Foodies Guide To F&B Industry

5 Makanan Sahur Sehat yang Awet Kenyang

May 14, 20195 min readHealthy Foodie

Nibblers sekalian tentu sudah paham kalau sahur menjadi salah satu elemen penting selama berpuasa. Saat sahur, pemilihan menu yang tepat ternyata akan sangat mempengaruhi kinerja tubuh kita, dan akhirnya membuat daya tahan saat berpuasa meningkat.

Dengan makanan yang kurang tepat, maka perut akan menjadi cepat lapar dan badan terasa lemas sepanjang hari. Tentu kalian tidak ingin terlihat lemas dong. Oleh karena itu berdasarkan riset, kita akhirnya berhasil menemukan 5 makanan rekomendasi yang bisa menjaga daya tahan, serta membuat sensasi kenyang tahan lama di perut. Apa saja kuliner tersebut?

Sup Ayam

sop-ayam

Protein menjadi salah satu alasan ayam harus dikonsumsi saat sahur. Meskipun disebut bahwa tidak ada sumber protein hewani terbaik, namun ayam jika diolah dengan baik akan menjadi salah satu sumber protein yang bagus.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Academy of Nutrition and Dietetics disebut, bahwa bagian dada ayam seberat 85 gram memiliki 140 kalori, 3 gram lemak, dan 25 gram protein. Sedangkan bagian lain, misalnya paha, dengan berat yang sama memiliki kandungan protein yang sedikit lebih banyak, dengan catatan bagian kulit yang memiliki lemak 6 kali lipat tidak disertakan.

Menu olahan ayam terbaik selama bulan Ramadan adalah sup ayam. Dalam sup ayam, selain mengandung protein yang dibutuhkan tubuh dalam menjalani puasa, juga memiliki kandungan rempah-rempah dan asam amino yang berguna mencegah penyakit pernapasan. Kandungan gizi, vitamin dan lemak lainnya juga cukup banyak sehingga cocok sekali untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Pepes Ikan Mas

pepes-ikan-mas

Ikan menjadi salah satu hewan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Sebagai salah satu negara maritim, ikan sangat mudah dicari dan murah di sini. Bahkan, Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, jelas mengajak orang-orang yang tidak makan ikan untuk ditenggelamkan.

Salah satu jenis ikan tawar yang memiliki nutrisi terlengkap adalah ikan mas. Ikan mas memiliki protein, lemak, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1. Namun, kandungan nutrisi dalam ikan mas ini mudah sekali rusak. Untuk itu nibblers harus tahu cara memasak yang dianjurkan. Caranya bisa lewat sup, dikukus, ataupun dipepes.

Selain menjaga tubuh tidak cepat lapar, pepes ikan mas memiliki khasiat lain. Khasiat pepes ikan mas di antaranya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, mencerdaskan otak, dan mengurangi risiko penyakit pencernaan.

Telur Dadar Padang

telur-dadar-padang

Seperti ayam dan ikan, telur juga merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik bagi tubuh kita. Dalam telur terdapat nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Jika telur dikonsumsi tiap hari, maka efeknya baiknya adalah menstabilkan hormon, menyehatkan mata, dan meningkatkan kinerja otak.

Telur sering dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, diceplok, atau didadar. Jika memilih untuk menyajikan telur dengan didadar, maka gunakanlah minyak sehat yang belum dipakai untuk memasak sebelumnya.

Salah satu inovasi dalam mendadar telur adalah dengan mencampur telur dengan tepung. Hal ini biasa dilakukan oleh warung-warung nasi padang. Dengan mencampur telur dan tepung, kandungan energi yang terkandung dalam telur akan naik dari 30 kkal menjadi 289 kkal.

Oatmeal

oatmeal

Oatmeal sudah lama dikenal menjadi salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Oat juga cocok untuk dikonsumsi bagi nibblers yang sedang menjalani program diet.

Dalam oat terkandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya adalah karbohidrat, serat, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, mangan, kalium, dan zat besi. Selain kaya serat, vitamin dan mineral, oat juga mengandung antioksidan yang dipercaya mampu melindungi nibblers dari risiko penyakit jantung.

Kandungan serat di dalam oat adalah elemen penting yang membuat oat cocok dikonsumsi saat sahur. Serat mampu bertahan lama di dalam perut sehingga mencegah nibblers merasa kelaparan dalam waktu lama.

Jika selama ini nibblers malas mengonsumsi oat karena rasanya yang hambar, jangan khawatir. Saat ini sudah banyak produk olahan oat yang punya banyak pilihan rasa, diantaranya adalah oatmeal soto ayam, oatmeal coklat, dan oatmeal pisang madu. Nibblers juga bisa bereksperimen mencampur oat dengan buah, sayur, ataupun makanan sehat lainnya.

Semur Daging

semur-daging

Tidak cuma daging putih seperti dalam ayam dan ikan, daging merah seperti sapi juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting bagi tubuh kita. Banyak yang menyebut bahwa daging merah tidak baik, namun sebenarnya yang membuat daging merah menjadi tidak baik adalah karena mengonsumsi bagian yang salah, seperti lemak dan jeroan, serta pengolahan yang tidak tepat.

Protein, zat besi, zinc (seng), vitamin B12, omega-3, niacin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, dan fosfor adalah contoh nutrisi yang terkandung dalam daging sapi.

Dengan rutin mengonsumsi daging sapi, nibblers bisa terhindar dari beberapa penyakit mematikan, seperti stroke, diabetes, dan jantung. Daging sapi juga berkhasiat sebagai sumber zat besi yang mencegah terjadinya anemia.

Selama Ramadan, salah satu olahan daging sapi yang cocok untuk dimasak adalah semur daging. Dalam semur daging, selain daging sapi, juga terdapat bahan-bahan masakan lain, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, dan jahe, yang masing-masing memiliki khasiatnya tersendiri bagi tubuh.

Nah itulah 5 makanan yang sangat kami rekomendasikan untuk tersedia saat nibblers sahur. Satu tips tambahan, hindari konsumsi daging olahan saat sahur seperti nuget dll. Tingginya garam pada daging olahan membuat rasa haus mudah datang dan akhirnya membuat puasa kalian tidak nyaman.

Related Articles

Connect with Nibble