Foodies Guide To F&B Industry

7 Bento Lucu untuk Bekal Makan Siang di Kantor

July 22, 20195 min readFoodie Trends

Saat mendengar kata bento, kita pasti akan langsung teringat dengan bekal makan siang yang terdiri dari nasi dan lauk pauk pelengkap dengan bentuk menarik.

Bento lucu itu sebenarnya adalah salah satu jenis bento, namanya Kyaraben atau Charaben. Faktanya, selain Charaben, masih ada beberapa varian bento lainnya yang juga populer di Jepang.

Sebelum kita membahas tentang jenis bento lucu, ada nggak yang penasaran dengan asal mula bento?

Kalau ditelusuri lebih jauh, budaya bento ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Cikal bakal bento berasal dari kebiasaan masyarakat Jepang yang selalu membawa onigiri atau rice ball untuk dijadikan bekal saat mereka harus pergi berburu, bertani, jalan-jalan, atau saat perang.

Lalu di era Meji, makin banyak orang yang mulai membawa bento ke tempat kerjanya. Berkat kepraktisannya, budaya bento ini tetap bertahan sampai sekarang, bahkan kepopulerannya juga mendunia.

Bento-bento ini cocok sekali lho untuk dijadikan bekal makan buat di kantor karena isinya lengkap dan bikin kenyang. Kadang budaya bento ini juga menjadi ajang persaingan karena banyak yang memamerkan bento buatan istri, ibu, atau diri sendiri di social media.

Nah, kalau kalian tertarik untuk mulai membawa bento lucu ke kantor, simak dulu yuk jenis bento yang akan bikin teman-teman kantor iri.

Kyaraben atau Charaben

02 - Japan Magazine

Photo source: Japan Magazine

Ini dia jenis bento lucu yang akan langsung membuat kalian berdecak kagum, Kyaraben alias Charaben yang berasal dari kata character bento. Jenis bento ini merupakan yang paling terkenal di mata internasional. Tidak heran, bentuk bentonya memang menggemaskan. Bahan makanan yang terdapat di kotak makan siang disulap menjadi bentuk binatang atau karakter anime yang memanjakan mata.

Kyaraben ini biasanya menjadi senjata ibu-ibu saat anak susah makan. Tapi tak jarang, orang dewasa menjadikan proses pembuatan kyaraben ini sebagai hobi, sehingga tidak merasa terbeban untuk membuatnya setiap hari.

Apalagi saat ini sudah makin banyak toko yang menjual peralatan untuk membuat kyaraben dengan berbagai bentuk. Kalau mau belajar membuatnya, kalian juga bisa membeli buku atau ikut kelas khusus untuk berkreasi membuat kyaraben yang sudah makin mudah ditemukan.

Makunouchi

03 - Morikawa Bento

Photo source: Morikawa Bento

Kebiasaan menyantap bento berjenis makunouchi ini sudah ada sejak era Edo di tahun 1603-1868. Awalnya makunouchi ini disantap oleh masyarakat Jepang saat sedang menyaksikkan pertunjukkan Kabuki.

Kini makunouchi bisa didapatkan di restoran, supermarket, atau department store. Wadah yang digunakan makunouchi berupa kotak makan bersekat, di mana kotak utamanya diisi oleh nasi, sedangkan kotak lainnya diisi olahan daging, ikan, berbagai sayuran, buah, dan makanan pelengkap lainnya.

Ekiben

04 - Unami Insider

Photo source: Unami Insider

Kalau diartikan secara harafiah, eki memiliki arti stasiun kereta dalam bahasa Jepang. Sesuai dengan namanya, ekiben ini memang dijual di stasiun kereta dan disediakan untuk para pelancong yang hendak melakukan perjalanan panjang dengan kereta.

Ekiben biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, isinya tetap bikin perut kenyang. Ekiben tersedia dalam wadah plastik, kayu, atau keramik, dan dilengkapi dengan sumpit sekali pakai. Menu utama dari bento lucu ini sangat beragam, tergantung pada makanan khas daerah di mana ekiben tersebut dijual.

Jadi membayangkan, kalau stasiun KRL di Jakarta menjual ekiben pasti laku keras, ya?

Koraku Bento

05 - AllAbout-Japan.com

Photo source: AllAbout-Japan.com

Bento lucu yang satu ini paling pas disantap saat piknik atau melakukan tradisi hanami alias pergi menikmati indahnya bunga sakura yang bermekaran.

Jenis bento ini biasanya disajikan dalam kotak besar karena porsinya banyak agar bisa dinikmati oleh banyak orang. Cocok banget buat dibawa ke kantor untuk disantap bersama teman-teman kantor.

Tidak ada patokan menu dalam koraku bento, biasanya tergantung pada musim. Tapi ada satu menu yang selalu ada di dalamnya, yaitu onigiri atau maki roll.

Aisai Bento

06 - ZenMarket

Photo source: ZenMarket

Jenis bento yang satu ini bisa membuat para jomblo iri maksimal. Aisai bento merupakan istilah untuk bento yang dibuat khusus oleh istri buat suami tercinta. Istilah ini juga berlaku untuk bento yang dibawakan Ibu untuk anaknya di sekolah. Belakangan ini juga makin banyak gadis-gadis muda yang membuatkan bento spesial ini untuk pacarnya.

Hinomaru Bento

07 - kitchenalia

Photo source: kitchenalia

Kalau malas berkutat untuk membuat bento yang ribet dibuat, kalian bisa berkreasi membikin hinomaru bento. Hinomaru ini berarti lingkaran matahari yang merujuk ke bendera nasional Jepang. Sama seperti bendera Jepang, bento lucu yang satu ini sangat elegan dan sederhana.

Bahan dasarnya adalah nasi, lalu ditengahnya diberi topping umeboshi alias pickled plum untuk menjadi ‘matahari’nya. Plum ini juga berperan sebagai pengawet alami yang membuat bahan makanan tetap segar. Lalu, di kotak bekal lainnya, terdapat hidangan ikan atau daging sebagai lauk pelengkap.

Shikaeshi Bento

08 - soranews24.com

Photo source: soranews24.com

Kita berharap banget kalian nggak akan mendapatkan shikaeshi bento dari istri atau pasangan sebagai bekal makan siang di kantor. Ini bukan merupakan bento lucu karena isinya tidak akan membuat kamu bahagia.

Bento ini biasanya disajikan oleh para istri yang sedang marah dengan suaminya. Jadi jangan heran kalau bento ini berisi sesuatu yang akan membuat kita kesal, seperti beras mentah, telur mentah, sepotong jagung, berisi nasi saja, atau bahkan tidak ada isinya sama sekali.

Banyak banget ya bento lucu yang bisa jadi ide makan siang di kantor? Kalau kalian paling suka bento lucu yang mana?

Cover photo source: Tara's Multicultural Table

Related Articles

Connect with Nibble