Foodies Guide To F&B Industry

6 Cara Meningkatkan Penjualan Restoran

January 18, 20198 min readReviews

Jika Anda berkecimpung di industri kuliner, Anda pasti tahu persaingannya sangatlah ketat. Banyaknya restoran saingan dan cepatnya perubahan tren makanan akan membuat Anda makin kesulitan mempertahankan bisnis restoran Anda. Bukan tidak mungkin akan ada waktu di mana Anda rugi dan tidak bisa bertahan.

Salah satu hal cara meningkatkan penjualan restoran adalah dengan menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang sudah setia. Namun, bagaimana caranya agar para pelanggan Anda mau membeli lebih banyak makanan dan minuman di restoran Anda tanpa harus menekannya? Mari kita baca beberapa teknik cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

1. Menarik Pelanggan Baru Datang ke Restoran Anda

cara-meningkatka-penjualan-02

Kesan pertama itu sangatlah penting. Pelanggan lama mungkin tidak akan mempermasalahkan hal ini daripada pelanggan baru. Jadi jangan merasa ragu-ragu untuk berusaha lebih keras untuk meninggalkan kesan yang mendalam untuk pelanggan baru Anda. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

A. Bikin Pop Up Restoran di Event Kuliner

Jika di area Anda memiliki event kuliner yang diadakan secara reguler, berpartisipasilah membuat pop up restoran di event tersebut. Dengan cara ini, orang-orang bisa mengetahui eksistensi restoran Anda dan bukan tidak mungkin kalau mereka akhirnya penasaran dan mengunjungi restoran Anda.

B. Gunakan Cara Pemasaran yang Tepat untuk Menarik Pelanggan Baru

Banyak metode pemasaran tradisional yang bisa Anda coba, seperti menyebar brosur, memasang banner, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya metode pemasaran tersebut menghabiskan banyak uang. Jangan khawatir, Anda bisa menerapkan teknik marketing yang lebih modern, seperti membangun citra yang kuat di social media. Anda juga bisa beriklan di social media yang biayanya tentu jauh lebih murah daripada membayar iklan di koran. Jangan lupa untuk mendorong para pelanggan menulis ulasan saat mereka datang ke restoran Anda. Setelah mendapatkan ulasan, Anda bisa memposting ulang ulasan tersebut ke akun social media Anda.

C. Berikan Promo untuk Pelanggan Baru

Anda bisa memberikan kupon agar pelanggan baru tertarik untuk berkunjung lagi. Atau Anda bisa memberikan hidangan pembuka atau dessert gratis kepada mereka. Cara meningkatkan penjualan ini akan menunjukkan kepada mereka kalau Anda sangat menghargai kehadiran mereka.

2. Pertahankan Kesetiaan Pelanggan Lama Anda

cara-meningkatka-penjualan-03

Kalau Anda pernah menjadi pelanggan tetap sebuah restoran atau cafe, Anda pasti tahu rasanya saat semua staff restoran mengenal Anda. Makan di restoran tidak hanya sekedar untuk mengisi perut, tapi juga untuk bersosialisasi. Sentuhan personal, pelayanan yang memuaskan, dan beberapa fasilitas di restoran akan menjadi cara meningkatkan penjualan yang paling jitu.

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai perbandingan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan baru vs menarik pelanggan lama. Sebenarnya, mempertahankan loyalitas pelanggan lama jauh lebih murah. Perbedaan biaya paling besar terletak di pemasaran. Misalnya, untuk menarik pelanggan lama, Anda memasang billboard di area Anda. Memang benar billboard akan menjangkau ribuan orang baru agar lebih aware tentang keberadaan restoran Anda, tapi tidak bisa disangkal, hanya sedikit orang yang akan mengunjungi restoran Anda hanya dengan melihat billboard.

Untuk menghemat biaya pemasaran, Anda bisa menjadikan pelanggan lama Anda sebagai pengiklan restoran yang bisa Anda andalkan secara gratis. Pemasaran yang tersebar dari mulut ke mulut adalah salah satu cara meningkatkan penjualan yang terbaik. Biasanya kebanyakan orang tidak percaya pada iklan berbayar, tapi mereka percaya pada rekomendasi temannya. Ini berarti pelanggan lama Anda sangat berharga bagi kesuksesan bisnis restoran Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempertahankan kesetiaannya dengan cara berikut ini:

A. Buatlah Program Customer Loyalty

Ada banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk menjalankan program customer loyalty. Namun ada satu cara yang paling sering dilakukan, yaitu dengan memberikan membership card yang bisa melacak frekuensi kedatangan mereka. Lalu Anda bisa memberikan pilihan menu gratis jika pelanggan Anda sudah berkunjung dan menghabiskan uang dalam jumlah tertentu. Anda bisa menawarkan menu pembuka atau minuman gratis karena biasanya harganya tidak terlalu mahal.

B. Terlibat dalam Komunitas Lokal

Mengadakan charity event menjadi cara terbaik untuk terlibat dalam komunitas lokal. Misalnya, Anda bisa memilih hari di mana Anda akan menyumbangkan 10% dari keuntungan Anda untuk amal. Anda bisa mengiklankan kegiatan amal ini sehingga orang-orang tahu dan tertarik untuk makan di restoran Anda untuk beramal. Anda juga bisa mengadakan acara cooking class, beer tasting, atau acara lain yang bisa mengedukasi para pelanggan tentang produk makanan dan minuman yang Anda jual.

C. Terlibat dalam Acara

Contoh yang paling sederhana adalah menawarkan tempat untuk suatu acara, misalnya gathering komunitas tertentu. Atau Anda juga bisa menghadirkan live band untuk menghibur para pengunjung secara reguler. Hal-hal ini akan membuat para pelanggan merasa nyaman, dan betah di restoran Anda. Itu artinya, mereka akan lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli makanan dan minuman di restoran Anda.

3. Berikan Berbagai Pilihan untuk Memesan Makanan

cara-meningkatka-penjualan-04

Banyak calon pelanggan potensial yang mungkin tidak punya waktu untuk mengunjungi restoran Anda. Untuk memenuhi kebutuhan mereka, Anda bisa menerapkan berbagai pilihan agar mereka lebih mudah memesan makanan Anda. Metode ini bisa menjadi cara meningkatkan penjualan yang sangat tepat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

A. Delivery Service

Jika ada budget lebih, Anda bisa menghadirkan layanan pesan antar untuk pelanggan sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke restoran Anda.

B. Bekerja Sama dengan Gojek atau Grab

Dengan kemajuan teknologi saat ini, di mana banyak orang yang enggan keluar dan lebih memilih memesan makanan dengan aplikasi, Anda harus secara aktif menyediakan layanan ini juga. Agar lebih menarik, Anda bisa memberikan penawaran khusus untuk pelanggan yang memesan lewat aplikasi ini.

4. Latih Pelayan Anda Mengaplikasikan Teknik Upselling

cara-meningkatka-penjualan-05

Pelayan yang berpengalaman bisa menjadi cara meningkatkan penjualan restoran. Yang mereka harus lakukan adalah membangun percakapan dengan para pelanggan. Teknik upselling yang tepat akan membuat pelanggan merasa terbantu dengan penjelasan para pelayan restoran, tapi tidak merasa tertekan dalam menentukan pilihan. Berikut beberapa tips upselling yang bisa Anda ajarkan kepada staff restoran Anda:

A. Menjelaskan Menu

Kesempatan pertama untuk melakukan upselling adalah saat pelanggan Anda duduk. Sebelum mereka memesan minuman, ajarkan pelayan restoran Anda untuk merekomendasikan menu minuman paling favorit di restoran Anda. Cara meningkatkan penjualan ini bisa membuat para pelanggan tertarik untuk memesan minuman spesial di restoran Anda.

B. Tawarkan Makanan

Anda bisa menerapkan teknik di atas untuk menawarkan makanan. Ajarkan para staff untuk menjelaskan menu makanan kepada pelanggan. Cara meningkatkan penjualan lainnya adalah dengan menanyakan ke pelanggan apakan mereka ingin memesan tambahan untuk menu yang mereka pilih, misalnya tambahan keju, tambahan topping, atau lainnya. Tapi pastikan juga Anda memberikan info harga dari tambahan tersebut agar pelanggan Anda tidak bingung saat melihat billnya.

C. Sarankan untuk Mencoba Menu Lain

Saat pelanggan Anda sudah selesai menyantap pesanannya, Anda bisa menyarankan mereka untuk mencoba dessert. Berikan nama dessert yang menarik agar pelanggan Anda penasaran untuk mencobanya.

5. Memaksimalkan Tingkat Table Turnover

cara-meningkatka-penjualan-06

Semakin banyak makanan yang Anda jual, semakin banyak juga keuntungan yang Anda dapat. Cara meningkatkan penjualan yang paling cepat adalah dengan melayani lebih banyak pelanggan. Ini artinya table turnover memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan. Tapi patut diingat, Anda tidak bisa mengontrol seberapa lama waktu yang dihabiskan pelanggan di restoran Anda. Untuk memastikan table turnover Anda berjalan dengan maksimal, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

A. Ciptakan Sistem Seating yang Terorganisir

Misalnya dengan memperbolehkan pelanggan melakukan reservasi. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk tahu berapa pelanggan yang akan datang.

B. Atur Jadwal Staff Restoran

Pastikan restoran Anda memiliki jumlah staff yang cukup untuk melayani seluruh pelanggan yang datang ke restoran Anda. Anda bisa melatih staff Anda untuk mengangkat semua piring kotor milik pelanggan di waktu yang tepat dan menawarkan untuk mengambilkan bill saat pelanggan sudah selesai makan.

C. Perhatikan Furnitur yang Anda Gunakan

Ada furnitur yang diciptakan agar pelanggan betah berlama-lama duduk di kursi tersebut. Anda bisa menggencarkan berbagai trik saat mengatur furnitur. Misalnya dengan memberi tempat yang lebih kecil untuk orang-orang yang hanya datang berdua atau sendiri, sehingga Anda masih memiliki area tempat duduk yang besar untuk menjamu orang-orang yang datang rame-rame.

6. Hadir di Internet

cara-meningkatka-penjualan-07

Di era digital seperti saat ini, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang untuk membuka internet. Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat situs buat restoran Anda. Pastikan situs Anda memiliki tampilan yang baik saat dibuka melalui handphone, komputer, atau tablet.

Selain itu, Anda juga bisa membuat akun social media untuk restoran Anda. Jika Anda tidak punya waktu untuk mengurusnya, Anda bisa menunjuk satu orang yang bertanggung jawab pada aktivitas di social media. Dengan memiliki social media, Anda bisa memberikan pengumuman mendadak ke pelanggan. Misalnya, pengumuman jika ada menu baru, atau pengumuman saat restoran harus terpaksa ditutup karena ada private occasion, dan lain sebagainya.

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan saat mengimplementasikan cara meningkatkan penjualan adalah mengevaluasi langkah yang sudah Anda ambil. Anda juga harus secara aktif memikirkan berbagai cara meningkatkan penjualan restoran. Jadi, cara mana yang akan Anda pilih?

Photos source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble