Foodies Guide To F&B Industry

6 Cara Aman Menggunakan Pisau

December 31, 20185 min readReviews

Peralatan masak, seperti pisau merupakan bagian penting di dapur restoran. Maka dari itu, sangatlah penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan pisau yang tepat. Saat Anda memiliki bekal tentang bagaimana cara menggunakan pisau yang tepat, risiko kecelakaan dapat dikurangi. Bila Anda belum mengetahuinya, mari simak beberapa tips menggunakan pisau berikut ini.

1. Menggunakan Pisau Tajam Lebih Aman

menggunakan-pisau-02

Saat Anda menggunakan pisau yang  kurang tajam, secara otomatis Anda akan menggunakan lebih banyak tenaga saat memotong sesuatu. Bukan tidak mungkin, pisau tersebut bisa meleset dari target Anda dan risiko luka karena kena pisau akan makin besar. Oleh karena itu, Anda harus memastikan setiap pisau yang ada di dapur restoran Anda dalam keadaan tajam. Untuk menajamkan pisau, Anda bisa menggunakan alat khusus untuk penajam pisau.

Sebagian besar pisau biasanya didesain dengan sudut 20 derajat di setiap sisi ujung pisau. Desain tersebut dapat membuat pisau lebih tahan lama dan lebih tajam. Jika Anda lebih banyak menggunakan bahan makanan yang lembut, Anda bisa menajamkan pisau sampai mencapai 15 derajat. Namun, sudut yang lebih kecil ini akan membuat pisau Anda butuh lebih sering diasah agar tajam dan juga dapat mengurangi daya tahannya. Kalau Anda banyak menggunakan bahan makanan yang keras, pilihlah pisau dengan sudut 20 derajat atau yang derajatnya lebih besar lagi.

2. Pilih Jenis Pisau yang Tepat

menggunakan-pisau-03

Tidak semua jenis pisau cocok untuk digunakan buat memotong segala jenis makanan. Anda harus menggunakan pisau sesuai dengan fungsi, bentuk, dan ukurannya. Saat memilih pisau untuk dapur restoran Anda, Anda harus mempertimbangkan ukuran bilah pisaunya. Misalnya, pisau yang kecil tidak akan mampu berfungsi maksimal untuk memotong daging. Kalau mau memotong daging, sebaiknya gunakan pisau yang lebih besar. Selain itu, pikirkan fungsinya juga. Jika Anda akan lebih sering menggunakan pisau untuk menghilangkan sisik ikan, Anda bisa memilih pisau fillet yang fleksibel. Yang terakhir, pertimbangkan ujung pisaunya. Sebagai contoh, pisau yang bergerigi akan cocok untuk memotong makanan yang bagian tengahnya bertekstur lembut.

Anda juga harus ingat satu hal, pisau tidak boleh dialihfungsikan sebagai alat pembuka kaleng, pengganti obeng, atau untuk menyobek kardus. Saat Anda menggunakan pisau di luar fungsi utamanya, Anda dapat membahayakan diri Anda sendiri, serta membuat pisau lebih cepat rusak. Jadi pastikan Anda melatih staff dapur restoran Anda untuk menggunakan pisau dengan semestinya.

3. Bersihkan Pisau dengan Seksama

menggunakan-pisau-04

Untuk mencegah kontaminasi di makanan, pastikan untuk segera membersihkan pisau setelah selesai digunakan. Jika Anda meninggalkan pisau begitu saja di atas talenan atau di dalam bak pencuci piring, hal ini bisa membahayakan orang lain. Selain itu, pisau juga bisa terkontaminasi kuman atau bakteri. Saat Anda melatih para karyawan restoran untuk selalu rajin membersihkan pisau setelah dipakai dan menyimpannya di tempat penyimpanan, Anda secara otomatis menurunkan risiko kecelakaan dan membuat situasi dapur lebih aman terkendali.

Pisau yang bersih juga lebih mudah digunakan karena sisa makanan yang menempel pada pisau yang kotor akan membuat pisau lebih licin dan staff restoran Anda tidak dapat menggunakan pisau secara efektif.

Agar pisau Anda lebih tahan lama, sebaiknya perhatikan cara membersihkan pisau. Ada pisau yang aman dibersihkan dengan dishwasher, tapi ada juga yang tidak boleh masuk dishwasher. Ada juga pisau yang perlu dibersihkan dengan seksama karena ada bagian-bagian kecil yang bisa menjadi tempat persembunyian kotoran atau sisa makanan.

4. Simpan Pisau di Tempat yang Tepat

Pastikan dapur Anda memiliki tempat khusus untuk menyimpan pisau agar lebih terorganisir dan meminimalisir jumlah kecelakaan karena tertusuk pisau. Saat staff tidak menggunakan pisau, sebaiknya simpan pisau di tempat yang jauh dari tempat para staff menyiapkan makanan. Jangan juga menyimpan pisau begitu saja di dalam laci karena dapat membahayakan staff restoran Anda dan juga membuat pisau cepat rusak. Tempat penyimpanan pisau terbaik adalah dengan meletakkannya di dalam balok khusus untuk menyimpan pisau agar daya tahannya makin lama.

5. Bantu Staff Anda Menggunakan Pisau dengan Benar

menggunakan-pisau-06

Agar selalu aman saat menggunakan pisau, staff restoran Anda harus tahu cara menggunakan pisau yang benar. Jika tidak digunakan secara tepat, pisau dapat melukai staff atau daya tahan pisau akan berkurang. Memegang pisau dengan tidak benar juga akan membuat kualitas makanan yang Anda sajikan menurun.

Aturan pertama yang harus dilakukan oleh para staff restoran adalah selalu menggunakan talenan untuk memotong sesuatu. Ini akan membuat hasil potongan lebih bagus dan tangan Anda juga bisa terlindungi dari tajamnya pisau.

Perhatikan juga posisi tangan Anda saat menggunakan pisau. Tangan yang digunakan untuk memegang pisau harus kuat untuk memegang gagang pisau. Gunakan jari telunjuk dan jempol untuk mengatur kekuatan pisau dan posisikan tangan yang satunya lagi agar tidak terlalu dekat dengan mata pisau.

Saat Anda tidak sengaja menjatuhkan pisau, insting Anda mungkin akan langsung menangkap pisau yang jatuh tersebut. Tapi berhubung pisau itu tajam, biarkan pisau tersebut jatuh ke bawah demi keamanan. Pisau yang jatuh bisa dibersihkan jika kotor. Atau kalau pisaunya rusak, Anda bisa beli yang baru. Tapi kalau tangan Anda terluka karena menangkap pisau, Anda butuh waktu untuk membuat tangan Anda pulih kembali.

Jika Anda tidak yakin tentang cara menggunakan pisau yang benar dan aman, mintalah saran para orang yang lebih berpengalaman.

6. Fokus Perhatikan

menggunakan-pisau-07

Situasi dapur restoran biasanya sangat ramai dan sibuk, tapi tetaplah fokus saat Anda menggunakan pisau. Jika Anda teralihkan oleh sesuatu, berhentilah dulu menggunakan pisau. Dengan cara ini, Anda akan tetap aman selama menggunakan pisau dan hasil kerja Anda akan tetap berkualitas.

Tips menggunakan pisau yang kita jelaskan di atas merupakan tips dasar yang sebaiknya Anda perhatikan dan ikuti dengan seksama. Jika Anda tidak berhati-hati saat menggunakan pisau, alat multifungsi ini bisa berbahaya untuk Anda. Jadi pastikan semua staff Anda terlatih menggunakan pisau dengan tepat.

Photo source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble