Foodies Guide To F&B Industry

5 Restoran Paling Enak Untuk Menyantap Makanan Chinese di Jakarta

April 19, 20165 min readFoodie Trends

Chinese food sangatlah populer di Indonesia, terutama di Jakarta. Nggak heran sih, komunitas Chinese di Jakarta pun emang nggak terhitung. Kota ini nggak cuma punya satu Chinatown, tapi banyak. Kalau kamu berburu kuliner di daerah Muara Karang, Kelapa Gading, dan Pantai Indah Kapuk (PIK), kamu pasti akan takjub dengan banyaknya restoran yang menawarkan berbagai masakan Chinese. Restoran-restoran tersebut nggak cuma punya masakan Chinese pada umumnya, tapi ada juga yang mengkhususkan diri untuk menawarkan masakan Chinese spesial yang asalnya dari region-region tertentu di negara tersebut. Nah, ngomongin restoran Chinese di Jakarta, ini dia 5 tempat yang makanannya bisa menggoyang lidahmu.

1. House of Yuen

Photo source: @today_i_had

Photo source: @metaphor_interior

House of Yuen adalah bagian dari Tung Lok Group yang merupakan International Group Chinese Restaurant. Tung Lok Group ini adalah grup yang mendirikan Sun Tung Lok, sebuah restoran di Hong Kong yang berhasil meraih predikat Michelin Star. Jadi kamu kebayang kan kualitas makanan yang ada di House of Yuen? Bisa dibilang, restoran ini jadi salah satu restoran Chinese paling eksklusif di Jakarta. Interiornya sangat elegan dan modern, cocok banget buat merayakan hari spesial bareng keluarga atau teman terdekat. Harga makanan di sini memang selangit, tapi itu semua sangat sebanding dengan kualitas dan rasa makanan Chinese di sini. Menu andalan yang paling dicari-cari di House of Yuen adalah Suckling Pig with Shrimp Paste, paling enak deh se-Jakarta. Selain itu, Shark Fin Soup nya juga nggak ada duanya. Lezatnya itu khas Hong Kong banget, beda dengan Shark Fin Soup ala restoran Jakarta lainnya.

Lokasi:

House of Yuen

Fairmont Jakarta, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:974.

2. Angke Restaurant

Photo source: Angke Restaurant

Photo source: Angke Restaurant

Ini dia restoran Chinese paling legendaris di Jakarta, Angke Restaurant. Restoran yang udah ada dari tahun 1978 emang selalu jadi pelarian andalan banyak orang Jakarta saat cari makanan Chinese enak. Spesialisasi mereka adalah masakan Chinese khas Hakka yang asalnya dari propinsi Kwang Tung, China. Semua resep makanan di sini original semua lho di bawa langsung dari negeri China dan diturunkan dari generasi ke generasi. Makanan yang paling juara di Angke adalah Lindung Cah Fumak. Ini berupa belut yang di deep-fried dan dilapisi dengan rice wine sauce, kemudian disajikan dengan sautéed Fumak. Kita jamin, nggak ada yang punya menu Lindung seenak di Angke. Renyahnya pas banget dan sauce-nya benar-benar bikin kenikmatan menu ini semakin bertambah. Fumaknya juga garing dan tidak terlalu asin. Benar-benar kombinasi yang sempurna saat semua itu beradu di mulut!

Lokasi:

Angke Restaurant

- Komplek Ketapang Indah, Jl. Zaenal Arifin, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6343030.

- Mall of Indonesia, Kelapa Gading Square, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45866333.

3. Taste Paradise

Photo source: @tasteparadise.jkt

Photo source: @tasteparadise.jkt

Taste Paradise adalah restoran pertama dari Paradise Group asal Singapura yang buka di Indonesia. Restoran Chinese yang berlokasi di Plaza Indonesia ini punya interior yang mewah dan berkelas. Dimsum di sini enak-enak lho. Salah satu yang rasanya paling nendang adalah Baked BBQ Pork Bun. Menu yang ini merupakan varian dari Bo-Luo Bao yang juga dikenal dengan nama Polo Bun atau Pineapple Bun. Ukurannya bun-nya boleh kecil, tapi toppingnya benar-benar merata ada di seluruh bagian bun lho. Tekstur bun begitu lembut dan charsiew nya sangat lezat. Meleleh saat digigit! Buat main course-nya Crackling Pork Belly sudah pasti jadi yang paling favorit di sini. Dan mereka juga menyajikan menu “Buddha Jumping Over The Wall” yang terkenal itu lho. Isinya penuh dengan makanan dengan rasa mewah, seperti shark's fins, scallops, sea cucumber, abalone, dan lainnya.

Lokasi:

Taste Paradise

Plaza Indonesia, Lantai 4, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29923838.

4. Waroeng Shanghai Blue 1920

Photo source: Tugu Hotels

Photo source: Tugu Hotels

Restoran chic berkonsep Shanghai ini merupakan besutan Tugu Hotel Group yang ahli mendirikan restoran tematik yang luar biasa. Interiornya stunning banget dan kamu bakal terasa seperti sedang dibawa ke masa 1920an Shanghai. Awalnya restoran ini adalah Shanghai Tea House yang didirikan oleh anak pelaut asal Shanghai bernama Chan Mo Sang sebelum diambil alih oleh Tugu Hotel. Dekorasi restoran ini dipenuhi dengan barang antik dan klasik yang bakal bikin kamu terpana. Untuk urusan perut, kamu harus coba tapas ala Shanghai 1920, seperti Love Duet of Melted Cheese and Crunchy Asparagus yang dipengaruhi oleh rasa makanan Prancis. Shanghai Blue Fish Soup nya juga nagihin banget rasanya. Highly recommended!

Lokasi:

Waroeng Shanghai Blue 1920

Jl. Kebon Sirih, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3918690.

5. Din Tai Fung

Photo source: @dintaifungindo

restoran-chinese-jakarta-11

Photo source: @dintaifungindo

Din Tai Fung ini salah satu restoran Chinese di Jakarta yang sudah terkenal di seluruh dunia. Betapa tidak, outletnya ada di banyak negara lho, seperti Taiwan, Australia, China, Dubai, USA, Korea, Jepang, dan masih banyak lagi. Kalau ngomongin Din Tai Fung, salah satu menu yang pasti terlintas di benak orang-orang adalah pangsit kukus mungil yang rasanya nggak ada duanya. Yup, rasa dim sum di Din Tai Fung emang excellent banget. Xiao Long Bao, Dumpling, dan Won Ton di sini ngangenin banget. Pilihan menu mie-nya juga bisa diandalkan. Pesan Mie Tom Yum Udang nya deh, dijamin, kamu pasti akan tergila-gila!

Lokasi:

Din Tai Fung

- Pondok Indah Mall 2, Lantai 3, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 75920986.

Nah, kalau kamu ngaku Chinese food lovers, udah berapa restoran nih yang pernah kamu datengin dari 5 di atas? Atau kamu punya tempat favorit menyantap Chinese food di Jakarta? Kasih tahu kita dong tempatnya lewat kolom “Comment” atau langsung post di Nibble. Untuk informasi lengkap tentang Nibble, klik di sini!

Cover photo source: Cultural China

Related Articles

Connect with Nibble