Foodies Guide To F&B Industry

3 Cara Membuat Kopi

February 21, 20196 min readReviews

Salah satu hal yang paling penting saat mau menyajikan kopi di restoran Anda adalah cara membuat kopi yang Anda gunakan. Cara penyeduhan kopi akan mempengaruhi rasa kopi yang Anda buat. Oleh karena itu, sebelum Anda memasukkan kopi ke dalam buku menu restoran Anda, ada baiknya jika Anda memahami dulu metode menyeduh kopi terpopuler yang bisa Anda aplikasikan. Hal ini jelas akan menambah pengetahuan para staff restoran Anda serta membawa Anda ke kesuksesan.

Cara Membuat Kopi

Setelah biji kopi dipanen dan dipanggang, Anda bisa mengubahnya menjadi minuman. Salah satu cara membuat kopi yang paling populer adalah drip coffee maker, French press, atau espresso machine. Sangatlah penting untuk memahami ketiga cara ini agar Anda dapat menghasilkan kopi bercita rasa unik dan berkualitas tinggi untuk para pelanggan Anda.

1. Drip Coffee Maker

cara-membuat-kopi-02

Kopi yang dibuat dengan drip coffee maker akan diseduh menggunakan saringan yang terdapat biji kopi kasar. Lalu, air panas akan diteteskan ke biji kopi tersebut. Saat air panas sudah melewati saringan dan masuk ke decanter atau coffee pot, Anda bisa langsung menyuguhkannya ke pelanggan. Biasanya penggunaan drip coffee maker memakan waktu lebih banyak daripada menggunakan espresso machine karena Anda harus menunggu sampai semua tetesan air panas menyentuh kopi.

Cara Menggunakan Drip Coffee Maker

  1. Tempatkan filter kopi di drip coffee maker.
  2. Tambahkan biji kopi bubuk ke dalam filter atau saringan.
  3. Tambahkan air yang sudah disaring ke dalam wadah.
  4. Terakhir, Anda bisa mengatur coffee maker ini menyeduh kopi dalam angka waktu tertentu atau Anda juga bisa langsung memencet tombol “brew” untuk memulai proses penyeduhan.

2. French Press

cara-membuat-kopi-03

Kopi yang dibuat dengan cara French Press lebih cocok jika langsung diminum begitu selesai diseduh. Para pecinta kopi percaya kalau cara membuat kopi yang satu ini menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat dibandingkan drip coffee maker. Hal ini bisa terjadi karena dalam proses penyeduhan, minyak yang berasal dari bubuk kopi akan bercampur dengan air.

Alat French Press terdiri dari gelas kaca silinder yang di dalamnya terdapat filter untuk memisahkan antara kopi bubuk dan air panas. Saat air mau dituang, Anda bisa menekan tuas filter sampai ke bagian bawah gelas kaca untuk menyaring dan memisahkan bubuk kopi yang diseduh. Selanjutnya, ampas kopi akan tertinggal di bagian bawah filter. Agar tidak tembus ke dalam saringan, Anda harus menggunakan bubuk kopi yang sedang atau kasar. Salah satu keuntungan menggunakan French press adalah Anda bisa mengatur suhu air yang digunakan. Dengan begitu, biji kopi bisa mencapai rasanya yang maksimal saat Anda seduh.

Cara Menggunakan French Press

  1. Masukkan bubuk kopi ke dalam gelas French press. Anda bisa menggunakan rasio 1 sendok makan bubuk kopi untuk 4 oz. air.
  2. Didihkan air dengan suhu sekitar 90,5 C. Lalu masukkan ke dalam gelas French press. Aduk air dengan bubuk kopi.
  3. Tempatkan tutup dan filter di atas gelas, lalu diamkan kopi dan air selama 90 detik sampai 4 menit. Lamanya tergantung pada kekuatan rasa kopi yang Anda inginkan. Semakin lama Anda mendiamkan kopi, akan semakin kuat rasanya.
  4. Lalu tekan plunger dengan gerakan yang tegas namun hati-hati untuk memisahkan bubuk kopi dari air yang sudah mengalami proses brewing.

3. Espresso Machine

cara-membuat-kopi-04

Selain perbedaan pada cara membuat kopi, ada perbedaan lain antara kopi yang di drip, di French press, dan espresso. Perbedaannya terletak pada jenis kopi yang digunakan. Biji kopi untuk espresso biasanya lebih halus daripada biji kopi untuk French press atau drip coffee. Kehalusannya sama seperti halusnya gula bubuk, lalu bubuk kopi ini dapat diseduh dengan espresso machine. Cara membuat kopi dengan espresso machine adalah dengan meletakkan bubuk kopi di portafilter yang tampak seperti handle. Setelah itu, proses brewing akan dimulai saat air diberi tekanan menuju biji kopi untuk menghasilkan cairan kopi.

Espresso machine dibuat untuk menghasilkan cairan kopi dalam jumlah yang sangat sedikit. Membuat espresso sangat cepat, hanya sekitar 20 detik saja. Meski begitu, rasa espresso jauh lebih kuat daripada kopi yang dibikin dengan dua metode di atas. Konsistensinya juga lebih kental karena saat diproses, biji kopi dan air akan menghasilkan crema yang berupa buih lembut.

Cara Menggunakan Espresso Machine

  1. Giling bubuk kopi sampai sehalus gula bubuk.
  2. Tuang air ke dalam water chamber di espresso machine. Cukup gunakan 1 oz air untuk menghasilkan 1 shot espresso.
  3. Tambahkan bubuk espresso ke dalam portafilter.
  4. Gunakan tamper untuk memadatkan bubuk kopi.
  5. Tempatkan gelas espresso di bawah espresso machine untuk menampung air yang keluar.
  6. Tempatkan portafilter ke dalam holdernya dan kunci posisinya.
  7. Tekan tombol start dan selanjutnya espresso akan diproses dalam 20 detik.

Jenis Minuman Kopi

cara-membuat-kopi-05

Setelah memahami cara membuat kopi, Anda bisa mulai membuat berbagai macam minuman kopi, mulai dari cappuccino, latte, atau mocha. Jenis minuman tersebut akan bergantung pada rasio espresso, susu, kopi, sirup perisa, dan bahan lainnya. Tidak ada batas untuk menciptakan minuman kopi ini. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera pelanggan. Beberapa jenis minuman kopi yang paling terkenal antara lain:

  • Black Coffee: Kopi disajikan tanpa krim atau gula.
  • Black Coffee: Kopi disajikan tanpa krim atau gula.
  • Espresso: Tidak mengandung susu. Rasa espresso yang kuat dibuat dengan espresso machine yang memaksa uap melewati biji kopi di bawah tekanan. Espresso merupakan jenis minuman dasar yang biasanya digunakan untuk membuat jenis minuman kopi lainnya.
  • Black Eye: Kopi dengan segelas espresso.
  • Americano: Satu shot espresso yang ditambahkan satu cangkir air panas.
  • Breve: Latte yang disajikan dengan half and half milk (campuran antara susu dan krim).
  • Cafe Mocha: Terdiri dari espresso, bubuk atau sirup coklat, dan steamed milk.
  • Cappuccino. Terdiri dari espresso, steamed milk, dan foamed milk.
  • Cafe Latte: Terdiri dari espresso dengan steamed milk dan buih di atasnya.
  • Chai Latte: Teh chai dicampur dengan satu shot espresso.
  • Cafe au Lait: Satu shot espresso yang dicampur 1:1 dengan steamed milk.
  • Cortado: Setengah espresso dan setengah steamed milk.
  • Frappe: Espresso dingin yang dicampur gula, susu, dan perisa lain sehingga menghasilkan minuman yang kental dan mirip dengan milkshake.
  • Es Kopi: Kopi yang diseduh lalu disajikan di atas es dengan gula dan susu.
  • Macchiato: Sajian espresso dengan sedikit steamed milk. Rasionya 4:1.

Jenis restoran apapun yang Anda miliki saat ini, baik itu cafe, bakery, bistro, atau fine dining, sebaiknya kuasai cara membuat kopi yang benar. Hal ini sangat penting agar pelanggan puas dengan hasil seduhan kopi yang Anda buat.

Photo source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble