Foodies Guide To F&B Industry

3 Keuntungan Menyajikan Porsi Makanan Sedikit di Restoran

March 8, 20196 min readReviews

Jika Anda sering melihat pelanggan Anda sharing porsi makanan dengan temannya, atau sering memesan satu menu untuk dimakan bersama, itu artinya Anda perlu memikirkan ulang tentang seberapa besar porsi makanan di restoran Anda. Memang akan ada banyak orang yang tertarik jika Anda menyajikan makanan dengan porsi besar, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengajak pelanggan buat hidup dalam healthy lifestyle dengan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu banyak. Anda bisa menawarkan menu dalam jumlah porsi makanan yang lebih sedikit karena ternyata hal ini juga sangat bermanfaat untuk restoran Anda. Berikut penjelasannya.

Alasan Kenapa Banyak Restoran yang Menawarkan Porsi Makanan yang Sangat Banyak

porsi-makanan-02

Pemilik restoran biasanya mendapatkan margin laba yang sangat sedikit setelah pendapatan restoran sudah dipotong biaya gaji karyawan, sewa gedung, dan biaya utilitas lainnya. Oleh karena itu, banyak pemilik restoran yang memilih untuk menawarkan porsi makanan yang lebih banyak agar menu bisa dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Hal ini bisa efektif jika menu-menu tersebut terdiri dari bahan makanan yang murah, seperti pasta, kentang, atau nasi. Misalnya, dengan menggandakan ukuran porsi nasi hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya kurang dari Rp10.000, tapi Anda bisa membanderol harga menu tersebut menjadi dua kali lipat.

Strategi ini mungkin berhasil, tapi biasanya para pelanggan makin sadar kalau konsumsi kalori yang lebih sedikit akan membuat tubuh mereka lebih sehat, sehingga mereka cenderung mencari restoran yang menyediakan makanan dengan porsi secukupnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah strategi Anda. Kurangi porsi makanan biasanya menjadi lebih sedikit. Ini mungkin akan mengurangi jumlah laba restoran Anda, tapi bisa membuat para pelanggan tertarik lagi makan di restoran Anda.

Apakah Menyediakan Porsi Makanan yang Sangat Besar Berdampak Negatif pada Restoran?

porsi-makanan-03

Belakangan ini, semakin banyak orang yang lebih memilih-milih soal makanan. Mereka lebih memilih untuk menjalani gaya hidup sehat dan memutuskan untuk memilih makanan yang mau di makan, khususnya saat makan di restoran. Banyak orang yang lebih memperhatikan diet, serta jumlah kalori yang dikonsumsi. Jika restoran Anda menawarkan porsi makanan yang sangat besar, pelanggan yang menjalani gaya hidup sehat mungkin tidak akan datang ke restoran Anda.

Atau bisa saja pelanggan datang bersama temannya ke restoran Anda, tapi mereka memilih untuk berbagi porsi makanan dengan temannya. Ini bisa menurunkan laba restoran Anda. Karena itu sangat penting untuk memikirkan ulang, apakah porsi makanan yang Anda sajikan terlalu banyak untuk pelanggan atau tidak.

Keuntungan Menyajikan Porsi Makanan yang Lebih Sedikit

porsi-makanan-04

Memang porsi makanan yang lebih sedikit akan membuat harga menu makanan Anda lebih murah. Namun, dengan menyesuaikan porsi dan harga, juga membawa beberapa keuntungan bagi restoran Anda, yaitu:

1. Berkurangnya Biaya Bahan Makanan

porsi-makanan-05

Mengurangi porsi makanan di restoran Anda merupakan cara yang sederhana dan efektif untuk menjaga biaya bahan makanan yang harus Anda keluarkan tetap terkendali. Porsi yang lebih sedikit juga akan membuat sampah makanan di restoran Anda lebih sedikit. Menawarkan porsi makanan lebih sedikit akan membuat Anda lebih sedikit pula mengeluarkan uang untuk membeli bahan makanan. Margin laba per menu juga akan lebih tinggi jika disajikan dalam porsi yang tepat.

2. Bahan Makanan Lebih Sehat

porsi-makanan-06

Berhubung Anda akan lebih fokus ke kualitas makanan daripada ke kuantitas makanan, porsi makanan yang lebih sedikit bisa membuat chef restoran Anda berkreasi menggunakan bahan-bahan makanan yang lebih sehat atau organik. Ini karena Anda hanya perlu menyajikan makanan dengan porsi sedikit, artinya bahan makanan yang digunakan koki juga tidak banyak. Jadi tidak masalah untuk membeli bahan makanan sehat yang harganya lebih tinggi daripada bahan makanan standar.

3. Menarik Perhatian Pelanggan dari Berbagai Lapisan Masyarakat

porsi-makanan-07

Dengan menyajikan porsi makanan yang sedikit, Anda mendorong pelanggan untuk mencoba berbagai makanan di restoran Anda. Ini juga akan menarik untuk pelanggan yang sedang diet atau menjalani gaya hidup sehat. Chef juga akan terdorong untuk menciptakan berbagai menu baru.

Cara Menyajikan Porsi Makanan yang Tidak Terlalu Banyak di Restoran

porsi-makanan-08

Jika Anda mau mengurangi porsi makanan di restoran Anda, lakukan itu secara hati-hati. Jangan sampai pengurangan porsi makanan yang Anda lakukan membuat para pelanggan marah karena terbiasa makan dengan porsi yang lama. Jika Anda menyajikan menu yang sama dengan porsi yang lebih sedikit, tapi harga makanan yang dibanderol itu sama, ini tidak akan membuat pelanggan Anda merespon dengan positif. Agar ini tidak terjadi, Anda bisa mengaplikasikan beberapa cara berikut ini saat mengurangi porsi makanan di restoran Anda.

1. Fokus ke Presentasi Makanan

Saat menyajikan porsi makanan yang lebih sedikit, sangatlah penting untuk mengalihkan perhatian pelanggan ke plating dan presentasi makanan. Meskipun Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk menata makanan, tapi ini penting untuk dilakukan agar pelanggan Anda tidak terlalu memperhatikan porsi makanan. Beberapa cara yang Anda bisa lakukan antara lain:

  • Sajikan makanan dengan porsi yang lebih kecil dalam piring atau mangkuk yang juga berukuran lebih kecil agar piring dan mangkuk tidak terlihat kosong.
  • Isi piring dengan lebih banyak sayuran atau buah untuk membuatnya terlihat lebih berisi.
  • Gunakan gelas yang lebih tinggi dan sempit untuk menyajikan minuman.

2. Aplikasikan Psikologi Menu

Psikologi menu dapat digunakan untuk mempengaruhi pelanggan untuk memutuskan memesan makanan tertentu. Coba beberapa strategi ini agar pelanggan Anda tertarik membeli makanan dengan porsi makanan yang lebih kecil:

  • Deskripsikan menu makanan Anda dengan cara yang lebih positif menggunakan kata-kata “lebih sehat”.
  • Tampilkan jumlah kalori setiap menu di restoran Anda.
  • Kategorikan menu dengan porsi yang lebih kecil di dalam buku menu pada kategori “Lebih Murah” atau “Healthy Selections”.

3. Tawarkan Pilihan yang Lebih Sehat

Jika Anda ingin menarik perhatian pelanggan yang menerapkan gaya hidup sehat untuk makan di restoran Anda, Anda harus yakin kalau semua menu yang ada di restoran Anda memang sehat. Pertimbangkanlah untuk memasukkan saran-saran seperti berikut ini dalam buku menu Anda:

  • Kategorikan menu yang mengandung kalori kurang dari 700 kalori sebagai kategori menu yang lebih sehat untuk orang dewasa.
  • Perbolehkan pelanggan untuk memesan menu setengah porsi dari menu salad atau sup pilihan mereka.
  • Buat versi mini dari burger, sandwich, dan ganti roti bun dengan pilihan yang lebih sehat.

Terbukti bukan, menyediakan porsi makanan yang lebih sedikit membawa banyak keuntungan untuk restoran Anda. Anda bisa mengetes reaksi pelanggan Anda dengan menempatkan makanan dengan porsi yang lebih sedikit dalam kategori menu “Lebih Murah” atau “Lebih Sehat”. Ini pasti akan sangat menarik perhatian pelanggan yang sangat fokus pada budget dan kesehatan.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble