Foodies Guide To F&B Industry

5 Mie Hitam Paling Unik Yang Wajib Kamu Cobain di Jakarta

May 14, 20164 min readFoodie Trends

Photo source: The Domesticated Wolf

Ternyata bukan cuma roti dan pastry aja yang bisa dibikin warna-warni. Di Jakarta ada beberapa restoran yang menyajikan mie dengan warna yang nggak biasa, yaitu hitam. Wah, apa rasanya tuh mie warna hitam? Rasanya unik banget, soalnya warna hitam yang didapat itu ada yang dari charcoal dan ada juga yang dari tinta cumi. Jadi aroma dan rasa khas dari pewarna alami itu juga ikut terasa saat kita menyantap mie hitam tersebut. Makin nggak sabar menikmati semangkok mie hitam di Jakarta? Langsung aja deh ke 5 restoran berikut ini!

1. Yamin Black - Bakso Boedjangan

Photo source: @kanmakanenak

Bakso Boedjangan nggak cuma terkenal dengan bakso dengan isi unik, di sana kamu juga bisa mencicipi 2 pilihan mie yang warnanya unik abis. Ada Green Yamin yang warnanya didapat dari ekstrak sayur sawi dan Black Yamin yang hitamnya berasal dari arang bambu. Nah, masing-masing mie ini punya versi manis dan asinnya, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan selera kamu. Black Yaminnya gurih dan sedap banget lho, apalagi ada topping suwiran ayam. Makin mantap deh! Oh ya, selain bakso dan yamin, kamu juga bisa pilih berbagai menu nasi yang rasanya nendang abis. Salah satu yang jadi favorit di sini adalah Nasi Bakso Saus Telur Asin. Dijamin, saus telur asinnya bakal bikin kamu ketagihan!

Lokasi:

Bakso Boedjangan

Jl. Boulevard Raya, Blok WE 2/4, Kelapa Gading, Jakarta.

2. Mie Item - Wmiitem By William Wongso

Photo source: @eatmiitem

Nama William Wongso pasti udah nggak asing lagi kan di telinga kamu? Expert di dunia kuliner Indonesia ini membuka Wmiitem yang berfokus menyajikan black noodle. Yang bikin menarik, mie hitam di sini benar-benar berwarna hitam, bukan karena saus hitam apapun. Ini karena adonan mie nya dicampur dengan tinta dan daging cumi. Dan campuran daging cuminya ini bikin tekstur mie makin beda dari mie hitam yang lain. Mienya lebih tebal dan kenyal lho. Mie hitam di sini kemudian diolah jadi berbagai macam menu di sini, ada Cwie Mie, Aglio Olio, bahkan juga ada Mie Item yang disajikan dengan Tom Yum Soup. Salah satu menu yang nggak bakal bikin kamu kecewa adalah Ifu Miitem. Mienya crunchy dan pas banget saat disiram dengan kuah sup yang terasa lezat.

Lokasi:

Wmiitem By William Wongso

Kota Kasablanka, Lantai 2, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29612730.

3. BC Black Noodle - BC's Cone

Photo source: @suzetthatting93

Siapa nih di sini yang suka makan ice cream nya BC’s Cone? Selain menghebohkan dunia kuliner Jakarta dengan ice cream super tinggi dengan 6 rasa yang berbeda, BC’s Cone ternyata juga punya Black Noodle yang rasanya mantap abis. BC’s Black Noodle ini terbuat dari tinta cumi dan disajikan dengan special sauce yang bikin rasa mienya makin sedap. Kamu bisa pilih topping sesuai selera kamu juga lho, ada chicken dan pork. Tingkat kepedasan black noodle mu juga bisa diatur. Ada level 0-15 yang pasti bikin kamu penasaran.

Lokasi:

BC’s Cone

Ruko Crown Golf, Blok B2 No. 2, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 98871097.

4. Black Udon - Tamoya Udon

Photo source: @keepeatingkeep

Tamoya Udon adalah restoran Jepang pertama di Indonesia yang menyediakan black udon. Jadi kalau ke sini, kamu wajib banget pilih black udonnya. Hitamnya black udon di Tamoya ternyata berasal dari charcoal dan teksturnya lebih kenyal dari udon biasa lho. Nah, kamu bisa mengombinasikan black udon dengan jenis menu udon yang ada di Tamoya. Ada Niku Udon yang disajikan dengan sliced beef dan kake soup, Kama Tama Udon yang menggunakan telur dan mentai sebagi toppingnya, Sanuki Udon, Zaru udon, Spicy Chicken Udon buat yang doyan pedas, atau Curry Udon yang kuahnya cukup kental. Mana nih yang paling kamu suka?

Lokasi:

Tamoya Udon

Emporium Pluit Mall, Lantai Ground, Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta.

5. Tagliatelle Al Granchio – Pesto Autentico

Photo source: @foodescape_id

Kata siapa restoran Italia nggak bisa berkreasi dengan black noodle? Kalau mau cobain pasta berwarna hitam, kamu bisa langsung meluncur ke Pesto Autentico di Thamrin. Restoran yang mengadopsi rustic dan classic interior ini punya Tagliatelle Al Granchio yang berupa homemade black fettucine pasta dengan crab and cream sauce. Presentasi dish nya benar-benar menggugah selera, porsinya pun banyak bisa buat sharing 2-4 orang. Tekstur pastanya perfectly al dente dan kenyal. Bagian crab nya benar-benar fresh dan seasoningnya sempurna sekali. Selain black fettucine, cobain juga Quattro Formaggi Pizza yang cheesy abis dan Lava Di Cioccolato yang pas banget manisnya buat dessert.

Lokasi:

Pesto Autentico

UOB Plaza, Lantai Upper Ground, Jl. MH Thamrin No. 10, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29937230.

Unik banget kan 5 jenis black noodle di atas? Semuanya wajib banget kamu cobain kalau kamu suka berburu makanan unik di Jakarta. Kamu punya rekomendasi black noodle di Jakarta yang belum kita bahas? Tambahin yuk di kolom Komentar atau langsung review aja di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, klik di sini aja!

Related Articles

Connect with Nibble