Foodies Guide To F&B Industry

4 Langkah Membuat Website Restoran

January 26, 20196 min readReviews

Jaman sekarang banyak pelanggan yang mencari tahu dulu tentang restoran yang mau dikunjungi sebelum memutuskan untuk makan di restoran tersebut. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah mencari tahu popularitas restoran tujuan mereka di internet.

Itu sebabnya  membuat website untuk restoran menjadi suatu keharusan di jaman yang serba digital seperti sekarang ini. Tapi tugas Anda bukan hanya membuat website saja, Anda juga harus mengoptimalkan website restoran Anda untuk menciptakan impresi yang bagus buat para pelanggan dan memiliki Google search ranking yang optimal. Kalau bicara mengenai langkah membuat website mungkin itu sangat terdengar menakutkan dan susah, tapi kali ini kami akan menyederhanakan langkahnya. Kami akan menjelaskan bagian-bagian penting dalam membuat website yang perlu Anda tahu.

1. Mencari Web Hosting Gratis

membuat-website-02

Saat membuat website untuk restoran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan domain Anda dan membuat URL. Anda dapat mendaftarkan domain Anda secara berbayar melalui layanan seperti GoDaddy atau Google Domains. Tapi jika budget terbatas, Anda bisa mencari web hosting gratis. Berikut beberapa web hosting terbaik yang bisa membantu Anda dalam membuat website untuk restoran:

A. Wordpress.

Ini adalah salah satu web hosting paling terkenal di internet. Wordpress menyediakan berbagai tool berguna untuk membantu penggunanya membuat website. Mereka juga memiliki theme untuk website yang disediakan gratis. Theme ini bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki latar belakang graphic design atau web development, Anda juga bisa membuat website di Wordpress mulai dari awal alias tidak menggunakan tools instan yang Wordpress sediakan.

B. Wix.

Wix terkenal karena desainnya user-friendly dan punya berbagai tools gratis untuk kebutuhan website Anda. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula atau webmaster yang tidak memiliki pengetahuan cukup tentang teknologi. Web hosting ini juga menawarkan ribuan template website gratis yang bisa Anda pilih untuk website restoran Anda.

C. Weebly.

Weebly menawarkan kebebasan untuk para penggunanya dalam membuat website. Anda bisa membuat website sesuai dengan yang Anda inginkan . Anda juga bisa memilih template dan design sesuai dengan selera Anda.

Perlu diketahui juga, semua web hosting gratis di atas juga memiliki pilihan paket premium yang akan membuat Anda bisa menikmati berbagai layanan penunjang, seperti fitur yang lebih banyak, memori penyimpanan yang lebih banyak, dan template yang lebih beragam.

2. Membuat Website Restoran

membuat-website-03

Setelah Anda mendaftarkan website restoran Anda di web hosting, sekarang waktunya untuk mendesain situs restoran Anda. Anda bisa mengerjakannya sendiri, tapi banyak juga pemilik restoran yang lebih memilih untuk memperkerjakan pengembang website atau freelancer untuk membuat website agar tampilannya lebih profesional.

3. Bagian Penting dalam Website Restoran

membuat-website-04

Isi setiap website restoran tentunya berbeda-beda, tapi jika diperhatikan, ada empat bagian penting yang harus dimiliki setiap website restoran, yaitu:

A. Homepage

Homepage alias beranda adalah bagian utama dari website restoran Anda. Pastikan desain homepage Anda terlihat bagus, profesional, dan mudah dinavigasi. Homepage juga harus menampilkan informasi penting tentang restoran Anda, seperti alamat, jam operasional restoran, dan tautan ke daftar menu restoran Anda. Yang tidak kalah penting, pastikan di homepage website terdapat nama dan logo restoran Anda.

B. Menu Makanan dan Minuman

Anda harus memastikan kalau di dalam website Anda ada tampilan daftar menu sehingga para pelanggan bisa mengaksesnya. Jangan tampilkan menu dalam bentuk file PDF atau file lain yang harus di-download terlebih dahulu. Cara ini akan mengecewakan pelanggan Anda dan mereka pasti akan memilih untuk meninggalkan website Anda. File PDF yang harus di-download biasanya menimbulkan kekhawatiran bagi para pelanggan karena mereka takut kena virus atau mungkin proses download itu sangat berlebihan buat mereka. Oleh karena itu sebaiknya tampilkan menu dalam tampilan yang menarik secara visual lewat program khusus yang bisa dibangun di website restoran Anda.

C. Halaman “Hubungi Kami”

Pastikan Anda menyediakan cara untuk pelanggan agar mereka bisa berhubungan langsung dengan Anda jika mereka punya pertanyaan atau kritik dan saran. Selain itu, Anda dapat menambahkan berbagai informasi penting mengenai restoran Anda di laman ini, seperti:

  • Social media restoran, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.
  • Jam operasional
  • Alamat
  • Ulasan di website pencari restoran

D. Halaman “ Tentang Kami”

Laman yang satu ini menjadi peluang besar bagi Anda agar bisa membangun kedekatan pribadi dengan para pelanggan. Anda bisa menjelaskan bagaimana asal mula restoran Anda serta menceritakan berbagai hal pribadi yang belum diketahui para pelanggan. Anda juga bisa menampilkan latar belakang pemilik restoran, serta memperkenalkan beberapa karyawan restoran.

4. Tips untuk Mendesain Website Restoran

membuat-website-05

Dalam membuat website restoran, Anda tidak hanya harus membangun framework dan struktur yang kuat, tapi juga mendesain website agar terlihat menarik. Desain website yang menarik perhatian akan memberikan impresi pertama yang bagus untuk pelanggan. Berikut beberapa tips dalam mendesain website yang harus Anda perhatikan:

A. Pilih Color Scheme

Warna yang akan Anda gunakan di website akan mempengaruhi keputusan para pelanggan mau mengunjungi restoran Anda atau tidak. Warna merah, orange, dan kuning biasanya akan mempengaruhi selera makan seseorang dan membuatnya tertarik mengunjungi restoran Anda. Sedangkan warna yang tampak “dingin”, seperti warna biru dan ungu biasanya jarang ditemukan di makanan, sehingga dapat menurunkan selera makan seseorang.

B. Batasi Jumlah Foto yang Digunakan

Foto memang dapat membuat para pelanggan penasaran, tapi jika Anda menampilkan terlalu banyak foto, website Anda akan terlihat murahan. Ini karena sebagian besar orang menganggap bahwa website restoran yang memuat banyak foto itu artinya restoran tersebut berkualitas rendah. Sebaiknya batasi penggunaan foto, sekitar 1 atau 2 per halaman.

C. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Foto berkualitas rendah dan buram akan membuat restoran Anda terlihat tidak profesional. Jadi jika Anda berencana memasukkan foto di website Anda, pastikan fotonya jelas dan berkualitas tinggi.

D. Tambahkan Instagram Feed Restoran Anda di Website

Anda bisa menggunakan HTML code untuk menambahkan Instagram feed di website Anda. Ini adalah cara yang paling mudah untuk memamerkan menu terbaru di restoran Anda. Para pelanggan potensial juga bisa membaca komentar pelanggan tetap Anda melalui Instagram.

E. Tampilkan Ulasan Terbaik dari Situs Pencari Restoran

Ulasan pribadi dari pelanggan bisa memberikan efek positif untuk pelanggan potensial. Jika Anda melihat ulasan positif tentang restoran Anda di Nibble, TripAdvisor atau Zomato, Anda bisa menampilkannya di situs Anda.

Banyak pelanggan yang mendapatkan impresi pertama dari sebuah restoran melalui websitenya. Jadi pastikan saat membuat website, Anda harus merancangnya dengan sangat baik, memberikan informasi yang berguna, menampilkan laman yang user-friendly, dan mendesain website dengan elemen yang menarik serta cocok untuk restoran Anda. Saat semua hal penting ini sudah terpenuhi, ini pasti akan membuat dampak besar pada pelanggan yang melihat website Anda.

Photos source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble