Foodies Guide To F&B Industry

7 Bubur Ayam Kaki Lima Kesukaannya Orang Jakarta

December 8, 20174 min readTips & Tricks

Makanan kaki lima tidak ada duanya. Selain harganya murah, rasanya sangat menggambarkan keautentikan makanan khas Indonesia, seperti Bubur Ayam Kaki Lima yang bisa kamu temukan dengan mudah di seantero Jakarta. Agar tidak bingung memilih, kita siapkan guide Bubur Ayam kaki lima paling terkenal dan disukai orang Jakarta. Jangan lupa siapkan perut untuk menyantap ini semua.

1. Bubur Ayam Khas Mayong

bubur-ayam-kaki-lima-02

Photo source: @ncekkuliner

Porsinya besar dan harganya murah, itulah alasan kenapa Bubur Ayam kaki lima di Jakarta ini banyak disukai orang-orang. Harganya hanya Rp12.000 saja, tapi rasanya luar biasa. Lihat saja tumpukan ayam suwir yang menggunung di atas Bubur bertekstur lembut itu. Dari penampilannya saja sukses bikin kamu menelan ludah, bukan? Jam bukanya dari jam 4 sore hingga 9 malam saja. Siap-siap antri karena penggemarnya banyak sekali.

Lokasi:

Bubur Ayam Khas Mayong

Jl. Boulevard Timur Raya (samping Bank BCA Kelapa Gading).

2. Bubur Ayam Barito

bubur-ayam-kaki-lima-03

Photo source: @eatsss.yummy

Bubur Ayam kaki lima yang satu ini tidak pernah gagal merebut perhatian para foodies di Jakarta. Dalam semangkok menu Bubur Ayam Barito, kamu tidak akan menemukan kerupuk kuning seperti pada Bubur Ayam kebanyakan. Kerupuk di sini diganti dengan Cheese Stick yang renyah rasanya enak banget. Saat dicampur dengan Bubur, teksturnya pun tetap kriuk kriuk dan tidak lembek. Buburnya sendiri juga sudah enak meski tanpa ada tambahan bumbu. Tidak ketinggalan, ada daging ayam, kacang, dan cakwe juga yang bikin rasanya makin lezat.

Lokasi:

Bubur Ayam Barito

Jl. Gandaria Tengah 3, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kebayoran Baru, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Telp. 0813-8148-8989.

3. Bubur Ayam Tanjung H. Jewo

bubur-ayam-kaki-lima-04

Photo source: @nenaseoul

Pernah mendengar Bubur Ayam Tanjung H. Jewo? Jika belum, kamu wajib mencoba Bubur Ayam kaki lima yang terkenal sekali di area Menteng ini. Harganya memang lebih mahal sedikit dibanding Bubur Ayam kaki lima lainnya, tapi rasanya enak parah. Apalagi, mereka menggunakan ayam kampung sebagai toppingnya. Kalau mau sarapan pakai Bubur Ayam ini, kamu bisa datang dari jam 7 pagi.  

Lokasi:

Bubur Ayam Tanjung H. Jiwo

Jl. Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng, Jakarta.

4. Bubur Ayam Monas

bubur-ayam-kaki-lima-05

Photo source: Nibble - missnomnomdotcom

Biarpun namanya Bubur Ayam Monas, letak Bubur Ayam kaki lima bukanlah di sekitar Monas, tapi di Bintaro. Ada satu hal yang bikin beda dari Bubur Ayam lainnya, mereka tidak menggunakan kecap di sajian Bubur mereka. Meski begitu, rasanya tetap jempolan, dan yang paling penting, harganya murah, hanya Rp15.000 saja. Kalau suka Bubur yang rasanya creamy, kamu harus tambahin telur setengah matang dan diaduk jadi satu untuk menghasilkan sensasi super nikmat. Jangan lupa tambahin Sate Usus agar makin kenyang.

Lokasi:

Bubur Ayam Monas

Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Sektor 3, Bintaro, Jakarta. Telp. 0817-6846-274.

5. Bubur Cikini HR. Sulaiman

bubur-ayam-kaki-lima-06

Photo source: @ariftunjungseto

Jangan ngaku pecinta Bubur Ayam kaki lima di Jakarta kalau belum ke Bubur Cikini HR. Sulaiman. Namanya cukup legendaris karena sudah buka sejak lama banget dan kelezatannya tidak tertandingi. Rasanya beda dari yang lain karena kamu bisa request telur ayam kampung mentah buat dicampur ke dalam buburnya. Buburnya juga ada aroma jahe yang bikin rasanya makin unik. Serunya lagi, kamu juga bisa mencoba pesan Martabak Telur atau Nasi Goreng yang juga ditawarkan di tempat ini.

Lokasi:

Bubur Cikini HR. Sulaiman

Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta. Telp. 0823-1176-4588.

6. Bubur Ayam Top 77 Khas Bandung

bubur-ayam-kaki-lima-07

Photo source: @ziesiska

Kalau lagi ada di daerah Grogol, sempatkanlah mampir ke Bubur Ayam Top 77 Khas Bandung. Topping Bubur Ayam kaki lima ini melimpah ruah, mulai dari ayam suwir, cakwe, bawang goreng, sledri, daun bawang, tongcai, kacang, dan emping. Mau tambah sate usus, sate telur, atau ati ampela juga bisa. Dengan harga yang nggak bikin kantong jebol, kamu pasti puas makan di sini.

Lokasi:

Bubur Ayam Top 77 Khas Bandung

JL Mandala Raya, No. 23 B, 11440, RT.1/RW.4, Tomang, Jakarta Barat. Telp. 0812-8660-657.

7. Bubur Ayam Landmark

bubur-ayam-kaki-lima-08

Photo source: @musasutedja

Khusus buat yang ngantor di Sudirman dan ngidam Bubur Ayam kaki lima buat sarapan, kamu bisa singgah di Bubur Ayam Landmark yang buka hanya dari jam 7 sampai 9 pagi saja. Bubur dengan racikan kecap asin, merica bubuk, kerupuk, kacang kedelai goreng, daging ayam, cakwe, dan sambal kacang siap memanjakan lidah dan perutmu. Tekstur Bubur Ayam Landmark terasa lebih kental karena tidak menghadirkan bumbu kuning seperti Bubur Ayam pada umumnya. Rasanya cukup beda dengan kehadiran sambal kacang yang khas. Jangan heran kenapa Bubur Ayam Landmark selalu rame dipadati pekerja kantoran, kenikmatannya memang juara banget karena mereka sudah berjualan sejak 20 tahun yang lalu.

Lokasi:

Bubur Ayam Landmark

Jl. Jend. Sudirman, RT.3/RW.3, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan. Telp. 0852-1883-3687.

Jadi makin penasaran mencoba satu persatu Bubur Ayam kaki lima di Jakarta? Kamu bisa simak ulasan foodies lainnya dulu di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @henjiwong

Related Articles

Connect with Nibble