Foodies Guide To F&B Industry

5 Tips Membuat Makanan Sehat Bebas dari Kontaminasi Silang

January 4, 20195 min readReviews

Kontaminasi silang yang terjadi saat Anda mengolah makanan sehat dapat membahayakan kesehatan. Kondisi ini bisa mengakibatkan alergi makanan atau keracunan makanan. Itulah sebabnya kenapa staff di restoran sebaiknya tahu cara membuat makanan sehat dan belajar cara menghindari kontaminasi silang saat mengolah dan menyiapkan makanan sehat.

Hal ini dapat membuat Anda lebih hemat waktu dan hemat biaya. Memang Anda harus mengeluarkan usaha lebih saat menyimpan makanan, membersihkan bahan makanan dan peralatan masak, serta menyiapkan makanan. Tapi dengan cara ini, Anda bisa menyediakan makanan sehat untuk pelanggan dan kualitas restoran Anda makin terjaga.

Apa Itu Kontaminasi Silang?

makanan-sehat-02

Kontaminasi silang pada makanan sehat terjadi saat mikroorganisme penyebab penyakit berpindah dari satu bahan makanan ke makanan sehat lainnya. Kontaminasi silang menjadi salah satu penyebab utama keracunan makanan. Kontaminasi silang makanan dapat terjadi saat Anda kurang bersih mensterilkan talenan, peralatan masak, atau mencuci tangan. Memang benar memasak makanan sehat pada suhu tertentu bisa mematikan kuman dan bakteri, namun kontaminasi silang terjadi saat bakteri dari makanan mentah berpindah ke makanan sehat yang tidak perlu dimasak.

5 Cara Mencegah Kontaminasi Silang

Anda bisa menghindari kejadian keracunan makanan dengan memperhatikan proses penyimpanan dan cara menyiapkan makanan sehat dengan seksama. Kontaminasi silang dapat terjadi selama makanan disimpan, disiapkan, dan disajikan ke pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus membekali staff restoran Anda dengan pengetahuan cukup untuk mencegah kontaminasi silang pada makanan agar makanan sehat yang Anda sajikan dari dapur tetap terjaga kualitasnya dan kebersihannya sampai di meja pelanggan.

1. Cara Mencegah Kontaminasi Silang Saat Menyimpan Makanan Sehat

makanan-sehat-03

Anda dapat menghindari kontaminasi silang sebelum makanan diolah dengan cara menyimpan makanan sehat dengan cara yang tepat. Menyimpan makanan sehat di kulkas dengan cara yang benar bisa mencegah kontaminasi silang. Kontaminasi silang dapat terjadi saat berbagai jenis makanan disimpan dalam satu wadah yang sama. Pada kondisi ini, segala bakteri dan kuman dapat berpindah dengan bebas dari satu jenis makanan ke makanan sehat lainnya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Simpanlah daging mentah dan produk turunan susu dalam wadah tertutup agar tidak bersentuhan dengan makanan lain.
  • Bahan makanan di kulkas disarankan disimpan dengan cara disusun dari atas ke bawah berdasarkan pada suhu minimum memasak makanan tersebut. Urutannya seperti ini, makanan siap saji berada di posisi paling atas, diikuti dengan makanan laut di bawahnya, potongan utuh daging sapi, daging sapi cincang, dan potongan utuh daging ayam atau unggas.
  • Jika Anda memiliki dana lebih, sebaiknya simpan produk daging dan produk turunan susu di lemari pendingin terpisah dari sayuran, buah, dan makanan siap saji.

2. Cara Mencegah Kontaminasi Silang Saat Menyiapkan Makanan Sehat

makanan-sehat-04

Biarpun makanan sehat sudah disimpan dengan cara yang benar, masih ada kemungkinan terjadinya kontaminasi silang saat staff Anda menyiapkan makanan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Bersihkan talenan sebelum menggunakan dan meletakkan makanan sehat di atasnya. Jika Anda kurang bersih saat mensterilkan talenan setelah menggunakannya untuk memotong daging mentah, kuman dan bakteri di daging dapat berpindah ke makanan sehat lain yang ditempatkan di atas talenan tersebut.
  • Agar lebih aman, sebaiknya gunakan talenan berbeda untuk setiap jenis makanan. Siapkan talenan berbeda untuk daging mentah, sayuran, makanan laut, daging unggas, buah, dan makanan siap saji. Anda bisa membedakan talenan berdasarkan warnanya.
  • Anda juga bisa menyediakan pisau yang berbeda untuk setiap jenis makanan. Bedakan pisau berdasarkan warnanya, misanya, pisau warna hijau untuk bahan makanan segar, pisau warna putih untuk produk turunan susu, pisau warna kuning untuk daging unggas mentah, warna merah untuk daging sapi atau babi mentah, warna biru untuk makanan laut, dan warna coklat untuk memotong daging yang sudah dimasak.
  • Untuk mencegah kontaminasi silang makanan, sebaiknya simpan peralatan masak jauh dari penyimpanan bahan makanan.

3. Bersihkan Tangan dengan Seksama untuk Menghindari Kontaminasi Silang

makanan-sehat-05

Terkadang kuman dan bakteri bisa menempel di tangan dan baju Anda. Agar ini tidak terjadi, Anda bisa melakukan tips berikut ini:

  • Minta staff restoran untuk menggunakan celemek dan topi koki untuk menghindari makanan sehat terkontaminasi kuman dan bakteri yang berasal dari luar restoran.
  • Agar tangan bebas dari kuman, minta staff Anda untuk menggunakan sarung tangan saat menyiapkan makanan sehat. Pastikan juga staff Anda mengganti sarung tangan tiap memegang jenis bahan makanan yang berbeda. Anda juga harus pastikan para staff mencuci tangannya dengan benar dan tepat setelah selesai mengolah daging mentah.

4. Mencegah Kontaminasi Silang Melalui Alat makan

makanan-sehat-06

Kontaminasi silang juga dapat terjadi saat peralatan makanan tidak diperhatikan dengan seksama. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengaplikasikan tips berikut ini:

  • Saat menyajikan makanan sehat, gunakan peralatan makanan berbeda untuk setiap jenis makanan. Pastikan Anda punya sendok khusus untuk menyajikan daging, ikan, sayuran, dan buah.
  • Jangan pernah meletakkan es batu atau menaburkan garnish dengan tangan telanjang. Selalu gunakan sendok, atau scoop.
  • Peganglah peralatan makanan di bagian gagangnya atau di bagian yang tidak kontak dengan makanan.

5. Produk untuk Menghindari Kontaminasi Silang

makanan-sehat-07

Setelah Anda tahu cara menghindari kontaminasi silang saat makanan sehat disimpan, disiapkan, atau disajikan, kini saatnya Anda mempertimbangkan beberapa produk yang akan membantu Anda menghindari kontaminasi silang, seperti berikut ini:

  • Probe wipes bisa digunakan untuk mensterilkan termometer makanan setelah digunakan.
  • Termometer makanan sekali pakai juga bisa mencegah terjadinya kontaminasi silang karena hanya digunakan satu kali.
  • Label untuk mencatat tanggal kapan makanan disimpan dapat membantu staff restoran menilai apakah makanan masih aman untuk dikonsumsi atau tidak.
  • Gunakan termometer makanan yang berbeda untuk setiap jenis makanan.

Untuk mencegah kontaminasi silang, pastikan staff restoran Anda memperhatikan kebersihan saat menyiapkan makanan. Makanan sehat bisa terkontaminasi kapanpun, saat disimpan, diolah, disiapkan, atau saat disajikan ke meja pelanggan. Itulah sebabnya sebisa mungkin latih staff restoran Anda untuk mengaplikasikan berbagai tips dan metode untuk mencegah kontaminasi silang. Anda bisa menggunakan artikel ini sebagai panduan Anda.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble