Foodies Guide To F&B Industry

5 Street Food Asli Indonesia Yang Paling Dicari Para Pecinta Kuliner

March 3, 20166 min readFoodie Trends

 

Photo source: Instagram - @neng.ajengwe

Seenak-enaknya makanan Western atau Asian, masih enak makanan negeri sendiri, apalagi kalo dibandingin sama street foodnya Indonesia. Setuju nggak? Emang bener deh kata orang-orang kalau makanan terenak biasanya ditemukannya di pinggir-pinggir jalan.  Street food di Indonesia emang bikin ketagihan dan ngangenin banget. Rasanya pasti ada yang kurang kalau dalam satu minggu, kamu belum isi perut pakai salah satu street food asli Indonesia. Variannya pun sangat beragam, ada yang digoreng, direbus, atau dibakar. Banyak yang menggoda dan bikin penasaran buat dicobain. Nah, dari sekian banyaknya street food di Jakarta, ternyata ada 5 nih yang paling dicari para pecinta kuliner. Penasaran? Yuk simak langsung!

 

1. Internet (Indomie Telor Kornet)

Photo source: Instagram - @buncitfoods

Duh, siapa coba yang bisa nolak semangkok Indomie apalagi yang berpadu dengan duo maut kornet dan telur? Emang sih sebenernya Indomie kalau dicampur apapun pasti enak. Tapi campuran Indomie, telur, dan kornet itu emang dahsyat banget deh. Gurihnya kuah Indomie berpadu pas dengan creamynya telur dan juicy-nya kornet. Perfect! Menu ini emang gampang sih kalau mau bikin di rumah, tapi tetep, nggak bakal seenak kalau dibuatin orang. Apalagi kalau kamu beli intenet di tempat berikut ini, pasti nggak bakal cukup deh semangkok!

 

Warunk Upnormal

Tempat makan ini termasuk restoran baru yang harus kamu kunjungin awal tahun 2016 ini. Warunk Upnormal berhasil menaikkan kasta Indomie ke level yang lebih tinggi. Ini semua berkat kekreatifan pemiliknya yang menyulap topping-topping Indomie dengan berbagai hal lezat yang menggoyang lidah. Internet di sini gokil banget. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu bisa nikmatin Indomie dengan limpahan keju, kornet, dan telor. Rasanya melegenda banget enaknya. Nggak cuma topping telor dan keju, kamu bisa nemuin Indomie dengan pelengkap lain yang istimewa banget, seperti Indomie Upnormal dengan kuah keju yang gurih, Indomie sambal matah yang super pedas, dan Indomie Gokil yang ditambahin  kikil. Selain menu Indomie, Warunk Upnormal juga terkenal dengan berbagai roti bakar istimewa, rice bowl, dan aneka dessert yang enak-enak.

 

Lokasi:

Warunk Upnormal

- Jl. Cempaka Putih Raya No. 102, Cempaka Putih, Jakarta. Telp. 0817-4976-565

- Ruko Paramount 7 CS, Blok DF3 No. 22-23, Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0812-18767-194

 

2. Roti Bakar

Photo source: Instagram - @connyelmanuella

Yang suka manis pasti suka street food yang satu ini. Roti bakar! Kalau dulu rasanya terbatas di coklat, keju, dan aneka selai, sekarang makin inovatif lho. Ada yang pakai silverqueen, Oreo, sampai ice cream greentea. Mantep banget kan? Penampilan roti bakar yang disajikan juga nggak gitu-gitu aja lho. Semuanya ditata cantik biar makin instagenic. Pasti itu kan yang kamu cari? Kalau iya, berarti kamu harus makan di sini:

 

Eat Happens

Cuma di Eat Happens kamu bisa nemuin street food Indonesia yang enak-enak kumpul jadi satu. Meski yang dijual itu street food, tempat makannya cozy banget lho, dijamin kamu bakal betah nongkrong di sini. Menunya ada banyak banget dan sebagian besar emang lagi happening banget, seperti pizza, martabak dengan topping kekinian, rice bowl, green dan brown burger, nasi goreng, mie ayam hijau, dan pastinya roti bakar. Salah satu menu roti bakar yang harus banget kamu cobain di sini Bread Instagram with Oreo yang bentuknya mirip kayak icon Instagram. Keren kan?

 

Lokasi:

Eat Happens

- Jl. Tebet Utara Dalam No. 2A, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:193.

- Rukan Grand Galaxy City, Jl. Pulo Sirih Barat Raya, Bekasi Selatan, Bekasi. Telp. (021) 83792042.

 

3. Bubur Ayam

Photo source: Instagram - @kulinerjabodetabek

Ini dia salah satu menu sarapan yang bisa bikin hari makin semangat. Semangkok bubur dengan suwiran ayam, telor setengah matang, dan kuah yang gurih banget emang nggak pernah gagal bikin perut tersenyum. Sebenernya sih nggak cuma buat sarapan aja. Bubur ayam itu enak kok di makan kapan aja. Menu ini jadi salah satu comfort food kesukaannya para pecinta kuliner di Jakarta. Nah, tempat paling oke buat nikmatin semangkok bubur ayam enak di Jakarta cuma ada di sini:

 

Bubur Aguan

Bubur Aguan ini enak banget! Porsinya besar dan toppingnya lengkap. Kalau kamu pesan Bubur Ayam Tangki andalannya mereka, kamu bisa menikmati satu mangkok bubur kental, irisan ayam, caipo, dan sledri. Kuah kaldunya gurih banget dan makin mantap kalau kamu juga nambah Sekba alias jeroan babi yang lezat banget itu. Slurppp! Kalau butuh rekomendasi tempat lain buat nikmatin bubur, kamu bisa cek di sini.

 

Lokasi:

Bubur Aguan

Jl. Mangga Besar 1, No.20 B, Tamansari, Jakarta Barat. Telp. (021) 6499963.

 

4. Nasi Goreng Gila

Photo source: Instagram - @raja.makan

Nasi goreng sih udah biasa, kalo nasi goreng gila baru luar biasa. Menu satu ini emang jadi salah satu street food di Jakarta paling enak. Buat yang clueless, Nasi Goreng Gila itu nasi yang digoreng dan dicampur berbagai macam bahan makanan, seperti sosis, bakso, ati ayam, sayuran, daging ayam, bahkan ada juga yang pakai potongan ikan asin. Semuanya dicampur jadi satu dan rasanya berlimpah banget. Beda banget kan sama nasi goreng biasa? Salah satu tempat buat nyicipin nasi goreng gila di Jakarta ada di sini:

 

Nasi Goreng Gila Gondrong Taman Menteng

Taman Menteng itu terkenal banget nasi goreng gilanya. Di kawasan jajan Taman Menteng ada 2 penjual nasi goreng gila dan yang paling enak adalah Nasi Goreng Gila Gondrong. Kombinasi nasi goreng, sosis, dan bakso yang melimpah itu sempurna banget rasanya. Bumbunya meresap sampai ke dalam-dalam. Porsinya pun banyak. Benar-benar gila istimewanya!

 

Lokasi:

Nasi Goreng Gila Gondrong Taman Menteng

Pusat Jajanan Taman Menteng, Jl. HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat.

 

5. Martabak

Photo source: Instagram - @martabaksf_bsd

Street food yang satu ini pasti banyak banget deh penggemarnya. Martabak emang cocok buat jadi temen ngemil di malem hari sambil nonton atau ngobrol-ngobrol bareng keluarga. Hadir dengan 2 jenis, Martabak Telur dan Martabak Manis, kedua-duanya sama-sama spesial. Walaupun sama-sama martabak, ternyata keduanya punya sejarah yang berbeda lho. Kalau penasaran, kamu bisa baca asal-usul martabak di sini. Sekarang di Jakarta makin banyak aja yang jual martabak dengan topping yang bermacam-macam. Rasa dari adonannya pun juga nggak kebanting dengan rasa topping yang mereka tawarkan, sama-sama enak. Buat yang nyari martabak terenak di Jakarta, tempat ini bisa kamu datengin:

 

Martabak San Francisco

Gerai martabak asal Bandung ini emang oke berat. Mereka selalu menghadirkan rasa dan varian baru untuk martabak manis mereka yang rasanya sangat menggoyang lidah. Contohnya martabak Red Velvet dimana adonannya berwarna merah seperti Red Velvet Cake dan toppingnya bisa kamu pilih sesuai seleramu sendiri, mau pakai Nutella, keju, kacang, atau Ovomaltine, semua bebas!

 

Lokasi:

Martabak San Fransisco

- Jl. Bintaro Utama, Sektor 3A, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 33666610.

- Jl. Ir. H. Juanda, Beji, Depok. Telp. (021) 36441000.

- Ruko German Centre, Jl. Kavling Boulevard, Blok AH 2 No. 3, BSD, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 0882-1243-4657

 

Lima street food khas Indonesia di atas punya ciri dan keunikan masing-masing. Kalau di antara kelima makanan tersebut, kamu paling suka yang mana nih? Atau ada street food Indonesia lain yang belum kita bahas? Langsung aja sebutin di kolom Comment. Kalau butuh rekomendasi tempat makan street food di Jakarta, Nibble selalu bisa diandalkan. Klik di sini untuk info lengkap seputar Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble