Foodies Guide To F&B Industry

7 Babi Guling di Jakarta Buat Kamu Yang Lagi Kangen Bali

May 10, 20175 min readTips & Tricks

Salah satu makanan khas Bali yang jadi kesukaan banyak orang adalah Babi Guling. Kini tak perlu jauh ke Bali saat kangen makan ini, sudah banyak Babi Guling di Jakarta yang rasanya hampir menyamai Bigul yang ada di Pulau Dewata. Sebenarnya, jaman dulu Babi Guling hanya disajikan saat perayaan atau momen spesial tertentu saja. Tapi sekarang, makin banyak restoran yang menjual Bigul agar bisa dinikmati kapan saja.

Seperti namanya, proses memasak Babi Guling itu dengan cara dipanggang dan diguling-guling. Makanan ini sangat spesial karena hampir tidak mungkin untuk kita membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat Babi Guling, diperlukan satu ekor Babi muda. Sebelum dimasak, semua isi perut Babi dikeluarkan dan diganti dengan Basa Gede alias rempah-rempah dalam jumlah yang sangat besar. Sepiring Babi Guling tidak akan lengkap tanpa adanya nasi pulen yang hangat, Sate Lilit yang terbuat dari daging babi, Urutan yang berupa usus Babi yang berisi daging dan lemak, Lawar, dan pastinya Kulit Babi yang garing.

Untuk menikmati menu khas Bali yang satu ini di Jakarta, kamu bisa mendatangi 7 restoran berikut ini.

1. Babi Guling Ko Made

babi-guling-di-jakarta-02

Photo source: @nany2602

Sebuah restoran di Pluit ini akan mengajak kamu merasakan lezatnya Babi Guling di Jakarta. Kalau porsi makanmu besar, Paket Bigul Besar yang dibandrol dengan harga Rp.48.000 bisa jadi pilihan terbaik. Rasanya memang tidak seenak restoran di Bali, tapi cukup untuk menghapus rasa rindu untuk menyantap Bigul yang spesial.  Menu ini terdiri dari Nasi, Urap, Lawar, Babi Goreng, Sate Lilit, Babi Guling, Kulit Babi, dan Sambal yang super pedas. Semua komponen yang ada di piring saling melengkapi satu sama lain. Urapnya fresh, bumbu Babi Gulingnya sangat berani dan terasa sekali, Kulit Babinya garing, dan Babi Gorengnya jempolan.

Lokasi:

Babi Guling Ko Made

Jl. Pluit Karang Indah Timur, Blok L 9 Timur No. 23, Pluit, Jakarta. Telp. 0878-7863-9089.

2. Babi Guling O'An

babi-guling-di-jakarta-03

Photo source: @buncitfoodies

Meski masih baru dalam kancah Babi Guling di Jakarta, tapi makanan di Babi Guling O’An layak kamu perhitungkan. Saat mengunjungi restoran di Gading Serpong ini, kamu pasti akan lupa sama yang namanya diet. Nasi Babi Guling Komplit haruslah kamu pesan. Nggak usah takut nggak kenyang, karena porsinya super besar, dan isinya super banyak. Bayangkan saja, ada Lawar, Daun Pepaya, Paru, Usus, Babi Guling, Sosis, Kulit Babi, Sate Lilit, Sambal Matah, dan Sambal Hijau dalam satu piring. Kelembutan daging dan pedasnya sambal akan membuat kamu ketagihan.

Lokasi:

Babi Guling O'An

Ruko Diamond 3, No. 85, Jl. Gading Golf Boulevard, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0812-8313-3337.

3. Babi Guling Putu

babi-guling-di-jakarta-04

Photo source: @foodaffair

Restoran dengan spesialisasi Babi Guling di Jakarta yang berlokasi di Kelapa Gading memang tidak sebanyak tempat makan Bakmi. Tapi bukan berarti tidak ada. Salah satu tempat yang layak kamu kunjungi adalah Babi Guling Putu. Banyak yang bilang kalau rasa Babi Guling di sini cukup autentik. Kamu bisa membuktikannya dengan memesan Nasi Babi Guling Komplit yang berisi Nasi, Babi Guling, Sate Babi, Tum Babi, Urap, Kerupuk Babi, dan Sambal. Kalau biasanya Babi Guling disajikan dengan sambal matah, di sini kamu bisa mencicipi Babi Guling dengan sambal terasi khas Bigul dari Bali Timur. Rasanya mantap banget dan harganya pun murah, cuma Rp.25.000 saja. Buat yang nggak bisa makan Babi, Ayam Betutu di sini juga recommended.

Lokasi:

Babi Guling Putu

Foodcourt Gading Emerald, Blok R1B, Jl. Pengangsaan 2, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0812-1040-9693.

4. Babi Guling Bu Gede

babi-guling-di-jakarta-05

Photo source: @jlukasanto

Sajian Babi Guling di Jakarta juga bisa dicoba di Babi Guling Bu Gede yang berada di Serpong. Kualitas Babi Guling di sini benar-benar rasa Bali. Wangi bumbunya, keempukan dagingnya, pedasnya sambal yang dihidangkan, semua terasa pas di lidah. Kerupuk Babi di sini juga renyah sekali. Selain Babi Guling, kamu juga bisa mencoba Babi Kecap  yang rasanya numero uno!

Lokasi:

Babi Guling Bu Gede

Pasar Modern Paramount Serpong, Blok B-10, Jakarta, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0812-8513-0860.

5. Warung Pradnyani

babi-guling-di-jakarta-06

Photo source: @the.lucky.belly

Jangan sampai kamu mengaku sebagai fans berat Babi Guling di Jakarta kalau belum pernah singgah di Warung Pradnyani. Banyak orang yang memuji keautentikan Nasi Campur Babi Guling di sini. Memang tidak bohong, bumbunya strong dan rasanya enak banget. Harga per porsinya Rp.45.000, dan kamu sudah bisa menikmati Kulit Babi super garing, Babi Guling, Lawar, Sate Babi, Hati Babi, Kerupuk Babi, serta Sambal Matah yang sangat pedas. Porsinya banyak banget. Daging Babinya juara, lembut, empuk, bahkan ada sensasi melted saat kamu melahapnya.

Lokasi:

Warung Pradnyani

Ruko Moscow Square, Blok A No. 8, Jl. Gading Serpong Boulevard, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 29506970.

6. Pig Hunter

babi-guling-di-jakarta-07

Photo source: @hungrynyc

Sesuai dengan nama restorannya, ini adalah tempat paling sempurna saat kamu ngidam makanan-makanan yang terbuat dari olahan babi. Kamu bisa menemukan masakan Chinese sampai Bali di Pig Hunter. Nasi Babi Guling di Jakarta yang ada di Pig Hunter sangatlah tasty. Suwiran Daging Babi pada menu ini cukup pedas, Lawarnya segar, kuahnya enak, Sambal Matahnya mantap, dan aromanya wangi banget. Di sini, kamu juga tidak boleh melewatkan Pork Knuckle, Pork Belly, dan Pork Burger with Bacon and Cheese yang sangat menggugah selera.

Lokasi:

Pig Hunter

Jl. Danau Agung Utara, Blok E No. 3A, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 98737564.

7. The Fat Pig

babi-guling-di-jakarta-08

Photo source: @angkytan

Satu lagi restoran baru di Jakarta yang makanannya didominasi dengan menu Babi. Lokasinya cukup tersembunyi, ada di bagian dalam Auto Lounge Carwash. Meski begitu, Babi Guling yang mereka tawarkan sungguh nikmat tiada tara. Harganya hanya Rp. 55.000 , daging babinya benar-benar sedap, berpadu sempurna dengan sate babi yang chewy dan krispi.  Tidak hanya tu, The Fat Pig juga punya sajian Billionaire Pig yang merupakan menu besar dengan Chinese style. Isinya ada Babi Panggang, Charsiu, Bebek Peking, Sate Babi, dan Suckling Pig.

Lokasi:

The Fat Pig

Jl. Pluit Utara Raya No. 33, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 6696309.

Nggak nyangka ya, ternyata cukup banyak restoran yang menyediakan Babi Guling di Jakarta. Kalau kamu pecinta Babi Guling, wajib banget untuk mencicipi satu-satu. Jika butuh rekomendasi Bigul lebih banyak lagi, kamu bisa cek langsung di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @tangerangfoodstory

Related Articles

Connect with Nibble