Foodies Guide To F&B Industry

5 Cara Menyeduh Teh Paling Hits Tahun Ini

February 26, 20207 min readTips & Tricks

Secangkir teh bisa mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Apalagi jika teh tersebut diseduh dengan cara yang tepat, sehingga cita rasa teh bisa menjadi lebih maksimal. Saat menyeduh teh, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, seperti porsi gula, suhu air, jenis air yang digunakan, dan berapa lama waktu penyeduhannya.

Selama ini kita mungkin hanya tahu cara menyeduh teh yang paling mudah, yaitu dengan cara mencelupkan kantung berisi daun teh ke dalam air panas, lalu tunggu selama beberapa menit sebelum menyesapnya.

Berhubung tidak semua jenis teh dikemas dalam kantung teh, penting bagi kita untuk tahu cara menyeduh teh selain mengaplikasikan cara konvensional yang sering kita gunakan. Jika kalian penikmat teh, nggak ada salahnya lho untuk mempelajari berbagai cara menyeduh teh demi menghasilkan rasa yang terbaik.

Lalu apa saja cara menyeduh teh yang bisa kita coba? Yuk temukan jawabannya di artikel berikut ini.

1. Menyeduh Teh dengan Tea Ball Infuser

cara-menyeduh-teh-03

Elegan, itulah kata yang bisa menggambarkan tea ball infuser. Infuser yang berbentuk unik ini sebenarnya berupa saringan kawat dalam bentuk bola yang bisa dibuka tutup. Di dalam bola tersebut, kita bisa mengisinya dengan daun teh.

Cara kerja tea ball infuser sebenarnya sama seperti kantung teh. Kalian bisa memasukkan tea ball infuser ke dalam air panas, lalu menariknya kembali saat teh sudah terseduh di dalam air. Alat ini jelas cukup praktis karena dapat digunakan berulang kali.

Istimewanya lagi, kita bisa berinovasi untuk memadukan beberapa jenis teh yang berbeda dalam infuser ini. Kombinasi beberapa jenis teh tentu akan menghasilkan cita rasa khas yang bisa memuaskan selera kalian.

2. Menyeduh Teh dengan French Press

cara-menyeduh-teh-04

Kalian mungkin sering mendengar penggunaan French press untuk menyeduh kopi. Jangan salah, alat ini juga bisa digunakan untuk menyeduh teh lho. Sama seperti membuat kopi, ketika kita menggunakan French press, kita dapat menyajikan teh untuk beberapa cangkir sekaligus.

Penampilannya juga terlihat menarik jika kita ingin menghidangkan teh lengkap dengan gelas French press saat sedang menjamu seseorang. Namun ada satu kelemahan dari cara menyeduh teh yang satu ini, yaitu daun teh tidak bisa kita pindahkan dari gelas French press.

Setelah ditekan, daun teh akan mengendap di dasar gelas. Daun ini akan terus berekstraksi sehingga dapat menghasilkan rasa pahit jika teh tidak dihabiskan langsung atau tidak dipindah ke gelas lain.

3. Menyeduh dengan Tea Brewing Strainers

cara-menyeduh-teh-05

Cara menyeduh teh dengan tea brewing strainers terlihat sangat berkelas. Bahan pembuat saringan teh ini sama seperti tea ball infuser, tapi cara penggunaannya berbeda. Kita bisa memasukkan daun teh ke dalam tea brewing strainer, lalu saringan ini dapat diletakkan di atas cangkir.

Kemudian untuk menyeduhnya, kita dapat menuangkan air panas ke atas daun teh. Lalu, biarkan air tersebut mengalir melewati daun teh melalui saringan. Setelah air habis,  saringan dapat diangkat dari atas cangkir sebelum teh disajikan.

Cara menyeduh teh ini memang tidak terlalu populer karena kita tidak punya keleluasaan untuk menentukan lama waktu menyeduh teh. Namun, kalau kalian ingin menyajikan teh dengan interaktif, cara ini bisa menjadi pilihan.

4. Menyeduh Teh dengan Paper Sachet

cara-menyeduh-teh-06

Paper sachet untuk teh yang selama ini kita temukan dalam kemasan teh instan ternyata juga dijual bebas di pasaran. Kalian bisa meracik loose leaf yang kalian punya dan membungkusnya di dalam paper sachet. Cara menyeduh teh yang satu ini terkenal praktis karena kita tidak perlu membersihkan alat seduh yang digunakan dalam membuat teh. Paper sachet bisa langsung dibuang setelah dipakai.

5. Menyeduh Teh dengan Tea Pot

cara-menyeduh-teh-07

Meski terlihat tradisional, menyeduh teh dengan tea pot atau teko tidak pernah ketinggalan jaman. Apalagi di jaman modern seperti ini, sudah banyak tea pot yang dilengkapi dengan saringan tambahan. Itu jelas tidak akan merepotkan kita saat menyeduh teh.

Namun, jika kalian memutuskan untuk membuat teh dengan tea pot, kalian harus mempertimbangkan seberapa tahan material tea pot terhadap panas dan berapa suhu yang tepat saat menyeduh teh.

Berikut ini beberapa jenis bahan tea pot yang bisa kalian pilih:

  • Besi. Tea pot yang terbuat dari besi sering sekali digunakan untuk menyajikan teh hijau khas Jepang. Tapi kalian perlu ingat, besi dapat menahan panas dalam waktu yang lama. Ini artinya, tea pot jenis ini sangat baik untuk teh yang perlu diseduh pada suhu panas yang lebih tinggi, seperti teh hitam, dan tidak terlalu cocok untuk menyeduh jenis teh yang tidak butuh suhu panas yang tinggi.
  • Kaca. Tea pot yang terbuat dari kaca tak hanya dapat menampilkan warna teh yang cantik, bahan ini juga bisa mempertahankan suhu panas dengan baik. Tea pot berbahan kaca biasanya cocok untuk menyeduh green tea atau white tea.

Faktor yang Mempengaruhi Rasa Teh

Selain pilihan cara menyeduh teh, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi cita rasa secangkir teh. Agar teh buatan kalian makin nikmat, cari tahu yuk beberapa faktor yang bisa mempengaruhi rasa teh.

1. Suhu Saat Menyeduh Teh

cara-menyeduh-teh-09

Kesalahan yang paling sering terjadi saat menyeduh teh adalah membiarkan air mendidih terlalu lama. Padahal saat air mendidih, oksigen akan terlepas dari air dan bisa membuat teh tidak terasa maksimal. Banyak juga jenis teh yang terasa enak bila diseduh pada suhu yang tidak terlalu panas. Simak yuk suhu yang direkomendasikan untuk menyeduh beberapa jenis teh berikut ini:

Jenis Teh Suhu Ideal untuk Menyeduh Teh
White Tea 79°C
Green Tea 79°C
Oolong 90°C
Black Tea 90-96°C
Mate 97°C
Rooibos 97°C
Teh Herbal Lainnya         97°C

Seperti yang bisa kalian simak dalam tabel, ternyata ada banyak jenis teh yang terasa lebih enak saat diseduh sebelum air mencapai titik didihnya, yaitu 100°C. Mungkin banyak dari kalian yang sengaja mendidihkan air, lalu mendinginkannya agar suhunya turun ke angka yang diinginkan.

Sayangnya, cara tersebut kurang tepat karena air yang sudah terlanjur mendidih tetap saja sudah melepaskan oksigen di dalamnya yang akan mempengaruhi rasa teh. Sebaiknya gunakan air yang baru dan panaskan hanya sampai ke suhu yang diinginkan, lalu langsung gunakan air tersebut untuk menyeduh teh.

2. Lama Waktu Menyeduh Daun Teh

cara-menyeduh-teh-10

Menentukan seberapa lama waktu untuk menyeduh teh memang sangat rumit karena ini bergantung pada jenis teh yang kalian gunakan. Preferensi rasa masing-masing juga akan mempengaruhi lama seduh daun teh.

Meski ada banyak teori yang menyarankan tentang lamanya waktu menyeduh teh, sebaiknya kalian menyeduh teh hanya dalam 30 detik saja. Setelah itu, cicipi terlebih dahulu rasanya. Jika belum pas, kalian bisa menyeduhnya selama 30 detik lagi, dan ulangi sampai menemukan cita rasa yang paling pas untuk selera kalian.

3. Jumlah Daun Teh yang Digunakan

cara-menyeduh-teh-11

Banyak orang yang berasumsi bahwa semakin lama kita menyeduh teh, semakin kuat juga rasa teh yang akan dihasilkan. Padahal jika kita terlalu lama menyeduh teh, rasanya akan menjadi pahit. Jika kalian ingin menghasilkan rasa teh yang kuat, sebaiknya tambahkan jumlah daun tehnya.

Kalian bisa menggunakan proporsi 2 gram daun teh untuk setiap 8oz air. Rasio daun teh bisa ditambahkan lebih banyak saat kalian menyeduh teh yang rasanya lembut, seperti chamomile.

Cara Membuat Es Teh yang Nikmat

Dari tadi kita sudah membahas tentang cara menyeduh teh panas. Lalu bagaimana dengan es teh? Apakah ada cara khusus untuk membuatnya agar hasilnya maksimal? Jawabannya, ya, ada trik yang bisa kita gunakan demi mendapatkan es teh yang nikmat. Ini dia beberapa cara untuk membuat es teh enak:

  • Hot Brew. Ini merupakan teknik yang paling sering digunakan untuk membuat es teh. Saat memilih cara ini, kita akan memerlukan teh panas yang mengandung konsentrat teh. Konsentrat tersebut kemudian bisa dicampur dengan dituangkan air es dan didinginkan. Jika kalian menggunakan metode hot brew, kalian harus menambahkan gula atau madu saat teh masih panas agar bisa larut sepenuhnya.
  • Cold Brew. Metode ini tidak memerlukan proses pemanasan air, tapi kita harus memperhatikan lamanya waktu menyeduh untuk mendapatkan cita rasa dari daun teh yang digunakan. Saat memilih metode cold brew, kita bisa meletakkan alat infusing berisi daun teh di dalam wadah dengan air dingin. Lalu, biarkan alat infusing tersebut terendam di air dan simpan wadah di dalam kulkas selama 6-12 jam. Agar rasa es teh manis, kita bisa menggunakan sirup agave atau jenis pemanis lain yang mudah larut dalam air dingin.
  • Sun Brew. Sesuai dengan namanya, metode untuk membuat es teh yang satu ini melibatkan matahari dalam prosesnya. Saat melakukannya, kita bisa menempatkan tea bag atau tea ball ke dalam wadah berisi air dingin, lalu jemurlah wadah tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Kemudian, kita bisa memberikan jus sebagai finishing ke dalam “sun tea” yang kita bikin.

Sudah jelas bukan, ada banyak cara menyeduh teh untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Jadi, cara mana yang akan kalian pilih?

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble