Foodies Guide To F&B Industry

5 Coffee Shop Jakarta Paling Mantap Untuk Hangout (Part 2)

March 21, 20167 min readFoodie Trends

 

Photo source: flightcentre.com.au

Coffee lovers pasti tahu dong kalau Indonesia itu rumahnya biji-biji kopi terbaik di dunia? Tapi sayangnya dulu jarang banget ada coffee shop lokal yang mengolah biji-biji kopi terbaik itu menjadi secangkir kopi super nikmat. Sekarang sih udah beda banget, coffee shop Jakarta makin menjamur. Nggak cuma chain coffee shop yang terkenal di dunia, tapi juga coffee shop lokal. Semua menyajikan kopi yang sayang banget kalau dilewatin. Kalau beberapa waktu yang lalu kita pernah ngebahas 5 coffee shop terbaik di Jakarta, sekarang kita bakal nambahin 5 tempat ngopi lagi di list itu. Yang jelas tempat-tempat ini nggak cuma ngandelin kopi spesial buat bikin para foodies ketagihan. Ada sesuatu yang nggak kalah spesial yang bisa bikin mereka balik dan balik lagi buat ngopi di tempat-tempat itu. Mau tahu? Langsung aja simak!

 

1. Kopi Manyar

Photo source: myfunfoodiary.com

Photo source: Instagram.com/kopimanyar

Akhir tahun lalu, Kopi Manyar menambah panjang daftar restoran di Bintaro yang harus kamu datengin. Alasan utama kenapa kamu mesti ngopi di Kopi Manyar, selain karena mereka punya kopi enak, adalah desain coffee shop nya keren banget! Cocok banget nih buat kamu yang suka pamer di Instagram. Wajar sih kalau interior Kopi Manyar ini oke berat karena ternyata orang-orang di balik ngehitsnya coffee shop di Bintaro ini ada empat orang arsitek, yaitu Isandra Matin, Audite Matin, Fandy Gunawan, dan Angie Miranti. Konsep yang diusung restoran ini sebenarnya simple dan minimalist, cuma suasana cozy yang didapat dari penataan furnitur dan jenis furnitur yang digunakan bakal bikin kamu nggak mau pulang. Apalagi ada tangga unik yang nggak kalah hits buat dijadiin spot foto, mirip-mirip seperti yang ada di dia.lo.gue Kemang. Untuk kopinya sendiri, Kopi Manyar menyediakan biji kopi dari Javanero yang bisa diseduh dengan 3 cara: tubruk, siphon, dan plunger. Buat nemenin kamu ngopi-ngopi cantik, Kopi Manyar juga punya aneka cemilan dan main course lho untuk disantap. Salah satu yang paling menggoda banget ada Pisang Kepok Kuning Goreng Tepung Dengan Keju Parut Dan Saus Coklat. Yuk merapat di Kopi Manyar Bintaro buat nyobain itu semua!

 

Lokasi:

Kopi Manyar

Jl. Bintaro Raya Tengah, No. 14, Sektor 1, Bintaro, Jakarta. Telp. (021) 7353932.

 

2. But First Coffee Shop

Photo source: manual.co.id

Photo source: manual.co.id

But First Coffee Shop ini menempati salah satu ruang di Pelaspas Dharmawangsa. Tempatnya nyaman dan beda banget karena mereka pakai furnitur vintage yang umurnya udah tua untuk mengisi ruangan coffee shop Jakarta Selatan ini. Selain furnitur yang istimewa, gelas-gelas yang mereka gunakan juga unik banget. Kamu nggak akan nemuin gelas keramik di sini, karena But First Coffee Shop pakai homemade pottery yang bentuknya beda-beda satu dengan yang lainnya. Bener-bener cocok nih buat jadi tempat hangout anak hipster Jakarta. Menu-menu kopi di sini sebenarnya cukup simple, tapi ada 3 nih yang best seller banget: Iced Cappucino, Ristretto, dan manual brew. Buat isi perut, mereka punya croissant dan donat yang enak. Dan mereka juga ngebolehin pengunjungnya untuk pesan makanan dari cafe-cafe lain yang juga ada di Pelaspas lho, seperti Taco Local dan SNCTRY Health Bar. So yang butuh ngopi dan menghilang sejenak dari padatnya Jakarta, But First Coffee bisa jadi pilihan yang nice.

 

Lokasi:

But First Coffee Shop

Pelaspas Building, Jl. Dharmawangsa No. 4, Dharmawangsa, Jakarta.

 

3. Tanamera

Photo source: Instagram.com/tanameracoffee

Photo source: jktgo.com

Siapa sih yang nggak tahu Tanamera? Biji kopi dari tanamera ini udah banyak di pake sama cafe-cafe keren di Jakarta karena sudah terbukti kualitasnya. Tanamera pertama kali buka tahun 2013 dan setelah 3 tahun berlalu, mereka sudah punya 3 outlet lho. Semua outletnya punya tempat yang cantik-cantik dan pastinya Instagenic banget. Terlepas dari suasana coffee shopnya yang cozy berat, Tanamera punya banyak biji kopi lokal berkualitas dan punya karakter spesial yang jadi andalan mereka, diantaranya Papua Wamena, Toraja Sapan, Flores, dan Aceh Gayo. Untuk jenis black coffee, mereka nyediain Espresso, Long Black, dan Daily Brew. Sedangkan yang suka jenis White Coffee, kamu bisa pilih Cappuccino, Cafe Latte, Machiato, atau Affogato. Kalau cari yang segar, Tanamera juga punya Cold Brew dan Cold White lho. Dan pastinya segelas kopi aja nggak cukup kan buat menemanimu  nongkrong? Tenang, ada banyak banget varian light snack di Tanamera, mulai dari Apple Crumble, Espresso Brownie, Egg Benedict, Quesadilla, Croissant Butter Pudding, sampai Veggie Burger. Mantap!

 

Lokasi:

Tanamera

- Office Park Thamrin City, Jl. Thamrin Boulevard, Tanah Abang, Jakarta. Telp. (021) 29625599.

- Jl. KH Ahmad Dahlan No. 16, Gandaria, Jakarta. Telp. (021) 72786111.

- Summarecon Digital Center Mall, Jl. Scientia Boulevard Gading, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0821-4465-7074.

 

4. Trafique Coffee

Photo source: www.smooth995.com

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Kalau ditanya coffee shop Jakarta mana yang bisa bikin susah move on, Trafique Coffee bisa jadi jawabannya. Coffee shop ini sebenarnya lebih cocok disebut coffee house karena mereka menempati space yang cukup besar dan kalau dari luar, tempatnya itu terlihat seperti rumah-rumah di London. Keren abis! Begitu mau masuk, kamu pasti akan terkesan dengan pintu bergaya klasik yang warnanya kuning cerah. Di dalamnya pun, interior Trafique Coffee akan bikin kamu jatuh hati. Seluruh ruangan dikelilingi sama white brick walls, sentuhan earthy-nya juga dapet banget dari penempatan tanaman-tanaman hijau di beberapa sudut, belum lagi ornamen unik yang dipajang seperti lampu lalu lintas dan telepon tua, semua itu bakal bikin kamu ber-wow ria berkali-kali. Konsep minimalist vintage yang mereka gunakan bener-bener unik! Spesialnya lagi, Trafique nge-grind dan roast biji kopinya sendiri lho, bahkan mereka juga jadi supplier kopi buat cafe-cafe ternama. Nah, yang suka manual brew, kamu juga harus cobain hasil custom di Trafique, yaitu Dolok Sanggul. Dan untuk kamu-kamu yang perutnya sensitif sama acid-nya kopi, nggak usah khawatir karena Trafique menjamin semua kopi yang mereka sajikan itu sehat. Ini karena Trafique hanya menggunakan Single Origin. Kalau kopinya aja udah menggiurkan, apalagi makanannya kan? Di sini kamu wajib banget cobain Egg Benny, yang terdiri dari sua egg-muffin, smoke beef, sauteed mushroom, hash brown, two poached egg dan home-made hollandaise sauce. Yummy!

 

Lokasi:

Trafique Coffee

Jl. Hang Tuah Raya No. 9, Blok M, Jakarta. Telp. 0878-8984-8004.

 

5. ST. ALi

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Photo source: Instagram.com/st_ali

Coffee shop yang satu ini sih beda banget dari yang lain, soalnya yang ini asalnya asli dari Melbourne yang dinobatkan sebagai kota dangan kopi terbaik di dunia. Nah, di ST. Ali Jakarta, kamu bisa ngerasain gimana sih rasanya kopi kelas dunia itu. Berlokasi di Setiabudi, ST. ALi sempat jadi restoran hits bulan Februari lalu lho. Kalau coffee shop lain punya space mungil, kamu nggak perlu takut kehabisan tempat di ST. Ali, karena mereka bisa menampung 100 foodies dalam satu waktu. ST. ALi punya espresso based drinks yang memakai Orthodox Blend (kombinasi antara biji kopi Colombia dan Mexico), dan manual brew yang pakai Colombia Portillo andalan mereka. Terus, di sini kamu juga bisa nyicipin makanan ala Melbourne yang dibuat langsung oleh head chef Mark Richardson. Pilihannya ada banyak banget, mulai dari yang sehat seperti Omega Love atau Granola with Yoghurt, sampai yang berkalori seperti ST ALi Chicken Burger, The Fat Boy, atau yang paling terkenal, St. ALi Steak Sandwich. Good place, good coffee, and good food, nggak ada yang kurang dari ST ALi.

 

Lokasi:

ST. ALi

Setiabudi Two, Lantai Ground, Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 52906814.

 

Makin keren dan seru aja ya coffee shop di Jakarta? So, buat yang suka bingung cari tempat ngopi di Jakarta, andalin aja list dari kita ini buat pilih coffee shop terbaik di Jakarta. Kalau kamu punya coffee shop kesayangan yang belum kita bahas, yuk post di Nibble dan biarkan foodies Jakarta tau. Untuk info lengkap seputar Nibble, klik di sini.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble