Foodies Guide To F&B Industry

6 Restoran Tonkatsu Paling Enak di Jakarta

July 15, 20195 min readFoodie Trends

Setiap kita pergi ke restoran Jepang, salah satu menu yang selalu kita bayangkan pasti adalah katsu. Katsu merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terbuat dari irisan daging yang biasanya digoreng dengan tepung roti.

Istilah katsu diperkenalkan di Jepang pada masa kekuasaan Meiji, yaitu pada kisaran tahun 1868 hingga 1912.

Memiliki berbagai variasi, seperti tonkatsu dan gyukatsu, sayangnya di Indonesia hanya chicken katsu yang dikenal luas. Hal ini wajar karena beberapa restoran cepat saji khas Jepang hanya menjual menu chicken katsu.

Penasaran dimana saja kalian bisa menemukan restoran tonkatsu yang enak di Jakarta? Berikut ini 6 restoran tonkatsu terbaiknya!

Ebisuya

restoran tonkatsu ebisuya

Photo source: eatandtreats.blospot.com

Memiliki nama yang terinspirasi dari dewa para pemancing di Jepang, Ebisuya saat ini memiliki 2 gerai yang berada di Penjaringan dan Karawaci.

Jika kalian liat dari depan, Ebisuya hanya terliat seperti restoran biasa. Namun, ketika kalian mulai masuk ke dalam restoran, akan langsung terasa ambiance seperti berada di Jepang. Banyak pernak-pernik khas Jepang yang berada di dalam Ebisuya, seperti chochin dan lukisan jepang. 

Ebisuya juga memiliki ruang private yang dibatasi dengan pintu geser bambu khas Jepang. Bagi kalian yang menyukai makan dengan lesehan, tersedia juga tatami yang bisa digunakan.

Bagi pecinta daging babi, Ebisuya memiliki 2 menu yang menggunakan daging babi sebagai bagian dari katsu. Pork katsu tersedia dengan harga Rp58.000 untuk ala carte dan Rp93.000 untuk set. Sedangkan pork katsu curry dapat kalian nikmati dengan harga Rp80.000 untuk ala carte dan Rp115.000 untuk set. 

Yang pasti, pork katsu dari Ebisuya sudah dikenal karena memiliki adonan kulit katsu yang crispy dan dagingnya yang tebal.

Lokasi:

Ebisuya

Jl. Bandengan Utara No. 20, Penjaringan.

Nagomi

restoran tonkatsu nagomi

Photo source: altheahangout.blogspot.com

Jika kalian menyukai tempat yang lebih sepi dan terkesan private untuk makan, maka Nagomi bisa menjadi salah satu pilihan. Tempatnya yang hanya bisa menampung sedikit pengunjung justru menjadi sebuah kelebihan dari restoran tonkatsu ini.

Berada di salah satu sentra kuliner Jakarta Utara, Nagomi memiliki beberapa menu daging yang bisa dipilih. Salah satunya adalah tonkatsu dengan harga Rp62.000.

Menu daging babi di Nagomi dikenal memiliki rasa yang autentik dengan di Jepang. Tidak heran banyak ekspatriat asal Jepang yang sering mengunjungi restoran tonkatsu satu ini meskipun berada agak jauh dari pusat kota Jakarta.

Lokasi:

Nagomi

Jl. Boulevard Barat Raya, Blok LC 7 No. 33, Kelapa Gading

Izakaya Kai

restoran tonkatsu izakaya kai

Photo source: eatandtreats.blogspot.com

Jika kalian mencari sajian tonkatsu Jakarta yang tidak sama dengan tonkatsu di tempat lain, kalian bisa mencarinya di Izakaya Kai. Biasanya dikenal lewat berbagai varian cake-nya, Izakaya Kai diam-diam memiliki olahan daging babi yang harus kalian coba.

Demam keju beberapa tahun lalu ternyata juga diikuti oleh Izakaya Kai. Tidak mau ketinggalan, Izakaya Kai menawarkan tonkatsu yang juga diisi dengan keju. Selain itu, juga tersedia menu nasi kare dengan tambahan tonkatsu yang berisi keju. 

Keunikan ini wajar ditemukan di Izakaya Kai, karena salah satu pemilik Izakaya Kai adalah seorang Chef yang berlatih langsung di bawah arahan Gordon Ramsay.

Memiliki interior klasik Jepang, Izakaya Kai menawarkan ambiance yang tenang sehingga cocok untuk dijadikan tempat makan sendiri ataupun bersama pasangan.

Lokasi:

Izakaya Kai

Jl. Pluit Kencana No. 59, Pluit

Tontoki

restoran tonkatsu tontoki

Photo source: @tontoki.id

Tontoki memang merupakan restoran tonkatsu yang secara khusus menjadikan daging babi sebagai bahan baku utama semua menunya.

Salah satu menu best seller yang disajikan di Tontoki adalah rosu katsu dan senmai katsu cheese. Yang unik, jika kalian ingin mencoba menu rosu katsu, ada pilihan untuk mengganti daging babinya dengan daging babi dari Spanyol.

Dijamin daging babinya akan lebih gurih dan kenyal. Disini kalian juga bisa menikmati nasi kare dengan tonkatsu seperti di Izakaya Kai.

Beberapa menu di Tontoki memang menyediakan menu daging babi yang beragam, mulai dari daging babi yang berasal dari Spanyol, Amerika Serikat, dan Jerman.

Memiliki gerai yang tidak terlalu besar, Tontoki mampu menyulapnya seakan terlihat lebih luas dengan interior yang simpel. Tersedia juga beberapa ruangan tertutup jika kalian ingin menyantap makanan dengan suasana yang lebih private.

Lokasi:

Tontoki

Mid Plaza 1, Lantai Basement. Jl. Jendral Sudirman, Sudirman

Katsutoku

restoran tonkatsu katsutoku

Photo source: tasteofjapan.jp

Sesuai namanya, restoran tonkatsu yang satu ini memang menjadikan beragam menu katsu sebagai sajian utamanya.

Berada di salah satu pusat bisnis Jakarta, Katsutoku selalu menjadi pilihan bagi para pekerja karena tempatnya yang strategis. Selain itu, suasana kedai kecil khas Jepang akan bisa kalian rasakan disini.

Katsutoku sering disebut sebagai restoran tonkatsu yang menyajikan tonkatsu terbaik di Jakarta. Tonkatsu Jakarta di Katsutoku disajikan dengan daging babi pilihan dan memiliki lapisan luar yang sangat crunchy.

Tonkatsu di Katsutoku dijual dengan 2 pilihan varian berdasarkan beratnya. Menjual tonkatsu dengan berat 120g dan 160g, tonkatsu di Katsutoku dijual dengan harga Rp125.000 hingga Rp205.000

Lokasi:

Katsutoku

Sentral Senayan 1, Lantai Basement, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan

Katsu YA

restoran tonkatsu silviasalim-katsu-ya

Photo source: @silviasalim

Mirip dengan Katsutoku, Katsu YA juga menjual beragam menu katsu. Namun, Katsu YA memiliki menu yang lebih beragam.

Meskipun memiliki gerai yang bisa dibilang cukup kecil, Katsu YA mampu membuat sebuah ambiance yang pasti akan membuat kalian betah berlama-lama disana. Perpaduan antara berbagai pernak-pernik khas Jepang dengan pernak-pernik modern membuat restoran tonkatsu ini terasa homey.

Jika datang bersama dengan teman-teman, menu pork platter bisa menjadi salah satu menu yang kalian coba. Dengan harga Rp480.000 kalian akan mendapatkan satu piring besar yang berisikan tonkasu dan ebi tempura. 

Selan itu, kalian juga bisa menikmati sajian rosu katsu yang disajikan dengan kelembutan roti. Menu yang unik ini dinamakan rosu katsu sando dengan harga Rp36.000.

Lokasi:

Katsu YA

Ruko Garden House, Blok B No. 23, Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk

Bagaimana dengan rekomendasi kami? Tenang, pokoknya list ini sudah terisi restoran-restoran tonkatsu the best di Jakarta deh!

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble