Foodies Guide To F&B Industry

6 Restoran Mewah Khas Indonesia di Jakarta Untuk Mencicipi Kayanya Hidangan Nusantara

January 30, 20166 min readFoodie Trends

Fine dining di restoran yang menyediakan berbagai makanan western sudah jadi hal yang biasa. Pernah nggak kamu kepikiran ngajakin pacar makan restoran mewah di Jakarta khas Indonesia? Mungkin kamu berpikir, apa spesialnya, di rumah kan juga bisa makan makanan Indonesia. Jangan salah, makanan Indonesia itu nggak kalah mewah dengan makanan luar negeri. Apalagi dengan kayanya budaya kita, beragamnya cara masak hidangan Indonesia, dan adanya ratusan jenis rempah-rempah khas Indonesia, membuat masakan Indonesia makin kompleks dan sebenarnya lebih kaya dalam cita rasa dibanding makanan western. Jadi nggak ada alasan lagi deh buat menomorduakan restoran Indonesia. Nah, kalau kamu sudah makin mantap buat ngerasain fine dining dengan makanan ala anak bangsa, ini dia 6 restoran mewah di Jakarta yang Indonesia banget makanannya.

1. Eastern Opulence

fine-dining-makanan-indonesia-02

Photo source: @songofmarch

fine-dining-makanan-indonesia-03Photo source: @spiceupyourpalette

Berlokasi di Dharmawangsa, Eastern Opulence siap menjamu kamu dengan ragam makanan Indonesia yang sangat lezat. Meskipun menghadirkan makanan tradisional, semua menunya tetap dihidangkan dengan penampilan yang elegan dan berkelas. Salah satunya adalah Gurame Goreng. Ini bukan Gurame biasa. Dalam menu ini terdapat potongan buah mangga lobak, dan siraman saus rujak yang bikin rasanya makin segar. Pengalaman kulinermu di restoran mewah di Jakarta ini juga semakin sulit dilupakan dengan interior mereka yang wah dan Instagramable.

 

Lokasi:

Eastern Opulence

Jl. Cipaku 1 No. 85, Dharmawangsa, Jakarta 12170. Telp. (021) 27081258.

2. Bunga Rampai

Photo source: only1ivy

Photo source: only1ivy

Restoran mewah di Jakarta yang satu ini menempati salah satu rumah peninggalan Belanda di Menteng. Pertama dibuka tahun 2007 dan tempatnya cantik banget sampai-sampai kamu bisa bergumam “wow” berkali-kali dari pertama menginjakkan kaki di Bunga Rampai. Tempat makan khas Indonesia ini tidak hanya terkenal di kalangan ekspat, tapi juga jadi salah satu restoran favorit Presiden kita. Tiap area di Bunga Rampai punya dekorasi yang beda-beda, tapi tetap dalam satu tema besar yang sama: kolonial. Variasi masakannya sendiri terbatas pada hidangan Indonesia dan Belanda. Yang paling recommended di sini adalah Nasi Buketan di mana kamu bisa mencicipi beberapa makanan tradisional Indonesia, seperti sate daging, tempe, ayam, dan lain-lain dalam satu piring. Selain itu, ada juga Nasi Goreng Kampung Menteng yang dijamin bisa menggugah selera siapapun. Buat hidangan penutupnya, pesan Es Bunga Rampai yang nggak akan bisa kamu temukan di mana-mana. Mantap!

Lokasi:

Bunga Rampai

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31926224.

3. Kembang Goela

Photo source: jktgo

Photo source: deluxshionist

Kembang Goela jadi salah satu tempat makan masakan Indonesia kelas premium yang lokasinya di tengah kota, daerah Sudirman. Meski tempatnya strategis, lokasi restoran mewah di Jakarta ini cukup tersembunyi, di bangunan yang terpisah di dalam Plaza Sentral. Kalau kamu penasaran, kata Kembang Goela sendiri sebenarnya adalah bahasa jaman dulunya permen yang sekarang sudah jarang banget digunakan lagi. Interior restoran ini dipercantik dengan gaya kolonial dan berbagai pajangan antik yang bisa membuat kamu terpukau. Bagaimana dengan makanannya? Kembang Goela menyajikan beragam hidangan Indonesia dengan sentuhan Belanda dan peranakan. Buat yang suka pedas, pasti kamu akan suka makan di Kembang Goela, pasalnya banyak menu mereka yang bercita rasa pedas, seperti Dendeng Balado dan Ayam Mevrouw Lientje yang super enak. Buat yang nggak suka pedas tapi tetap ingin merasakan makanan tersebut, bisa minta versi yang tidak terlalu pedas. Puas dengan main course, kamu bisa cobain snack khas Indonesia, seperti Pisang Gentjet dan Kue Jongkong. Suasana dan makanan di Kembang Goela bakal bikin kamu pengen balik lagi deh ke sana.

Lokasi:

Kembang Goela

Plaza Sentral, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 5205625.

4. Harum Manis

Photo source: jktgo

Photo source: rebeccasaw

Restoran mewah di Jakarta ini unik banget! Selain menyajikan kemewahan makanan Indonesia dan menyuguhkan keeleganan nuansa tradisional Jawa di setiap sudut ruangannya, Harum Manis juga rutin mempertontonkan budaya khas Indonesia lewat pertunjukkan musik dan theater. Mengedukasi tamu, baik turis atau masyarakat lokal, dengan kebudayaan Indonesia jadi satu misi Harum Manis yang patut dapat acungan jempol. Kamu bisa menikmati pertunjukkan seru tersebut dengan balutan suasana hangat dan nyaman khas Ningrat House sambil ditemani sejumlah makanan Indonesia yang pecah banget rasanya. Salah satu yang paling dicari banyak orang dan jadi signature dish Harum Manis adalah Sate Satu Meter. Yup, kamu nggak salah baca, SATU METER! Jadi kalau kamu pesan ini, kamu bisa ngedapetin berbagai varian sate, mulai dari Sate Sapi Wagyu, Sate Kambing, Sate Pentul, Sate Lilit, Sate Ayam, Sate Maranggi, Sate Kleweran, Sate Kikil, dan Sate Lidah. Wow, gokil banget kan?

Lokasi:

Harum Manis

Apartemen Pavilion, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 57941727.

5. Tugu Kunstkring Paleis

Photo source: tuguhotels

Photo source: Travel Kompas

Mau ngerasain suasana super romantis saat fine dining di restoran mewah di Jakarta khas Indonesia? Datanglah ke Tugu Kuntskring Paleis yang dulunya jadi tempat di mana Buddha Bar berdiri. Di sini tempat paling sempurna buat menikmati makanan Indonesia sambil mengagumi sejumlah karya seni yang umurnya sudah tua. Tugu Kunstkring Paleis menyulap bangunan tua peninggalan Belanda yang dulunya sempat jadi gedung imigrasi menjadi restoran legendaris dengan 7 ruang makan tematik yang luar biasa. Dijamin kamu nggak akan nyesel deh fine dining di sini. Untuk rasa makanan juga nggak perlu kuatir. Mereka menawarkan makanan Indonesia dengan nuansa peranakan dan salah satu menu yang cukup mewakilkan sajian di  Tugu Kunstkring Paleis adalah Tugu Rijsttafel Betawi. Ada 12 hidangan yang bisa kamu cicipi hanya dengan memesan satu menu ini. Lengkap banget kan? Oh iya, kalau kamu mau tahu restoran legendaris di Jakarta, klik aja di sini.

Lokasi:

Tugu Kunstkring Paleis

Jl. Teuku Umar No. 1, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3900899.

6. Lara Djonggrang

Photo source: jktgo

Photo source: tuguhotels

Makan di Lara Djonggrang rasanya seperti ada di dalam rumah antik dan museum sekaligus. Lara Djonggrang merupakan salah satu restoran yang dikelola oleh Tugu Hotels Group selain Tugu Kuntskring Paleis dan Dapur Babah di Jakarta. Sesuai dengan namanya, restoran mewah di Jakarta ini mendokumentasikan legenda tentang Lara Djonggrang yang misterius dan mistik dalam nuansa romantis yang unik di seluruh ruangannya. Nah, kalau mau makanan yang dijamin bisa bikin perutmu kenyang, Pasar Nelayan Kampung Tugu yang berisi berbagai hidangan laut, seperti lobster, udang, dan oyster bisa jadi pilihan utamamu. Buat yang vegetarian, Setupan Sayur 8 Macam bisa juga kamu cobain. Spesialnya lagi, kamu juga bisa menikmati legenda Lara Djonggrang ditemani segelas bir atau wine sambil bersantai di La Bizhad yang juga jadi bagian di restoran etnik ini.

Lokasi:

Lara Djonggrang

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3153252.

Pilihan restoran fine dining di atas mungkin agak berbeda dari biasanya, tapi ingat, kalau kamu makan di salah satu restoran mewah khas Indonesia di atas, kamu jadi bisa menambah wawasan dan mengapresiasi budaya Indonesia juga lho. So kalau ke sana, jangan lupa berbagi pengalaman kulinermu di Nibble ya. Buat yang belum tahu Nibble, klik di sini aja.

Cover photo source: tuguhotels

Related Articles

Connect with Nibble