Foodies Guide To F&B Industry

6 Jajanan Akrab bagi Anak Kantoran di Bulan Puasa

May 14, 20194 min readFoodie Trends

Sepertinya sudah jadi tradisi setiap Ramadan, khususnya di sekitar perkantoran, yaitu munculnya penjual aneka ragam jajanan jelang buka puasa. Makanan yang pada hari biasa penjajanya jarang kelihatan ini bisa mendadak hadir setiap hari selama bulan Ramadan di depan kantor kita.

Ragam jajanan ini sangat menggoda untuk dijadikan takjil lantaran kemudahan konsumsi dan penampilan menarik mereka. Mulai dari kolak, berbagai varian es, hingga gorengan terlihat lezat sekali disantap karena sudah puas seharian menahan lapar. Buat nibblers yang biasa hunting kuliner untuk buka puasa, kali ini kita akan bahas 6 jajanan yang abang penjualnya mudah ditemukan selama Ramadan.

1. Kolak

kolak

Photo source: @emihacikenz

Kolak merupakan salah satu makanan yang paling sering ditemukan selama bulan puasa. Rasanya bulan Ramadhan belum lengkap tanpa kehadiran kolak. Untungnya, sekarang kita tak harus memasak kolak sendiri untuk menikmatinya sebagai takjil. Kolak sangat mudah ditemukan di mana-mana, apalagi di area perkantoran.

Ragamnya Kolak yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Kolak Pisang, Kolak Labu Kuning, bahkan Kolak Biji Salak. Kemasannya yang praktis (biasanya disajikan dalam gelas plastik lengkap dengan sendoknya) menjadikan mudah bagi nibblers untuk menyantapnya. Tidak heran kalau banyak pekerja kantoran sering mengandalkan kolak sebagai bukaan sebelum makan besar.

2. Gorengan

gorengan

Photo source: @ocha_chupid

Tak bisa dipungkiri, gorengan adalah salah satu makanan paling praktis, baik sebagai cemilan maupun untuk buka puasa. Memang gorengan bisa ditemukan walau sedang tidak bulan puasa, namun ada beberapa hal unik yang takkan nibblers temui yang menjadikannya beda.

Beberapa hal yang membedakan gorengan bulan puasa antara lain adalah tersedianya tambahan bumbu kacang, hadirnya lontong isi sayur atau oncom sebagai pendamping, dan ukuran gorengan yang cenderung lebih besar dari biasanya.

Entah kenapa, makanan sederhana seperti gorengan bisa jadi sesuatu istimewa, apalagi setelah berpuasa seharian.

3. Kebab

kebab

Photo source: @iluvnomnom

Bersyukurlah jika di daerah perkantoran kamu terdapat penjual Kebab. Sebab makanan khas Timur Tengah ini yang berisi daging, sayuran dan saus khusus yang digulung dalam roti tortila bisa jadi alternatif bukaan, sekaligus makan malam bergizi.

Yang menjadikan rasa daging dalam Kebab tidak seperti daging biasa adalah proses masaknya yang dililitkan pada tusukan besi panjang dan dipanggang dalam posisi tegak.

Daging lalu dipotong tipis-tipis sebelum diletakkan dalam roti tortila. Bumbu rempah di dalam daging sangat terasa di lidah sehingga akan membuat kamu tidak bisa berhenti menyantapnya.

4. Sop Buah

sop buah

Photo source: @yohanessigitscj

Setelah puasa seharian, salah satu bukaan yang banyak dicari pegawai kantoran adalah sesuatu yang dingin dan menyegarkan. Itu mungkin salah satu alasan kenapa pada bulan Ramadan pedagang sop buah cenderung meramaikan area kantoran.

Minuman yang satu ini memadukan air dengan campuran sirup dan potongan buah segar, seperti alpukat, melon, nanas, pepaya, atau apel. Bahkan kadang ada yang mencampurkan jeli atau nata de coco juga ke dalamnya. Agar rasanya makin segar, banyak Sop Buah yang disajikan dengan tambahan topping susu kental manis. Rasa asam dan manis yang menyatu di mulut membuat minuman ini paling diincar selama bulan puasa.

5. Kue Pukis dan Kue Cubit

kue pukis

Photo source: @makanmana

Kadang nibblers mencari sesuatu yang kecil yang mudah dilahap sembari dalam kendaraan dan terpaksa buka di jalan. Terdapat banyak opsi, tapi jika nibblers cari sesuatu yang manis, Kue Cubit dan Kue Cubit mungkin bisa jadi pilihan.

Tak hanya manis, tapi ukurannya yang mungil bisa jadi pengganjal perut sekali lahap (tergantung ukuran mulut nibblers sih) menjadikannya takjil praktis. Dengan banyaknya inovasi, jarang heran jika nibblers menemukan Kue Pukis dengan berbagai rasa unik seperti keju, coklat atau pandan. Kue Cubit pun sekarang ada yang hadir dengan varian teh hijau.

Harga dari kedua kue ini yang relatif murah sehingga tak heran banyak pegawai kantoran memburunya sembari menunggu bunyi bedug.

6. Cimol dan Cilok

cilok

Photo source: @kohkuliner

Cimol dan Cilok adalah pilihan lain buat bukaan yang cocok buat nibblers yang tak suka ribet. Jajanan khas Bandung yang mirip bakso ini biasanya disajikan dalam kantong plastik. Dengan lidi sebagai alat makan, nibblers tak perlu pusing mikirin tangan akan kotor karena bisa dengan mudah memasukkan bola-bola kenyal ini ke dalam mulut.

Dengan pilihan topping bumbu kacang atau bubuk cabe, rasa cimol jadi jadi lebih memuaskan sambil dibawa jalan.

Jadi tidak perlu khawatir menahan lapar lebih lama karena harus pulang kantor telat. Ada banyak jajanan kaki lima yang mudah sekali ditemukan di area perkantoran. Bagaimana dengan nibblers? Apa jajanan favorit kamu untuk berbuka puasa? Ceritakan yuk jajanan kesukaan kamu di kolom komentar.

Related Articles

Connect with Nibble