Foodies Guide To F&B Industry

5 Makanan Wajib Yang Paling Ditunggu Saat Lebaran

July 4, 20164 min readTips & Tricks

 

Photo source: Kompasiana

Sebentar lagi lebaran nih. Hari yang ditunggu-tunggu buat kamu yang semangat menyambut Idul Fitri. Udah persiapan apa aja nih buat lebaran? Buat yang udah siap mudik, hati-hati di jalan ya. Buat yang berat badannya turun selama puasa, ayo siapin perut buat menampung makanan khas Lebaran. Yup, selama Idul Fitri pasti makanan melimpah ruah. Dan ada 5 makanan yang pastinya selalu ada saat Lebaran. Cek yuk, ada makanan Lebaran favoritmu nggak di list ini?

 

1. Ketupat

Photo source: Tokopedia

Makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus anyaman daun kelapa muda ini yang paling ditunggu-tunggu tiap Lebaran tiba. Ada yang tau nggak kenapa ketupat jadi ciri khas Idul Fitri di Indonesia? Ternyata yang memperkenalkan ketupat pertama kali adalah Sunan Kalijaga. Dan dibalik lezatnya ketupat, ada makna mendalam yang bisa direnungkan lho. Seperti, rumitnya anyaman bungkus ketupat menggambarkan kesalahan manusia. Dan nasi putih yang ada di dalam bungkus ketupat menggambarkan kebersihan hati manusia. Dalem banget kan maknanya? Nah, ketupat ini paling nendang saat disajikan bersama lauk pendampingnya, mulai dari opor, rendang, gulai, sampai sambal goreng kentang. Bener-bener kebayar deh lapar nya berpuasa kalau udah makan sajian yang satu ini.

 

2. Opor Ayam

Photo source: Royco

Ini dia nih menu wajib pendamping ketupat yang harus ada pas lebaran, opor ayam! Bahan dasar makanan ini adalah ayam yang diberi kuah santan serta bumbu rempah-rempah lainnya. Penampilan dan wanginya aja pasti bisa bikin kamu ngiler. Apalagi pas dicobain, wih nyandu banget! Untungnya, ini bukan menu yang jarang ditemukan kalau tidak lagi lebaran. Kamu bisa bernostalgia dengan menu ini kapanpun karena banyak dijual di warung-warung makan sekitar Jakarta.

 

3. Rendang

Photo source: Umi Resep

Salah satu makanan Indonesia yang sudah diakui kelezatannya oleh dunia ini juga wajib ada saat lebaran. Rendang yang berasal dari Minangkabau ini menggunakan daging dan santan sebagai bahan utamanya. Tidak lupa juga memakai berbagai rempah-rempah yang bikin rasanya makin maknyus. Tapi tahu nggak, ternyata rendang itu bukanlah nama makanan lho, melainkan merupakan nama teknik memasak yang mengharuskan kita mengaduk terus menerus dalam jangka waktu yang lama sampai makanan kering. Itulah kenapa warna rendang coklat kehitaman. Meski saat melihatnya pertama kali tidak terlalu menggugah selera, tapi pas dicicipin, enak banget! Rasanya pedas-pedas gurih dan bumbunya sangat meresap ke dalam daging karena waktu memasaknya butuh berjam-jam.

 

4. Sambal Goreng Hati Kentang

Photo source: Farlys

Sambal Goreng Hati Kentang juga bikin lebaran makin seru. Menu ini mengombinasikan kentang yang dipotong seukuran dadu, hati sapi atau ayam, serta ampelanya. Semua dimasak menjadi satu menggunakan santan dan bumbu khas Indonesia yang membuat rasanya pedas-pedas enak. Dari tampilannya aja bisa bikin kamu penasaran. Apalagi pas disantap dengan nasi hangat. Perut kamu yang tadinya nangis-nangis kelaparan, pasti langsung happy seketika deh abis makan yang satu ini.

 

5. Kue Kering

Photo source: Warta Solo

Lebaran bukanlah lebaran kalau di meja ruang tamu kamu nggak ada tumpukan kue kering. Mulai dari nastar, kastengel, sampai putri salju, itu semua jadi kue langganan yang harus siap menyambut tamu-tamu yang datang silaturahmi ke rumah. Bisa juga jadi cemilan saat kamu ngobrol-ngobrol sama keluarga besar. Biasanya banyak yang bela-belain untuk bikin kue kering buat Lebaran sendiri lho. Tapi yang nggak bisa baking nggak usah kecil hati, karena yang jual pun juga banyak. Pokoknya makanan yang satu ini wajib banget ada deh waktu Lebaran.

 

Nah, dari ke-5 makanan di atas, yang mana nih yang paling kamu tunggu-tunggu ada pas Lebaran tiba? Atau ada makanan wajib Lebaran lainnya yang belum kita sebut di sini? Tambahin yuk di kolom “Komentar”. Buat yang udah nggak sabar nunggu Lebaran dateng demi nyicipin makanan-makanan di atas, coba aja cari di Nibble biar kamu tahu restoran mana yang punya menu tersebut. Klik di sini untuk informasi lengkap seputar Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble