Foodies Guide To F&B Industry

5 Cara Menyeduh Teh yang Tepat

April 2, 20198 min readTips & Tricks

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat secangkir teh yang rasanya sempurna? Kuncinya tidak terletak pada kandungan susu atau gula, tapi Anda perlu mencari informasi tentang air yang digunakan, suhu, dan waktu penyeduhannya. Apapun jenis restoran yang Anda miliki, atau Anda mungkin hanya seorang penikmat teh, tak ada salahnya untuk membaca informasi tentang cara menyeduh teh yang tepat untuk menghasilkan teh terbaik.

Pilihan Air untuk Cara Menyeduh Teh Terbaik

cara-menyeduh-teh-02

Air sebenarnya menjadi bahan utama dalam membuat teh, dan ingat tidak semua rasa air itu sama.

  • Jika Anda menggunakan tap water, pastikan air yang digunakan dingin dan segar. Sebaiknya jangan gunakan tap water alias air keran yang sudah terlalu lama berada di ceret. Jangan pula gunakan air mendidih yang baru selesai dipanaskan. Alasan kenapa sebaiknya Anda menggunakan tap water daripada air panas adalah karena air keran yang panas biasanya mengandung lebih banyak mineral, seperti kalsium, yang akan mempengaruhi rasa teh Anda.
  • Air mineral juga banyak jadi pilihan karena mengandung jumlah dan jenis mineral yang tepat sehingga akan menghasilkan rasa teh yang terbaik.

Cara Menyeduh Teh

Ada begitu banyak cara menyeduh teh dan pilihan yang terbaik sebenarnya tergantung pada preferensi rasa masing-masing. Jika Anda memilih jenis teh loose leaf, ada beberapa peralatan menyeduh yang bisa Anda pilih.

1. Cara Menyeduh Teh dengan Tea Ball Infuser

cara-menyeduh-teh-03

Infuser yang berbentuk unik ini sebenarnya berupa saringan kawat dalam bentuk bola yang bisa dibuka tutup sehingga Anda bisa mengisinya dengan daun teh. Cara kerja tea ball infuser sebenarnya sama seperti jenis tea bag. Anda bisa memasukkan tea ball infuser tersebut ke dalam air panas, lalu menariknya kembali saat teh sudah diseduh di dalam air. Keuntungan menggunakan alat ini terletak pada kepraktisannya karena dapat digunakan berulang kali. Ini jelas jauh lebih hemat daripada menggunakan tea bag, di mana Anda harus membuangnya setelah digunakan. Keuntungan lainnya, Anda dapat memadukan jenis teh yang berbeda dalam infuser ini sehingga Anda bisa menciptakan campuran teh yang khas untuk cafe atau restoran Anda.

2. Cara Menyeduh Teh dengan French Press

cara-menyeduh-teh-04

Anda mungkin sering menggunakan French press untuk menyeduh kopi, tapi jangan salah, alat ini juga bisa digunakan untuk menyeduh teh. Salah satu keunggulan jika Anda menggunakan French press adalah Anda bisa menyeduh teh untuk beberapa porsi sekaligus. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk disajikan ke pelanggan. Namun ada salah satu kelemahan jika kita menggunakan cara menyeduh teh yang satu ini, yaitu daun teh tidak bisa dihilangkan atau dipindahkan setelah teh diseduh. Setelah ditekan, posisi daun teh tersebut berada di dasar gelas French press.

3. Cara Menyeduh dengan Tea Brewing Strainers

cara-menyeduh-teh-05

Saringan teh ini bisa diletakkan di atas cangkir dan di dalamnya bisa diisi daun teh yang ditempatkan di semacam keranjang kecil. Teh dapat dibuat dengan menuangkan air panas di atas daun teh, biarkan air tersebut mengalir melewatinya melalui saringan. Kemudian saringan dapat diangkat dari atas cangkir sebelum teh disajikan ke pelanggan. Cara menyeduh teh ini memang tidak terlalu populer dan tidak memberikan Anda keleluasaan dalam menentukan waktu menyeduh teh, namun jika Anda ingin menyajikan hidangan teh yang berkelas dan interaktif, cara menyeduh teh yang satu ini bisa menjadi pilihan.

4. Cara Menyeduh Teh dengan Paper Sachet

cara-menyeduh-teh-06

Anda dapat membeli kantong kertas siap pakai untuk menyeduh daun teh. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan coffee filter atau jenis kertas lain yang aman untuk makanan. Cara menyeduh teh ini sangat memudahkan Anda untuk membersihkan peralatan sehabis menyeduh teh karena kantong kertas bisa langsung dibuang setelah dipakai.

5. Cara Menyeduh Teh dengan Tea Pot

cara-menyeduh-teh-07

Jika Anda tidak tertarik dengan cara-cara menyeduh teh yang sudah kami jelaskan di atas, Anda bisa menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan teko teh. Namun, seperti sebagian besar cara menyeduh teh, teko teh tidak akan memberikan hasil teh yang sama seperti jika kita menggunakan metode lain. Banyak teko yang memiliki saringan di dalamnya yang membantu Anda dalam menyeduh teh. Tapi ada juga yang butuh alat penyaring tambahan. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa tahan material pembuat teko terhadap panas dan berapa suhu yang tepat dalam menyeduh teh. Berikut beberapa jenis bahan teko yang bisa Anda pilih:

  • Besi. Teko teh yang terbuat dari besi sering sekali digunakan untuk menyajikan teh hijau khas Jepang. Namun Anda perlu ingat, besi dapat menahan panas dalam waktu yang lama. Ini artinya, material ini sangat baik untuk teh yang perlu diseduh pada suhu panas yang lebih tinggi, seperti teh hitam.
  • Kaca. Teko teh yang terbuat dari kaca tak hanya dapat menampilkan warna teh yang cantik, bahan ini juga bisa mempertahankan suhu panas dengan baik. Ini artinya, teko teh dari kaca cocok untuk green tea atau white tea sekalipun.

Faktor yang Mempengaruhi Rasa Teh

cara-menyeduh-teh-08

Seperti produk industri kuliner lainnya, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi cita rasa secangkir teh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui faktor-faktor tersebut lebih jauh lagi agar Anda makin paham bagaimana cara menyeduh teh yang paling cocok dengan jenis teh yang Anda pilih untuk restoran Anda.

1. Suhu Saat Menyeduh Teh

cara-menyeduh-teh-09

Kesalahan yang paling sering terjadi saat menyeduh teh adalah membiarkan air mendidih terlalu lama. Padahal saat air mendidih, oksigen akan terlepas dari air dan bisa membuat teh tidak terasa maksimal. Banyak juga jenis teh yang terasa enak bila diseduh pada suhu yang berbeda alias tidak selalu dengan air panas. Misalnya, suhu untuk menyeduh teh hijau harus berbeda dari suhu yang diperlukan teh hitam. Bagaimana dengan jenis teh yang lain? Mari simak infonya berikut ini.

Jenis Teh Suhu Ideal untuk Menyeduh Teh
White Tea 79°C
Green Tea 79°C
Oolong 90°C
Black Tea 90-96°C
Mate 97°C
Rooibos 97°C
Teh Herbal Lainnya 97°C

Seperti yang Anda lihat, banyak jenis teh yang terasa enak saat diseduh sebelum air mencapai titik didihnya, yaitu 100°C. Jika air yang Anda gunakan sudah mendidih, lalu Anda biarkan air tersebut mendingin sampai ke suhu ideal di atas, air tersebut tetap saja sudah melepaskan oksigen di dalamnya. Jika ini terjadi, sebaiknya gunakan air yang baru dan mulai langkahnya dari awal.

2. Lama Waktu Menyeduh Daun Teh

cara-menyeduh-teh-10

Menentukan kapan waktu yang tepat untuk menyeduh teh memang sangat rumit karena ini bergantung pada jenis teh yang Anda gunakan. Selain itu, ada cita rasa khas yang muncul saat teh diseduh dan setiap orang punya preferensi rasanya masing-masing. Meski ada banyak teori yang menyarankan Anda tentang lamanya waktu menyeduh teh, sangat disarankan untuk menyeduh teh setiap 30 detik, kemudian Anda bis rasakan rasanya sampai menemukan cita rasa yang paling tepat untuk Anda. Dengan meluangkan waktu untuk mengeksplor hal ini akan menambahkan pengetahuan Anda mengenai teh yang Anda sajikan dan ini bisa menjadi pengetahuan berharga yang bisa dibagikan kepada pelanggan Anda. Dengan menjelaskan cita rasa teh, para pelanggan bisa memutuskan untuk memilih jenis teh apa yang akan mereka coba.

3. Jumlah Daun Teh yang Digunakan

cara-menyeduh-teh-11

Banyak orang yang berasumsi bahwa semakin lama Anda menyeduh teh, semakin kiat juga rasanya tehnya. Padahal jika Anda terlalu lama menyeduh teh, hasilnya rasa teh akan menjadi pahit. Jika Anda ingin menghasilkan rasa teh yang kuat, Anda bisa menambahkan jumlah daun tehnya.

Aturan dasarnya, Anda bisa menggunakan proporsi 2 gram daun teh untuk setiap 8oz air. Anda bisa menggunakan rasio daun teh lebih banyak jika jenis teh yang Anda gunakan terasa lembut, seperti chamomile.

Cara Menyeduh Es Teh

Anda dapat menggunakan daun teh yang sama seperti yang Anda gunakan buat membuat teh panas untuk membuat teh dingin yang segar. Ada beberapa cara menyeduh teh dingin, tapi apapun cara yang Anda pilih, Anda harus selalu menggandakan jumlah daun teh yang Anda gunakan untuk memastikan rasa es teh terasa kuat dan beraroma. Berikut cara untuk menyeduh es teh:

  • Hot Brew. Ini merupakan teknik paling umum dalam menyeduh teh. Biasanya cara ini memerlukan teh panas yang mengandung konsentrat teh yang kemudian dituangkan air es dan dinginkan. Jika Anda menggunakan metode hot brew, Anda harus menambahkan gula atau madu saat teh masih panas agar bisa larut sepenuhnya.
  • Cold Brew. Metode ini tidak memerlukan pemanasan air dalam prosesnya, tapi ini lebih bergantung pada waktu untuk mendapatkan cita rasa dari daun teh yang Anda gunakan. Caranya adalah Anda bisa menempatkan jenis alat infusing di dalam wadah berisi air dingin. Lalu biarkan alat infusing tersebut terendam di air dan di simpan di dalam kulkas selama 6-12 jam. Untuk pemanisnya, Anda bisa menggunakan sirup agave atau lainnya yang cocok untuk metode cold brew. Pemanis ini lebih mudah larut dalam air dibandingkan gula pasir biasa.
  • Sun Brew. Metode ini semudah yang Anda bayangkan. Anda bisa menempatkan tea bag atau tea ball ke dalam wadah berisi air dingin, lalu jemurlah dibawah sinar matahari selama beberapa jam. Anda bisa memberikan jus sebagai finishing ke dalam “sun tea” Anda.

Sudah jelas bukan, ada banyak cara menyeduh teh untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Selain menguasai cara menyeduhnya, Anda juga harus mempelajari berbagai jenis daun teh agar diri Anda makin siap jika ada pelanggan yang bertanya tentang hal ini kepada Anda. Jadi saat Anda sedang menyeduh teh, ingat terus tips di atas untuk menghasilkan rasa teh yang nikmat.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble