banget di mulut.

Lokasi:

Pison Coffee

Jl. Kertanegara No. 70, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27081698.

7. Kopi Kalyan

coffee-shop-di-jakarta-07

Photo source: @eatintangerang

Tampaknya Senopati menjadi surganya banyak coffee shop di Jakarta yang nyaman buat jadi tempat hang out. Salah satunya ada Kopi Kalyan yang juga punya outlet di Serpong. Kalau ke sini, kamu wajib mencoba Es Kopi Kalyan yang packagingnya lucu banget. Manisnya pas dan Espressonya masih terasa di lidah. Buat nemenin ngopi, ada Chiffon Cake dan Croissant yang da bomb abis. Di dalamnya terdapat lelehan coklat yang manis abis.

Lokasi:

Kopi Kalyan

Jl. Cikajang No. 61, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7223712.

8. Kopi Nalar

coffee-shop-di-jakarta-08

Photo source: @kopinalar

Masih di daerah Senopati, kali ini kita akan membahas Kopi Nalar. Di sini kamu bisa menakar sendiri gula yang mau dimasukkan ke dalam Kopi pesananmu. Nggak heran kalau coffee shop di Jakarta ini selalu ramai, suasananya bikin betah nggak mau pulang. Perut kamu juga akan dimanjakan dengan sejumlah makanan yang menggoda, seperti Crispy Chicken Burger yang rasanya crunchy dan savory dalam tiap gigitan.

Lokasi:

Kopi Nalar

Jl. Prof. Joko Sutono No. 7, Senopati, Jakarta. Telp. 0878-6777-7722.

9. 1/15 Coffee

coffee-shop-di-jakarta-09

Photo source: @andypauhandoko

Kata siapa coffee shop di Jakarta hanya menyediakan pastry sebagai teman minum kopi? Cobalah berkunjung ke 1/15 Coffee yang terletak di Pondok Indah, Kemang, Thamrin, Kebon Jeruk, dan Terminal 3 Ultimate Bandara. Di sana kamu bisa menikmati semangkok Smoothies Bowl yang terdiri dari buah-buahan segar. Jenis Cake yang ditawarkan juga beragam. Ada Banana Lime Cake yang wangi dan juga Baked Cheese Tart yang creamy.

Lokasi:

1/15 Coffee

Jl. Gandaria I No. 63, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 7225678.

10. Caribou Coffee

coffee-shop-di-jakarta-10

Photo source: @kulinerkotajakarta

Caribou Coffee sudah populer cukup lama sebagai coffee shop di Jakarta yang hits. Kalau bosan ngopi, ada Ice Dark Chocolate yang bisa menjadi alternatif. Kerennya, di sini ada tiga jenis Coklat yang ditawarkan, yaitu dark chocolate, milk chocolate atau white chocolate. Ketiganya juga bisa di-mix menjadi satu minuman. Ini paling enak diminum sambil ditemani sepotong Chocolate Cake. Rasa coklatnya jadi berkali-kali lipat sehingga bisa membuat pikiran makin relax.

Lokasi:

Caribou Coffee

Jl. Senopati No. 52, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27515162.

11. Ardent Coffee & Kitchen

coffee-shop-di-jakarta-11

Photo source: @synthiatjipto

Beralih ke daerah Puri Indah, kamu bisa mampir ke Ardent Coffee & Kitchen saat sedang hunting coffee shop di Jakarta buat hangout. Biarpun sering padat customer, suasananya selalu tenang dan nyaman untuk berlama-lama duduk di sana. Deretan makanan di sini banyak yang tidak umum ditemukan di coffee shop lainnya, seperti Sobameshi di atas. Ini merupakan makanan Jepang yang menggabungkan Yakisoba (fried noodle) dan Yakimeshi (fried rice) dalam satu menu. Rasanya cenderung manis, lalu ada taburan katsuobushi yang bikin menu ini makin menarik.

Lokasi:

Ardent Coffee & Kitchen

Jl. Pesanggrahan No. 168F, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 58352717.

12. Djournal Coffee

coffee-shop-di-jakarta-12

Photo source: @jktfoodfighter

Outlet Djournal Coffee mudah ditemukan di mana-mana. Banyak hal menarik yang bisa kamu cicipi di sini. Mulai dari Kopinya yang mantap-mantap, hingga makanan yang enak-enak. Mereka juga punya Kopi Susu Batavia yang rasa gula arennya berpadu pas dengan pahitnya rasa kopi. Kalau belum sarapan, kamu bisa memesan Djournal Big Breakfast dengan harga Rp77.000. Isinya cukup banyak, ada telur mata sapi, sosis, smoked beef, nugget, dan sayuran segar.

Lokasi:

Djournal Coffee

Grand Indonesia Mall, Lantai Ground, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581835.

13. First Crack Coffee

coffee-shop-di-jakarta-13

Photo source: @kunyah_kunyah.id

Walaupun ada banyak coffee shop di Jakarta yang terletak di Sunter, namun jangan sampai kamu melewatkan kunjungan ke First Crack Coffee. Coffee shop ini tersohor berkat kenikmatan Salted Egg Croissant yang mereka tawarkan. Tekstur Croissantnya sempurna, saat dibelah, terlihat salted egg sauce mengalir dari bagian dalam, membuat nafsu makan kamu meningkat. Soal kopi, ada Americano, Flat White, Latte, atau Piccolo yang recommended.

Lokasi:

First Crack Coffee

Altira Business Park, Jl. Yos Sudarso Kav. 85, Sunter, Jakarta.

14. Turning Point Coffee

coffee-shop-di-jakarta-14

Photo source: @jacksenmenardi

Saat ini Turning Point Coffee telah menjadi destinasi ngopi paling diincar di Serpong. Saat berkunjung ke sini, kamu akan disambut oleh deretan menu fusion yang unik. Salah satunya adalah Bao alias steam bread khas Chinese. Semua filling Bao di coffee shop di Jakarta ini tidak biasa. Ada yang berisi silky tofu dengan siraman salted egg sauce. Ada juga yang versi gurihnya berisi Slow Cooked Beef yang dimasak selama 16 jam sehingga menghasilkan rasa yang fantastis.

Lokasi:

Turning Point Coffee

Rukan Golden 8 Blok G No. 5, Jl. Ki Hajar Dewantara, Gading Serpong, Tangerang, Banten. Telp. 08111099444

15. Six Ounces Coffee

coffee-shop-di-jakarta-15

Photo source: @sixounces.coffee

Kalau membicarakan coffee shop di Jakarta yang paling nyaman di Kelapa Gading, pasti banyak yang merekomendasikan Six Ounces Coffee. Coffee shop ini nggak hanya dikenal memiliki Kopi terbaik, banyak yang ketagihan dengan Pork Belly Burger di sini. Fillingnya penuh dengan pork belly yang telah dimasak selama 20 jam, fried shallots, dan bun yang lembut.

Lokasi:

Six Ounces Coffee

Jl. Gading Indah Raya, Blok NB 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0812-9559-2233.

16. Anomali Coffee

coffee-shop-di-jakarta-16

Photo source: @coffeebeanbaby

“Kopi Asli Indonesia”, itulah slogan kebanggaan Anomali Coffee yang bikin banyak orang penasaran ngopi di coffee shop di Jakarta ini. Biji kopi di Anomali hanya diambil dari biji pilihan yang berasal dari Nusantara. Kopi yang paling top di Anomali adalah Kopi Luwak. Rasanya impressive banget dan ini bisa dibawa pulang. Kamu bisa menyandingkan secangkir kopi enak buatan Anomali dengan Cookie Cake yang bentuknya mirip seperti Molten Cake. Saat bagian tengah Cake ini di potong, akan ada lelehan cookie yang rasanya super yummy.

Lokasi:

Anomali Coffee

Jl. Senopati No. 9, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 52920102.

Jadi dari ke-16 coffee shop di guide ini, yang mana tempat nongkrong favorit kamu? Ayo berikan ulasan lengkapnya di Nibble. Buat yang belum tahu tentang Nibble, kamu bisa klik di sini.

Cover photo source: @sixounces.coffee

Related Articles

Connect with Nibble