Foodies Guide To F&B Industry

5 Croissant Unik di Jakarta Yang Nagihin Banget

May 9, 20165 min readFoodie Trends

 

Photo source: The Lance Scape

Nyari croissant di Jakarta itu susah-susah gampang. Croissant yang perfect itu harus soft, flaky, crispy, tender, dan tentunya airy. Nah belakangan ini, trend croissant unik mulai mencuri perhatian para pecinta kuliner di Jakarta. Dari salted egg croissant sampai Ovomaltine croissant bisa kamu temukan di kota ini. Sayangnya, tidak semua cafe di Jakarta bisa mengolah pastry dengan adonan butter-based ini menjadi sesuatu yang sensasional dan sangat lezat. Tapi tenang, kita punya list restoran yang sudah terbukti punya croissant yang perfect dan akan menggugah seleramu. Penasaran? Catat nama restoran berikut ini dan jadwalin buat mampir ke sana!

 

1. Lava Croissants - Cake A Boo

Photo source: @eatandtreats

Restoran di PIK yang satu ini kayaknya nggak berhenti-berhenti berinovasi. Cake di Cake A Boo emang lucu-lucu banget. Mulai dari sushi cake yang dulu sempat booming di awal mereka buka, sampai sekarang mereka mengeluarkan varian Lava Croissant yang pastinya bakal bikin kamu lupa diet. Ini adalah croissant dengan filling. Yang bikin beda, croissant ini diberi topping choux dough yang membuat teksturnya makin buttery dan crunchy. Ada 4 rasa yang bisa kamu pilih: Houjicha-Roasted Japanese Matcha, Salted Egg-Salted Omega 3 Egg Yolk, Speculoos-Crunchy Cookies, dan Double Choco-Belgian Chocolate. Semuanya enak dan kalau mau nyobain kamu mesti agak siangan ke sini karena mereka hanya membuat dalam jumlah yang terbatas.

 

Lokasi:

Cake A Boo

Ruko Garden House, Blok B22, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:414.

 

2. Signature Croissant – Nomz

Photo source: @sheiladewi

Cafe besutan Chef Arnold Poernomo ini adalah yang pertama menjual Salted Egg Yolk Lava Croissant di Jakarta. Dalam waktu singkat, makanan ini langsung jadi hits di mana-mana. Yup, ternyata restoran di Grand Indonesia ini nggak cuma jago menyajikan menu brunch yang nggak ada duanya. Pastry-nya, terutama croissant-nya juga patut dicungi jempol. Ada 3 rasa Signature Lava yang mereka keluarkan: Salted Egg Yolk, Peanut Butter & Jelly, dan Ovomomo. Semua menu ini bisa dipesan di atas jam 12 siang. Tekstur bagian luar croissant di Nomz itu flaky dan crispy, sedangkan bagian dalamnya soft dan dipenuhi oleh hot melting filling. Semuanya pecah banget rasanya, tapi yang Salted Egg Yolk benar-benar bikin nagih dengan kombinasi rasa asin dan manis yang super perfect.

 

Lokasi:

Nomz

Grand Indonesia Mall, Lantai Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:638.

 

3. Chocolate Injected Bicolor Croissant – BEAU

Photo source: @ellynatjohnardi

BEAU merupakan bakery shop yang digawangi oleh pastry chef Talita Setyadi. Mereka berfokus memproduksi artisan bread dan pastry dengan kualitas baik menggunakan bahan-bahan lokal dan segar. Setelah sukses dengan Cruffin (kombinasi Croissant dan Muffin), kini BEAU hadir dengan inovasi croissant baru mereka, Chocolate Injected Bicolour Croissant. Ini beda lho dari croissant kebanyakan karena ada 2 warna yang menghiasi croissant ini, coklatnya chocolate dan coklatnya adonan. Nggak cuma di situ aja uniknya, filling yang memenuhi bagian dalam croissant ini terdiri dari 70% single origin St Dominique couverture dark chocolate ganache. Yummy banget, apalagi kalau dimakan saat hangat!

 

Lokasi:

BEAU

- Plaza Indonesia, Lantai Basement, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924257.

- Grand Indonesia Mall, Lantai 1, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581883.

 

4. Croissant Burger - Eric Kayser

Photo source: @cnlulaby

Buat kamu yang cinta banget sama French pastry, gerai Eric Kayser di Jakarta pasti jadi tujuan utama kamu kan saat ngidam bakery atau pastry? Nah, kualitas croissant di Eric Kayser pun sudah tidak perlu diragukan lagi, dari segi tekstur dan rasa sudah pasti otentik dari negara asalnya. Tapi kalau kamu belum puas dengan perfect-nya croissant di sini, kamu bisa sekali-sekali coba savory dishnya seperti Croissant Burger. Dalam setangkup croissant, kamu bisa menikmati beef patty dengan size besar, olesan cream cheese, sliced tomatoes, dan red onions. Rasanya nggak kalah dari burger terenak di Jakarta lho.

 

Lokasi:

Eric Kayser

- Plaza Indonesia, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924344.

- Plaza Senayan, Lantai 3, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57905365.

- Gandaria City, Lantai Upper Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta.

- Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai Ground, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 22582723.

 

5. Croissant with Smoked Chicken & Cheese – The Caffeine Dispensary

Photo source: cole_lense

Mau ngopi-ngopi cantik sambil menikmati croissant di coffee shop Jakarta? Kamu bisa banget ngedapetin itu di The Caffeine Dispensary. Kualitas kopi di sini top abis karena mereka menggunakan biji kopi sendiri. Itu artinya, mereka memilih, dan memanggang sendiri biji kopinya, bahkan men-supply beberapa cafe lain (di antaranya ada yang lokasinya di Bali dan Singapore). Nah, ngopi itu nggak akan lengkap tanpa cemilan. Dan di sini salah satu menu yang ok berat adalah Smoked Beef & Cheese Croissant. Kombinasi ini brilliant banget, menggabungkan crunchy dan flaky nya croissant dengan aroma sedap smoked chicken ditambah asinnya keju. Presentasinya mungkin minimalis, tapi rasanya sangat kaya!

 

Lokasi:

The Caffeine Dispensary

Jl Kelapa Kopyor Raya Blok O1 No.16, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telp. (021) 4520109.

 

Bikin ngiler banget ya croissant sedap di atas? Yang mana dulu nih yang bakal kamu cobain? Kalau sudah coba, jangan lupa review di Nibble ya. Buat yang belum tahu tentang Nibble, klik di sini aja!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble