Foodies Guide To F&B Industry

5 Restoran Paling Keren Yang Cuma Ada Di Kemang

March 16, 20167 min readFoodie Trends

 

Photo source: manual.co.id

Daerah Kemang itu udah lama banget jadi pelariannya anak-anak muda Jakarta buat hangout dan ngegaul. Meski jalanan di Kemang itu sempit-sempit, dan sering macet, tapi tetep nggak ada yang menghentikan keinginan para pecinta kuliner di Jakarta untuk menjelajah Kemang. Yup, restoran di Kemang emang ada banyak banget dan spesialnya, varian makanan yang dihidangkan itu beda-beda. Bisa dibilang, kamu bisa nemuin makanan dari seluruh dunia di Kemang, ada French, Spanyol, Yunani, Western, Italian, Mediterranean, German, bahkan Arabian cuisine pun juga ada di Kemang. Keren banget kan? Nggak cukup sampai disitu, Kemang juga terkenal dengan nightclub dan barnya. Nggak heran deh kenapa banyak turis dan foodies yang rela macet-macetan demi nongkrong di Kemang. So, nggak usah banyak omong lagi, ini dia 5 restoran di Kemang yang bisa kamu andalkan saat bingung mau makan di mana.

 

1. Baconerie

Photo source: thehoneycombers.com

Photo source: manual.co.id

Nggak banyak restoran yang udah buka di pagi hari dan menyiapkan menu sarapan lezat yang menggugah selera. Kalau kantormu dekat-dekat Kemang bersyukurlah karena ada Baconerie yang siap menjamu kamu dengan hidangan serba bacon yang bisa membuat harimu makin semangat. Siapa sih yang nggak suka bacon? Dan pasti nggak ada kan yang menolak buat makan bacon untuk mengawali hari? Meski Baconerie menempati space yang tidak terlalu besar, makanan-makanan di sini rasanya juara semua, dijamin deh kamu nggak bakal menyisakan apapun di piringmu saking lezatnya. Nah, salah satu yang paling terkenal dan menggoyang lidah di Baconerie adalah Baconerie Burger yang merupakan 50/50 bacon beef patty yang diberi topping bacon dan disiram special sauce ala Baconerie. Kalau kamu nggak makan bacon, Grilled Cheese Sandwich di Baconerie juga nggak ada duanya lho. Porsinya lumayan besar dan lelehan keju di tengah tangkupan roti itu bikin kamu drooling nggak berhenti-berhenti. Wangi butternya juga bikin kamu makin semangat makannya dan jelas, satu porsi saja nggak cukup deh buat mengisi perutmu. Dan semua menu sarapan itu akan makin sempurna saat kamu memesan fresh-squeezed lemon atau orange juice untuk minumannya.

 

Lokasi:

Baconerie

Jl. Benda Raya No. 1C, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 78838291.

 

2. W Diner

Photo source: jktgo.com

Photo source: anakjajan.com

Restoran yang berkonsep American Diner ini letaknya di Lippo Mall Kemang. Semua American comfort food, seperti Burger, Sandwich, Steak, Ice Cream, Milkshake, dan lainnya bisa kamu temuin di sini. Interior di W Diner itu unik dan fun sekali lho. Kesan retronya pun kental karena mereka menggunakan keramik hitam putih serta menempel banyak poster vintage yang menghiasi dindingnya. Sangat eye-catching dan bikin orang yang lewat makin penasaran. Nggak cuma interiornya aja yang bikin kamu terkesan, menu yang dihidangkan pun akan membuat perutmu tersenyum. Salah satu menu andalan di sini adalah Beef Burger yang terdiri dari beef patty, onion rings, potongan keju, kol, dan tomat dan disajikan dengan french fries. Rasa juicy dagingnya, crunchynya onion ring itu perfect banget deh, ditambah dengan mustard sauce, makin bikin kamu ketagihan. Buat penggila pasta, Mac And Triple Cheese wajib banget kamu pesan. Macaroni pasta di menu ini tenggelam dalam creamy sauce yang dibuat dari keju parmesan, mozarella, dan cheddar. Nggak heran deh kenapa menu ini jadi best seller, enak banget rasanya! Di W Diner kamu juga bisa nemuin crazy milkshake yang lagi booming itu lho. Namanya Choco Killer Milkshake yang merupakan gabungan antara Nutella dan Ovomaltine dengan limpahan topping di atasnya, seperti Oreo, Pocky, Astor, Waffle, dan Marshmallow. Slurppp!

 

Lokasi:

W Diner

Kemang Village (Lippo Mall), Lantai 3, Jl. Pangeran Antasari, Kemang, Jakarta.

 

3. HYDE

Photo source: foodliberator.blogspot.co.id

Photo source: thehungrydoctor.net

Restoran ini sempet ngehits saat mereka baru buka di Kemang. Tempatnya emang keren abis dengan arsitektur dan interior yang konsepnya sangat urban, minimalis, earthy, dan modest. Saat kamu masuk ke dalam HYDE, yang akan kamu perhatikan pertama kali pasti area barnya yang lumayan besar dan ditata apik. Suasana di sini nyaman banget dan lighting di HYDE cocok banget buat dinner romantis sama pasangan. Bicara soal makanan, HYDE punya banyak pilihan Western dan Asian cuisine, serta beberapa menu Indonesia juga. Dessertnya pun juga nggak perlu diragukan lagi deh rasanya, top banget! Salah satu main course yang da bomb banget di sini, apalagi kalau bukan Crackling Pork Belly yang bisa muasin belly para pecinta kuliner Jakarta. Pork belly di menu ini rasanya juicy banget dan harumnya pun wangi berkat sentuhan rosemary di atasnya. Sausnya sendiri terasa manis dan lezat. Untuk side dishnya ada sautéed apple yang dimasak dengan sempurna. Untuk urusan dessert, nggak ada yang bisa ngalahin HYDE Chocolate Soil yang sempat trending beberapa waktu lalu. Presentasinya sederhana tapi pecah banget, chocolate soilnya disajikan di tempat yang berbentuk seperti pot. Chocolate soilnya itu perpaduan dari chocolate crouton, baileys chocolate mousse, chocolate dirt dan dihias dengan micro herbs. Teksturnya bener-bener seperti tanah liat, dan manisnya sempurna. Terus saat diaduk, jangan kaget ya karena kamu akan menemukan kejutan berupa cacing tanah yang terbuat dari jelly. Awesome!

 

Lokasi:

HYDE

Jl. Taman Kemang I A No. 8, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 56103888.

 

4. Ruang Seduh Coffee Shop

Photo source: manual.co.id

Photo source: eshtravaganza.com

Tempat makan di Kemang nggak pernah berhenti bertambah. Selalu ada spot-spot keren yang buka di area ini. Dan salah satu yang lagi happening di Kemang belakangan ini adalah Ruang Seduh Coffee Shop. Tempatnya agak tersembunyi, ada di belakang Aksara Book Store. Jadi kamu harus masuk ke dalam Aksara, lalu masuk ke Ruang Seduh dari pintu belakang Aksara. Hmm, terdengar seperti restoran hidden gem ya? Well, kalau kamu mengira ini coffee shop biasa, kamu salah. Ruang Seduh menawarkan sesuatu yang berbeda di mana kamu bisa meracik kopimu sendiri. Cara order di sini cukup mudah. Kamu hanya perlu memberitahu barista manual brew yang kamu inginkan dan mereka akan mengajarimu step by step, termasuk cara mengatur temperature, menentukan waktu proses, dan cara menuang kopi. Biji-biji kopi di sini datang dari beberapa roasteries, seperti Coffee Smith, Sensa Koffie dan Smoking Barrels. Sayangnya Ruang Seduh tidak menyajikan iced latte, tapi kamu bisa memesan bottled cold brew yang diproduksi oleh A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) yang rasanya segar dan cocok buat kamu-kamu yang nggak terlalu suka kopi yang terlalu strong dan acidic. Untuk menemanimu ngopi-ngopi, mereka juga punya croissant dan traditional doughnut lho. Makin merasa tertantang buat jadi barista dadakan? Ayo coba seduh sendiri kopimu di Ruang Seduh.

 

Lokasi:

Ruang Seduh Coffee Shop

Jl. Kemang Raya No. 8B, Kemang, Jakarta.

 

5. KOI

Photo source: culinarybonanza.com

Photo source: culinarybonanza.com

Siapa yang menyangka kalau Jakarta ternyata punya restoran hipster sejak lebih dari 20 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1993? Meski KOI nggak selalu ada di top list para pecinta kuliner Kemang dan Jakarta, tapi pasti ada sesuatu yang sangat spesial dan berbeda yang membuat restoran ini bisa survive segitu lamanya. Kalau kamu termasuk pecinta wooden furniture dan interior, kamu pasti akan terkesan saat makan di KOI. Seluruh interior di KOI di dominasi dengan karya seni dan furniture kayu yang sangat artistik. Bahkan kamu bisa menikmati pameran furnitur dan seni di galeri yang terletak di lantai 3. Orang dibalik kesuksesan hidangan di KOI adalah Chef Benoit yang berasal dari Belgia. Menu-menu di sini merupakan kombinasi antara Western dan Asian cuisine. Semua menu memiliki presentasi yang unik, bahkan ada pula yang diberi sentuhan theatrical seperti Smoked Minute Salmon on Mango and Mozzarella Vinaigrette. Hidangan yang satu ini disajikan di atas piring yang tertutup dengan penutup makanan transparan berbentuk kubah. Di dalamnya, kamu bisa melihat kepulan asap yang berasal dari herbs. Hati-hati saat membukanya kalau tidak mau wajahmu diselimuti oleh asap, ya. Soal rasa bener-bener nendang dan tidak mengecewakan. Nah, daripada rebutan mengunjungi restoran yang lagi hits di Jakarta, kenapa tidak sekali-sekali menyantap sajian dari salah satu restoran tertua di Jakarta seperti KOI ini?

 

Lokasi:

KOI

- Jl. Kemang Raya No. 72, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7195668.

- Jl. Mahakam 1 No. 2, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 7222864.

 

Selain 5 restoran di atas, tentunya ada banyak banget restoran di Kemang yang belum kita bahas. Kamu punya rekomendasi tempat makan seru di area Kemang? Yuk post di Nibble biar yang lain juga tahu. Untuk informasi lengkap seputar Nibble, klik di sini aja.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble