Foodies Guide To F&B Industry

7 Bistik di Jakarta Khas Nusantara yang Tersedap

April 16, 20185 min readTips & Tricks

Pada dasarnya, Bistik di Jakarta dan Steak itu sama. Konon, Bistik berasal dari kata Beef Steak, hidangan ala Barat yang terbuat dari daging sapi. Namun karena keterbatasan lafal orang Indonesia zaman dulu, maka istilah Beef Steak dieja menjadi Bistik. Kini Bistik lebih dikenal dengan hidangan Steak yang dimodifikasi hingga rasanya sangat merakyat khas nusantara. Biasanya Bistik disajikan dengan sayuran rebus dan siraman kuah yang manis atau berempah, beda dengan hidangan Steak asli yang minimalis bumbunya. Meski begitu, rasa Bistik tetap nendang dan ngangenin. Mau tahu Bistik di Jakarta paling enak? Kamu bisa simak guide berikut ini.

1. HERITAGE by Tan Goei

bistik-di-jakarta-02

Photo source: @angkytan

Restoran yang berlokasi di Menteng ini memiliki hidangan Bistik Lidah yang ciamik. Tekstur Bistik di Jakarta ini sangat empuk dan juicy. Makin nikmat dengan keberadaan kuahnya yang sedap, sayuran rebusnya, dan juga kentang goreng yang dipotong kotak-kotak. Setelah kenyang makan Bistik, kamu bisa menutup acara makanmu dengan seporsi dessert Pie Shake yang unik banget. Pie ini disajikan dalam bentuk seperti Milkshake, namun lebih padat, dan pastinya enak.

Lokasi:

HERITAGE by Tan Goei

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 3, Menteng, Jakarta 10350. Telp. (021) 3155057.

2. Rantang Ibu

bistik-di-jakarta-03

Photo source: Nibble - jktdelicacy

Di daerah Fatmawati dan Pasar Minggu ada Rantang Ibu yang siap dituju saat kamu ngidam Bistik di Jakarta. Andalan di sini adalah Bistik RI yang berupa Bistik Jawa dengan penampilan cantik dan elegan. Bistik ini terbuat dari daging sapi yang disiram saus rasa Rawon khas Indonesia. Rasanya nggak perlu ditanya, nikmat sekali dimakan bersama sayuran dan telur yang ditata cantik di sekitar Bistik tersebut. Harus pesan yang medium rare, rasanya juicy dan pinkish di bagian tengah.

Lokasi:

Rantang Ibu

ITS Tower, Lantai Lobby, Niffaro Park, Jl. Raya Pasar Minggu KM. 18, Pasar Minggu, Jakarta. Telp. (021) 22793182.

3. Restoran Trio

bistik-di-jakarta-04

Photo source: @gabrielasimap

Siapa coba yang tak tahu restoran legendaris yang satu ini? Restoran Trio sudah berdiri sejak tahun 1947. Sampai sekarang, bangunan restoran di Menteng ini masih tampak sederhana dengan cat hijau dan tulisan Restoran Trio yang humble. Di sini terdapat hampir 200 pilihan menu klasik yang rasanya tak akan terlupakan. Buat Pork lovers, Bistik Babi harus jadi menu yang kamu pesan. Biarpun penyajiannya simple, rasanya akan selalu terkenang-kenang. Bistik Babi ini dimasak dengan cara digoreng dalam balutan tepung. Bagian luar Bistik di Jakarta ini renyah, namun bagian dalamnya empuk dan juicy.

Lokasi:

Restoran Trio

Jalan RP. Soeroso No. 29A RT.2/RW.2, Gondangdia, Menteng, RT.2/RW.2, Gondangdia, Menteng. Telp. (021) 31936295.

4. Kedai Kopi Marco

bistik-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - tirtalie

Mau minum kopi sambil makan Bistik di Jakarta? Kenapa tidak? Kombinasi duet menu ini bisa kamu dapatkan di Kedai Kopi Marco yang terletak di Gandaria City. Di sana ada Bistik Lidah Padang yang diracik dengan sangat mengesankan oleh Chef Marco Lim. Bistik ini diolah dengan bumbu khas Padang dan dimix dengan gaya Western. Mungkin cuma di sini kamu bisa menemukan sajian Bistik yang dimakan dengan emping. Menu ini sama-sama enak saat dimakan dengan kentang atau seporsi nasi hangat.

Lokasi:

Kedai Kopi Marco

Gandaria City Mall Lantai UG, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, RT.10/RW.6, Kby. Lama Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan. Telp. (021) 27081386.

5. Nasi Goreng Bistik Kang Ajie

bistik-di-jakarta-06

Photo source: @eonnidoyanmakan

Berbeda dari sajian Bistik di Jakarta pada umumnya, Bistik di restoran ini disajikan dalam bentuk Nasi Goreng. Nasi Goreng Bistik menjadi menu paling difavoritkan di sini. Harganya murah, porsinya banyak, dan kehadiran Bistik membuat Nasi Goreng ini makin lezat. Mereka tidak pelit dengan ukuran Bistiknya, potongannya besar-besar dan bikin kenyang. Kalau suka pedas, kamu juga bisa tambah Sambal Matah untuk Bistiknya. Bawang di sambal ini fresh banget dan super banyak. Bikin ingin nambah terus untuk menghabiskan sambalnya.

Lokasi:

Nasi Goreng Bistik Kang Ajie

Jl. Sukarjo Wiryopranoto No. 5, Pasar Baru, Jakarta. Telp. 0838-7115-7160.

6. KAUM Jakarta

bistik-di-jakarta-07

Photo source: @foodventurer_

Menu Bistik di Jakarta buatan KAUM sangat juara. Hidangan tradisional ini disulap menjadi makanan modern yang rasanya top abis. Daging sapinya empuk sekali, rasanya menyatu dengan bumbu sausnya yang gurih dan mantap. Suasana di KAUM pun sangat menyenangkan, interiornya one of a kind. Nggak heran kalau banyak yang menyarankan untuk reservasi terlebih dahulu sebelum makan di sini.

Lokasi:

KAUM Jakarta

Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 22393256.

7. Resto Mandala

bistik-di-jakarta-08

Photo source: @nodiettoday

Salah satu restoran di Woltermonginsidi yang terkenal dengan Bistik di Jakarta adalah Resto Mandala. Baik itu Bistik Ayam atau Bistik Sapi, keduanya sama-sama menggoda. Menu Bistik di Resto Mandala dihidangkan di atas hotplate panas dengan kuah yang meletup-letup saat disajikan. Rasanya super enak, dagingnya empuk sekali, sausnya pun khas dan memuaskan. Tak heran kalau sampai sekarang masih ada banyak orang yang setia untuk makan di restoran yang sudah berumur 30 tahun ini.

Lokasi:

Resto Mandala

Jl. Wolter Monginsidi No. 80, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7398537.

Begitu banyaknya pilihan Bistik di Jakarta, mana yang paling kamu suka? Kalau kamu punya tempat makan Bistik favorit yang belum masuk dalam guide ini, kamu bisa langsung mengulasnya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @bestfoodjkt

Related Articles

Connect with Nibble